Poco M5S Review Spesifikasi Indonesia, Harga da Kelebihannya

Smartphone Poco M5s adalah salah satu produk terbaru dari sub-brand Xiaomi yang menawarkan spesifikasi menarik dengan harga terjangkau. Poco M5s hadir dengan layar AMOLED 6,43 inci, kamera belakang 64 MP, prosesor MediaTek Helio G95, baterai 5000 mAh, dan NFC.

Bagi Anda yang ingin membeli Smartphone ini, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana spesifikasi maupun reviewnya. Tujuannya apa mas supaya bener-bener yang diambil.

Review Spesifikasi Smartphone Poco M5s

Review-Spesifikasi-Smartphone-Poco-M5s

Apakah Poco M5s ini bisa memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna? Tentunya ada berbagai aspek yang harus dilihat seperti berikut ini:

1. Desain dan Layar

Poco M5s memiliki desain yang ramping dan elegan dengan bodi belakang melengkung 3D yang ergonomis dan nyaman digenggam. Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Gray, Blue, dan White dengan motif Deco yang unik di bagian belakang. Poco M5s juga dilengkapi dengan sertifikat IP53 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air dan debu.

Layar Poco M5s menggunakan panel AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan aspek rasio 20:9. Ini memiliki tingkat kecerahan puncak 1100 nits, rasio kontras 4.500.000:1, dan gamut warna DCI-P3 yang membuatnya mampu menampilkan gambar yang tajam, cerah, dan kaya warna. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 yang tahan goresan.

Poco M5s juga menyediakan fitur-fitur layar yang berguna seperti Sunlight Display yang menyesuaikan kecerahan secara otomatis sesuai dengan cahaya sekitar. Ada mode baca yang mengurangi emisi cahaya biru untuk melindungi mata, Mode Anti-Flicker yang menghindari efek flicker pada layar, dan Sensor Cahaya Ambien 360 derajat yang mendeteksi cahaya dari semua arah.

2. Kamera dan Multimedia

Poco M5s dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP dengan aperture f/1.8, kamera ultra-wide 8 MP dengan sudut pandang 118 derajat, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Kamera-kamera ini didukung oleh algoritma AI yang canggih yang bisa mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan kondisi dan objek.

Kamera utama Poco M5s mampu menghasilkan foto dengan detail tinggi dan jernih berkat mode Ultra HD 64 MP yang bisa menangkap setiap detail. Kamera ini juga bisa mengambil foto malam hari yang memukau dengan mode Night Mode yang meningkatkan eksposur dan warna.

Sedangkan kamera ultra-wide Poco M5s bisa menangkap pemandangan lebih luas dengan distorsi minimal. Kamera makro Poco M5s bisa mendapatkan sudut pandang baru yang tidak kalah menarik dengan mode Makro. Selanjutnya, fitur kamera depth Poco M5s bisa menciptakan efek bokeh alami dengan mode Portrait.

Frot camera Poco M5s memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/2.4 yang bisa mengambil foto selfie yang jernih dan natural. Kamera ini juga memiliki fitur HDR yang bisa menyeimbangkan cahaya latar dan fitur AI Beautify yang bisa menyempurnakan wajah sesuai dengan preferensi pengguna.

Poco M5s juga bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 30 fps atau Full HD pada 60 fps dengan kamera belakang dan Full HD pada 30 fps dengan kamera depan. Video-video ini bisa disempurnakan dengan fitur-fitur seperti EIS (Electronic Image Stabilization), Slow Motion, Time Lapse, dan AI Skyscaping.

Untuk urusan multimedia, Poco M5s dilengkapi dengan speaker ganda yang bisa menghasilkan suara yang imersif dan surround stereo. Ponsel ini juga memiliki jack audio 3,5 mm yang bisa digunakan untuk menghubungkan earphone atau headphone. Selain itu, handphone ini juga mendukung NFC yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran nirkabel atau mentransfer data dengan cepat.

3. Performa dan Baterai

Poco M5s ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G95 yang merupakan prosesor octa-core dengan performa tinggi. Prosesor ini mempunyai 6 Core Cortex A55 dengan kecepatan 2,0 GHz dan juga 2 core cortex A76 dengan kecepatan 2,05 GHz. Prosesor ini juga memiliki GPU Mali-G76 MC4 yang bisa menangani game-game berat dengan lancar.

Pilihannya ada varian RAM hingga 6GB dan varian ROM hingga 128 GB. RAM dan ROM ini menggunakan teknologi LPDDR4X dan UFS 2.2 yang membuat aplikasi berjalan lebih mulus dan game berukuran besar dimuat lebih cepat. Ponsel ini juga memiliki slot microSDXC yang bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 1 TB.

Poco M5s juga memiliki fitur Penambahan Memori RAM yang bisa diaktifkan dengan sekali ketuk. Fitur ini bisa menambah RAM secara dinamis hingga maksimal 8 GB dengan menggunakan sebagian memori internal. Fitur ini berguna untuk menjalankan aplikasi atau game yang membutuhkan RAM besar.

Poco M5s memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan lama dalam penggunaan sehari-hari. Baterai ini juga mendukung pengisian daya cepat 33W yang bisa mengisi daya hingga 64% dalam waktu 30 menit. Di sejumlah wilayah tertentu, adaptor 33w dijual terpisah.

4. Harga

Salah satu keunggulan dari Poco M5s adalah harganya yang terjangkau. Ponsel ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,5 jutaan hingga Rp 2,6 jutaan tergantung dari varian RAM dan ROM yang dipilih. Harga ini bisa berbeda-beda di setiap penjual dan platform belanja online.

Harga ini juga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan persaingan. Namun, dengan spesifikasi yang ditawarkan, Poco M5s bisa dibilang sebagai ponsel yang worth it dan value for money.

Kelebihan dan Kelemahan Poco M5s

Kelebihan-dan-Kelemahan-Poco-M5s

Poco M5s adalah smartphone yang “magis” dan menyenangkan dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang terjangkau. Namun, seperti halnya produk lain, ponsel ini juga memiliki kelebihan dan kelemahan yang perlu diketahui sebelum membelinya. Berikut diantaranya:

Kelebihan:

  • Layar AMOLED yang indah dengan tingkat kecerahan dan kontras yang tinggi, gamut warna luas, dan perlindungan Corning Gorilla Glass 3.
  • Kamera belakang 64 MP yang canggih dengan mode Ultra HD 64 MP, Night Mode, Ultra-Wide, Makro, dan Portrait yang didukung oleh algoritme AI.
  • Prosesor MediaTek Helio G95 yang tangguh dengan performa tinggi untuk menjalankan aplikasi dan game berat dengan lancar
  • Baterai 5000 mAh yang awet dengan fitur pengisian daya cepat 33W yang bisa mengisi daya hingga 64% dalam waktu 30 menit.
  • NFC yang praktis untuk melakukan pembayaran nirkabel atau mentransfer data dengan cepat.

Kelemahan

  • Desain bodi belakang yang terbuat dari plastik yang kurang premium dan mudah tergores.
  • Kamera depan 13 MP yang kurang tajam dan detail untuk foto selfie atau video call.
  • Speaker ganda yang kurang bertenaga dan jernih untuk audio yang imersif dan surround stereo.
  • Adaptor daya 33W yang dijual terpisah di wilayah tertentu sehingga harus membeli secara terpisah jika ingin menggunakan fitur pengisian daya cepat 33W.
  • Fitur Penambahan Memori RAM yang bisa mengurangi kapasitas penyimpanan internal jika diaktifkan.

Kesimpulan

Poco M5s adalah smartphone yang magis dan menyenangkan dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga yang terjangkau. Ponsel ini memiliki layar AMOLED yang indah, kamera belakang 64 MP yang canggih, prosesor MediaTek Helio G95 yang tangguh, baterai 5000 mAh yang awet, dan NFC yang praktis. Ponsel ini cocok untuk pengguna yang mencari smartphone dengan kualitas tinggi tanpa harus menguras kantong.

Baca Juga: