Cara-Membuka-Blokir-WhatsApp-Paling-Mudah-dan-Cepat

3 Cara Membuka Blokir WhatsApp Sendiri dan Akun Bisnis

Memilih untuk memblokir akun WhatsApp orang lain tentu saja sering dilakukan dengan berbagai macam alasan. Apalagi saat ini booming kejahatan cyber yang dilakukan via WhatsApp, oleh sebab itu banyak orang menggunakan fitur blokir. Lalu bagaimana cara membuka blokir WhatsApp?

Selain untuk menghentikan kejahatan oknum tertentu, terkadang fitur blokir juga seringkali dilakukan guna meredamkan perdebatan, kemudian bisa dibuka kembali. Mungkin pengguna WhatsApp pemula ada yang masih belum tahu cara buka akun yang sudah di blokir atau sebaliknya.

Cara membuka blokir akun WhatsApp sebenarnya mudah, bahkan kamu juga bisa membuka blokiran orang yang sudah memblokir akun WA pribadi. Memangnya bisa? Untuk membuktikannya, bisa ikuti beberapa alternatif membuka blokir WhatsApp yang akan dibahas lengkap kali ini.

Bagaimana Ciri Akun WhatsApp Telah Diblokir?

Bagaimana-Ciri-Akun-WhatsApp-Telah-Diblokir

Sebelum menerapkan beberapa trik untuk membuka blokiran WhatsApp, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa nomor akun sedang diblokir atau dihapus. Ciri akun WhatsApp yang sedang diblokir bisa diketahui dengan mengamati beberapa aspek yang ada di bawah ini.

1. Tidak Bisa Melihat Foto Profil

Jika akun WhatsApp telah diblokir, kamu tidak akan bisa melihat kolom gambar profil akun WhatsApp orang terkait dalam jangka waktu lama. Biasanya kolom gambar profil hanya akan menampilkan avatar seolah-olah temanmu tidak pernah mengganti gambar profilnya.

2. Data Tentang Tidak Ada

Umumnya pemilik akun WhatsApp akan menuliskan data pribadi pada bio-nya, kemudian nanti bisa dilihat oleh siapapun. Namun ketika kamu mengeceknya dan tidak ada keterangan, maka bisa dipastikan bahwa akun WA sedang diblokir orang tersebut.

3. Kirim Pesan Centang satu

Sebelum tahu cara membuka blokir WhatsApp, kamu harus tahu bahwa saat akun terblokir, maka pesan yang dikirimkan tidak akan tersampaikan atau centang satu. Jika centang satu karena blokiran biasanya akan berlangsung lama, sehingga patut dicurigai.

4. Tidak Dapat Memasukkannya Ke Grup WhatsApp

Jika ingin mengetahui akun WhatsApp sedang diblokir atau tidak, maka coba tambahkan nomor pada grup WhatsApp. Ketika akunmu diblokir, tentunya tidak akan bisa menambahkan nomor tersebut ke dalam grup seperti biasanya.

5. Tidak Dapat Melihat Penanda Waktu atau Status Online

Walaupun saat ini memang ada setting untuk menghilangkan status online atau penanda waktu, namun bisa menjadi tanda nomor WA terblokir. Jika WA diblokir orang lain, maka tidak bisa melihat informasi mengenai penanda waktu atau status online orang tersebut.

6. Tidak Bisa Melakukan Video Call

Saat akun WhatsApp milikmu diblokir oleh orang lain, maka tidak akan bisa melakukan panggilan voice call atau video call. Meskipun nada sambung berdering, namun tindakan tidak akan tersampaikan pada orang yang memblokir tersebut.

Ciri lainnya saat akun WhatsApp diblokir yaitu tidak dapat melakukan panggilan telepon atau video call. Namun tidak perlu khawatir karena saat ini kamu bisa membuka blokiran orang lain dengan mudah sesuai kebutuhan, begitu juga membuka blokiran akun yang sebelumnya telah terblokir.

Cara Membuka Blokir WhatsApp yang Praktis

Cara-Membuka-Blokir-WhatsApp-Cepat-Tanpa-Ribet

Memblokir akun orang lain atau sebaliknya tentu sudah seringkali dilakukan oleh para pengguna WhatsApp. Namun blokiran WhatsApp sifatnya tidak permanen, sehingga kamu bisa menerapkan beberapa cara untuk buka blokir dengan menggunakan akun sendiri maupun akun WA orang lain.

1. Membuka Blokir WhatsApp Orang yang Diblokir

Mungkin kamu merasa sebal atau terganggu dengan WhatsApp seseorang misalnya mantan pacar, pelaku skimming, dan oknum lainnya. Bisa langsung blokir nomor WhatsApp tersebut, namun bisa coba membukanya kembali dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk ikon “Titik Tiga” yang letaknya ada pada bagian kanan atas.
  • Pilih menu “Settings”, kemudian “Privacy”. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi “Blocked Contact” dan nantinya ada daftar nomor yang sudah diblokir sebelumnya.
  • Temukan kontak yang akan kamu unblock, kemudian tap dan pilih opsi “Unblock”. Status nomor sudah kembali normal dan bisa mengirimkan pesan kembali.

Langkah diatas bisa kamu terapkan untuk membuka blokir WhatsApp pribadi ataupun WA Business. Jika sudah diaktifkan blokirannya, pemilik nomor bisa menghubungi kembali lewat pesan, telpon, video call, dan interaksi perpesanan seperti biasanya.

2. Buka Blokir WhatsApp Orang yang Memblokir WA Sendiri

Cara membuka blokir aplikasi WhatsApp sangat mudah, bukan? Selanjutnya kamu bisa buka blokir WhatsApp sendiri saat nomormu diblokir orang lain lho. Trik ini belum banyak diketahui orang lain, oleh sebab itu terapkan langkah-langkah yang dijelaskan berikut.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik ikon “Titik Tiga” yang letaknya ada di bagian sebelah kanan layar.
  • Pilih “Setelan”, kemudian “Akun” untuk melakukan pergantian nomor. Pilih opsi “Ganti Nomor” dan input beberapa digit nomor WhatsApp pada kolom pertama.
  • Tambahkan nomor WhatsApp pada kolom kedua , input angka 0-9 setelah nomor WhatsApp. Pilih “Lanjut” untuk mengonfirmasi pergantian nomor WA sebelumnya.
  • Masukkan “Kode Verifikasi” yang dikirimkan pihak WA melalui telepon, kemudian akan ada notifikasi bahwa pergantian kode sudah berhasil dilakukan.
  • Ketika proses konfirmasi gagal, kamu bisa coba kembali untuk mengirimkan kode verifikasi sampai proses berhasil dilakukan.
  • Setelah semua proses diatas berhasil, coba kirim pesan atau melakukan panggilan telepon kepada pengguna yang dicurigai telah memblokir nomormu tersebut.

Ternyata bisa membuka blokiran orang lain terhadap akun sendiri tanpa harus memintanya secara pribadi. Saat menginput nomor WhatsApp baru, jangan lupa tambahkan angka 0-9 untuk membuka blokir WhatsApp bisa dilakukan dengan cepat dan aman terkendali.

3. Cara Buka Blokir WA Akun Bisnis pada iOS

Cara membuka blokir WhatsApp akun bisnis pada iOS sebenarnya sama dengan Android, tinggal buka setting aplikasi seperti biasanya. Untuk membuka blokir akun bisnis WhatsApp pada perangkat iOS bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut ini.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk pada laman “Setelan” dan tap menu “Akun” untuk membuka opsi “Privasi”.
  • Pilih “Diblokir” dan tentukan “Nama Bisnis” yang akan dibuka blokirannya. Buka blokir bisnis dan tunggu sampai kontak akun bisnis sampai kembali muncul.

Ketika membuka blokir orang lain sebelumnya tidak berhasil, lebih baik kamu gunakan nomor WhatsApp baru untuk menghubungi orang yang bersangkutan. Apalagi kalau informasi yang akan disampaikan urgent, menggunakan nomor WA baru akan sangat menghemat waktu.

Aplikasi WhatsApp akan memberikan informasi mengenai jumlah nomor yang sudah kamu blokir pada laman setting privasi, sehingga tinggal lihat list tersebut. Jika permasalahan sudah selesai, bisa buka kembali semua blokiran untuk melakukan interaksi seperti biasanya.

Memang tindakan memblokir nomor WhatsApp orang lain terkadang diperlukan, namun ketika kamu ingin membukanya kembali tentu bisa dilakukan dengan mudah. Untuk membuka sendiri blokiran orang lain juga ternyata bisa dilakukan manual tanpa sepengetahuan orang yang berkaitan.

Cara membuka blokir WhatsApp tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, kamu hanya perlu menyiapkan nomor WhatsApp cadangan. Namun jika opsi diatas tidak membantu, bisa gunakan nomor WA cadangan untuk daftar akun WhatsApp baru dan menghubungi orang tersebut.

Baca Juga: