Review Poco M2, Spesifikasi, Harga Terbaru dan Kelebihannya

Setelah Poco M2 Pro rilis, versi regulernya pun ikut dimunculkan ke pasaran, namanya adalah Poco M2. Seperti yang telah kamu kira, versi ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah, namun dibanderol dengan harga yang bersahabat.

Banyak yang bilang bahwa Poco M2 sama dengan Redmi 9, karena memiliki spesifikasi dan fitur yang hampir sama. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk membeli Poco M2, disarankan untuk membaca review lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Poco M2

Bocoran-Spesifikasi-Poco-M2

Xiaomi terkenal akan produknya yang berkualitas, dengan harga yang terjangkau. Meski banyak yang bilang bahwa Xiaomi adalah HP Gacha, namun itu tidak benar. Xiaomi telah memperbaiki kualitas produk mereka sesuai standar yang berlaku.

Jadi, kamu tidak akan menemukan HP Xiaomi dengan standar kualitas  yang buruk. Bicara tentang HP Xiaomi berkualitas, salah satunya adalah Poco M2. HP ini dibanderol dengan harga murah, namun jangan salah, karena spesifikasinya sangat bisa diandalkan.

1. Desain

HP ini dirilis pada September 2020, hadir dalam tiga warna pilihan, yaitu Slate Blue, Pitch Black dan Brick Red. Warna yang cukup keren, dan sudah sesuai dengan desain HP Android masa kini, meski harganya yang terjangkau.

Poco M2 hadir dengan dimensi 163.3 x 77 x 9.1 mm dan berat 198 gram. Melihatnya, bisa disimpulkan bahwa HP ini tidak berat maupun tebal. Karena itu, pengguna bisa menggenggam dan mengoperasikan HP ini dengan nyaman, meski pakai satu tangan saja.

Sayangnya, bodi dari HP ini masih terbuat dari bahan yang biasa saja, yaitu sama-sama plastik di bagian belakang maupun tepiannya (frame). Namun jangan khawatir, karena bagian depan sudah terbuat dari kaca, yakni Corning Gorilla Glass 3 yang cukup kokoh dan melidungi.

HP Poco ini memiliki modul kamera belakang yang diletakkan di bagian tengah atas bodi belakang. Sedangkan LED Flash-nya memiliki modul kecil, dan diletakkan di sisi kanan modul kamera. Desain modul kamera dibuat vertikal dan ringkas, jadi tidak akan terlalu memenuhi HP.

Adapun, bagian depan HP ini memiliki desain waterdrop notch, untuk tempat kamera depan. Well, desain waterdrop notch biasanya memang dimiliki oleh HP dengan harga yang tidak mahal. Kalau kamu tidak peduli dengan desainnya, Poco M2 ini sangat luar biasa untuk dimiliki.

2. Layar

Layar HP memang penting, seperti luasnya, resolusinya sampai refresh rate yang dimilikinya. Lalu, bagaimana dengan Poco M2? Kabar baiknya, HP ini memiliki layar yang luas, mencapai 6,63 inci, meski masih menggunakan panel IPS LCD.

Tentunya, dibandingkan dengan layar AMOLED, layar IPS LCD masih kalah jauh. Namun, jangan terlalu sedih, karena layar HP ini sudah sangat baik di kelasnya, karena memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel. Bisa menampilkan konten yang tajam dan jernih di semua  aktivitas.

Layarnya pun memiliki tingkat kecerahan yang baik, bisa  mencapai 400 nits. Mungkin terdengar biasa, namun layar HP ini tetap akan terlihat meski sedang berada di luar ruangan, atau ketika layar HP disinari cahaya matahari.

Keunggulan lainnya dari layar Poco M2 adalah pelindungnya, yang sudah mengandalkan Corning Gorilla Glass 3. Mungkin masih level 3, namun pelindung layar ini sudah sangat baik untuk kelasnya, karena bisa melindungi layar dari benturan, goresan dan lain sebagainya.

Overall, meski masih menggunakan layar IPS LCD, namun bisa dibantu dengan resolusinya yang sudah Full HD. Jadi, pengguna tetap bisa menikmati konten di Poco M2 dengan nyaman dan tidak bikin sakit mati, mulai dari game, media sosial, video dan lain sebagainya.

3. Performa

Jika ada satu hal dari seri Poco yang harus kamu tahu, itu adalah fokus mereka ke performa. Jadi, hampir semua seri HP Poco memiliki performa yang andal. Tentu saja, ini tidak bisa lepas dari spesifikasi hardware yang ditanamkan kepadanya.

Contohnya ada banyak, seperti Poco F2, Poco X3 NFC, Pocofone F1 dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana dengan Poco M2? Apakah HP ini memiliki performa dengan seri HP Poco lainnya? Well, jawabannya adalah iya, HP ini dibekali dengan hardware, yang bisa menghasilkan performa yang andal.

Poco M2 dibekali dengan chipset Helio G80, chipset yang sudah sangat bagus untuk HP dengan harga 2 jutaan. MediaTek Helio sendiri merupakan alternatif chipset yang lebih terjangkau, dibandingkan dengan Snapdragon, dengan performa yang tidak jauh berbeda.

Dengan Helio G30, performa Poco M2 dijamin gahar, namun banderolnya tetap murah. Lihat saja skornya ketika dites di AnTuTu v8, yang membuat HP ini mendapatkan skor 202.475 poin. Skor yang sudah sangat baik untuk HP dengan harga di kelasnya.

Chipset Helio G80 memiliki CPU delapan inti (octa-core), dengan detail 2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55. Untuk urusan grafis, sudah ada GPU Mali-G52 MC2, bisa memastikan tampilan grafis dari Poco M2 memuaskan.

Jika belum cukup, masih ada dukungan 6GB/64GB RAM dan 6GB/128GB RAM. Jadi, selain bisa memainkan game berat seperti PUBG di grafis tinggi, HP ini pun sangat smooth untuk urusan multitasking. Apalagi jika digunakan untuk aktivitas sederhana seperti browsing, scrolling dan sejenisnya.

Kesimpulannya, performa dari Poco M2 tidak perlu diragukan lagi. Pastinya bisa  kamu andalkan untuk berbagai aktivitas, mulai dari bermain game berat, media sosial, streaming, browsing dan lainnya. Harga HP yang murah membuatnya semakin worth it untuk dibeli.

4. Kamera

Sekarang kita akan membahas spesifikasi kamera yang dimiliki oleh HP ini. Hebatnya, Poco M2 memiliki konfigurasi empat kamera belakang yang lengkap. Detailnya adalah sebagai berikut :

  • 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
  • 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
  • 5 MP, f/2.4, (macro)
  • 2 MP, f/2.4, (depth)

Kamera belakang HP ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung seperti HDR, LED Flash dan panorama. Kameranya juga bisa merekam video dengan hasil yang baik, yakni kualitas 1080p di 30fps. Lalu, bagaimana dengan kamera depan?

Poco M2 dibekali dengan satu kamera depan resolusi 8MP (wide) dengan bukaan f/2.0. Ada fitur standar seperti HDR, dan perekaman video dalam kualitas 1080p di 30fps. Kamera belakang dan depan dari HP ini sama-sama bisa menghasilkan foto yang baik, terlebih di kondisi cahaya yang cukup.

5. Baterai

Soal baterai dan daya tahan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena HP ini memiliki baterai kapasitas 5.000 mAh yang awet dan tahan lama. Ada fast charging 18W untuk pengisian yang cepat, tidak perlu menunggu sampai satu jam lebih untuk mengecas HP sampai penuh.

Harga Poco M2 Terkini April 2023

Harga-Poco-M2-Terkini-April-2023

Varian Harga
6/64GB Rp2.200.000
6/128GB Rp2.500.000

Pro dan Kontra Poco M2

1. Pro

  • Memiliki performa yang gahar.
  • RAM dan ROM kapasitas besar.
  • Baterai kapasitas jumbo.
  • Tahan terhadap percikan air.
  • Konfigurasi 4 kamera dengan hasil yang bagus.
  • Gorillla Glass 3.
  • Dst.

2. Kontra

  • Desain waterdrop notch yang kuno.
  • Charger 18W yang dijual terpisah.
  • Masih menggunakan MIUI 11.

Poco M2 dibanderol dengan harga yang terjangkau, namun memiliki banderol yang terjangkau, hanya 2 jutaan saja. Selain performa, daya tahan baterai juga patut diacungi jempol, pastinya bisa tahan digunakan selama seharian penuh.

Baca Juga: