Cara Mematikan Data WhatsApp dan Notifikasinya, Hemat Kuota!

 

Cara mematikan data WhatsApp dilakukan oleh seseorang karena mereka tidak ingin terganggu. Jadi, data pada aplikasi Itu dimatikan agar menjadi offline dan membuat pesan apapun panggilan tidak bisa masuk.

Untuk mematikan data ini biasanya memerlukan trik khusus agar tidak semua aplikasi yang ada pada HP mati. Jadi, hanya mematikan pada aplikasi WhatsApp saja. Dengan begitu, komunikasi pada platform lainnya masih bisa berjalan.

Sayangnya, cara mematikan data di WhatsApp untuk sementara tidak diketahui oleh banyak orang. Itulah kenapa, dianjurkan untuk mengikuti beberapa cara yang akan dibahas dalam artikel ini secara menurut. Dengan begitu, koneksi bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mematikan Data WhatsApp dan Notifikasi

Cara-Mematikan-Data-WhatsApp-dan-Notifikasi

Cara mematikan data di WhatsApp untuk sementara waktu baik pada ponsel Android ataupun iphone bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Mematikan WA di Android

Jika kamu menggunakan ponsel Android, kamu bisa mematikan WhatsApp secara sementara dengan cara menonaktifkan notifikasinya. Dengan begitu, pengirim pesan akan melihat chat yang dikirimkan dengan status belum terkirim atau hanya satu centang.

Berikut adalah cara mematikan data WhatsApp tanpa mematikan data di ponsel Android:

  • Buka menu Pengaturan (Settings) yang terletak di menu utama ponsel Android.
  • Cari dan pilih menu Aplikasi (Apps). Beberapa ponsel menggunakan kata “Kelola Aplikasi” sebagai gantinya.
  • Temukan
  • Pilih opsi Hentikan Paksa (Force Stop) dan konfirmasi dengan memilih “Ok” jika ada notifikasi selanjutnya.
  • Jangan membuka aplikasi WhatsApp setelah memilih “Hentikan Paksa” agar pesan yang dikirim tetap berstatus centang satu.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa menikmati ketenangan dari notifikasi chat sementara waktu.

2. Mematikan WA di iPhone

Tidak hanya pada Android, kamu juga dapat menonaktifkan aplikasi WhatsApp sementara di iPhone tanpa harus mematikan jaringan internet. Cara melakukannya pada iPhone lebih sederhana dibandingkan dengan Android.

Berikut adalah cara mematikan data WhatsApp sementara di iPhone tanpa memerlukan aplikasi tambahan:

  • Buka menu Pengaturan (Settings) pada layar utama iPhone.
  • Pilih menu Notifikasi (Notifications) yang biasanya berada di bagian atas daftar pengaturan.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp dalam daftar aplikasi yang menerima notifikasi.
  • Geser tombol yang ada di samping kanan dan pilih opsi Allow Notifications untuk mematikan notifikasi WhatsApp.

Cara ini jauh lebih sederhana, karena iPhone didesain khusus untuk memudahkan penggunaannya. Dengan langkah-langkah di atas, kamu dapat menikmati ketenangan dari notifikasi WhatsApp tanpa harus repot mematikan data atau Wi-Fi di iPhone-mu.

3. Matikan Data Seluler

Kamu juga bisa mematikan WhatsApp dengan cara memutuskan koneksi data seluler pada ponselmu. Hal ini sangat berguna jika kamu ingin tetap menggunakan Wi-Fi untuk keperluan lain namun ingin menonaktifkan akses WhatsApp melalui jaringan seluler. Caranya sangat mudah:

  • Buka menu Pengaturan (Settings) pada ponsel Android atau iPhone.
  • Cari menu Koneksi Data Seluler (Cellular Data atau Mobile Data).
  • Geser tombol yang ada di samping kanan untuk mematikan koneksi data seluler.
  • Setelah data seluler dimatikan, WhatsApp tidak akan dapat menggunakan jaringan seluler dan kamu akan tetap dapat menggunakan Wi-Fi untuk akses internet lainnya.

Langkah ini memungkinkan kamu untuk beristirahat dari notifikasi chat tanpa harus benar-benar mematikan ponsel atau mematikan WhatsApp sepenuhnya.

4. Memblokir Kontak yang Mengganggu

Pada beberapa kondisi tertentu, kita mungkin ingin menonaktifkan WhatsApp hanya untuk seorang kontak tertentu karena alasan tertentu. Untuk itu, kita dapat memblokir kontak tersebut di WhatsApp. Berikut cara mematikan data WhatsApp:

  • Buka WhatsApp di HP.
  • Pilih menu Setelan (Settings), lalu pilih menu Akun dengan ikon kunci.
  • Pilih menu Privasi dengan ikon gembok.
  • Gulir layar ke bawah hingga muncul menu Kontak Diblokir, lalu pilih menu tersebut.
  • Ketuk ikon tambah kontak di pojok kanan atas untuk memilih kontak yang ingin diblokir.

Setelah kontak tersebut masuk ke dalam daftar Kontak Diblokir, kalian tidak akan bisa berkomunikasi melalui WhatsApp.

5. Mematikan Background Data

Selain opsi lainnya, kamu juga bisa menonaktifkan WhatsApp sementara dengan mematikan background data atau data latar belakang. Caranya cukup mudah dan dilakukan melalui menu pengaturan aplikasi pada ponsel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi menu Pengaturan pada ponsel.
  • Pilih menu Aplikasi dari daftar opsi yang tersedia.
  • Gulir layar hingga temukan aplikasi WhatsApp atau bisa juga menggunakan kolom pencarian untuk mencarinya.
  • Ketuk aplikasi WhatsApp untuk masuk ke pengaturannya.
  • Selanjutnya, pilih opsi Data Seluler.
  • Matikan opsi Izinkan penggunaan data latar belakang untuk WhatsApp.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, WhatsApp tidak akan lagi menggunakan data latar belakang, sehingga pesan yang masuk tidak akan muncul secara otomatis dan kamu dapat menikmati ketenangan sejenak.

Apa yang Terjadi Jika Data WhatsApp Dimatikan?

Bagaimana-Cara-Membajak-WhatsApp-Secara-Diam-diam-Ini-Langkahnya!

Berapa orang sengaja mematikan data WhatsApp tetapi tidak paham apa saja yang akan terjadi jika melakukan itu. Perhatikan hal ini jika ingin mematikan data WhatsApp.

1. Pesan Pending

Kamu pasti pernah mengalami situasi ketika tiba-tiba data di WhatsApp-mu mati, kan? Nah, ketika hal ini terjadi, kamu mungkin akan mendapati pesan-pesan yang tertunda atau dalam status “Pending”.

Ini terjadi karena tanpa koneksi data, pesan-pesan baru yang kamu kirim tidak bisa langsung terkirim ke penerima. Jangan khawatir, begitu data kembali aktif, pesan-pesan tersebut akan otomatis terkirim.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa ada kemungkinan beberapa pesan bisa hilang. Hal ini terjadi jika pesan yang tertunda terlalu lama, kadang-kadang sistem WhatsApp menganggapnya sebagai pesan yang gagal terkirim dan secara otomatis akan menghapusnya.

2. Ada Kemungkinan Pesan Hilang

Ketika data WhatsApp mati, salah satu masalah yang mungkin kamu alami adalah adanya pesan yang hilang. Hal ini terjadi karena pesan yang tertunda terlalu lama dan WhatsApp menghapusnya sebagai upaya untuk mengoptimalkan pengiriman pesan.

Jadi, sebaiknya pastikan koneksi data kamu tetap aktif agar pesan tidak tertunda terlalu lama. Selain itu, ada juga beberapa pesan yang bisa terjebak dalam status “Pending” saat data mati. Ini terjadi ketika pesan belum sempat terkirim sebelum koneksi putus.

Jangan khawatir, begitu data kembali aktif, pesan-pesan tersebut akan terkirim dengan sendirinya. Tapi ingat, ada kemungkinan pesan yang tertunda terlalu lama bisa hilang, jadi tetap perhatikan koneksi data kamu ya!

3. HP Hang Karena Banyak Pesan Masuk Bersamaan

Ketika data di WhatsApp mati dan tiba-tiba kembali aktif, kamu mungkin akan mengalami lonjakan pesan yang masuk secara bersamaan. Ini bisa membuat HP-mu mengalami sedikit lag atau bahkan hang sejenak.

Tenang saja, ini adalah hal wajar karena sistem sedang berusaha menyesuaikan diri dengan kembalinya koneksi data. Penting untuk tidak panik jika hal ini terjadi. Biarkan sistem bekerja dan selalu pastikan koneksi datamu stabil.

Jika HP terus mengalami hang atau lag yang berlebihan setelah data kembali aktif, sebaiknya restart HP untuk membersihkan cache dan memulihkan performa. Jadi, nikmati kembali percakapan WhatsApp-mu tanpa perlu khawatir dengan masalah HP yang hang!

Cara mematikan data WhatsApp ternyata cukup mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Melakukan ini, koneksi pada WhatsApp bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menyesuaikan kapan saja pesan bisa masuk dan kapan harus pending.

Selain itu, cara ini juga cocok sekali apabila kamu ingin nonaktif sementara dari WhatsApp. Dengan begitu kamu tidak akan ada yang mengganggu karena banyak sekali notifikasi yang masuk atau panggilan. HP menjadi lebih tenang dan kamu bisa fokus mengerjakan apapun.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id