Simak Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke 26 Bulan Ramadhan

Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke 26 – Salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan Rosulullah untuk dikerjakan pada saat bulan Romadhan adalah melaksanakan sholat tarawih. Dalam prihal sunnah tentu memiliki keutamaan yang sangat banyak, diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya  yang mengerjakan.

Terlebih sholat tarawih yang dikerjakan pada bulan Ramadhan, bahkan keutamaan yang didapatkan dalam setiap harinya berbeda-beda.

Maka dari itu sangat beruntung bagi ummat muslim yang mengerjakan sholat tarawih tidak pernah putus dalam satu bulan puasa. Karena insya Allah akan mendapatkan semua keutamaan mulai dari malam yang pertama hingga akhir bulan ramadhan.

Beberapa Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke 26

Beberapa Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke 26

Menuqil dari kitab Durrotun Nashihin terkait keutamaan dari sholat tarawih malam ke 26 keterangannya dapat dilihat dibawah ini.

وَفِى اللَّيْلَةِ السَّادِسَةِ وَاْلعِشْرِيْنَ يَرْفَعُ اللهُ لَهُ ثَوَابَهُ اَرْبَعِيْنَ عَامًا.

Artinya :

Pada malam yang ke-26, Allah meningkatkan baginya pahala selama 40 tahun.

Keutamaan sholat tarawih malam ke 26 yang selanjutnya dalah disebabkan karena, dalam bulan Ramadan dianggap sebagai malam yang istimewa, di mana banyak keutamaan dan keberkahan dikaitkan dengannya. Selain keterangan yang ada diatas, malam ke 26 juga termasuk 10 terakhir bulan Ramadhan yang tentunya ada kaitannya dengan malam seribu bulan.

Sebagaimana Rosulullah SAW telah bersabda terkait malam lailatul Qodar :

إِنَّ هَذَا الشَّهْرَ قَدْ حَضَرَكُمْ وَفِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَهَا فَقَدْ حُرِمَ الْخَيْرَ كُلَّهُ وَلاَ يُحْرَمُ خَيْرَهَا إِلَّا مَحْرُومٌ.

Artinya, :

“Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepada kalian. Di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi dari (meraih)nya, sungguh ia telah terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi (darinya), kecuali orang yang memang terhalangi dari kebaikan.”

Berikut adalah beberapa keutamaan shalat tarawih pada malam ke-26 Ramadan :

Lailatul Qadr

Malam ke-26 Ramadan dianggap sebagai salah satu malam yang mungkin merupakan Lailatul Qadr, malam yang penuh berkah dan keutamaan dalam Islam.

Lailatul Qadr adalah malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, di mana amal ibadah yang dilakukan pada malam tersebut diberikan pahala yang besar.

Oleh karena itu, melaksanakan shalat tarawih pada malam ke-26 Ramadan dianggap sebagai kesempatan untuk meraih keberkahan lailatul qodar dan pahala yang besar.

Kesempatan Untuk Memperbanyak Ibadah

Keutamaan sholat tarawih malam ke 26 Ramadan adalah salah satu malam terakhir sebelum akhir bulan Ramadan, oleh karena itu melaksanakan shalat tarawih pada malam tersebut memberikan kesempatan untuk memperbanyak ibadah di bulan suci ini.

Dengan melibatkan diri dalam shalat tarawih pada malam ke 26, seorang Muslim dapat memperoleh pahala yang lebih besar dan mendekatkan diri kepada Allah.

Keberkahan Dalam Menjalani Sisa Ramadan

Melaksanakan shalat tarawih pada malam ke 26 Ramadan dianggap sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas ibadah dan memperoleh keberkahan dalam menjalani sisa bulan Ramadan.

Shalat tarawih adalah ibadah sunnah yang dianjurkan selama bulan Ramadan, dan melakukannya pada malam ke 26 dianggap sebagai bentuk pengabdian yang tinggi kepada Allah.

Menjaga Konsistensi Ibadah

Melaksanakan Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke 26 Ramadan juga membantu seseorang untuk menjaga konsistensi ibadah pada tahap akhir bulan Ramadan.

Beberapa orang mungkin merasa lelah atau kurang termotivasi untuk melanjutkan ibadah mereka, namun, melibatkan diri dalam shalat tarawih pada malam ke 26.

Dapat membantu seseorang untuk tetap konsisten dalam menjalani ibadah di bulan Ramadan dan meraih pahala yang terus mengalir.

Meraih Keberkahan Dan Ampunan

Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke 26 Ramadan dianggap sebagai ibadah yang bisa membantu seseorang untuk meraih keberkahan dan ampunan Allah.

Dalam suasana bulan Ramadan yang penuh ampunan, melibatkan diri dalam shalat tarawih pada malam ke-26 merupakan kesempatan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan memperoleh keberkahan-Nya.

Sebagaimana yang tertulis dalam sebuah hadis Rosulullah SAW bersabda :

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya :

“Barangsiapa yang salat malam di bulan Ramadhan (Sholat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah penjelasan terkait keutamaan sholat tarawih malam ke 26 yang disampaikan oleh penulis melalui artikel http://balitteknologikaret.co.id. Semoga bermanfaat.

Harapan penulis setelah membaca keutamaan sholat tarawih yang ke 26 tersebut diatas, akan semakin semangat dalam melaksanakannya. Wallahu A’lam…

Baca Juga :