10 Aplikasi Edit Foto Selain Photoshop, Interfacenya Lebih Mudah!

Aplikasi edit foto selain Photoshop menjadi hal yang dibutuhkan oleh orang-orang pada saat sekarang ini. Penggunaannya dimaksudkan dalam rangka untuk kebutuhan yang sifatnya komersial maupun untuk keperluan sehari-hari.

Tools seperti Photoshop sendiri sudah dikenal orang-orang banyak memiliki kemampuan luar biasa dalam rangka mengedit foto. Kemampuan menyunting ini sendiri salah satunya jadi fitur andalan yang dimiliki oleh alat tersebut.

Alat yang senantiasa terpasang dalam laptop maupun desktop tersebut sudah hadir lama dan memberikan bantuan yang luar biasa untuk para penikmat foto. Khususnya dalam hal ini adalah seseorang yang hendak menyunting gambar yang mereka tangkap.

Adakah Aplikasi Edit foto selain Photoshop?

Adakah-Aplikasi-Edit-foto-selain-Photoshop

Bagi beberapa orang aplikasi seperti Photoshop merupakan sebuah alat yang masih menjadi primadona bagi mereka. Karena itulah pertanyaan ini pun muncul dan bahkan sedikit ragu-ragu akan adanya alat yang bisa digunakan untuk menyunting foto selain tools tadi.

Aplikasi Photoshop yang digunakan dan bahkan terkenal untuk mengedit foto ini sendiri telah lahir sejak tahun 90-an. Jadi bisa dibilang umurnya sudah sangat tua sehingga orang-orang cukup kesulitan untuk bermigrasi ke perangkat lunak yang lain.

Ada banyak sekali orang-orang profesional yang menggunakan Photoshop dalam rangka kebutuhan komersial mereka. Mulai dari fotografer bahkan hingga perusahaan-perusahaan besar.

Yang mana mereka menggunakan kemampuan dari alat ini untuk membuat sebuah iklan dari produk mereka. Namun seiring terjadinya ledakan teknologi dari awal milenium kedua ini, maka munculah kompetitor dari alat yang sudah lama dipakai dan masyhur ini.

Bagi yang sedang mencari informasi terkait apakah ada tools lain yang bisa digunakan untuk mengolah foto ini. Maka jawabannya bisa didapatkan melalui informasi berikut ini. Kehadiran hal ini sendiri bisa jadi alternatif untuk Anda.

Macam-macam Aplikasi Edit Foto Selain Photoshop

Macam-macam-Aplikasi-Edit-Foto-Selain-Photoshop

Seiring majunya zaman kebutuhan akan menyunting foto menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Itu terjadi lantaran saat menangkap potret dari sebuah produk yang nantinya hendak dimasukkan ke dalam kebutuhan dari fotografer atau dunia marketing.

Ternyata hasilnya masih perlu ditambah oleh hal-hal lain. Proses editing yang sering digunakan oleh para profesional tadi biasanya dalam hal pencahayaan. Pengerjaan daripada kegiatan ini memerlukan keahlian.

Terutama saat menggunakan aplikasi untuk menyunting gambar yang berhasil dipotret tadi. Kebiasaan orang-orang di awal dekade munculnya dunia komputer hingga perangkat lunak di dalamnya.

Mereka terbiasa menggunakan aplikasi seperti Photoshop tadi untuk mengolah foto. Hal tersebut pada akhirnya berubah setelah lahir berbagai macam tools untuk mengolah foto dengan menggunakan aplikasi lain.

Inilah beberapa aplikasi untuk mengedit foto selain menggunakan tools seperti Photoshop tadi.

2. GIMP

Nama dari GIMP alat ini sendiri merupakan sebuah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Aplikasi edit foto selain photoshop ini didesain untuk membuat sebuah manipulasi dalam bidang grafis, dalam hal ini tentunya adalah sebuah citra digital yang berbentuk seperti foto.

GIMP merupakan sebuah open source, di mana alat ini bisa digunakan secara gratis tanpa membayar ke sebuah pengembang. Bagi perusahaan-perusahaan kecil alat semacam ini merupakan kebutuhan yang sangat luar biasa diperlukan.

Hal itu karena beberapa diantara aplikasi yang berbayar membutuhkan jumlah uang yang tidak sedikit setiap bulan bahkan setiap tahunnya. GIMP sendiri bisa anda gunakan untuk membuat sebuah logo bagi kebutuhan skala kecil hingga besar.

Tidak berhenti sampai di sana GIMP pun bisa digunakan untuk mengubah resolusi, memotong foto yang sudah diambil, hingga menggabungkan berbagai macam gambar yang anda inginkan. Untuk yang baru pertama kali berpindah menggunakan aplikasi ini.

Maka Anda tidak perlu khawatir karena memang interface yang tersedia dalam GIMP ini mirip dengan Photoshop. Alat ini sendiri bisa dipakai untuk beragam sistem operasi mulai dari Windows hingga Linux.

Dengan beragam kemampuan yang dimiliki, GIMP pun bisa dipakai untuk PC dengan spek rendah. Bahkan alat untuk menyunting foto ini jauh dari kata iklan yang kadang muncul pada alat-alat dengan sumber yang terbuka.

3. Photoscape

Merupakan sebuah perangkat lunak pengedit foto gratis yang menawarkan berbagai fitur bagi pengguna untuk mengedit foto yang sudah dipotret. Photoscape bisa dipakai di Windows serta Mac OS. Photoscape terkenal karena interfacenya yang ramah bagi semua pengguna.

Serta fitur-fiturnya gampang untuk Anda gunakan. Bagi yang sering mengedit foto dalam jumlah banyak mungkin perlu memakai aplikasi ini karena memiliki fitur batching. Yakni bisa melakukan sunting foto dalam jumlah banyak.

Semua pengguna bisa memilih beberapa foto yang diinginkan dan menerapkan pengeditan pada mereka sekaligus. Ini berguna untuk mengedit foto dalam jumlah banyak. Photoscape pun menawarkan berbagai alat dan filter bagi pengguna untuk mengedit foto mereka.

Beberapa alat utama termasuk memotong, mengubah ukuran, dan memutar gambar. Tools ini pun menawarkan berbagai filter dan efek, mulai dari untuk menyesuaikan warna hingga teks.

Fitur lain dari aplikasi edit foto selain Photoshop ini adalah kemampuan untuk membuat kolase. Pengguna dapat memilih dari berbagai template kolase dan menyesuaikannya dengan apa yang diinginkan.

Selain fitur pengeditannya, Photoscape juga menawarkan alat untuk mengatur dan mengelola foto. Meski tidak secanggih kompetitor dalam hal ini adalah Photoshop, tapi alat ini bisa digunakan dalam editan yang sifatnya masih basic.

4. Krita 3

Ada juga tools lain yang bisa digunakan sebagai pengganti dari Photoshop ini sendiri yakni Krita 3. Perangkat ini sendiri bisa digunakan oleh sistem operasi seperti Windows, MacOS hingga Linux. Alat ini sendiri sebenarnya cukup ramah untuk para pemakainya alias user friendly.

Beberapa kemampuan utama yang dimiliki oleh Krita 3 ini sendiri diantaranya bisa bekerja dengan menggunakan grafik raster dan vektor. Adanya hal ini menjadikannya alat yang bisa membuat dan bahkan memanipulasi gambar dengan kualitas tinggi termasuk diantaranya adalah edit foto ini.

Krita 3 pun menawarkan berbagai brush serta alat untuk menyunting gambar. Ukuran daripada brush sendiri dapat disesuaikan, hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat standarnya sendiri hingga memodifikasi yang sudah ada.

Mirip seperti Photoshop, Krita pun memiliki alat untuk melakukan seleksi pada objek gambar yang ada pada layar PC. Alat ini juga menawarkan berbagai hal lain seperti fitur freehand, polygonal hingga elips.

Fitur lain yang berguna dari Krita 3 ini adalah kemampuan untuk bekerja dengan yang namanya layer. Hal ini jadi sesuatu yang sering digunakan ketika memakai Photoshop. Adanya alat tersebut bisa membuat dan mengedit gambar dengan banyak layer di dalamnya.

Ini memungkinkan semua pengguna bisa menyunting hingga menyesuaikan gambar yang ada tanpa mempengaruhi dari pada objek aslinya.

5. Affinity Photo

Tools ini sendiri terkenal di beberapa orang sebagai alternatif yang cukup terjangkau dan punya kemampuan mumpuni. Pesaing Photoshop ini dikembangkan oleh Serif Ltd yang adalah perusahaan swasta perancang lunak dari Inggris.

Aplikasi edit foto selain Photoshop ini dirancang khusus untuk mengedit gambar dan foto. Serta menawarkan berbagai alat yang powerfull dan mudah digunakan untuk memperbaiki, memanipulasi hingga mengubah gambar.

Salah satu fitur unggulan dari Affinity Photo adalah alat pengolahan gambar mentah yang canggih. Ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan gambar dengan tingkat presisi yang sangat tinggi.

Fitur itu membuatnya jadi pilihan populer bagi fotografer profesional yang ingin menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Selain itu, Affinity Photo juga dilengkapi dengan banyak fitur pengeditan gambar yang lain.

Termasuk seleksi yang presisi, layer tidak terbatas, efek khusus, filter, dan banyak lagi. Kehadirannya sangat berguna bagi pengguna yang ingin membuat desain grafis kreatif, seperti poster, brosur, kartu nama, dan banyak lagi.

Salah satu hal yang membedakan Affinity Photo dari Photoshop adalah bahwa perangkat lunak ini hanya tersedia untuk sistem operasi iOS, mac OS dan Windows saja.

Tapi sebenarnya hal ini bukan masalah besar karena memang pengguna laptop sebagian besar menggunakan OS tersebut. Yang terpenting adalah para user menggunakan perangkat lunak yang lebih ringan dan lebih murah daripada Photoshop.

6. Paintshop Pro

Dikembangkan oleh Corel Corporation yang bermarkas di Ottawa, perangkat ini jadi sebuah alat untuk pengeditan gambar dan foto yang populer. Biasa disingkat PSP, peranti ini jadi alternatif yang terjangkau dan punya kapasitas untuk melakukan pengeditan gambar profesional.

PSP juga terkenal di kalangan profesional mulai dari fotografer hingga desainer grafis yang ingin memperbaiki atau memanipulasi gambar.

Salah satu fitur unggulan dari PaintShop Pro adalah user interface yang tanggap serta gampang digunakan. PSP sendiri menawarkan berbagai alat pengeditan, termasuk peningkatan warna, koreksi warna otomatis, dan penghapusan noda yang sangat mudah digunakan bahkan oleh semua pemula.

Selain itu, PaintShop Pro juga dilengkapi dengan alat seleksi yang canggih. Termasuk adalah alat seleksi berbasis piksel dan berbasis vektor. Hal ini membuat pengguna dapat memilih bagian gambar dengan presisi tinggi.

Ini memungkinkan pengguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar atau menambahkan objek baru ke dalamnya. Di generasinya yang terbaru juga ditambahkan semacam teknologi AI untuk kegiatan penyuntingan tadi.

PaintShop Pro juga punya efek khusus seperti tilt-shift, noise removal, dan koreksi lensa, yang bisa membantu memperbaiki gambar dengan cepat dan mudah.

Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan filter yang dapat digunakan untuk memberikan sentuhan kreatif ke gambar, seperti efek sketsa atau efek mozaik.

7. Photopad

Alternatif lain dalam rangka penyuntingan gambar yang dikembangkan oleh perusahaan NCH Software. Photopad adalah salah satu perangkat lunak pengeditan gambar terbaik untuk pengguna yang mencari solusi efektif namun terjangkau untuk memperbaiki.

Serta meningkatkan kualitas gambar digital mereka. Aplikasi edit foto selain Photoshop tersebut menawarkan banyak fitur pengeditan gambar yang berguna dan dapat membantu pengguna untuk mengedit gambar dengan mudah. Beberapa fitur pengeditan gambar yang sering dipakai.

Mulai dari pengaturan warna, saturasi, kecerahan, kontras, pengurangan noise, hingga peningkatan detail. UI daripada Photopad sendiri cukup mudah digunakan sehingga mempercepat navigasi hingga pengeditan gambar di dalamnya.

Fitur selection pun dibuat secanggih mungkin hingga bisa menentukan gambar dengan tepat. Bisa dipakai dalam sistem operasi Windows hingga Mac OS Photopad memiliki ukuran yang kecil. Sehingga tidak menghabiskan data dari PC Anda.

Alat ini sendiri mampu memberikan dukungan terhadap banyak format file bahkan termasuk data yang masih mentah dari kamera para user. Hadirnya fitur semacam ini bisa membuat semua editor menyunting semoga gambarnya hingga mendapatkan kualitas yang diinginkan.

Seperti penjelasan sebelumnya yang memiliki ukuran mini, maka kinerja dari aplikasi ini pun sangat cepat meski dengan gambar yang kompleks. Hal ini menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki ketika memakai aplikasi Photopad.

8. PixBuilder Studio

PixBuilder menjadi salah satu tools untuk menyunting gambar yang bisa didapatkan secara gratis oleh siapapun. Bentuk dari interface aplikasi ini sendiri cukup mirip dengan Photoshop yang berada pada versi awal.

Jadi untuk menggunakan alat ini sendiri bagi Anda yang baru bermigrasi dari Photoshop versi lama tidak akan menunggu lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri. PixBuilder sendiri menyediakan berbagai fitur di dalamnya.

Hadirnya tambahan fitur-fitur ini sendiri bisa membuat semua pengguna terbantu dalam menyesuaikan gambar yang diperlukan. Meski hanya memiliki ukuran sebesar 3 MB saja, namun alat tersebut memiliki beragam fungsi di dalamnya.

Mulai dari pengaturan untuk teks yang terdiri dari perubahan font ukuran hingga warna. Serta juga terdapat efek gambar di dalam tools yang terjangkau ini. Hasil dari editan foto yang sudah dikerjakan bisa anda masukkan ke berbagai format file mulai dari PNG, JPEG dan yang lainnya.

9. Paint.NET

Perangkat lunak lain yang bisa digunakan untuk menggantikan Photoshop dalam rangka menyunting gambar yang diinginkan diantaranya adalah Paint.Net. Merupakan salah satu tools gratis yang bisa dan hanya dipakai oleh para pengguna laptop dengan sistem operasi Windows.

Meskipun bukan termasuk sebuah alternatif yang cukup tangguh dalam rangka menyunting foto seperti kompetitornya yakni Photoshop. Tapi kehadiran dari aplikasi ini cukup dalam rangka sekedar mengedit gambar secara sederhana saja.

Di dalam perangkat lunak ini sendiri sudah disediakan hal-hal seperti layer, kemudian ada untuk menambahkan teks dan juga hal-hal dasar lainnya. Bagi yang sedang mencari aplikasi untuk mengedit gambar tanpa budget sekalipun maka Paint.NET jadi pilihan yang pas.

10. Chasys Draw IES

Bisa digunakan pada beragam sistem operasi mulai dari Windows Linux hingga Mac OS,  Chasys Draw IES memiliki ukuran kecil. Cukup dengan 20 MB saja maka perangkat lunak ini bisa dipakai pada laptop pribadi milik Anda.

Untuk sekedar melakukan sunting foto secara sederhana maka tools ini bisa digunakan dan juga menawarkan berbagai fitur di dalamnya. Meskipun sederhana namun alat tersebut juga memberikan fasilitas seperti layer hingga animasi.

Beragam format populer juga didukung dalam aplikasi ini seperti JPEG, PNG, dan BMP. Untuk Anda yang sedang mencari alternatif Photoshop bisa juga menggunakan alat yang gratis ini.

11. Pixelmator

Untuk anda para pengguna Mac OS maka aplikasi ini menjadi salah satu pilihan lain selain menggunakan Photoshop. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tools ini diantaranya bisa menggabungkan dengan fitur cloud untuk sekedar memindahkan projek.

Disediakan fitur semacam untuk menyunting warna hingga memiliki beragam format file dalam rangka penyuntingan ini.

Hadirnya beberapa aplikasi edit foto selain Photoshop ini akan membantu siapapun yang bekerja dalam proses penyuntingan gambar. Kebutuhan akan edit foto digital ini sendiri jadi banyak dilakukan akhir-akhir ini. Karenanya adanya alternatif ini bisa jadi membantu semua yang membutuhkan.

Baca Juga: