Nomor Pusat Pesan Tri Terbaru Lengkap dengan Pengaturannya

Perkembangan teknologi yang semakin maju juga berdampak pada meningkatnya pelayanan provider Tri terhadap para penggunanya. Meskipun demikian, dalam beberapa kondisi masih ditemui kendala, terutama saat pengiriman SMS. Oleh karena itu, provider menghadirkan nomor pusat pesan Tri.

Nomor tersebut dapat membantu pengguna untuk mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan perpesanan khususnya Short Message Service (SMS). Seperti yang diketahui, meskipun sudah muncul banyak aplikasi perpesanan lain, namun SMS masih banyak digunakan.

Sebagai salah satu provider terbesar yang ada di Indonesia, Tri berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penggunanya. Nomor pusat pesan menjadi perwujudan dari komitmen tersebut yang bisa digunakan pengguna untuk mengatasi kendala layanan perpesanan.

Nomor Pusat Pesan Tri

Nomor-Pusat-Pesan-Tri

No pusat pesan dikenal juga sebagai Short Message Service Center (SMSC) yaitu pusat pelayanan dari pesan singkat (SMS). Sistem layanan ini cukup sederhana dimana pengguna yang mengirim pesan akan ditampung oleh nomor pusat pesan yang dimiliki oleh provider terlebih dahulu.

Kemudian, nomor tersebut yang akan meneruskan pesan sebelumnya ke nomor penerima yang ingin dikirimkan. Jadi, jika kamu mengirim sebuah pesan dan mengalami kegagalan, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada nomor pusat pesan. SMSC memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  • Menyimpan pesan singkat atau SMS
  • Meneruskan pesan yang sudah dikirim pengguna
  • Mengirim SMS ke nomor tujuan awal

Tri memiliki nomor pusat pesan tersendiri yakni +6289644000001. Nomor tersebut biasanya akan terkonfigurasi secara otomatis pada smartphone pengguna sesaat setelah kartu SIM sudah dipasang. Akan tetapi, jika smartphone kembali ke pengaturan awal, maka konfigurasinya akan berubah.

Oleh karena itu, kamu harus melakukan pengaturan sendiri agar akses untuk layanan perpesanan menjadi lancar. Selain itu, beberapa smartphone juga memiliki pengaturan yang berbeda sehingga menyebabkan pengaturan nomor pusat pesan harus dilakukan secara manual.

Cara Mengatur Nomor Pusat Pesan Tri

Cara-Mengatur-Nomor-Pusat-Pesan-Tri

Pengguna Tri bisa menggunakan 2 cara untuk melakukan pengaturan nomor pusat pesan pada smartphone, yaitu dengan dial USSD dan menu pengaturan. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara pengaturan SMSC tersebut, silakan perhatikan uraian berikut ini.

1. Menu Pengaturan

Cara pertama yang umum dilakukan untuk mengatur nomor pusat pesan pengguna Tri adalah dengan menu pengaturan. Menu ini tentu ada di setiap smartphone sehingga tidak menyulitkan kamu untuk menemukannya. Selain itu, pengguna juga tidak membutuhkan aplikasi tambahan lainnya.

Jika menggunakan cara ini, SMSC smartphone menjadi lebih mudah untuk diatur atau diperbarui. Jika nomor pusat pesan sudah diatur secara otomatis, maka pengguna hanya perlu mengecek untuk melakukan pembaruan jika nomornya berubah. Cara mengatur SMSC di menu pengaturan yaitu:

  • Buka menu “Pengaturan” atau “Setting
  • Pilih “Aplikasi Sistem
  • Klik opsi “Pesan
  • Lanjutkan dengan memilih “Pengaturan Lainnya
  • Klik “Nomor Pusat Pesan SMS
  • Pilih “Kartu Tri
  • Masukkan nomor pusat pesan provider tersebut yaitu +6289644000001

Setelah itu, nomor pusat pesan akan tersimpan dan akan berjalan setelah pengguna memulai ulang smartphone miliknya. Oleh karena itu, kamu bisa memilih menu restart untuk mematikan lalu menyalakan kembali perangkat dan segera menggunakannya untuk berkirim pesan (SMS).

2. Dial USSD

Selain menu pengaturan, pengguna juga bisa melakukan panggilan USSD saat ingin mengatur nomor pusat pesan. Untuk menggunakan cara ini, kamu harus memasukkan kode tertentu pada aplikasi panggilan yang secara khusus akan membantu pengaturan Short Message Service Center (SMSC).

Setiap melakukan panggilan USSD, pengguna tidak akan terkena biaya apapun dan juga bisa melakukannya kapanpun selama memiliki sinyal yang bagus. Meskipun demikian, setiap kode yang dimasukkan harus benar seperti yang dijelaskan dalam langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi “Panggilan” atau “Telepon
  • Masukkan kode *#*#4636#*#* atau *#*#4838#*#*
  • Pilih opsi “Informasi Telepon
  • Gulir halaman ke bawah dan klik “SMSC
  • Masukkan +6289644000001 pada kolom yang tersedia
  • Klik “Update” atau “Perbarui
  • Selesai

Dengan cara USSD, pengguna bisa langsung mencoba untuk menggunakan layanan SMS tanpa harus melakukan restart terlebih dahulu. Jadi, bagi kamu yang dalam keadaan tidak memungkinkan untuk mematikan smartphone, bisa memilih cara ini dengan memasukkan beberapa kode dial.

Penyebab Gagal Mengirim SMS

Pengaturan nomor pusat pesan Tri bukan satu-satunya penyebab dari gagalnya pengiriman SMS. Akan tetapi, terdapat beberapa penyebab lain sehingga kamu tidak perlu kebingungan untuk mendeteksi penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab masalah pada layanan SMS.

1. Jaringan

Penyebab pertama dari gagalnya pengguna mengirim sebuah SMS adalah masalah jaringan. Misalnya, kondisi jaringan yang lemah pada daerah tertentu, sedang dalam perbaikan, atau sedang terjadi kepadatan sinyal. Untuk mendeteksi penyebabnya, kamu bisa mengirim pesan dengan perangkat lain.

Jika tidak berhasil, maka sinyal di tempat tersebut memang lemah. Akan tetapi, jika berhasil maka kemungkinan pengaturan SMSC provider yang kamu gunakan masih kurang tepat. Periksa sekali lagi nomor pesan yang sudah dimasukkan apakah terdapat kekeliruan atau tidak.

2. Pulsa Tidak Cukup

Alasan utama banyak pengguna beralih dari SMS ke aplikasi perpesanan seperti WhatsApp adalah pengirimannya yang gratis. Sementara itu, untuk bertukar pesan menggunakan SMS akan dikenakan tarif tertentu sesuai dengan yang diberlakukan provider, seperti Tri sebesar Rp750 – Rp1.250.

SMS tidak akan terkirim jika pulsa yang dimiliki kurang dari nilai tersebut. Jadi, pastikan jika saldo pulsa kamu mencukupi untuk melakukan pengiriman pesan agar tidak mengalami kegagalan. Untuk mengatasinya, lakukan pengisian ulang pulsa sesuai dengan nominal yang diinginkan.

Namun, jika kamu ingin mengirim SMS berkali-kali dalam kurung waktu tertentu sebaiknya mendaftarkan paket SMS khusus. Dengan begitu, pengguna dapat menghemat biaya pengiriman SMS meskipun mengirim banyak pesan dalam satu hari atau satu bulan.

3. Aplikasi SMS

Short Message Service (SMS) merupakan layanan pengiriman pesan bawaan yang sudah dimiliki setiap ponsel, baik smartphone maupun bukan. Kegagalan pengiriman pesan juga dapat disebabkan karena kondisi aplikasi SMS yang kurang bagus dan tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Hal ini dapat disebabkan karena pengguna yang tidak merawat ponselnya dengan baik dan akhirnya terinfeksi virus. Selain itu, penggunaan ponsel secara intensif juga bisa menyebabkan terjadinya error pada aplikasi perpesanan. Oleh karena itu, kamu harus merawat ponsel secara berkala.

4. Nomor Pusat Pesan

Nomor pusat pesan atau SMSC tergolong jarang mendapat perhatian namun cukup berpengaruh terhadap layanan perpesanan. Jika nomor ini tidak diatur dengan baik, maka smartphone kamu tidak dapat menerima atau mengirim SMS seperti perangkat seluler pada umumnya.

Masalah nomor pusat pesan ini biasanya muncul setelah pengguna mengganti kartu SIM. Hal ini disebabkan karena setiap provider dari kartu SIM memiliki nomor pusat pesan yang berbeda-beda sehingga pengaturannya pun harus disesuaikan dengan benar.

Saat ini, nomor pusat pesan Tri yang berlaku adalah +6289644000001. Pengguna yang ingin melakukan pengaturan SMSC harus menggunakan nomor tersebut agar bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui layanan pesan. Jika terjadi kekeliruan, maka SMS kamu tidak akan terkirim.

Baca Juga: