Tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Balitteknologikaret.co.id – Dalam mencari pekerjaan, cara membuat surat lamaran kerja juga harus diperhatikan. Karena selain CV yang ATS friendly, HRD juga akan memeriksa bagaimana para pencari kerja mengajukan surat lamaran kerja. Apa saja langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja?

Kebanyakan orang salah dalam membuat surat lamaran kerja, dan hanya fokus dengan CV ATS friendly saja. Hal tersebut tentu salah, karena dalam melamar kerja, semua berkas yang diminta oleh recruiter atau pihak HRD akan diperiksa secara menyeluruh, termasuk cara membuat surat lamaran kerja.

Sebagian besar orang hanya menulis surat lamaran kerja seadanya dan terkesan tidak menarik, apalagi kebanyakan membuatnya dengan mencontoh template yang sudah umum di internet. Padahal, HRD juga bisa menilai karakter seseorang dari cara seseorang menulis surat lamaran kerja.

Kemungkinan salah satu alasan kamu belum mendapat pekerjaan yakni karena surat lamaran kerja yang belum menarik minat HRD. Lantas, apa yang harus dilakukan? Kamu bisa mulai dengan memperbarui cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dilirik oleh HRD. Bagaimana caranya? Simak beberapa langkah berikut.

Langkah-langkah dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

cara membuat surat lamaran kerja

  • Tulis Tanggal dan Tempat Pembuatan Surat

Saat mulai menulis surat lamaran kerja, hal pertama yang tidak boleh dilewatkan yakni menulis tanggal dan tempat pembuatan surat.

Penulisan tanggal dan tempat ini bisa kamu posisikan di bagian kanan atas atau kiri atas surat. Tulis tanggal dan tempat dengan jelas, dan jangan menyingkat nama tempat atau pun nama bulan dan tahun.

  • Tulis Tujuan Surat

Setelah membuat tanggal dan tempat penulisan surat, selanjutnya kamu harus menulis tujuan surat. Tujuan surat tersebut untuk menunjukkan kepada siapa surat lamaran kamu tertuju. Kamu bisa menuliskan kata ‘Yang Terhormat’ atau boleh disingkat ‘Yth.’ kemudian diikuti dengan jabatan orang yang kamu tuju. Misalnya ‘Yth. Manajer Produksi PT PLN Persero’.

Lalu di bagian bawah surat jangan lupa sertakan nama dan alamat lengkap perusahaan yang kamu tuju.

  • Tulis Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Selanjutnya menulis salam pembuka di paragraf baru. Secara umum, kamu bisa menuliskan ucapan salam dengan kata ‘Dengan hormat,…’.

Kemudian barulah kamu kamu bisa menjelaskan terkait informasi lowongan kerja yang sedang kamu lamar, termasuk dari mana kamu mendapatkan informasi tersebut.

  • Tuliskan Data Diri

surat lamaran kerja

Setelah memberi salam dan menjelaskan tentang dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja, kamu harus mencantumkan data diri di bagian isi surat. Data diri ini untuk menunjukkan identitas diri kamu sebagai pelamar.

Data diri yang perlu dicantumkan yakni nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, informasi kontak (nomor hp atau email), serta alamat kamu saat ini.

  • Tuliskan Alasan Melamar Kerja, Pengalaman Kerja, dan Skill

Setelah menyantumkan data diri, barulah kamu bisa menuliskan niat kamu membuat surat lamaran tersebut. Kamu bisa mengutarakan minat kamu dalam posisi yang kamu lamar, serta alasan kamu memilih posisi tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan pengalaman kerja sebelumnya dan juga kemampuan kamu yang tentunya relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar. Hal ini untuk meyakinkan HRD bahwa kamu layak untuk menempati posisi tersebut. Dengan menulis pengalaman kerja dan kemampuan juga bisa memudahkan HRD dalam menilai sejauh mana kamu bisa bertahan di posisi tersebut.

langkah membuat surat lamaran kerja

Jika kamu fresh graduate atau belum memiliki pengalaman apa pun, kamu bisa menuliskan tentang jurusan kuliah serta mata kuliah yang relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Ingat, jangan terlalu panjang dan bertele-tele karena bisa membuat HRD bosan dan tidak menemukan poin penting yang mereka cari. Tuliskan secara jelas dan tepat, terutama dengan hal-hal yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

  • Penutup

Langkah terakhir dalam membuat surat lamaran kerja yakni membuat bagian penutup. Agar sopan dan meyakinkan, sebelumnya kamu bisa menuliskan harapan kamu agar bisa diterima di perusahaan tersebut.

Setelahnya, kamu bisa menuliskan kata-kata terima kasih karena telah bersedia meninjau surat lamaran kerja kamu. Jangan lupa lengkapi surat lamaran kerja dengan tanda tangan dan nama lengkap kamu di bagian kanan bawah.

Itulah cara membuat surat lamaran kerja agar dilirik oleh HRD. Dalam membuat surat lamaran kerja tentu pelamar harus terkesan sopan, yakin, dan percaya diri dalam melamar posisi tersebut. Untuk itu, jangan lewatkan poin penting di atas saat kamu membuat surat lamaran kerja.

Baca Juga: