Pembukaan Rekrutmen BUMN 2023 baru saja dibuka pada tanggal 11 Mei yang lalu. Banyak peserta yang antusias untuk mendaftarkan diri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami cara aktivasi akun BUMN agar bisa melanjutkan ke proses berikutnya.
Menurut pengumuman dari panitia, peserta dapat melamar posisi pekerjaan di perusahaan milik BUMN apabila telah memiliki akun yang aktif. Pembuatan akun ini merupakan kewajiban bagi seluruh peserta yang ingin mengikuti proses sampai akhir.
Tata Cara Aktivasi Akun BUMN
Melansir keterangan resmi dari website FHCI BUMN, peserta perlu melakukan beberapa tahap untuk membuat akun yang aktif. Berikut adalah cara-cara yang wajib dilewati oleh setiap peserta sebelum melanjutkan ke tahap pemilihan pekerjaan.
1. Akses Laman Resmi BUMN
Berdasarkan informasi dari panitia rekrutmen, hal pertama yang perlu dilakukan untuk aktivasi akun adalah mengakses laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Pada laman tersebut terdapat beberapa pilihan menu.
Jika peserta ingin mempelajari cara membuat akun, maka bisa klik menu “Tata Cara Melamar”. Setelah paham dan mengerti, peserta dapat langsung melakukan registrasi dengan cara memilih menu “Register” di bagian kanan atas.
2. Isi Informasi untuk Verifikasi Email
Kemudian peserta akan melihat tampilan menu dengan beberapa kolom yang harus diisi dengan data, seperti nama lengkap, nomor KTP, alamat email, dan password. Lengkapi data tersebut dengan informasi yang sebenar-benarnya.
Jangan lupa untuk mengisi captcha sebelum menyimpan data. Setelah itu biasanya peserta akan mendapatkan email verifikasi agar akun bisa segera digunakan. Peserta dapat memeriksa bagian inbox, spam, atau all email jika kesulitan menemukan notifikasi verifikasi.
3. Login dan Lengkapi Data Diri
Cara aktivasi akun BUMN berikutnya adalah dengan melakukan login. Buka kembali link rekrutmen bersama dan klik “Login” yang berada di sebelah menu “Register”. Lalu masukan alamat email, kata sandi, dan jangan lupa isi captcha dengan benar.
Setelah berhasil login, peserta akan diminta untuk mengisikan data diri pada beberapa kolom yang tersedia. Isikan data tersebut dengan informasi yang valid sesuai dengan identitas di KTP supaya dapat disesuaikan oleh sistem.
Pada tahap pengisian akhir data diri, peserta juga wajib mengisikan CV atau Riwayat hidup untuk bahan pertimbangan perusahaan. Hindari mengisi bagian tersebut dengan informasi yang palsu, isilah dengan pengalaman yang sebenar-benarnya agar perusahaan tertarik.
4. Unggah Dokumen
Berikutnya, cara aktivasi akun BUMN 2023 adalah dengan mengunggah seluruh dokumen persyaratan. Dokumen-dokumen ini menjadi persyaratan wajib yang dibutuhkan oleh panitia dan pihak perusahaan untuk mengetahui kondisi para peserta.
Seluruh dokumen wajib diunggah dalam bentuk digital secara online untuk memudahkan panitia dalam proses penyeleksian tahap awal. Beberapa dokumen dan berkas persyaratan yang perlu disiapkan oleh peserta, diantaranya adalah:
- Foto Profil Terbaru
- KTP
- Ijazah dan Surat Keterangan Lulus
- Transkrip Nilai Akhir atau Nilai Ujian Sekolah untuk lulusan SMA dan SMK
- SKCK yang masih diakui dalam 6 bulan terakhir
- Sertifikat pelatihan dan Bahasa jika ada
- Surat rekomendasi jika ada
Semua dokumen di atas harus diunggah sesuai dengan ketentuan dan ukuran file dari panitia. Apabila ada lebih dari satu dokumen, maka wajib digabungkan terlebih dahulu dalam 1 file dokumen. Sehingga nantinya panitia dan tim perusahaan tidak kesulitan saat mengunduh.
Dengan mengikuti tata cara aktivasi akun BUMN di atas, harapannya peserta lebih mudah dan berhasil melakukan proses registrasi. Bagi peserta yang memiliki pertanyaan dan mengalami kendala, bisa langsung menghubungi pihak panitia Rekrutmen Bersama BUMN 2023.
Baca Juga: