Spesifikasi iPhone 11 Review Indonesia & Harganya Lengkap

 

Telah dirilis dari 2019 lalu, banyak yang bertanya apakah iPhone 11 masih worth it untuk digunakan? Ponsel keluaran Apple sendiri memang digemari banyak pengguna karena keunggulan-keunggulan di dalamnya.

Untuk dana yang pas-pas an, banyak pengguna mencari produk keluaran tahun-tahun lalu. Pasalnya umumnya produk keluaran lama akan mengalami penurunan harga yang lumayan. Namun sebelum itu tentu akan lebih baik jika mempelajari terkait spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan HP itu dulu.

Dengan begitu, pengguna sudah mengetahui seluk beluk ponsel yang akan dibeli dan digunakannya. Inilah penjelasan lengkap seputar spesifikasi dan harga terkini iPhone 11!

Spesifikasi Lengkap iPhone 11

Spesifikasi-iPhone-11-Review-Indonesia-Harganya-Lengkap

Sebelum membeli ponsel terlebih keluaran lama, hal pertama yang harus diperhatikan adalah spesifikasinya. Karena nantinya fitur serta performa yang diberikan oleh smartphone tergantung pada hal tersebut.

Selain itu ini juga bisa menjadi patokan apakah ponsel sudah memenuhi kriteria khusus yang dibutuhkan. Misalnya saja pengguna lebih membutuhkan penyimpanan yang besar atau tampilan yang menarik. Untuk itu, inilah spesifikasi iPhone seri 11 beserta penjelasannya!

1. Layar IPS LCD 6,1 Inci

iPhone seri 11 dilengkapi dengan layar seluas 6,1 inci dan memiliki resolusi 828 x 1792 piksel. Dengan resolusi tersebut maka ponsel akan cukup memberikan tampilan yang berkualitas. Layar HP nya juga telah dilengkapi dengan teknologi wide color gamut serta true tone.

2. Chipset Apple A13 Bionic

Smartphone satu ini dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic (7nm+) sebagai otaknya. Komponen penyusunnya yaitu enam core atau prosesor hexa core. Tentu ini akan membuat performa ponsel cenderung cepat.

Dari enam core tersebut terdapat dual core Lightning 2,65 GHz. Sementara sisanya yaitu prosesor empat core Thunder 1,8 GHz. Adapun GPU dengan inti 4 core graphics digunakan oleh seri ini sebagai pengatur grafisnya. Perpaduan beberapa aspek inilah yang membuat iPhone 11 memiliki performa jempolan.

3. Baterai Li-Ion 3.110mAH

Meski memiliki performa yang cepat, iPhone seri ini memiliki kapasitas baterai yang standar. Pasalnya sudah terdapat banyak sekali Android yang telah dilengkapi dengan kapasitas baterai hingga 5000mAH atau lebih. Sementara iPhone seri ini hanya dibekali kapasitas baterai sebesar 3.110mAH.

Meski lebih kecil namun kapasitas ini masih mencukupi untuk penggunaan sehari-hari secara normal.

4. Kamera Depan 12 MP

iPhone terkenal sebagai produk smartphone yang memiliki unggulan utama pada kameranya. Hal ini tidak terkecuali pada seri ini. Di dalamnya telah dihadirkan kamera depan dengan resolusi 12 megapixel. Ini dilengkapi dengan f/2,2 serta 3D camera.

5.Kamera Belakang 12 MP (Wide) dan 12 MP (Ultrawide)

Dalam iPhone seri 11, pengguna akan mendapati dua kamera pada bagian belakang. Kamera pertama memiliki lensa dengan resolusi 12 megapixel. Sementara kamera kedua merupakan lensa ultrawide yang memiliki resolusi 12 megapixel juga.

Di dalamnya telah didukung dengan adanya Quad-LED serta HDR. Sementara untuk pengambilan video, tidak perlu khawatir karena kamera telah didukung dengan resolusi 2160p. Dari berbagai spek di atas, hasil tangkapan gambar atau video smartphone ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

6. RAM dan Storage

iPhone 11 memiliki RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB, 128 GB, serta 256 GB. Dengan penyimpanan internal sebesar itu maka pengguna bisa mencoba berbagai aplikasi termasuk yang berat. Namun sayangnya pilihan RAM yang disediakan hanya satu saja, yaitu RAM 4 GB.

Berbagai Kelebihan iPhone 11

Berbagai-Kelebihan-iPhone-11

Meski keluaran lama nyatanya masih terdapat banyak pengguna yang memilih menggunakan iPhone seri ini. Tentu hal ini tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang terdapat di dalamnya. Dari penjelasan seputar spesifikasi di atas saja sudah sedikit bisa dibayangkan apa saja kelebihan dari ponsel satu ini.

Sebagai pertimbangan, inilah penjelasan lengkap terkait kelebihan yang dimiliki oleh iPhone seri 11:

1. Hasil Tangkapan Foto dan Video yang Bagus

Kelebihan satu ini menjadi alasan yang paling sering digunakan oleh banyak orang dalam menggunakan iPhone. Tentu seri 11 yang dimiliki oleh Apple tidak menjadi pengecualian. Pasalnya kamera depan dan belakangnya memang dapat menghasilkan kualitas foto yang jernih, tajam, sangat dinamis.

Didalamnya juga terdapat night mode yang dapat diaktifkan saat pengguna memotret objek pada malam hari. Umumnya pada ponsel biasa, jepretan di malam hari akan memiliki hasil yang kurang maksimal karena kurangnya cahaya.

Namun dengan mode ini pengguna bisa tetap mendapatkan hasil yang fantastis. Detail foto tetap terlihat tajam sehingga tidak akan blur apabila di crop atau diperbesar. Warnanya juga tampil realistis namun terlihat sangat mulus.

2. Baterai yang Tahan Lama

Meski tidak memiliki kapasitas sebesar beberapa ponsel kompetitor, penggunaan baterai iPhone 11 tergolong tahan lama. Melalui hasil uji, ponsel ini bisa bertahan dalam waktu pemakaian hingga 17 jam. Sementara apabila digunakan untuk berinternet, maka dapat bertahan hingga 15 jam.

3. Tahan Air

Banyak yang bertanya apakah iPhone seri 11 tahan air? Jawabannya adalah iya karena ponsel ini memang didesain memiliki ketahanan yang tangguh. Seri 11 iPhone secara resmi telah dilengkapi dengan sertifikasi anti air IP68.

Dengan begitu, jika tidak sengaja menjatuhkan smartphone ini ke dalam air maka HP akan tetap menyala. Adapun batas ketahanan ponsel ini adalah hingga 30 menit dalam air dengan kedalaman 2 meter.

4. Mendukung Aplikasi dengan Grafis Berat

Berdasar chipset yang dimiliki iPhone ini, pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi dengan grafis berat sekalipun di dalamnya. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi para gamers karena kebanyakan game bagus memiliki grafis yang berat.

Berdasar review pengguna, dikatakan bahwa game seperti Skate City hingga Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm dapat dijalankan dengan lancar.

Kekurangan iPhone 11

Sebelum lebih lanjut memilih suatu produk, tentu juga perlu mengetahui kekurangan yang dimilikinya. Karena nantinya hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu aspek pertimbangan. Disamping berbagai kelebihan iPhone seri 11, didalamnya juga terdapat beberapa kekurangan sebagai berikut:

1. Notch serta Bezel yang Tebal

Termasuk dalam keluaran lama, salah satu kekurangan seri ponsel ini terletak pada tampilannya. iPhone seri 11 memiliki notch yang tebal. Sementara kebanyakan notch pada ponsel masa kini tipis saja atau bahkan tidak ada.

Selain itu, bezel layar seri ini tergolong tebal. Hal ini membuat tampilan ponsel kurang terlihat minimalis dan kekinian.

2. Daya Charger hanya 5 Watt

Kekurangan selanjutnya terdapat pada charger bawaannya yang hanya 5 watt saja. Pengguna setidaknya harus menunggu selama 4 jam untuk bisa mengisi daya hingga penuh.

3. Panel bukan OLED dan Belum HDR

Sesuai dengan spesifikasi, layar yang disuguhkan dalam seri ini adalah IPS LCD, bukan OLED. Hal ini disayangkan oleh beberapa pengguna karena ponsel belum mendukung OLED.

Harga iPhone 11 Pasaran Saat Ini

Bukan keluaran terbaru, banyak yang bertanya apakah iPhone seri 11 turun harga. Berdasar harga pasaran saat ini, harga iPhone seri ini memang diketahui turun hingga hampir 50 persen dari harga launching pertamanya.

Di awal tahun 2023 ini, iPhone seri 11 dibanderol dengan harga Rp6.999.000 berdasar situs penjualan resminya. Ini sesuai dengan penurunan 50 persen yang disebutkan di awal mengingat harga pertama ponsel ini dulu mencapai Rp13 juta.

Berdasar ulasan di atas, sekarang dapat diketahui harga pasaran iPhone 11 saat ini. Hal itu bisa dipertimbangkan dengan spesifikasi, kelebihan hingga kekurangan yang telah diulas di atas.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id