5 Style Kondangan Pria Bergaya Casual dan Formal, Trend 2023

 

Ketika menghadiri acara pernikahan atau kondangan, penampilan menjadi fokus utama yang wajib diperhatikan. Tak hanya untuk wanita saja, termasuk salah satunya dalam menentukan style kondangan pria.

Pada dasarnya, pria memang tidak memiliki pilihan fashion item sebanyak wanita. Namun, pemilihan outfit yang sesuai sangat penting dilakukan supaya memberikan tampilan yang terkesan sederhana tapi tetap elegan dan maskulin.

5 Ide Style Kondangan Pria yang Simple dan Elegan

Memilih outfit kondangan untuk pria memang lebih sederhana dan tidak seribet wanita. Kendati demikian, supaya penampilan Anda tetap stylish dan menarik saat kondangan, maka sejumlah ide outfit di bawah ini bisa Anda jadikan referensi.

1. Style Kondangan Formal

Style-Kondangan-Formal

Style formal merupakan salah satu ide gaya berpakaian untuk pria yang cocok dipakai saat acara formal seperti pernikahan atau pesta. Pada jenis ini, pilihan pakaian yang tepat adalah jas dan celana panjang.

Anda bisa memilih jas dengan warna netral seperti hitam atau abu-abu untuk memberikan kesan formal dan elegan serta padukan dengan kemeja putih dan dasi yang sesuai dengan warna jas.

Selain itu, Anda juga bisa membuat kombinasi setelan tersebut dengan sepatu formal seperti oxford atau loafer dengan warna yang sama dengan warna jas. Kemudian, pilih ikat pinggang yang cocok dengan warna sepatu.

Agar tampilan lebih sempurna, Anda juga bisa menambahkan aksesori seperti cufflinks dan dasi yang memiliki pola menarik serta kenakan jam tangan untuk mendapatkan look yang menawan.

2. Style Kondangan Semi-Formal

Style-Kondangan-Semi-Formal

Jika Anda menginginkan gaya yang semi-formal, maka Anda bisa membuat kombinasi blazer atau jas dan kaos polos dengan warna senada. Gaya ini cocok untuk Anda yang tidak mau ribet dan ingin tampil sederhana, namun tetap elegan.

Anda bisa memadukan blazer dan celana chino dengan warna yang selaras. Dimana Anda bisa memilih warna yang mencolok seperti merah atau biru untuk memberikan kesan segar dan menarik.

Selain itu, tambahkan juga kombinasi kemeja dengan warna netral seperti hitam atau putih serta gunakan sepatu loafers atau sporty untuk tampilan yang lebih trendy.

3. Style Kondangan Pria Casual

Style Casual juga bisa menjadi salah satu ide outfit kondangan yang bisa Anda gunakan. Dimana pakaian ini cocok digunakan untuk acara kondangan yang tidak terlalu formal. Dengan style ini, Anda bisa memilih pakaian yang lebih santai namun tetap terlihat rapi dan stylish.

Anda bisa mengenakan kemeja lengan pendek atau lengan panjang dengan motif atau warna yang menarik, seperti floral atau polos dengan warna cerah. Kemeja dengan motif kotak-kotak juga bisa menjadi ide outfit kekinian.

Kemudian padukan dengan celana chino atau celana jeans dengan potongan yang pas di badan. Hindari memilih celana yang terlalu longgar atau ketat.

Untuk sepatu, pilihlah sepatu kasual seperti sneakers atau loafers dengan warna yang sesuai dengan outfit yang Anda kenakan.

4. Simple Basic Style/Casual

Apabila Anda ingin menggunakan model fashion yang simpel namun tetap terlihat keren dan kekinian, maka simple basic style bisa menjadi pilihan untuk kondangan.

Anda bisa tetap tampil sederhana dengan mengenakan kaos polo yang memiliki kesan rapi dan semi-formal. Padukan dengan celana chino dan gunakan aksesoris tambahan seperti jam tangan untuk membuat look lebih modis.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan kaos strip dengan menambahkan kemeja semi jaket yang berwarna polos dan celana chino supaya tetap terlihat rapi.

Selain itu, untuk menambah penampilan lebih classy, Anda juga bisa menggunakan oxford shoes berbahan kulit dengan warna netral.

5. Style Kondangan Pria Batik

Outfit Batik juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pria untuk tampil elegan namun tetap mempertahankan nuansa tradisional pada acara kondangan. Bahkan, batik bisa dikombinasikan dengan beberapa setelan yang sangat bervariasi.

Anda bisa memadukan kemeja batik panjang atau lengan pendek dengan celana panjang atau celana bahan. Pilih batik dengan warna yang kalem seperti coklat tua atau biru tua dan padukan dengan celana panjang yang berwarna gelap seperti hitam atau navy.

Selain itu, batik blazer dan celana panjang juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kondangan. Anda bisa memilih batik blazer dengan warna dan pola yang kalem seperti abu-abu atau biru tua dan padukan dengan celana panjang yang berwarna senada.

Untuk tampilan formal Anda bisa membuat kombinasi outfit batik dengan memakai sepatu pantofel atau sepatu kulit. Namun, Anda juga bisa menggunakan sepatu santai untuk tampilan yang lebih casual.

Beragam style kondangan pria di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih pakaian yang tepat dan memberikan tampilan yang sempurna di acara kondangan.

Meskipun begitu, tetap perhatikan pakaian yang sesuai dengan dress code acara dan pilih jenis gaya pakaian yang sesuai dengan selera supaya membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id