Teks Prosedur: Penjelasan, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, dan Contoh

Balitteknologikaret.co.id – Teks Prosedur yang harus kamu ketahui merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjelaskan suatu tahapan dengan jelas. Yang mana dengan menggunakan teks ini, segala tahapan akan jauh lebih mudah dipahami.

Hal tersebut juga dapat menjadi cara ampuh dalam menjelaskan sesuatu walau sekalipun hal tersebut sulit untuk diuraikan. Teks ini mampu menjadi alternatif yang akan berhasil menjelaskan hal tersebut.

Penasaran dengan apa saja informasi dan pengertian mengenai Teks Prosedur beserta penjelasannya? Simak artikel dibawah ini untuk membahas lebih lanjut mengenai uraiannya.

Apa Itu Teks Prosedur?

Apa Itu Teks Prosedur

Pada saat duduk di bangku sekolah menengah pertama atau menengah atas, Teks Prosedur ini sudah menjadi materi yang tidak asing. Karena telah menjadi materi yang akan dipelajari nantinya.

Mungkin bagi sebagian dari kamu ada yang masih belum mengetahui tentang materi tersebut. Atau sebagian dari kamu ada yang mengetahuinya namun lupa mengenai pengertiannya.

Kalau kamu perhatikan, teks ini adalah teks yang paling sering kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana kegunaannya yang dapat digunakan untuk berbagai bidang dan materi.

Teks Prosedur adalah salah satu jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan tahapan atau langkah-langkah dari suatu proses. Dimana kamu harus menjelaskan tahapan dan proses tersebut secara jelas dan sistematis.

Sehingga para pembaca dapat dengan mudah mengikuti tahapan tersebut dengan mendapat hasil yang diinginkan. Itulah yang dapat dikatakan menjadi tujuan utama dari adanya teks ini.

Selain itu, dalam kehidupan kamu sehari-hari, pastinya ada hal-hal yang tidak jauh dari teks ini. Seperti kamu sedang belajar bagaimana cara memasak sayur, dan mengikuti resep dari buku atau internet.

Tanpa kamu sadari, resep yang sedang kamu baca tersebut adalah termasuk dalam Teks Prosedur. Yang mana di dalamnya menunjukkan tahapan dan proses memasak masakan sayur.

Dapatkah kamu bayangkan apa saja yang biasanya disebutkan dalam resep masakan? Benar, biasanya menyebutkan bahan-bahan, langkah-langkah, alat yang dibutuhkan, dan sebagainya.

Semua materi dari berbagai bidang yang dituangkan ke dalam teks ini, wajib sekali memuat hal-hal tersebut. Tujuannya adalah agar para pembaca dapat menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan lengkap.

Sehingga, para pembaca yang mengikuti prosedur dari kamu akan mendapatkan hasil yang sama dengan yang kamu contohkan. Karena biasanya, banyak prosedur yang tidak lengkap dan justru menghasilkan hasil yang jauh berbeda.

Kamu juga harus menuliskan teks ini dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dimengerti. Kembali lagi karena tujuannya untuk memudahkan pembaca dalam mengikuti suatu tahapan proses yang belum mereka ketahui.

Struktur Dalam Teks Prosedur

Struktur Dalam Teks Prosedur

Dalam Teks Prosedur, terdapat beberapa bagian struktur yang wajib kamu tuliskan di dalamnya. Bagian-bagian ini akan memberikan informasinya masing-masing demi mencapai tujuan maksimal.

Bagusnya, jangan sampai ada yang terlewatkan satu bagian pun dari struktur dibawah ini ketika menuliskan teksnya. Karena, jika kurang satu bagian saja, maka teks tersebut akan tidak lengkap dan tidak bisa memberikan tujuannya dengan baik.

Baca Juga  Isi Teks Trisatya Pramuka Lengkap Beserta Sejarah Tri Satya

Kamu perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini untuk dapat menuliskan Teks Prosedur yang baik dan benar. Pertama, tentukan tujuan dan sasaran teks, serta gunakan bahasa yang sederhana.

Setelah itu gunakan urutan langkah-langkah yang sistematis, menyertakan gambar di dalamnya akan lebih baik mengenai bahan atau sebagainya. Terakhir adalah menguji coba kelayakan teks tersebut dengan mencoba langkah-langkah nya sendiri.

Ciri-ciri dari teks yang satu ini adalah memiliki urutan langkah-langkah yang logis dan sistematis. Menggunakan kalimat perintah dan instruksi dengan bahasa yang sopan. Untuk beberapa teks, terkadang memuat gambar dan diagram untuk melengkapi instruksi.

Oleh karena itulah, demi kepentingan bersama, penulis dan pembacanya, ikuti struktur dibawah ini dengan baik. Tuliskan semua bagian-bagiannya secara rinci dengan menggunakan bahasa yang ringkas dan jelas.

Berikut ini adalah struktur dan bagian-bagian dalam Teks Prosedur yang wajib kamu tuliskan. Simak dengan baik agar ketika mempraktekannya, kamu dapat menuliskan semua bagian di bawah ini dengan baik.

1. Judul Proses

Bagian pertama yang wajib kamu tuliskan adalah judul dari proses yang akan kamu jelaskan. Menuliskan judul dengan jelas, akan membuat pembaca lebih memahami tujuan dari tahapan yang dibuat.

Sama halnya dengan mencerminkan tentang apa yang harus dilakukan dan dibahas dalam teks yang kamu buat. Judul tahapan yang jelas juga akan membantu pembaca menentukan apakah teks tersebut relevan dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contoh menuliskan judul tahapan yang baik adalah seperti “Cara Membuat Ice Green Tea”. Apa yang pertama kali terlintas dipikiran kamu ketika membaca judul tersebut?

Pastinya akan berpikiran bahwa teks yang satu ini akan menjelaskan bagaimana cara dan langkah-langkah membuat ice green tea. Itulah yang dimaksudkan dengan judul jelas hingga pembaca akan lebih mudah memahami isi dari teks tersebut.

2. Kata Pendahuluan

Selanjutnya adalah kata pendahuluan yang juga menjadi bagian wajib ketika menulis Teks Prosedur. Pendahuluan ini biasanya berisikan informasi mengenai tujuan akhir dari teks tersebut.

Yang mana tujuan tersebut hanya akan didapatkan jika para pembaca mengikuti instruksi dan tahapan yang dijelaskan dengan benar. Hal ini akan membuat para pembaca lebih berhati-hati lagi dan mengikuti tahapan prosesnya dengan sungguh-sungguh.

Bukan hanya itu, dalam pendahuluan, kamu juga dapat menuliskan alat dan bahan apa saja yang diperlukan. Yang mana alat-alat dan bahan ini adalah keperluan yang wajib ada untuk memenuhi proses tahapannya selesai dengan baik.

Pastikan kamu menuliskan alat dan bahan ini dengan sejelas mungkin agar tidak membingungkan pembaca. Sebab, banyak alat-alat dan bahan yang memiliki kesamaan bahkan sampai sulit dibedakan.

3. Tahapan Proses

Selanjutnya adalah pembahasan utama dari dibuatnya teks yang satu ini. Yaitu menjelaskan langkah-langkah dan tahapan yang harus diikuti untuk mencapai hasil yang sama.

Langkah-langkah ini harus dijelaskan secara sistematis, terstruktur, dan mudah dipahami. Sehingga kembali lagi, pembaca dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah tersebut tanpa kebingungan sedikitpun.

Bagian yang satu ini merupakan bagian yang paling penting dalam Teks Prosedur. Jadi, pastikan kamu menuliskan langkah-langkah dari topik yang dibahas dengan baik, terstruktur, sistematis, dengan bahasa yang mudah dipahami.

4. Kesimpulan Materi

Setelah menyelesaikan semua bagian-bagian diatas, teks ini juga harus ditutup dengan kesimpulan diakhir. Tujuannya adalah agar teks ini tetap terlihat layaknya teks profesional walaupun hanya sebatas menjelaskan suatu proses dan tahapan saja.

Baca Juga  Contoh Teks Prosedur Sederhana Sampai Protokol Berbagai Tema

Dalam kesimpulan, kamu juga dapat menuliskan beberapa hack atau trik dan tips yang dapat dilakukan. Misalnya bagaimana tipsnya untuk menghindari kesalahan umum yang biasanya terjadi dari proses yang dibahas.

Kamu juga dapat menambahkan informasi-informasi lain yang masih relevan dan berkaitan dengan materi. Jangan lupa untuk menutup Teks Prosedur ini dengan bahasa yang baik agar para pembaca merasa lebih dihargai.

Karena tidak ada salahnya juga memberikan kata-kata yang memotivasi para pembaca dan menyemangatinya. Ucapkan terima kasih juga penting, yang mana mereka sudah mau mengikuti proses dan tahapan instruksi yang telah kamu buat.

Jika teks yang kamu buat sudah memuat semua bagian dari struktur diatas, maka teks kamu akan menjadi teks yang sangat bermanfaat. Orang-orang akan merasa terbantu dengan instruksi yang kamu buat.

Dengan begitu, mencapai tujuan hasil akhir yang sama bukan lagi menjadi suatu hal yang sulit. Bukankah terdengar menyenangkan dapat membantu para pembaca yang juga membutuhkan teks ini?

Jenis-Jenis Kategori Teks Prosedur

Jenis-Jenis Kategori Teks Prosedur

Seperti yang sudah kami katakan diawal, bahwa teks ini dapat membahas segala materi dan topik dari berbagai bidang. Inilah yang menjadi alasan mengapa teks ini memiliki beberapa jenis kategori.

Kamu perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini untuk dapat menuliskan Teks Prosedur yang baik dan benar. Pertama, tentukan tujuan dan sasaran teks, serta gunakan bahasa yang sederhana.

Setelah itu gunakan urutan langkah-langkah yang sistematis, menyertakan gambar di dalamnya akan lebih baik mengenai bahan atau sebagainya. Terakhir adalah menguji coba kelayakan teks tersebut dengan mencoba langkah-langkah nya sendiri.

Ciri-ciri dari teks yang satu ini adalah memiliki urutan langkah-langkah yang logis dan sistematis. Menggunakan kalimat perintah dan instruksi dengan bahasa yang sopan. Untuk beberapa teks, terkadang memuat gambar dan diagram untuk melengkapi instruksi.

Kamu dapat mengetahui teks yang kamu buat termasuk ke dalam kategori apa dengan pembahasan yang akan kami bahas dibawah. Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu membedakan jenis-jenis teks ini di setiap materinya.

Langsung saja inilah jenis-jenis kategori Teks Prosedur yang perlu kamu ketahui. Penjelasan dibawah ini akan memberikan kamu bayangan dan kemudahan dalam membedakan teks ini kedepannya.

1. Kategori Akademis

Teks yang termasuk ke dalam kategori ini adalah teks yang dibuat untuk memberikan instruksi dan tahapan dalam bidang akademis. Seperti tugas-tugas, atau langkah-langkah membuat presentasi, membuat makalah, menuliskan esai, dan sebagainya.

Semua materi dan pembahasan yang masih berkaitan dengan bidang akademis atau pendidikan, termasuk dalam kategori ini. Cukup mudah untuk dibedakan dan kamu akan langsung mengetahui mana yang termasuk ke dalam kategori akademis.

2. Kategori Administratif

Kategori ini adalah teks yang membahas mengenai bagaimana prosedur atau langkah-langkah dalam bidang administrasi. Seperti cara membuat surat izin, baik izin kerja, cuti dan lain sebagainya.

Contoh lainnya adalah bagaimana cara melaporkan adanya kecelakaan kerja, kenaikan gaji, cara mengambil bonus gaji, dan sebagainya. Jika berhubungan dengan bidang administrasi, maka sudah pasti akan masuk dalam kategori ini, ya.

3. Kategori Teknis

Kategori yang satu ini berhubungan dengan materi yang relevan dengan pembahasan teknis. Bukan hanya itu, kategori ini juga dapat membahas mengenai dunia industri dan teknologi.

Misalnya seperti bagaimana cara mengoperasikan mesin-mesin tertentu, bagaimana cara menggunakan perangkat baru, dan lainnya. Yang mana cara-cara tersebut masih berhubungan dengan materi secara teknis.

Baca Juga  Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Agar Menarik Pelamar Kerja

4. Kategori Umum

Kategori terakhir adalah kategori umum, yang menjelaskan langkah dan instruksi mengenai hal-hal dalam kehidupan sehari-hari. Seperti memasak, membuat suatu kerajinan, dan lain sebagainya.

Kategori yang satu ini dapat memuat segala materi dan topik pembahasan yang dapat dilakukan secara umum. Biasanya, materi dalam kategori ini cukup ringan untuk diikuti dan lebih mudah dipahami orang-orang awam.

Contoh Dari Teks Prosedur

Contoh Dari Teks Prosedur

Agar semakin mudah untuk dipahami, kami akan memberikan contoh dari Teks Prosedur untuk memudahkan pemahaman kamu. Dengan contoh ini, kamu dapat menyimak dengan baik mulai dari struktur hingga informasi yang diberikan.

Apakah sekiranya contoh Teks Prosedur dibawah ini sudah memenuhi kualifikasi dan dapat dikatakan menjadi teks yang baik dan benar? Simak berikut ini dan cobalah untuk menganalisa hasil dari contoh dibawah ini, ya!

Judul : Cara Membuat Ice Green Tea

Pendahuluan : Green Tea adalah salah satu jenis minuman yang terbuat dari teh hijau asli. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah bubuk green tea, air, es batu, dan gula.

Langkah-langkah pembuatan Ice Green Tea :

  1. Didihkan air ke dalam panci menggunakan takaran 1 gelas kopi agar lebih mudah mengukurnya.
  2. Sambil menunggu air mendidih, siapkan gelas atau cangkir dan masukkanlah bubuk green tea serta gula sesuai selera.
  3. Setelah itu, tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam cangkir, aduk hingga merata.
  4. Masukkan sedikit air yang tidak panas, dan aduk lagi hingga merata.
  5. Terakhir, masukkan es batu sesuai selera, pastikan tidak memasukkannya terlalu banyak. Dapat menyesuaikan dengan ukuran cangkir atau gelas yang digunakan.
  6. Ice Green Tea siap disajikan dan siap untuk dinikmati!

Kesimpulan : Itulah beberapa langkah mudah untuk membuat Ice Green Tea. Tips untuk membuat rasanya manis dan enak, kamu dapat memasukkan gula sesuai dengan takaran manis masing-masing. Jangan lupa untuk mengikuti instruksinya dengan benar agar mendapatkan rasa yang diharapkan!

Manfaat Dari Kegunaan Teks Prosedur

Manfaat Dari Kegunaan Teks Prosedur

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan dalam Teks Prosedur ketika kamu mengikutinya dengan baik. Perhatikan manfaat-manfaat dibawah ini agar kamu tidak lagi merasa bingung dengan kegunaan teks yang satu ini.

  • Memberikan instruksi yang jelas.
  • Meningkatkan produktivitas dalam menyelesaikan tugas atau kegiatan dengan mudah.
  • Mengurangi dan menghindari kesalahan ketika membuat atau melakukan sesuatu yang baru.
  • Menghemat biaya dan waktu yang dikeluarkan dibanding dengan mengikuti kelas pada materi-materi yang diinginkan.

FAQ About Teks Prosedur

Bagaimana Cara Menuliskan Teks Prosedur Yang Baik?

Kamu perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini untuk dapat menuliskan Teks Prosedur yang baik dan benar. Pertama, tentukan tujuan dan sasaran teks, serta gunakan bahasa yang sederhana.

Setelah itu gunakan urutan langkah-langkah yang sistematis, menyertakan gambar di dalamnya akan lebih baik mengenai bahan atau sebagainya. Terakhir adalah menguji coba kelayakan teks tersebut dengan mencoba langkah-langkah nya sendiri.

Apa Saja Ciri-Ciri Teks Prosedur?

Ciri-ciri dari teks yang satu ini adalah memiliki urutan langkah-langkah yang logis dan sistematis. Menggunakan kalimat perintah dan instruksi dengan bahasa yang sopan. Untuk beberapa teks, terkadang memuat gambar dan diagram untuk melengkapi instruksi.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Teks Prosedur pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan cobalah buat teks ini dengan sebaik mungkin!

Simak artikel menarik lainnya berikut ini yang tentunya dapat menambah wawasan kamu :