13 Aplikasi Menggambar di HP Gratis dengan Fitur Lengkap

 

Saat ini, menggambar bisa dilakukan tanpa hambatan berkat aplikasi menggambar yang bisa digunakan di perangkat seluler maupun komputer. Setiap aplikasi yang dirancang untuk menggambar memberikan kelebihan yang menarik serta berbagai fitur yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Masing-masing pengguna wajib mencari tahu lalu membandingkan berbagai aplikasi dan kelebihannya. Tujuannya agar bisa menemukan dan menggunakan aplikasi yang paling pas dengan kebutuhan setiap penggunanya. Luangkan cukup waktu agar bisa membandingkan seluruh aplikasi yang tersedia.

Aplikasi Menggambar Plus Fitur Lengkap

Perangkat Android merupakan yang paling sering digunakan untuk menggambar. Play Store menawarkan banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain yang keren. Sebagian diantara sekian banyak aplikasi tersebut bisa didownload serta digunakan secara gratis.

1. ibis Paint X

ibis-Paint-X

Pilihan yang pertama adalah ibis Paint X yang bisa didapatkan secara gratis dari Play Store. Di dalam aplikasi ini ada 15.000 bahan lebih. Setidaknya ada 15.000 pilihan kuas, lebih dari 1.000 font, 80 pilihan filter, dan lain sebagainya. ibis Paint X hadir dengan banyak fitur terbaik, seperti:

Perekam layar

Aplikasi ibis Paint X hadir dengan fitur digital yang sangat menarik, seperti perekaman proses menggambar. Jadi, selama membuat gambar yang keren, pengguna bisa merekam step by step untuk kemudian disimpan dalam bentuk video. Kemudian hasilnya bisa diunggah ke media sosial.

SNS

Fitur yang berikutnya memungkinkan setiap penggunanya untuk mempelajari berbagai teknik untuk menggambar. Tersedia video yang isinya adalah proses menggambar para pengguna aplikasi yang lainnya.

OpenGL

Yang terakhir adalah teknologi OpenGL dalam aplikasi ibis Paint X yang memungkinkan pengguna untuk menggambar dengan lebih nyaman dan mulus. Pengalaman menggambar pun jadi lebih menarik dengan aplikasi ini.

Masih banyak fitur yang membuat aplikasi ibis Paint X lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Tapi tiga fitur di atas adalah yang paling utama.

2. Sketchbook

Sketchbook

Sama seperti ibis Paint X, Sketchbook juga hadir di Play Store dan bisa dipasang di Android secara gratis. Banyak ilustrator dan seniman menyukai aplikasi yang satu ini karena serangkaian fitur profesional serta alat yang sangat lengkap untuk menciptakan gambar yang menarik.

Antarmuka elegan

Tampilan antarmuka atau user interface yang sangat elegan membuat para pengguna sangat menyukai aplikasi yang satu ini. User interface tersebut memungkinkan pengalaman menggambar yang lebih alami dan bebas dari gangguan sehingga pengguna bisa berekspresi dengan leluasa.

Jenis kuas lengkap

Demi mendukung pengalaman menggambar yang lebih menyenangkan, aplikasi Sketchbook menawarkan kuas yang jenisnya sangat lengkap. Misalnya, ada pilihan smear, airbrush, spidol pensil, dan lain sebagainya.

Layers

Mode blends atau campuran dalam layer cukup lengkap sehingga bisa menyediakan fleksibilitas yang tujuannya adalah untuk membangun serta mengeksplorasi berbagai warna dan gambar. Semuanya ini dibuat khusus untuk menciptakan sketsa, dengan antarmuka yang lebih bersih.

Sketchbook juga menghadirkan penggaris, alat bantu, dan panduan yang bisa mendukung presisi ketika pengguna membutuhkannya untuk menciptakan gambar yang lebih profesional.

3. FlipaClip

Kemudian ada aplikasi FlipaClip yang bisa digunakan sebagai salah satu aplikasi untuk mengawali proses menggambar. Aplikasi ini bisa dipakai untuk menciptakan gambar kartun, merancang animasi yang unik, serta membuat animasi film. Beberapa fitur dalam aplikasi menggambar ini adalah:

Intuitive controls

Kontrol intuitif membuat aplikasi ini menjadi lebih sederhana sehingga bisa dipelajari dengan sangat mudah. Meskipun mudah untuk digunakan, aplikasi ini cukup bagus untuk mewujudkan kreativitas dan ide yang menarik.

Gudang inspirasi

Aplikasi FlipaClip terintegrasi dengan banyak sekali aplikasi media sosial, seperti Instagram, Bili Bili, TikTok, YouTube, dan sebagainya. Ini memungkinkan pengguna aplikasi untuk mendapatkan inspirasi yang terbaik saat akan membuat gambar yang original dan berkualitas.

Pilihan gaya dan metode

Pengguna bisa memakai FlipaClip untuk menciptakan konten yang lebih menarik dengan memanfaatkan berbagai gaya yang sangat unik. Dengan HP dan FlipaClip, pengguna bisa membuat kartun animasi, stick figures, anime, meme, dan sebagainya.

Jika pengguna merupakan seorang gamer, ada banyak animasi keren dari karakter Battle Royale, Minecraft, dan Roblox yang diciptakan oleh para pengguna lain.

4. Sketchar

Merupakan aplikasi desain dan seni yang bisa dimanfaatkan untuk menggambar AR, mengedit foto, dan sebagainya. SketchAR menggabungkan AI dan AR untuk membuat pengalaman belajar pengguna menjadi lebih cepat serta lebih menghibur. Fitur di dalam aplikasi SketchAR meliputi:

Pengalaman lebih menyenangkan

Praktik dan teori digabungkan dengan lebih efektif sehingga muncul pengalaman yang lebih menyenangkan. Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi yang ingin meningkatkan keterampilan dalam menggambar dan mengekspresikan diri melalui seni.

Kursus ratusan pelajaran

Ada lebih dari 550 pelajaran menggambar yang bisa dipelajari oleh pengguna setelah mengunduh aplikasinya secara gratis. Pengguna bisa memulai dengan memilih set pemula atau dengan mempelajari topik tertentu lebih mendalam dari aplikasi menggambar yang satu ini.

Alat gambar canggih

Sketchar juga menyediakan alat gambar yang cukup canggih dan bisa digunakan untuk membuat karya seni keren hanya dalam waktu beberapa menit saja. Gunakan semua alat tersebut dalam proses pembuatan gambar yang berkualitas.

Ada kontes yang disediakan oleh Sketchar dan bisa diikuti oleh semua pengguna aplikasi yang punya kemampuan menggambar yang sangat bagus.

5. MediBang Paint

Aplikasi untuk menggambar yang satu ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis di ponsel Android, dan tidak bisa digunakan di laptop. Alat dan fitur dalam aplikasi ini sangat bervariasi. Beberapa pilihan alatnya antara lain watercolor, airbrush pencil, dan sebagainya. Sedangkan fiturnya antara lain:

Ramah pengguna

User interface aplikasi yang satu ini sangat sederhana dan ramah pengguna, sehingga sangat direkomendasikan bagi para pengguna yang masih pemula. Berbagai alat bantu tersedia untuk mendukung proses menggambar yang jauh lebih baik.

Timelapse

Fitur timelapse dalam aplikasi MediBang memungkinkan penggunanya untuk merekam video selama proses menggambar. Dengan bantuan alat yang satu ini, pengguna bisa menyimpan proses menggambar dan membagikannya di media sosial tanpa ribet.

Kuas dan bahan lebih lengkap

Semua bahan dan kuas yang ada dalam aplikasi MediBang bisa diakses dengan lebih leluasa jika pengguna berlangganan versi premiumnya. Akses tak terbatas akan otomatis terbuka, lengkap dengan filter, bahan, dan kuas eksklusif.

Sayangnya, untuk mengakses versi premium, pengguna harus membayar biaya tertentu setiap bulan atau tahunnya.

6. HiPaint

Aplikasi berikutnya yang bisa diandalkan oleh para pengguna Android adalah HiPaint. Alat ini cocok untuk digunakan oleh para pemula maupun profesional. Tampilannya yang simple membuat banyak pengguna jatuh hati dan betah menggunakan aplikasi menggambar yang kaya akan fitur ini.

Quick sliders

HiPaint menyediakan quick sliders untuk memudahkan pengguna dalam menyesuaikan keburaman dan ketebalan kuas dengan lebih cepat sehingga proses menggambar juga tidak akan memakan waktu lama.

Antarmuka gelap

Antarmuka UI gelap telah ditambahkan ke dalam aplikasi HiPaint. Fitur yang satu ini lebih sederhana, lebih bagus, dan lebih bertenaga saat digunakan untuk menggambar dengan menggunakan jari.

Kuas

Ada lebih dari 90 jenis kuas yang halus dan umum dan semuanya memenuhi syarat untuk sebagian besar karya seni. Beberapa contohnya antara lain kuas noise, kuas lampu, kuas arang, krayon, kuas minyak, pensil, kuas tinta, kuas sketsa, dan sebagainya.

Banyak alat lain dalam HiPaint yang fungsinya sangat penting. Misalnya, ada penstabil yang bisa menyempurnakan dan memperhalus goresan.

7. Picsart Color

Dengan app menggambar yang satu ini, pengguna bisa memanfaatkan alat yang sangat lengkap dan bisa digunakan oleh para profesional maupun pemula. Menambahkan lapisan, pencampur warna, serta melakukan berbagai hal lainnya bisa membantu pengguna untuk membuat gambar yang berkualitas.

Doodle

Proses menambahkan doodle sangat mudah untuk dilakukan. Color memungkinkan pengguna untuk langsung menambahkan doodle secara otomatis pada foto atau gambar yang baru saja diambil.

Text tool

Alat yang satu ini memungkinkan pengguna Color untuk menambahkan teks atau tulisan pada gambar kemudian menghapusnya dengan sangat mudah. Membuat tulisan yang tampak alami dan menyatu pada file gambar bukan hal yang mustahil berkat alat yang satu ini.

Intuitive interface

Antarmuka yang lebih intuitif memungkinkan setiap penggunanya untuk langsung fokus menggambar dan bukannya sibuk mencari serta mempelajari berbagai alat serta fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat gambar dan desain tertentu.

Tidak semua fitur dan alat dalam aplikasi menggambar ini tersedia gratis. Jika ingin menggunakan seluruh fitur serta alat di dalamnya, pengguna perlu berlangganan terlebih dulu.

8. Clip Studio Paint

Aplikasi yang satu ini menyediakan alat yang cukup lengkap untuk membuat komik, ilustrasi, dan lain sebagainya dengan lebih nyaman. Ada lebih dari 25 juta orang yang sudah menggunakan Clip Studio Paint untuk membuat gambar keren. Tapi aplikasi ini masih belum bisa digunakan di komputer.

Clip Studio Paint hadir dengan banyak sekali alat serta fitur yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, misalnya:

Alat untuk webtoon, manga, dan komik

Pilihan alat yang ada bisa digunakan untuk menciptakan bingkai, garis-garis aksi, dan bubbles untuk percakapan. Hanya dengan satu ketukan saja, salah satu dari berbagai elemen di atas bisa dimunculkan dalam aplikasi dan bisa digunakan dengan sangat praktis.

Color smart

Dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa meletakkan berbagai warna tanpa kerumitan sama sekali. Warna bisa ditambahkan secara otomatis dengan cara memanfaatkan pewarna AI. Ada juga peta gradasi untuk memilih lebih banyak warna.

Limitless layers

Pengguna Clip Studio Paint bebas menambahkan hingga 10.000 layer dan menciptakan layer mask yang bisa digunakan untuk mengontrol efek. Pembuatan lapisan vektor juga bisa digunakan untuk menciptakan gambar vektor.

9. Concepts

Aplikasi menggambar ini menawarkan sarana kerja yang lebih dinamis dan aman bagi para penggunanya. Setiap pengguna bisa mengeksplorasi ide, mengatur pemikiran, bereksperimen, serta mengulangi desain yang sebelumnya telah dibagikan dengan klien dan teman melalui aplikasi lainnya.

Fitur Concepts juga cukup lengkap. Dari sekian banyak fitur yang ada, beberapa diantaranya adalah:

Infinite canvas

Pilihan kanvas dalam aplikasi ini sangat bervariasi, tidak ada batasan apapun. Jenis kertas yang tersedia sangat bervariasi sehingga setiap pengguna bisa memilih yang paling menarik, sesuai dengan keinginannya sendiri.

Nudge, Slide, Select

Tiga alat tersebut akan sangat bermanfaat bagi para pengguna Concepts yang masih baru. Manfaatkan ketiganya untuk mengubah setiap elemen pada sketsa tanpa harus menggambar ulang. Proses menggambar pun akan semakin mudah untuk dilakukan.

Realistic brushes

Pena, kuas, dan pensil yang tersedia dalam aplikasi Concepts sangat realistic dan bisa merespon kemiringan, kecepatan, dan tekanan dengan baik sehingga bisa langsung menyesuaikan proses untuk menghaluskan desain yang dibuat.

Lebih banyak fitur dan alat bisa diakses setelah pengguna membayar biaya langganan. Yang menarik adalah, Concepts bisa digunakan di HP, tapi juga bisa digunakan di Windows dan Chrome OS.

10. Drawing Pad

Pilihan yang berikutnya, yaitu Drawing Pad, hadir dalam dua versi yang bisa dipilih sesuka hati, yaitu versi gratis serta versi berbayar. Dalam versi berbayar, tersedia fitur yang lebih lengkap, termasuk berbagai alat yang sifatnya jauh lebih profesional. Drawing Pad hadir dengan berbagai fitur berikut ini.

Ramah anak

Aplikasi Drawing Pad ini menyediakan doodle pad yang sangat ramah pengguna. Fitur yang satu ini tidak hanya dirancang bagi pengguna yang sudah dewasa, tapi juga untuk para pengguna yang masih pemula. Saking mudahnya untuk digunakan, fitur ini bahkan cocok untuk anak-anak.

Easy Sharing

Fitur lain yang membuat aplikasi Drawing Pad banyak disukai adalah Easy Sharing yang mudah digunakan. Easy Sharing memungkinkan pengguna untuk menyimpan proyek yang sudah dibuat kemudian membagikannya ke mana saja.

Brushes

Aplikasi menggambar Drawing Pad menyediakan pilihan kuas yang jenisnya sangat bervariasi. Semuanya memungkinkan pengguna untuk menciptakan gambar yang jauh lebih keren dan berkualitas.

Orangtua bisa memakai aplikasi Drawing Pad saat mengajarkan tentang warna dan bentuk pada anak-anak. Biarkan anak-anak mengekspresikan kreativitas dengan aplikasi ini.

11. Tayasui Sketches

Dengan hadirnya Tayasui Sketcher, pengguna bisa menggambar secara digital seperti ketika menggambar di kertas sungguhan. Di dalamnya ada banyak sekali alat yang bisa dipakai untuk melukis dan menggambar, misalnya cat pastel, airbrush, pensil, serta brush akrilik. Fiturnya antara lain:

Import

Tayasui hadir dengan fitur import yang memungkinkan pengguna untuk mengimpor file gambar dari galeri yang ada di HP. Jadi kalau ada gambar yang akan diedit, pengguna tidak perlu membuat gambarnya dari awal, cukup import file yang akan diedit.

Simple interface

User interface aplikasi Android yang satu ini sangat sederhana. Semua alatnya bisa diakses lewat panel yang sudah disediakan di sebelah kanan, kiri, serta bawah layar. Aplikasi yang sangat sederhana seperti Tayasui cocok untuk profesional dan pemula.

12. Pixel Brush

Aplikasi yang satu ini dirancang khusus untuk membantu para penggunanya menciptakan gambar 8 bit dengan lebih mudah. Membuat pixel art dengan animasi juga bisa dilakukan tanpa kendala berkat aplikasi yang satu ini. Di dalam aplikasi juga tersedia banyak fitur keren, misalnya:

Animasi profesional

Pixel Brush sangat cocok untuk digunakan dalam menciptakan animasi dengan menggunakan berbagai layer. Hasilnya akan berupa video animasi pixel yang tersimpan dalam format MP4 atau GIF.

·Komunitas

Para pengguna Tayasui bisa membagikan karya seni yang dibuat dengan aplikasi Pixel dengan komunitas dan mendapatkan masukan dari para pengguna yang lainnya. Hasilnya, setiap pengguna bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitasnya.

13. Adobe Illustrator Draw

Hampir setiap seniman kenal dengan Adobe. Illustrator Draw merupakan salah satu produknya yang bisa digunakan dalam menciptakan desain yang bagus dan menarik. Selain tersedia untuk HP, versi PC juga tersedia. Fiturnya meliputi:

Zooming maksimal

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan zoom hingga 64x. Selain itu, ada 5 variasi pen yang bisa digunakan saat menggambar.

Adobe Stock

Memungkinkan pengguna untuk mencari dan menggunakan gambar tanpa lisensi secara gratis. Semuanya bisa digunakan secara leluasa.

Aplikasi menggambar untuk HP memang sangat kaya akan fitur dan semuanya cocok untuk digunakan oleh profesional maupun pemula.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id