13 Aplikasi Scan Foto di HP (Bisa Jadi Teks) Gratis No Watermark

 

Berbagai urusan administrasi biasanya melibatkan proses scanning atau pemindaian dokumen untuk kemudian dikirimkan kepada pihak yang meminta. Jika memang harus melakukan scanning dokumen, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi scan foto.

Daripada pergi ke jasa scan, lebih baik mengunduh aplikasi scan yang bisa digunakan setiap saat tanpa harus membayar biaya scan di tempat lain. Banyak sekali pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan scanning dengan mudah. Beberapa aplikasi tersedia gratis.

Aplikasi Scan Foto Praktis dan Mudah Dipakai

Di Play Store ada banyak aplikasi scanner yang bisa diakses dengan sangat mudah. Sebagian besar gratis sehingga pengguna tidak perlu membayar sama sekali untuk memindai foto maupun dokumen apapun. Apa saja pilihan terbaik yang tersedia?

1. CamScanner

CamScanner

Merupakan pilihan yang fiturnya cukup lengkap dan bisa memindai dokumen dengan lebih akurat. Aplikasi ini mampu secara otomatis mengenali teks pada dokumen sehingga bisa membantu menghemat waktu.

Setelah melakukan scanning, pengguna bisa menyimpan hasil scan dalam format TXT, Word, JPG, maupun PDF. Beberapa fitur terbaik CamScanner antara lain:

Mengoptimalkan kualitas scan

Kualitas serta grafik hasil scan bisa menjadi lebih tajam dan jelas dengan resolusi dan warna premium.

Mengekstraksi teks

Pengenalan karakter optik atau OCR merupakan fitur CamScanner yang bisa membantu mengenali teks yang ada dalam PDF atau gambar. Pengguna bisa mengambil teks tersebut saat melakukan pengeditan serta membagikannya.

Edit dokumen

Setelah proses scanning, pengguna juga bisa mengedit dokumen atau membuat catatan pada dokumen tersebut dengan memanfaatkan alat pengeditan yang sangat lengkap. Bahkan membuat watermark bisa dilakukan dengan praktis.

2. Adobe Scan

Adobe-Scan

Sepertinya hampir semua orang kenal dengan aplikasi foto scanner yang satu ini. Adobe menghadirkan alat scanner portable yang bisa mengenali teks secara otomatis dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dalam beberapa pilihan format, termasuk JPEG dan PDF.

Fitur dalam aplikasi Adobe Scan juga cukup menarik, seperti:

Scan segala sesuatu

Adobe memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen apapun. Misalnya, ada PDF scanner yang akan langsung memindai foto tercetak dan menjadikannya file PDF. Pengguna juga bisa memindai dokumen kemudian langsung mengkonversikannya ke file PDF.

Edit hasil scan

Setelah dipindai, dokumen maupun foto bisa diatur ulang, dipotong, diputar, dan disesuaikan pewarnaannya sehingga menghasilkan file yang lebih jernih.

Masih banyak fitur lain yang bisa dieksplorasi langsung dengan menggunakan aplikasi foto scan HP ini.

3. Scanbot SDK: Document Scanning

Dengan aplikasi ini, perangkat seluler apapun, seperti tablet dan smartphone bisa digunakan sebagai alat scanner yang bisa menciptakan gambar serta dokumen berkualitas tinggi hanya dalam waktu dua detik saja. Beberapa fitur menarik dalam aplikasi ini antara lain:

User guidance

Telah tersedia user guidance yang dirancang untuk membantu para pengguna yang masih baru tentang caranya mendapatkan hasil pindaian yang berkualitas tinggi melalui proses yang sangat mudah.

Auto capture and crop

Dengan fitur ini, semua pengguna bisa mendapatkan hasil pindaian yang bagus. Aplikasi akan langsung memotong bagian yang tidak jelas atau blur di bagian latar belakang.

Seperti dua aplikasi sebelumnya, aplikasi scan foto ini juga menyediakan pilihan output seperti TIFF, PNG, JPG, maupun PDF.

4. Genius Scan

Aplikasi lain yang cocok untuk memindai dokumen adalah Genius Scan yang bisa mengenali dan memisahkan kertas dari latar belakang. Jadi, aplikasi ini bisa secara otomatis memotong bagian yang dipindai serta membuat hasilnya terlihat bersih. Di dalamnya terdapat beberapa fitur ini:

Smart scanning

Fungsinya adalah untuk mendeteksi dan menghapus background secara otomatis, mengoreksi distorsi, menghapus bayangan dan membersihkan cacat, memberikan filter sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Editor PDF

Bisa digunakan untuk membuat file PDF dan menggabungkan beberapa file yang dipindai menjadi satu file PDF. Bisa juga digunakan untuk mengimpor file foto dan PDF ke dalam aplikasi.

Genius Scan memang bisa diunduh secara gratis tapi ada beberapa fitur dalam aplikasi yang bisa diakses setelah pengguna melakukan pembelian.

5. Tiny Scanner

Aplikasi foto scan Android Tiny Scanner memungkinkan pengguna untuk memindai laporan, foto, dokumen, dan file lain jenis apapun. Aplikasi scanner yang satu ini bisa bekerja dengan sangat cepat dan dirancang khusus untuk perangkat tablet dan perangkat seluler. Fiturnya antara lain:

Berbagai pilihan scan

Ada tiga pilihan scan yang bisa digunakan, yaitu scan berwarna, scan grayscale, dan scan hitam putih.

Detector

Aplikasi Tiny Scanner mampu mendeteksi bagian tepi dokumen secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu memotong pinggiran atau tepi dokumen secara manual.

Passcode

Setelah di scan, pengguna bisa melindungi dokumen tersebut dengan cara menguncinya menggunakan password.

Versi gratisnya menampilkan beberapa iklan dan tidak semua fitur di dalamnya bisa diakses. Untuk menghilangkan iklan dan membuka semua fiturnya, pengguna perlu membeli versi berbayarnya.

6. My Scans

Merupakan aplikasi scan foto yang sangat sederhana. Untuk memakai aplikasi yang satu ini, pengguna hanya perlu mengambil foto dokumen apapun yang akan dipindai kemudian aplikasi akan secara otomatis melakukan berbagai pengeditan, seperti:

Memotong dokumen

Jika pada foto dokumen masih terdapat background seperti meja atau lantai, My Scans akan otomatis mendeteksi background tersebut kemudian memotongnya sehingga hanya bagian dokumennya saja yang akan disimpan.

Mengirim dokumen

Setelah dipindai, diedit, dan disimpan dalam format PDF, pengguna bisa menggunakan aplikasi My Scans untuk mengirimkan dokumen melalui email atau mencetaknya dengan menggunakan printer yang terhubung.

Ukuran aplikasinya tidak terlalu besar, yaitu sekitar 47 MB. Pastikan ada cukup ruang dalam penyimpanan ponsel sebelum mengunduh aplikasi scan foto di HP ini.

7. Simple Scan

Aplikasi ini bisa memindai kemudian menyimpan berbagai file dalam format PDF maupun gambar. Pengguna bisa menamai serta mengorganisasi hasil pemindaian dalam folder khusus atau membagikannya melalui berbagai cara. Fitur dalam Simple Scan cukup lengkap, yaitu:

Backup dan sinkronisasi

Pengguna bisa membuat cadangan file yang sudah dipindai kemudian melakukan sinkronisasi sehingga file tersebut bisa diakses dari berbagai perangkat.

Pengenalan teks

Teknologi OCR dalam Simple Scan membuatnya mampu mendeteksi teks secara otomatis kemudian mengekspor teks tersebut.

Pengaturan halaman

Simple Scan menyediakan pilihan untuk mengatur jenis atau ukuran kertas dokumen, seperti A4, legal, letter, dan sebagainya.

Pengguna juga bisa menggunakan Simple Scan untuk melindungi dokumen yang dipindai dengan menggunakan password.

8. Fast Scanner

Setelah memindai dokumen dengan menggunakan Fast Scanner, pengguna juga bisa melakukan berbagai hal seperti mengirimkan hasil pemindaian melalui email dalam format PDF maupun JPEG. Selain itu, pengguna juga bisa menemukan fitur dibawah ini dalam aplikasi scan foto Fast Scanner.

Fast scanning

Fitur fast scanning memungkinkan proses scanning berbagai dokumen berlangsung dengan cepat. Bahkan ketika melakukan scanning buku yang terdiri dari beberapa halaman, pengguna tidak membutuhkan waktu lama.

Ekspor file

Seluruh dokumen yang sudah selesai dipindai bisa diekspor dalam bentuk file PDF standar. Pengguna bisa menambahkan halaman atau menghapu halaman dalam file PDF tersebut.

Edit dokumen

Fast Scanner juga menawarkan banyak alat yang bisa dipakai untuk mengedit dokumen sehingga dokumen yang sudah selesai dipindai bisa dibaca dengan lebih mudah.

9. Text Fairy

Aplikasi gratis yang satu ini memungkinkan pengguna untuk mengekstrak teks dari suatu gambar. Setelah itu, pengguna bisa mengedit file, membagikannya, atau menyimpannya dalam format PDF. Untuk melindungi privasi pengguna, Text Fairy bekerja secara offline dengan fitur berikut ini.

Membersihkan gambar

Salah satu fiturnya adalah membersihkan gambar yang dipindai secara otomatis serta mengoreksi teks sehingga akan lebih mudah untuk dibaca.

Ukuran ringan

Text Fairy merupakan aplikasi scan dokumen yang ukurannya sangat kecil, yaitu hanya 11 MB saja. Dengan ukuran yang kecil tersebut, ponsel yang digunakan untuk memindai dokumen bisa berfungsi normal dan tidak mengalami penurunan performa.

10.  Microsoft Lens

Lens mampu memotong, meningkatkan kualitas, dan membuat file yang dipindai mudah dibaca. Pengguna bisa memakai aplikasi lens untuk mengkonversi gambar menjadi file Excel, PowerPoint, Word, dan PDF. Selain itu, Lens juga menyediakan fitur lain, seperti:

Digitalisasi

Lens mampu membuat teks tercetak atau teks tulisan tangan berubah menjadi file digital untuk kemudian disimpan dalam OneDrive, OneNote, atau penyimpanan lokal.

Penyimpan kontak otomatis

Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi scan foto dari Microsoft ini untuk memindai kartu nama kemudian menyimpan informasi di dalamnya secara otomatis dalam daftar kontak.

11.  Clear Scan

Dengan Clear Scan, pengguna bisa memindai dokumen apapun kemudian membagikannya melalui email, Google Drive, SkyDrive, Evernote, OneDrive, dan Dropbox. Clear Scan juga memungkinkan pengguna untuk mengakses beberapa fitur berikut ini.

Mengatur halaman dokumen

Dengan aplikasi Clear Scan, pengguna bisa mengatur ukuran halaman pada file yang dipindai. Beberapa pilihan ukuran yang tersedia antara lain A4, legal, letter, dan sebagainya.

Ekstrak teks

Pengguna Clear Scan bisa menggunakan teknologi OCR untuk mengekstrak teks dari file gambar, mengubah gambar menjadi teks sehingga teks bisa dicari, mengedit, dan membagikan dokumen yang dipindai.

12.  Swift Scan

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan dengan mudah oleh siapa saja. Selain untuk memindai dokumen, Swift Scan juga bisa digunakan untuk memindai kode QR. Fitur dalam aplikasi yang satu ini termasuk lengkap, misalnya ada:

Share via email

Swift Scan memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file yang sudah dipindai melalui email dan mengunggahnya ke media penyimpanan cloud.

Mudah digunakan

Cara scan foto dengan menggunakan aplikasi Swift Scan sama sekali tidak rumit. Aplikasi ini juga tersedia gratis dan bisa dipakai di perangkat Android maupun iOS.

13.  Photo Scan App by Photomyne

Merupakan aplikasi pemindaian yang sangat cepat dan mudah untuk digunakan. Aplikasi gratis yang satu ini bisa memindai foto dan menyesuaikannya dengan kebutuhan setiap penggunanya. Di dalam Photo Scan App ada beberapa fitur keren seperti:

Edit dokumen

Photo Scan App memungkinkan pengguna untuk menambahkan detail ke foto dan album yang tersedia, misalnya menambahkan nama, tanggal, dan lokasi. Pengguna juga bisa menambahkan rekaman suara, menerapkan filter berwarna atau hitam putih.

Simpan dan bagikan

Photo Scan App bisa menyimpan foto ke penyimpanan komputer atau perangkat seluler. Kemudian pengguna juga bisa membagikannya melalui link khusus.

Setiap aplikasi scan foto menyediakan fiturnya sendiri dan semuanya sangat bermanfaat bagi pengguna perangkat Android. Temukan salah satu aplikasi yang fiturnya paling sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id