Pengertian Berpikir Kritis, Cara Mengasah, Manfaat, dan Praktek

Balitteknologikaret.co.id – Berpikir Kritis memang sangatlah diperlukan di zaman sekarang ini. Karena dengan kamu bisa membuat pikiranmu berpikir secara kritis maka kamu berada pada jajaran orang orang yang memiliki peradaban maju.

Kemampuan ini pun harusnya dimiliki oleh orang orang di masa ini agar meningkatkan cara berpikir ke level yang lebih tinggi. Dengan begitu untuk suatu masalah yang rumit pun bisa diselesaikan kalau kamu bisa memikirkannya secara kritis.

Nah di artikel ini semuanya akan dibahas dari mulai pengertiannya, alasannya, dan cara caranya supaya mampu berpikiran kritis. Oleh karena itu, yuk sama sama simak penjelasan lengkapnya sampai habis.

Istilah Berpikir Kritis

Istilah Berpikir Kritis

Berpikir Kritis merupakan sebuah keahlian untuk memikirkan sesuatu hal dengan rasional dan juga tersusun. Tujuan dari memiliki pikiran yang kritis yaitu supaya bisa paham hubungannya antara ide dan juga fakta.

Sehingga dari pemikiranmu yang kritis itu dapat membantumu dalam penentuan apa yang kamu percaya. Berpikiran secara kritis ini juga harusnya bisa dipunyai oleh seluruh orang yang menggunakan akalnya untuk berpikir.

Karena sekarang ini berpikiran kritis atau yang sering orang bilang dengan critical thinking sudah jadi soft skill wajib dalam mencari kerja. Karena sekarang ini perusahaan membutuhkan orang orang dengan kemampuan tersebut untuk penyelesaian masalah yang terjadi.

Berpikir kritis sendiri bisa kamu mengartikannya dengan mempunyai pikiran yang logis dan juga sistematis ketika sedang membuat keputusan. Keputusan diambil dari masalah yang dihadapi sehingga penyelesaiannya sangat masuk akal.

Seorang Robert Enis yang mana adalah filsuf asal Amerika Serikat yang menjadi salah satu tokoh seorang pemikir kritis. Dia menyimpulkan bahwa pemikiran kritis adalah proses menalar tetnag tindakan dan juga keyakinan yang masuk di akal.

Kemudian fokus dari pemikiran tersebut yaitu sebuah keputusan mengenai apa yang kamu percayai atau pun kamu lakukan. Karena berawal dari pemikiran yang kritis itulah yang bisa berkembang jadi sesuatu yang akan kamu lakukan kedepannya.

Menurut seorang profesor yang ahli di bidang ilmu perilaku dan juga organisasional dari Universitas Claremont Graduate tentang berpikir kritis. Ia menyatakan bahwasanya berpikiran kritis adalah sebuah proses disiplin terhadap intelektual.

Agar secara aktif dan juga terampil untuk membuat konsep, menerapkannya, menganalisisnya, menyintesisnya, dan juga mengevaluasi informasi. Informasi tersebut dikumpulkan dari hasil observasi, refleksi, komunikasi, pengalaman, dan juga penalaran.

Hal tersebut bisa kamu jadikan panduan dalam meyakini sesuatu dan juga untuk melakukan suatu tindakan. Karena dengan berpikir secara kritis maka kamu tidak akan secara gegabah untuk menentukan pilihan melainkan telah memikirkan berbagai faktor juga.

Lanjutan Mengenai Berpikir Kritis

Lanjutan Mengenai Berpikir Kritis

Secara sederhananya, berpikiran kritis merupakan sebuah kemampuan untuk berpikir serasional mungkin. Dan juga melihat suatu masalah dengan kacamata objektif sehingga nanti hasilnya tidak akan bias dan akan sesuai dengan kenyataannya atau realistis.

Kalau ada seorang pemimpin yang punya keahlian dalam berpikir secara kritis, maka dia bisa paham beberapa hal. Seperti hubungan yang logis antara argumen, ide, dan juga kesalahan dalam bernalar. Pemimpin seperti itu akan selalu menghasilkan keputusan yang tepat.

Baca Juga  Teks Laporan Percobaan Adalah, Ciri-ciri, Fungsi, dan Contoh

Contoh dari pemikiran kritis ini bisa kamu lihat ketika ada sebuah diskusi tim atau kelompok. Ketika sedang proses mengidentifikasi permasalahan, maka anggota tim yang berpikiran secara kritis bisa menentukan informasi mana yang relevan dengan permasalahannya.

Selain itu juga bisa mengenali bias serta propaganda dan juga memerhatikan faktor emosional. Nah kemampuan ketika memprediksi beberapa kemungkinan resiko yang akan terjadi dan juga membedakan fakta serta opini adalah contoh logikanya berpikiran kritis.

Ketika kamu berpikiran kritis, kamu tidak akan lagi menerima mentah mentah argumen yang diberikan. Kamu pasti akan menelitinya apakah argumen tersebut benar dan valid agar mendapatkan kesimpulan yang terbaik.

Mengapa Harus Berpikir Kritis

Mengapa Harus Berpikir Kritis

Kamu pasti penasaran kan kenapa sekarang ini harus sekali bisa berpikiran kritis. Nah hal ini juga ada alasannya dan alasan tersebut memang mengutamakan kepentingan individu demi perkembangan pola pikirnya.

Ketika kamu sedang berpikir kritis, kamu pasti merasa selalu tertantang. Tentunya hal ini akan kamu temukan di kegiatan yang sering kamu lakukan sehari hari. Contohnya ketika kamu menemukan suatu hal yang wajar dari sebuah fenomena.

Nah kalau kamu berpikiran kritis tentang itu, kamu bisa menemukan solusi yang baru dengan tujuan yang lebih baik lagi. Dengan begitu, kamu akan selalu mempertanyakan hal yang paling efisien dari kejadian atau fenomena itu.

Manfaat Dari Berpikir Kritis

Manfaat Dari Berpikir Kritis

Tentunya guru guru dan para pengajar lainnya menginginkan kamu berpikir kritis bukan karena tuntutan saja. Tetapi mereka melihat banyak manfaat yang bisa kamu ambil kalau kamu bisa berpikiran secara kritis terhadap sesuatu.

Berpikir kritis sendiri bisa kamu mengartikannya dengan mempunyai pikiran yang logis dan juga sistematis ketika sedang membuat keputusan. Keputusan diambil dari masalah yang dihadapi sehingga penyelesaiannya sangat masuk akal.

Secara sederhananya, berpikiran kritis merupakan sebuah kemampuan untuk berpikir serasional mungkin. Dan juga melihat suatu masalah dengan kacamata objektif sehingga nanti hasilnya tidak akan bias dan akan sesuai dengan kenyataannya atau realistis.

Ketika kamu berpikiran kritis, kamu tidak akan lagi menerima mentah mentah argumen yang diberikan. Kamu pasti akan menelitinya apakah argumen tersebut benar dan valid agar mendapatkan kesimpulan yang terbaik.

Memang tidak mudah juga untuk berpikiran secara kritis ini karena kamu perlu melatih pola pikir yang sudah terbiasa sebelumnya. Tetapi dengan berlatih terus menerus kamu pasti bisa menguasai salah satu kemampuan yang sekarnag dibutuhkan ini.

Seperti mencoba untuk mempertanyakan semua hal yang kamu terima. Jangan langsung menelannya tetapi harus kamu analisis terlebih dahulu apakah datanya sesuai dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.

Kemudian barulah kamu mengevaluasi dari hasil analisismu terhadap data yang kamu terima. Dari situ kamu bisa mengambil kesimpulan berupa sebuah keputusan apakah informasi yang kamu terima itu benar atau hanya kebohongan saja.

Karena berpikiran kritis sering juga dikait kaitkan dengan sebuah kesuksesan. Karena keterampilan untuk berpikiran kritis tidak hanya dibutuhkan orang orang tertentu saja melainkan untuk semua orang. Dan berikut ini manfaatnya:

1. Mampu Melihat Sudut Pandang Lain

Dalam kehidupan ini pasti masalah akan selalu terjadi dan penting sekali untuk memahami permasalahan tersebut. Karena kalau tidak paham inti masalahnya, maka kamu tidak akan bisa menemukan solusinya bagaimanapun itu.

Nah dengan kamu berpikir secara kritis, kamu akan mampu untuk melihat permasalahan tersebut dari sudut pandang lain. Tidak hanya condong ke satu pihak melainkan dapat menemukan inti dari permasalahannya.

2. Dapat Diandalkan

Selanjutnya manfaat ketika kamu berpikiran kritis juga kamu selalu bisa diandalkan orangnya. Karena kamu mampu untuk berpikiran secara rasional untuk menyelesaikan permasalahan dan juga mengerjakan tugas dengan sangat baik.

Baca Juga  Hedge Fund Adalah? Definisi, Tujuan, Ciri, Beserta Contohnya

Kalau kamu sudah bisa diandalkan, maka kamu juga punya kemampuan agar bisa mengajak seluruh anggota tim melakukan pekerjaan yang efektif. Sehingga tidak membuang buang waktu serta tenaga dan fokus pada inti yang dikerjakan.

3. Lebih Mandiri

Karena selalu berpikiran secara kritis, kamu akan terbiasa dengan menggali informasi yang faktual terhadap permasalahan yang dihadapi sendiri. Pemecahan masalah menggunakan metode pemikiran yang kritis adalah hal yang benar.

Dengan begitu kamu pun tidak selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalahmu. Punya kepribadian yang mandiri akan membantu dikala kamu tidak bisa menemukan orang yang mau membantu.

4. Mendapat Peluang Dan Ide Baru

Taukah kamu kalau berpikiran kritis ini tentu saja akan menghasilkan ide baru dalam penyelesaian masalah? Benar sekali karena ide baru ini bisa kamu aplikasikan sebagai salah satu alternatif penyelesaian masalahnya.

Dengan begitu kamu akan selalu mendapatkan ide baru dan bisa dijadikan inovasi kedepannya. Kemudian kamu jadi bisa juga mencari peluangnya agar inovasi tersebut bisa terwujud.

5. Lebih Rasional

Kalau kamu terbiasa dengan berpikiran rasional dan juga jernih, tandanya kamu sudah berpikir dengan cara yang sangat baik. Kamu jadi bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan sistematis dan sesuai urutan.

Hal ini tentunya menjadi aset penting dalam dirimu dan biasanya sangat diperlukan ketika meniti karir. Tidak hanya di satu bidang tetapi di bidang apapun kamu akan terbantu dengan berpikiran secara kritis ini.

6. Mampu Beradaptasi

Ketika zaman mengalami perkembangan yang sangat pesat, perubahan pun selalu terjadi setiap waktunya. Dengan terbarukannya teknologi dan pengetahuan, membuat manusia yang berkemampuan untuk berpikiran secara kritis dapat beradaptasi dengan sangat cepat.

Mengapa begitu karena seseorang yang terbiasa berpikir kritis dapat meningkatkan keterampilan intelektualnya secara fleksibel. Sehingga ia punya keahlian untuk menganalisis informasi dan juga integrasi antar sumber pengetahuan.

7. Meningkatkan Keterampilan Presentasi Dan Berbahasa

Mungkin kamu heran kenapa dengan berpikiran secara kritis dapat membuat peningkatan dalam keterampilan berpresentasi dan juga berbahasa. Seharusnya kamu tidak heran karena ini salah satu manfaatnya ketika selalu critical thinking terhadap sesuatu.

Kamu jadi paham mengenai struktur logika suatu teks ketika menganalisa dan mempelajarinya. Tentu saja hal ini jadi skill untuk mengemukakan ide atau pun gagasan yang sudah kamu pikirkan sebelumnya.

8. Lebih Kreatif

Kemungkinan yang terjadi ketika kamu bisa berpikiran kritis yakni kamu bisa mengevaluasi sampai ke akar masalahnya. Sehingga akan lahir solusi yang tidak terpikirkan sebelumnya tetapi masih relevan dengan permasalahan itu.

Dengan begitu, tidak hanya ide yang dihasilkan melainkan juga bisa mengevaluasi ide tersebut. Sehingga kalau idenya dirasa kurang tepat, maka bisa diseleksi lagi dan dimodifikasi sampai hasilnya seperti dugaan.

9. Self Upgrade

Sudah pasti kalau kamu berpikiran secara kritis akan menjadi sebuah alat untuk mengevaluasi diri. Evaluasi yang dihasilkan pasti selalu bersifat positif dan juga konstruktif terhadap keputusan yang pernah kamu ambil.

Caranya adalah dengan menilik kembali keputusan yang pernah kamu ambil dan mengevaluasi keputusan itu. Apakah setelah kamu ambil keputusan itu hal yang terjadi selanjutnya sesuai perkiraan atau malah melenceng dari rencana.

Cara Untuk Berpikir Kritis

Cara Untuk Berpikir Kritis

Berpikir kritis sendiri bisa kamu mengartikannya dengan mempunyai pikiran yang logis dan juga sistematis ketika sedang membuat keputusan. Keputusan diambil dari masalah yang dihadapi sehingga penyelesaiannya sangat masuk akal.

Secara sederhananya, berpikiran kritis merupakan sebuah kemampuan untuk berpikir serasional mungkin. Dan juga melihat suatu masalah dengan kacamata objektif sehingga nanti hasilnya tidak akan bias dan akan sesuai dengan kenyataannya atau realistis.

Baca Juga  Teks Prosedur: Penjelasan, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, dan Contoh

Ketika kamu berpikiran kritis, kamu tidak akan lagi menerima mentah mentah argumen yang diberikan. Kamu pasti akan menelitinya apakah argumen tersebut benar dan valid agar mendapatkan kesimpulan yang terbaik.

Memang tidak mudah juga untuk berpikiran secara kritis ini karena kamu perlu melatih pola pikir yang sudah terbiasa sebelumnya. Tetapi dengan berlatih terus menerus kamu pasti bisa menguasai salah satu kemampuan yang sekarnag dibutuhkan ini.

Seperti mencoba untuk mempertanyakan semua hal yang kamu terima. Jangan langsung menelannya tetapi harus kamu analisis terlebih dahulu apakah datanya sesuai dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.

Kemudian barulah kamu mengevaluasi dari hasil analisismu terhadap data yang kamu terima. Dari situ kamu bisa mengambil kesimpulan berupa sebuah keputusan apakah informasi yang kamu terima itu benar atau hanya kebohongan saja.

Mungkin kamu tidak langsung bisa berpikir kritis secara langsung ketika sudah membaca artikel ini. Karena kamu perlu waktu, konsistensi, dan disiplin yang tinggi untuk bisa melatih kemampuan ini. Berikut beberapa caranya:

1. Senantiasa Analisis Masalah

Semakin kamu menganalisis masalah dan mengidentifikasinya dengan benar, maka kamu akan lebih mudah lagi untuk mendapat jawabannya. Dengan begitu latihan tingkat pertama kamu lakukan dengan menganalisis sebuah masalah.

2. Data

Kamu harus selalu mengumpulkan data dan juga informasi yang faktual terhadap masalah yang kamu hadapi. Banyak data yang berbeda membuat kamu punya banyak pandangan terhadap masalah tersebut.

3. Proses Data Dan Evaluasi

Setelah data kamu kumpulkan selanjutnya kamu harus mengetahui apakah data tersebut valid. Kalau iya, maka kamu bisa melakukan evaluasi data tersebut terhadap permasalahannya.

4. Penentuan Keputusan

Hasil dari evaluasi tadi bisa kamu ambil kesimpulannya dan dijadikan jawaban dari permasalahannya. Dengan begitu keputusan baru telah dibuat berdasarkan proses yang kamu lalui dengan berpikiran secara kritis tadi.

Itulah beberapa macam cara untuk bisa berpikiran secara kritis. Kamu perlu melakukannya setiap hari untuk mulai membiasakannya supaya nanti secara tidak sadar kalau kamu sudah bisa berpikiran secara kritis.

FAQ

1. Apa Sih Berpikir Kritis Itu?

Berpikir kritis sendiri bisa kamu mengartikannya dengan mempunyai pikiran yang logis dan juga sistematis ketika sedang membuat keputusan. Keputusan diambil dari masalah yang dihadapi sehingga penyelesaiannya sangat masuk akal.

Secara sederhananya, berpikiran kritis merupakan sebuah kemampuan untuk berpikir serasional mungkin. Dan juga melihat suatu masalah dengan kacamata objektif sehingga nanti hasilnya tidak akan bias dan akan sesuai dengan kenyataannya atau realistis.

Ketika kamu berpikiran kritis, kamu tidak akan lagi menerima mentah mentah argumen yang diberikan. Kamu pasti akan menelitinya apakah argumen tersebut benar dan valid agar mendapatkan kesimpulan yang terbaik.

2. Bagaimana Cara Agar Bisa Berpikir Kritis?

Memang tidak mudah juga untuk berpikiran secara kritis ini karena kamu perlu melatih pola pikir yang sudah terbiasa sebelumnya. Tetapi dengan berlatih terus menerus kamu pasti bisa menguasai salah satu kemampuan yang sekarnag dibutuhkan ini.

Seperti mencoba untuk mempertanyakan semua hal yang kamu terima. Jangan langsung menelannya tetapi harus kamu analisis terlebih dahulu apakah datanya sesuai dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.

Kemudian barulah kamu mengevaluasi dari hasil analisismu terhadap data yang kamu terima. Dari situ kamu bisa mengambil kesimpulan berupa sebuah keputusan apakah informasi yang kamu terima itu benar atau hanya kebohongan saja.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan kami mengenai Berpikir Kritis adalah dan berbagai macam alasannya kenapa kamu harus bisa berpikir kritis. Kemampuan ini sudah pasti akan membantumu dalam pemecahan masalah yang nanti pasti kamu hadapi di masa depan.

Simak artikel menarik lainnya berikut ini :