17 Software Penting untuk Windows Wajib Diinstal dan Dimiliki

 

Apa saja software penting untuk Windows yang wajib ada di perangkat PC atau laptop? Bagi Anda yang baru saja membeli laptop atau PC tentunya membutuhkan berbagai jenis software dan aplikasi untuk mendukung aktivitas pekerjaan maupun kebutuhan hiburan.

Seperti yang diketahui, Windows sendiri biasanya sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan. Hanya saja aplikasi tersebut belum mencukupi untuk menunjang berbagai macam aktivitas. Seperti browser, pemutar media, archive manager, pengolah dokumen dan lain sebagainya.

Daftar Software Penting untuk Windows

Pada dasarnya ada banyak jenis software penting yang perlu diinstal di Windows. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan aktivitas kerja dan hiburan yang dibutuhkan oleh pengguna. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah daftar software yang sebaiknya diinstal di Windows.

1. Microsoft Edge

Microsoft-Edge.1

Salah satu software penting Windows 10 yang sebaiknya di instal di perangkat PC atau laptop adalah Microsoft Edge. Meskipun sebelumnya sudah ada Internet Explorer yang disediakan Microsoft, namun keberadaannya kurang disukai karena terlalu banyak memakan memori.

Microsoft Edge sendiri menawarkan kualitas yang lebih baik. Selain lebih ringan saat dijalankan, aplikasi ini juga tidak memakan banyak memori dan konsumsi baterai. Selain itu berbagai fitur di dalamnya juga menarik, seperti Dolby Vision yang tidak ada di Chrome.

2. Google Chrome

Microsoft-Edge

Software penting untuk PC berikutnya yang layak diinstal di perangkat PC/laptop adalah Google Chrome. Browser yang satu ini banyak direkomendasikan karena dianggap lebih baik kinerjanya dibandingkan Internet Explorer maupun Microsoft Edge.

Tidak heran jika Google Chrome menjadi salah satu perangkat lunak yang biasanya langsung di instal setelah PC atau laptop baru dioperasikan. Tentunya ada banyak kelebihan yang ditawarkan Google Chrome dibandingkan jenis browser lainnya.

Diantaranya adalah menampilkan interface yang sederhana dan simple, menyediakan fitur mode gelap, proteksi keamanan yang mumpuni, memungkinkan pengguna untuk memasang fitur tambahan, serta terintegrasi dengan layanan Google Translate.

Selain itu, Google Chrome menyediakan layanan browsing yang cukup cepat dan memungkinkan untuk sinkronisasi dengan akun Google sehingga sangat praktis. Browser ini juga bisa membaca berbagai format file serta memberikan kemudahan dalam mengunduh file.

3. Mozilla Firefox

Software penting untuk Windows yang sering dijadikan alternatif selain Google Chrome adalah Mozilla Firefox. Meskipun banyak yang lebih suka menggunakkan Google Chrome untuk keperluan browsing, namun tidak sedikit pengguna yang masih setia menggunakan Mozilla.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Mozilla Firefox menjadi salah satu alasan mengapa masih banyak yang menggunakan web browser ini. Diantaranya adalah memiliki tampilan yang cukup sederhana namun tetap modern sehingga mudah dipahami pengguna.

Firefox sendiri sudah dirilis sejak tahun 2002 dengan nama Phoenix. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Mozilla Firefox menjadi salah satu web browser yang banyak dipilih sebagai browser default. Meskipun posisinya masih yang kedua setelah Google Chrome.

4. Google Drive

Software penting untuk laptop yang wajib diinstal adalah Google Drive. Layanan penyimpanan online yang disediakan Google ini akan sangat berguna untuk menunjang aktivitas belajar dan pekerjaan yang membutuhkan ruang penyimpanan besar.

Selain menyimpan file secara online, dengan Google Drive Anda bisa berbagi file dengan mudah dan praktis, termasuk mengedit file yang dibagikan oleh orang lain. Yang menarik, layanan ini bisa diakses secara gratis. Untuk fitur yang lebih banyak tersedia layanan berbayar.

Secara garis besar, Google Drive akan membantu Anda dalam beberapa hal. Yaitu sharing file, menyimpan link untuk diakses di lain waktu, membuat catatan yang langsung tersimpan secara otomatis di Google Keep, backup file, edit file, backup chat WA, dan lain-lain.

5. WinRAR

Software penting untuk Windows berikutnya adalah WinRAR. Perangkat lunak ini akan sangat membantu Anda dalam mengunggah dan berbagi file dalam ukuran besar. Karena software ini berfungsi untuk kompresi sehingga akan memperkecil ukuran file, bahkan sampai 50%.

Dengan kemampuannya tersebut, ruang penyimpanan bisa lebih dihemat. Selain itu, proses pengiriman file jadi lebih cepat karena ukuran file yang besar sudah dikompresi terlebih dahulu. WinRAR juga akan memberikan perlindungan file dari serangan virus sehingga lebih aman.

Adapun kelebihan yang ditawarkan antara lain adalah mudah digunakan, ukuran yang ringan, serta efektif untuk memperkecil ukuran file. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat arsip dengan format ZIP dan RAR serta kompatibel dengan Windows versi 10 dan sebelumnya.

6. VLC Media Player

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan VLC Media Player sebagai aplikasi pemutar media. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa memutar audio maupun video di perangkat PC maupun laptop. Tentunya VLC menjadi salah satu software penting untuk Windows.

Media player ini memiliki banyak keunggulan sehingga sangat direkomendasikan untuk diinstal di perangkat PC atau laptop. Salah satunya adalah memperbaiki masalah sinkronisasi pada audio, video maupun subtitle. Yaitu dengan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Dengan VLC Media Player, Anda bisa dengan mudah menambahkan watermark pada video yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa memutar VLC Media Player melalui web. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengontrol VLC dari mana saja.

7. Avast Free Antivirus

Software penting PC lainnya yang wajib dipasang di perangkat PC maupun laptop adalah antivirus, salah satunya adalah Avast. Seperti yang diketahui, aktivitas di internet sangat berisiko karena ada banyak ancaman serangan virus yang bisa mencuri data pribadi.

Dengan adanya software antivirus maka perangkat PC/laptop Anda akan lebih aman, terutama saat melakukan aktivitas browsing. Dalam hal ini antivirus yang banyak direkomendasikan adalah Avast Free Antivirus.

Avast merupakan layanan antivirus yang sangat populer. Antivirus ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis antivirus lainnya. Diantaranya adalah mudah dalam instalasi, menyediakan versi gratis dan berbayar, serta efektif dalam memberikan perlindungan.

8. Malwarebytes

Software penting untuk Windows selain Avast yang bisa dijadikan pilihan adalah Malwarebytes. Perangkat lunak ini memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam memindai ancaman virus dan malware dalam tiga opsi. Yaitu pemindaian ancaman dan pemindaian khusus serta hiper.

Dalam hal ini Anda bisa memilih jenis pemindaian yang diinginkan sesuai kebutuhan. Setiap kali ada ancaman virus maupun malware yang terdeteksi maka secara otomatis akan langsung diamankan. Selain itu juga akan diberikan solusi terbaik untuk keamanan perangkat.

Software ini memberikan layanan antivirus dan malware secara gratis selama 30 hari sehingga bisa dimanfaatkan untuk memindai keberadaan malware di perangkat. Melalui pemindaian tersebut maka perangkat akan lebih terlindung dari serangan malware.

9. Adobe Photoshop

Keberadaan Adobe Photoshop sebagai salah satu software penting untuk Windows sangat dibutuhkan pengguna yang berkecimpung dalam dunia fotografi. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan editing dengan mudah.

Seperti memangkas gambar, memberikan efek blur, meningkatkan pencahayaan, mempertajam gambar, memperkecil dan memperbesar ukuran gambar, mengubah dan memberikan warna, menggabungkan dua gambar serta menghapus objek gambar.

Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah bisa menyimpan gambar dalam berbagai macam format, mampu menghasilkan gambar yang lebih berkualitas, fitur editing yang lengkap dan banyak pilihan, serta efektif untuk kebutuhan desain dan edit foto.

10. CorelDraw

Software penting untuk Windows selain Adobe Photoshop yang sebaiknya diinstal di perangkat PC atau laptop adalah CorelDraw. Aplikasi desain grafis berbasis vektor ini akan memudahkan Anda dalam membuat desain brosur, undangan, logo, dan berbagai macam desain lainnya.

Secara garis besar CorelDraw berguna bagi para pekerja kreatif yang berkecimpung dalam dunia desain. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan, CorelDraw menjadi salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan untuk membantu pekerjaan desainer.

Banyaknya pekerja desain yang memilih CorelDraw tidak terlepas dari beberapa kelebihan yang dimiliki. Selain mudah untuk digunakan, CorelDraw juga mendukung berbagai format import dan ekspor dengan aneka tools yang tersedia di dalamnya.

11. CCleaner

Daftar software penting untuk Windows selanjutnya yang sebaiknya diinstal di perangkat PC maupun laptop adalah CCleaner. Seperti yang diketahui, penggunaan perangkat PC/laptop dalam jangka panjang akan membuat kinerjanya menurun akibat “sampah” yang menumpuk.

Oleh karena itu diperlukan aplikasi yang tepat untuk membersihkannya agar kinerja perangkat kembali optimal. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan CCleaner untuk membersihkan “sampah” yang menumpuk di perangkat.

CCleaner menyediakan beberapa menu yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Yaitu Cleaner yang tersedia dalam panel Windows dan Application, Registry yang akan menghapus seluruh registry yang bermasalah serta Tools dengan 3 menu Uninstaller, Startup dan System Restore.

Menu lainnya adalah Setting yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan aplikasi CCleaner sesuai kebutuhan. Seperti pemilihan bahasa, cookies yang akan disimpan dan dihapus secara otomatis, folder tambahan yang bisa dihapus dan lain sebagainya.

12. Skype

Software yang penting untuk laptop berikutnya yaitu Skype. Software ini sudah dirilis sejak tahun 2013 dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk memudahkan komunikasi. Dengan fitur yang lengkap, Skype membuat banyak orang tetap terhubung.

Adapun fitur yang disediakan antara lain adalah panggilan suara serta video HD yang memungkinkan pengguna untuk saling bertatap muka secara virtual dengan kualitas gambar HD. Namun sayangnya, layanan tersebut hanya gratis untuk kebutuhan konferensi.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur smart messaging serta private conversation. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan fitur reactions untuk memberikan tanggapan terhadap pesan yang dikirimkan oleh pengguna lain. Fitur ini gratis selama Anda berada dalam diskusi grup.

Fitur lainnya adalah Screen Sharing yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar presentasi dengan peserta lainnya yang tergabung dalam grup diskusi. Selain itu ada pula fitur Call Recording untuk merekam meeting dan Live Subtitles untuk memahami ucapan orang lain.

13. Zoom

Selain Skype, software penting untuk Windows yang banyak direkomendasikan untuk diinstal  adalah Zoom. Aplikasi ini dirancang secara khusus untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan komunikasi jarak jauh dengan kapasitas yang bisa diakses oleh banyak orang.

Saat ini Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak diakses untuk kebutuhan meeting karena dinilai memiliki banyak keunggulan. Beberapa diantaranya adalah menampilkan kualitas video HD sehingga membuat peserta lebih nyaman selama mengikuti meeting.

Selain itu, dengan Zoom Anda bisa dengan mudah mengundang dan menambahkan peserta lain ke dalam meeting virtual. Baik yang dilakukan melalui undangan maupun tautan ke aplikasi WhatsApp.

Zoom menyediakan fitur penyimpanan cloud sehingga memudahkan Anda dalam menyimpan video. Bukan hanya itu saja, Zoom juga mendukung berbagai platform sehingga bisa diakses di Windows, Android maupun iOS.

14. NordVPN

Daftar software penting untuk Windows yang bisa dijadikan pilihan menarik untuk diinstal di perangkat PC dan laptop berbasis Windows adalah NordVPN. Aplikasi ini merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi keterbatasan akses di beberapa situs yang diblokir pemerintah.

NordVPN sendiri dikenal sebagai salah satu layanan VPN terbaik yang memiliki banyak keunggulan di dalamnya. Diantaranya adalah memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas browsing dengan aman.

VPN ini dilengkapi teknologi 256-bit AES (Advanced Encryption Standard) serta enkripsi Pretty Good Privacy (PGP). Sehingga data dan privasi Anda akan tetap terlindung selama browsing. Yang tidak kalah menarik, VPN ini bisa diakses oleh banyak perangkat sekaligus.

Dengan NordVPN, Anda juga bisa mengakses internet dengan lebih cepat. Bukan hanya itu saja, VPN ini memiliki server di 59 negara termasuk Indonesia dengan jumlah total hingga 5457 server.

15. Internet Download Manager (IDM)

Software penting untuk Windows berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah IDM (Internet Download Manager). Software ini sangat berguna untuk kebutuhan pengunduhan file dari internet. Dengan interface yang sederhana, Anda bisa dengan mudah menjalankan aplikasi.

Perangkat lunak yang dikembangkan Tonec Inc ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan yang membuat kinerjanya semakin maksimal. Salah satunya adalah fitur Resume yang memungkinkan Anda untuk mengunduh kembali file yang tertunda.

Adapun keunggulan IDM yang banyak mencuri perhatian adalah kemampuannya dalam menaikkan kecepatan unduhan hingga 5 kali lipat. Selain itu, Anda bisa mengatur waktu unduhan sesuai kebutuhan serta adanya sistem proteksi yang melindungi file dari virus.

16. WPS Office

WPS Office merupakan salah satu software penting untuk Windows yang bisa diinstal untuk menunjang aktivitas pekerjaan maupun pendidikan. Fungsinya sendiri sangat mirip dengan Microsoft Office dengan berbagai fitur menarik yang ada di dalamnya.

Software ini mendukung banyak perangkat dan bukan hanya Windows saja. Seperti Linux, iOS, hingga Android. WPS Office yang sebelumnya dikenal dengan nama Kingsoft Office ini bisa diakses secara gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya langganan.

Untuk jenis layanannya sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu WPS Writer dengan karakteristik seperti MS Word, WPS Spreadsheets seperti MS Excel serta WPS Presentation yang mirip dengan MS Power Point.

17. Dropbox

Software penting untuk Windows yang tidak kalah penting untuk diinstal yaitu Dropbox. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan seluruh file dengan aman. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan pribadi dan bisnis melalui Cloud Storage.

Layanan ini tersedia secara gratis dan berbayar. Bagi pengguna gratis bisa menyimpan data dengan kapasitas 2GB – 8GB, sedangkan bagi pengguna berbayar disediakan kapasitas penyimpanan sampai 50GB.

Secara garis besar, Dropbox bermanfaat untuk penyimpanan file dan data secara online. Nantinya semua data yang telah disimpan bisa diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja tanpa perlu repot membawa flashdisk. Anda juga bisa mengakses file bersama grup.

Dengan menginstal software penting untuk Windows seperti yang dijelaskan melalui 17 daftar software diatas, maka hal itu akan membuat penggunaan perangkat PC/laptop Anda semakin maksimal. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan berbagai software tersebut sesuai kebutuhan.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id