10 Aplikasi Desain Rumah PC untuk Pemula (Ada yang Gratis)

Setiap orang pasti pernah membayangkan punya rumah impian dengan desain istimewa. Sekaranglah waktunya untuk membuat sendiri desain rumah impian dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi desain rumah PC. Proses desain akan terasa sangat seru dan menantang.

Membeli rumah yang sudah jadi biasanya bukan pilihan sebagian orang. Karena rumah yang sudah jadi punya desain yang tidak sama dengan rumah impian setiap orang. Bagi yang ingin mendesain rumah impian secara pribadi, pastikan untuk memilih dan memakai aplikasi yang terbaik.

Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik

Banyak sekali aplikasi untuk komputer dan ponsel yang dirancang untuk membuat desain rumah dengan mudah. Tapi daripada menggunakan ponsel, pertimbangkan untuk menggunakan komputer dan salah satu dari aplikasi di bawah ini untuk membuat desain rumah dengan lebih leluasa.

1. SketchUp

SketchUp

Aplikasi yang dirancang untuk perangkat komputer bernama SketchUp Pro dan bisa digunakan untuk menciptakan desain rumah impian. SketchUp Pro mempunyai fitur utama berupa web-based 3D Modeling. Fitur ini bisa digunakan untuk membuat desain rumah secara 3D melalui web browser.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa membuat serta mengedit desain rumah secara online dari mana saja. Ada juga fitur lain bernama PreDesign yang akan memberikan rekomendasi dan saran dalam menata ruangan berdasarkan cuaca dan tipe bangunan. Ada beberapa versi SketchUp, yaitu:

SketchUp Make

Merupakan freeware yang bisa didownload setelah pengguna melakukan pendaftaran sehingga mendapatkan akun gratis. Jadi, versi yang satu ini bisa digunakan secara gratis di rumah dan bisa dipakai untuk kepentingan pribadi dengan waktu penggunaan selama 30 hari saja.

SketchUp Pro

Merupakan versi premium SketchUp yang mempunyai fitur ekstra untuk mengekspor dan mengimpor berbagai jenis format file. Versi ini juga menyediakan akses ke alat tata letak, software dokumentasi 2D, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, pengguna harus membayar.

SketchUp Free

Merupakan pengganti untuk versi Make yang saat ini sudah tidak tersedia lagi. SketchUp Free merupakan pilihan terbaik karena bisa langsung dipakai tanpa mengunduh aplikasi apapun. Sayangnya, fitur yang ditawarkan oleh versi Free tidak selengkap fitur versi Pro.

SketchUp bisa dipakai untuk membuat berbagai macam objek dan komponen dalam proses pembuatan desain bangunan. Tool yang tersedia mencakup freehand, arc, circle, line, eraser, dan sebagainya.

2. ArchiCAD

ArchiCAD

Berikutnya adalah software yang bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac. ArchiCAD dirancang oleh perusahaan Hungaria yang bernama Graphisoft Company. Aplikasi ini menawarkan solusi pembuatan desain dengan bantuan komputer.

ArchiCAD menyediakan dua pilihan dalam pembuatan desain rumah, yaitu membuat desain 2D atau 3D. Aplikasi ini juga mampu merancang rumah virtual dengan berbagai komponen virtual, misalnya atap, pintu, dinding, dan sebagainya. ArchiCAD menawarkan beberapa kelebihan berikut ini.

Ramah pengguna

Tampilan aplikasi ArchiCAD sangat ramah pengguna. Setiap pengguna aplikasi ini bisa menyesuaikan tema ArchiCAD sesuai dengan keinginan atau kenyamanan. Tampilan yang ramah pengguna ini juga memudahkan pengguna dalam memanfaatkan semua alat yang ada.

Rendering tool

Di dalam aplikasi desain rumah PC ini, ada alat yang bernama rendering fotorealistik. Salah satu fiturnya bernama CineRender yang bisa digunakan untuk menciptakan model beresolusi tinggi. Selanjutnya, pengguna bisa meningkatkan kecerahan, bayangan, tekstur, dan cahayanya.

Alat pengeditan terbaik

Keistimewaan yang paling disukai dari ArchiCAD adalah alat pengeditannya yang lebih intuitif dan stabil dibandingkan dengan software lainnya dengan fungsi yang sama. Semua alat yang tersedia di ArchiCAD bisa digunakan untuk membuat tampilan desain rumah yang lebih realistis.

ArchiCAD bisa digunakan untuk membuat struktur arsitektur apapun dan bisa digunakan di Windows maupun Mac. Sehingga banyak perusahaan tertarik untuk memakai aplikasi ini.

3. Softplan

Selain membuat desain rumah, Anda tentu ingin memperkirakan berapa biaya yang diperlukan untuk membangun rumah. Softplan adalah aplikasi desain rumah yang bisa digunakan di laptop dan punya fitur yang sangat unik. Softplan menyediakan informasi lengkap sehubungan dengan desain rumah.

Contohnya adalah informasi daftar bahan yang diperlukan, perkiraan biaya pembangunan secara real time, dokumentasi lengkap, serta kemampuan desain 3D. Cari tahu selengkapnya tentang Softplan di bawah ini.

Automation

Ketika digunakan untuk menggambar, fitur Automation dalam aplikasi Softplan akan secara otomatis meningkatkan produktivitas serta memastikan tidak ada yang tertinggal. Segala sesuatunya, mulai dari rangka lantai sampai atap akan dibuat dalam sekali klik saja.

Customization

Fitur sebelumnya akan membantu menghemat waktu. Selain itu, ada alat kustomisasi yang bisa digunakan untuk memodifikasi segala detail yang diperlukan. Misalnya saja membuat simbol, membuat dinding khusus, menambah atap secara otomatis, dan sebagainya.

SoftList

SoftPlan punya fitur unik yang bernama SoftList, yaitu perkiraan bahan yang diperlukan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar material secara otomatis, membuat perkiraan biaya, serta memanfaatkan sebanyak mungkin informasi yang disediakan oleh SoftPlan.

Aplikasi desain rumah PC ini memang dibuat untuk mempermudah proses pembuatan desain rumah secara menyeluruh, mulai dari persiapan paling awal hingga finishing.

4. Home Designer Suite

Berikutnya adalah Home Designer Suite yang dirancang untuk membantu penggunanya mendesain, mengubah, hingga membuat rencana sebuah rumah. Fitur dalam aplikasi ini sangat lengkap dan semuanya bisa digunakan untuk menciptakan lanskap dan rumah secara terperinci.

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi yang bisa digunakan di PC ini. Salah satunya adalah bisa menciptakan cetak biru dengan kualitas tinggi. Selain itu, fitur dalam aplikasi Home Designer Suite juga sangat lengkap, misalnya saja ada:

Automated building tools

Alat ini sangat konsisten dan akurat saat digunakan untuk membangun rumah. Ada alat khusus untuk membuat rangka, lantai, fondasi, langit-langit, dan atap secara otomatis. Sehingga pengguna akan lebih nyaman dalam membuat desain rumah secara virtual.

Smart objects

Fitur smart objects ini terdiri dari cabinet, tangga, jendela, dan pintu. Pengguna aplikasi bisa menempatkan objek-objek tersebut dimanapun dan aplikasi Home Designer Suite akan secara otomatis mem-bingkainya dengan akurat.

3D Models dan 3D Renderings

Proses rendering, navigasi, dan editing dengan tampilan 3D merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Home Designer Suite. Fitur ini membuat proses pembuatan desain dan editing menjadi lebih mudah sekaligus alami.

Versi Suite merupakan versi yang paling dasar. Home Designer juga menghadirkan versi Architectural dan Professional dengan fitur yang jauh lebih lengkap.

5. Microstation

Aplikasi desain rumah PC Microstation ini berbasis grafik dan digunakan untuk membuat desain 3D maupun 2D. Fungsinya kurang lebih sama dengan aplikasi desain lainnya, yaitu AutoCAD. Cara kerja aplikasi ini juga mirip dengan AutoCAD.

Yang membuat Microstation berbeda adalah kemampuannya dalam membuat pengguna jadi lebih mudah dalam membuat desain rumah. Microstation sudah banyak digunakan oleh para profesional, kontraktor, engineer, dan arsitek dalam membuat berbagai desain bangunan dengan kelebihan ini:

Tampilan sederhana

Microstation menyediakan fleksibilitas dan kekuatan untuk membuat desain bangunan. Tampilan yang ditawarkan oleh aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat desain dengan lebih mudah. Dengan Microstation, pengguna bisa mengurangi resiko dan meningkatkan otomatisasi.

Kemampuan mendesain 2D dan 3D

Microstation mampu menciptakan desain 3D dan 2D yang diaktifkan secara geospasial. Tujuannya adalah untuk proyek infrastruktur serta untuk mengirimkan desain tersebut sesuai anggaran dan tepat pada waktunya, meskipun skala dan kompleksitas proyeknya meningkat.

Cocok untuk semua proyek

Microstation mengklaim dirinya sendiri sebagai aplikasi desain rumah yang ramah pengguna untuk pemula dan cocok untuk penggunaan kelas dunia. Aplikasi ini membantu setiap penggunanya dalam menemukan solusi kreatif untuk menciptakan desain rumah impian.

Berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi Microstation memungkinkan para penggunanya untuk merancang desain terbaik tanpa menghabiskan banyak waktu.

6. Revit Architecture

Autodesk mengembangkan Revit untuk digunakan di perangkat komputer. Software yang satu ini dirancang untuk memudahkan pengguna menciptakan model bangunan dengan drafting 2D dan parametric 3D. Revit punya banyak sekali kelebihan.

Salah satunya adalah aplikasi ini mampu mengerjakan pembuatan desain gambar dengan lebih cepat. Di dalam aplikasi juga ada fitur yang bernama Revit Building Maker. Fungsinya adalah mengubah bentuk konseptual sehingga menjadi rencana bangunan. Kelebihan lainnya antara lain:

Adanya komponen parametric

Komponen parametric yang ada dalam aplikasi Revit memungkinkan proses perancangan menjadi lebih efektif. Dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa menggunakan berbagai komponen yang tersimpan dalam aplikasi saat membuat desain bangunan.

Kemampuan analisis

Revit bisa mengoptimalkan performa bangunan pada saat proses desain memasuki tahap awal. Selain itu, pengguna aplikasi desain rumah PC yang satu ini bisa menjalankan estimasi biaya serta memantau kemajuan proyek selama pembangunan.

Koordinasi dan kolaborasi

Dengan Revit, pengguna bisa berbagi, menyinkronkan, serta merancang ulang desain dengan lebih mudah. Semua proses bisa dilakukan dengan lebih mudah berkat Revit Architecture. Mulai dari desain hingga dokumentasi, prosesnya jadi jauh lebih efektif.

Revit juga menawarkan aplikasi khusus yang bisa dipakai untuk memodifikasi geometri dengan lebih fleksibel.

7. Punch Home & Landscape Design

Dalam aplikasi ini ada banyak sekali pilihan dukungan yang bisa dimanfaatkan untuk mempelajari caranya menggunakan Punch Home & Landscape Design dalam membuat desain rumah impian. Banyak alat dan fitur dalam aplikasi ini membantu mempermudah dan mempercepat proses desain.

Seperti beberapa aplikasi sebelumnya, software untuk Macbook dan Windows ini hadir dengan banyak sekali kelebihan. Yang paling utama adalah tampilannya yang sangat bersih sehingga mempermudah proses belajar para pengguna yang masih baru. Kelebihan lainnya antara lain:

Perpustakaan

Fitur unik dalam aplikasi Punch adalah perpustakaan yang berisi berbagai pilihan eksterior maupun interior. Dengan berbagai pilihan tersebut, pengguna bisa lebih mudah merancang desain rumah impian tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu.

QuickStart Preview

Fitur yang kedua ini membantu pengguna aplikasi membuat desain lantai dengan lebih cepat tanpa harus menarik dinding di setiap kamar. Di bagian atas QuickStart ada daftar kamar, lorong, serta lemari. Seret kamar ke lantai, atur, kemudian sesuaikan dimensi setiap kamar.

Berbagai pilihan desain

Punch menawarkan pilihan software yang cukup lengkap untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, ada software khusus untuk membuat desain rumah, software khusus untuk membuat desain interior rumah, serta software lain untuk membuat desain landscape atau halaman.

Dengan tiga software utama yang disediakan oleh Punch, membuat desain rumah, interior, serta eksteriornya bisa dilakukan lebih cepat dan efisien.

8. Vectorwork Architecture

Tidak seperti aplikasi desain rumah PC yang lainnya, Vectorwork Architecture sama sekali tidak mengutamakan kesederhanaan. Tapi dengan tangan-tangan ahli, Vectorwork mampu menghasilkan proyek yang sangat luar biasa.

Bisa dibilang, Vectorwork merupakan software untuk desain rumah yang sifatnya kompleks. Software ini dirancang khusus untuk para profesional. Hal ini karena tingkat kesulitan aplikasi yang cukup tinggi dalam penggunaannya. Tapi, Vectorwork juga hadir dengan segala kelebihan ini:

Alat baru

Alat baru yang ada di aplikasi Vectorwork memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan mode Pull atau Push secara otomatis. Selain itu, ada juga dukungan untuk permukaan objek 3D yang memberikan fleksibilitas lebih tinggi dalam memodelkan objek 3D yang tampilannya unik.

Home Screen

Aplikasi Vectorwork di komputer juga bisa dipakai untuk mendapatkan bantuan dengan lebih muda berkat fitur Home Screen. Fitur ini memunkinkan pengguna untuk menggunakan satu sumber dalam mendapatkan pelatihan saat akan membuat desain rumah.

Room Plan

Ada fitur room plan yang bisa digunakan untuk memindai tata letak ruangan dengan cepat. Gunakan kamera perangkat untuk melakukan pemindaian kemudian model yang dihasilkan akan berupa geometri, misalnya bentuk dinding, jendela, pintu, dan sebagainya.

Membuat desain rumah impian bisa dilakukan dengan lebih mendetail berkat seluruh fitur keren yang ada dalam aplikasi desain rumah PC Vectorwork.

9. AutoCAD Architecture

Software yang satu ini sudah sangat terkenal dan sering digunakan oleh perorangan dan perusahaan. Aplikasi yang satu ini termasuk salah satu aplikasi yang sangat kompleks dengan tools atau alat yang sangat lengkap. Para spesialis sangat menyukai berbagai alat di dalam aplikasi ini.

Ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh AutoCAD. Misalnya adalah fitur dokumentasi penggunaan, fleksibilitas serta kepraktisannya, penggambaran yang efisien dan cepat, dan lain sebagainya. Fitur lengkap aplikasi AutoCAD bisa dilihat di bawah ini.

Floating windows

Menampilkan jendela gambar pada beberapa monitor atau secara berdampingan. Fitur ini cocok digunakan jika Anda bekerja dengan beberapa monitor sekaligus.

Drawing history

Menunjukkan perubahan yang sudah dibuat pada desain rumah. Dengan fitur ini, pengguna bisa membandingkan versi yang terdahulu dengan versi terkini serta mempelajari cara desain rumah dengan lebih baik lagi.

Blocks palette

Fitur palet blok dalam aplikasi AutoCAD dirancang untuk memperlihatkan serta memberikan akses ke blok dari AutoCAD dengan lebih cepat. Fitur ini bisa diakses melalui aplikasi AutoCAD versi  komputer dan AutoCAD versi web.

10. Energy3D

Software yang terakhir ini adalah software gratis yang bisa dipakai dalam menciptakan desain rumah, bangunan, dan semua komunitas yang terlihat secara 3D. Ini merupakan software lintas platform yang bisa digunakan di Linux, Windows, serta Mac.

Energy3D merupakan aplikasi yang sifatnya portable sehingga bisa langsung dijalankan tanpa harus melalui proses pemasangan atau instalasi. Seperti halnya software lain, Energy3D juga membawa beberapa kelebihan, yaitu:

Pemilihan objek

Memilih objek seperti dinding, pintu, atap, dan jendela sangat mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Energy3D ini. Jadi tidak perlu membuat objek tambahan dari awal. Fitur pemilihan objek memungkinkan pengguna Energy3D untuk membuat desain dengan lebih cepat.

Animasi matahari

Animasi matahari dalam Energy3D bisa diaktifkan untuk melihat seperti apa tampilan model dalam lingkungan aslinya.

Tampilan menarik

Tampilan yang dibawa oleh Energy3D sangat mudah untuk digunakan. aplikasi ini juga tersedia gratis sehingga tidak akan membebani penggunanya secara finansial.

Dari antara sekian banyak pilihan aplikasi desain rumah PC, 10 aplikasi di atas hadir dengan banyak sekali kelebihan. Prioritaskan salah satu aplikasi di atas sebelum mencoba menemukan aplikasi desain rumah lainnya.

Baca Juga: