Harga Xiaomi Mix Fold 2 dan Review Spesifikasi Indonesia Terbaru

 

Xiaomi, salah satu produsen smartphone ternama asal China, kembali merilis seri terbaru dari ponsel lipat mereka, yaitu Xiaomi Mix Fold 2. Smartphone ini menjadi salah satu produk yang paling dinanti-nantikan oleh para penggemar gadget karena memiliki berbagai keunggulan dan fitur canggih.

Dilengkapi dengan layar fleksibel berukuran besar dan spesifikasi hardware yang canggih, ponsel ini menawarkan pengalaman yang unik dan memuaskan bagi penggunanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai spesifikasi, fitur, dan harga dari Mix Fold 2, sehingga Anda dapat memahami apakah layak untuk dibeli.

Spesifikasi Xiaomi Mix Fold 2

Spesifikasi-Xiaomi-Mix-Fold-2

Handphone ini memang memiliki banyak sekali fitur menarik dan akan memanjakan para penggunanya. Secara ringkas, berikut ini adalah beberapa ulasan dari hp ini:

1. Desain dan Layar

Mix Fold 2 memiliki desain yang elegan dan premium dengan bingkai aluminium dan kaca Gorilla Glass Victus di bagian depan. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan emas. Desainnya  sangat tipis dan ringan untuk ukuran ponsel lipat, dengan ketebalan 11,2 mm saat dilipat dan 5,4 mm saat dibuka, serta berat 262 gram.

Ponsel ini memiliki dua layar, yaitu layar utama berukuran 8,02 inci dengan panel LTPO 2.0 OLED dan layar sekunder berukuran 6,56 inci dengan panel Samsung E5 OLED. Kedua layar ini memiliki kualitas yang sangat baik, dengan akurasi warna yang tinggi, sudut pandang yang luas, dan refresh rate 120 Hz.

Layar utama juga mendukung teknologi multimedia seperti HDR10+ dan Dolby Vision, serta dilindungi oleh kaca Schott UTG.

2. Kamera

Xiaomi Mix Fold 2 memiliki empat kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor IMX766, kamera ultra-wide 13 MP dengan sudut pandang 123 derajat. Ada juga kamera telefoto 8 MP dengan zoom optik 2x, serta kamera Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look. Kamera depan memiliki resolusi 20 MP.

Salah satu kelebihan kamera Mix Fold 2 adalah kerjasama dengan Leica, merek kamera legendaris asal Jerman. Kamera ini memiliki lensa dan filter Leica yang memberikan hasil foto yang lebih natural, tajam, dan detail. Kamera ini juga memiliki fitur seperti mode malam, mode potret, mode pro, mode panorama, mode makro, mode video vlog, dan mode video HDR10+.

3. Performa dan Baterai

Ponsel ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang merupakan chipset terbaru dan terkencang dari Qualcomm. Chipset ini memiliki CPU octa-core dengan kecepatan hingga 3 GHz dan GPU Adreno 730. Kemudian,i juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5 sebesar 12 GB dan memori internal UFS 3.1 sebesar 256 GB, 512 GB, atau 1 TB.

Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi Mix Fold 2 mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar dan tanpa hambatan. Fitur lainnya, juga mendukung konektivitas dual 5G, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2 BLE, NFC multifungsi, dan Snapdragon Sound.

Mix Fold 2 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang dapat digunakan sepanjang hari dengan penggunaan normal. Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan fitur pengisian cepat kabel sebesar 67 W yang mampu mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu kurang dari satu jam. Sayangnya, pengisian nirkabel atau pengisian balik tidak didukung pada smartphone ini.

Ponsel menggunakan sistem operasi MIUI Fold 13 yang berbasis pada Android 12. Sistem operasi ini dirancang khusus untuk smartphone lipat dan menyesuaikan antarmuka dengan mode layar yang sedang digunakan. MIUI Fold 13 juga menyediakan fitur-fitur seperti split screen, floating window, drag and drop, desktop mode, dan lainnya.

4. Harga

Mix Fold 2 adalah smartphone lipat yang menawarkan berbagai fitur menarik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya. Smartphone ini tersedia dalam tiga opsi penyimpanan, yaitu 256 GB, 512 GB, dan 1TB, dengan RAM 12 GB1. Harganya:

  • RAM 12 GB + ROM 256 GB: CNY 8999 atau sekitar Rp 19,5 juta
  • RAM 12 GB + ROM 512 GB: CNY 9999 atau sekitar Rp 21,7 juta
  • RAM 12 GB + ROM 1 TB: CNY 11.999 atau sekitar Rp 26,1 juta

Harga Xiaomi Mix Fold 2 di Indonesia belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan akan lebih tinggi karena pajak dan biaya impor.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mix Fold 2

Harga-Xiaomi-Mix-Fold-2-dan-Review-Spesifikasi-Indonesia-Terbaru

Handphone Xiaomi ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui terlebih dahulu oleh siapapun sebelum membelinya. Berikut ini akan diulas lebih lanjut:

Kelebihan

  • Desain yang ramping dan ringan. Perangkat memiliki desain yang ramping dan ringan, sehingga mudah dibawa-bawa. Desainnya juga terlihat elegan dan futuristik, membuatnya terlihat lebih mahal daripada harganya.
  • Layar yang besar dan berkualitas. Smartphone ini memiliki layar utama berukuran 8,01 inci dan layar sekunder berukuran 6,52 inci, keduanya memiliki resolusi yang tinggi. Layar utama menggunakan teknologi OLED dan mendukung refresh rate 90 Hz, sedangkan layar sekunder menggunakan teknologi AMOLED. Kedua layar ini memberikan tampilan yang sangat baik dan detail yang tajam.
  • Kamera yang canggih dan berkolaborasi dengan Leica. Mix Fold 2 dilengkapi dengan sistem kamera tiga lensa yang dikembangkan bersama Leica. Kamera ini terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera telefoto 8 MP, dan kamera ultra wide 13 MP. Hasil foto dan video yang dihasilkan sangat tajam dan jernih.
  • Performa yang tangguh dan mendukung 5G. Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dan dilengkapi dengan RAM 12 GB atau 16 GB. Xiaomi Mix Fold 2 juga mendukung jaringan 5G, sehingga Anda dapat menikmati kecepatan internet yang sangat cepat.
  • Pengisian cepat kabel 67 W. Xiaomi Mix Fold 2 memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh yang dapat diisi ulang dengan cepat menggunakan kabel. Dalam waktu kurang dari satu jam, baterai dapat terisi penuh dengan pengisian cepat kabel 67 W.

Kekurangan

  • Tidak mendukung pengisian nirkabel atau pengisian balik. Sayangnya, hp tidak mendukung pengisian nirkabel atau pengisian balik, yang bisa menjadi kelemahan bagi beberapa pengguna.
  • Tidak memiliki sertifikat ketahanan terhadap debu dan air IP68. Smartphone ini tidak memiliki sertifikat ketahanan terhadap debu dan air IP68, yang berarti Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya di sekitar air dan debu.
  • Tidak tersedia di luar China. Saat ini, HP ini hanya tersedia untuk dijual di China, sehingga sulit untuk didapatkan di negara lain.
  • Tidak mendukung Android 12L yang dirancang untuk perangkat lipat. Perangkat ini tidak mendukung Android 12L yang dirancang khusus untuk perangkat lipat, meskipun sistem operasi MIUI Fold 13 yang digunakan sudah dioptimalkan untuk smartphone lipat.
  • Tidak memiliki Play Store bawaan. Smartphone ini tidak memiliki Play Store bawaan, sehingga Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi Play Store secara manual jika ingin menggunakannya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Xiaomi Mix Fold 2 menawarkan pengalaman yang luar biasa dan merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memiliki smartphone inovatif dan canggih. Dengan fiturnya, dapat menjadi andalan bagi para pengguna yang membutuhkan perangkat yang bisa menunjang aktivitas sehari-hari mereka.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id