Doa Nabi Zakaria AS Minta Jodoh dan Keturunan Yang Sholeh

 

Doa Nabi Zakaria – Nabi Zakaria merupakan salah satu dari 25 nabi yang disebutkan namanya di dalam Al-Quran. Kisah Nabi Zakaria terdapat dalam beberapa surat di Al-Quran, di antaranya Surat Ali Imran dan Surat Maryam.

Nabi Zakaria dikenal sebagai nabi yang soleh dan memohon kepada Allah SWT untuk diberikan keturunan melalui dirinya. Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria dengan memberikan seorang anak laki-laki yang diberi nama Yahya.

Serlain itu Nabi Zakaria juga dikenal sebagai nabi yang sangat mengasihi keluarganya dan umatnya. Beliau selalu mengajarkan dan membimbing umatnya agar senantiasa kembali kepada Allah SWT dan menjalankan perintah-Nya.

Beberapa Doa Nabi Zakaria Yang Masyhur

Beberapa Doa Nabi Zakaria Yang Masyhur

Seperti para nabi lainnya, Nabi Zakaria juga memiliki banyak doa yang tercatat dalam Al-Quran. Beberapa doa Nabi Zakaria yang terkenal salah satunya adalah doa untuk memohon keturunan.

Nabi Zakaria memohon kepada Allah SWT untuk memberinya keturunan, meskipun ia dan istrinya sudah tua. Allah SWT pun mengabulkan doanya dan memberinya seorang anak laki-laki yang diberi nama Yahya.

Selain itu ada beberapa doa lainnya yang dimiliki oleh nabi Zakaria dalam perjalanan dakwahnya, sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepad Allah SWT.

Lebih jelasnya simak terus artikel balitteknologikaret.co.id yang merangkum beberapa doa nabi Zakaria populer hingga sampai dengan saat ini dan banyak dicari ummat muslim.

Doa Nabi Zakaria Meminta Jodoh

Jodoh memang sudah diatur oleh Allah SWT sebagai tuhan yang menciptakan makhluk berpasang-pasangan. Namun didalam perjalana hidup terkadang ada seseorang yang belum juga diberikan jodohnya.

Sehingga ia akan dihantui dengan kerisauan, jika tidak ditemani dengan keimanan, maka hal ini akan fatal dan menimbulkan keputus asaan.

Terlebih bagi seorang wanita yang notabene menunggu jodoh, bahkan sepertinya kurang pas jika seorang wanita yang mencari jodoh.

Bagi seseorang yang sulit untuk mendapatkan jodoh ada baiknya selain ikhtiar secara kasap mata, lakukan juga ikhtiar melalui doa memohon kepada Allah SWT.

Salah satu doa yang dapat dipanjatkan untuk mendapatkan jodoh sesuai yang diinginkan adalah dengan membaca doa Nabi Zakaria.

Adapun bacaan doa Nabi Zakaria meminta jodoh dapat dilihat dibawah ini :

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

“Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”

Doa tersebut diatas sebaiknya dibaca setelah selesai sholat fardhu dan sholat malam (Tahajud), tentunya harus disertai dengan keinginan dan keyakinan yang kuat untuk mendapatkan pasangan hidup.

Doa Nabi Zakaria Meminta Keturunan

Doa Nabi Zakaria Meminta Keturunan

Nabi Zakaria berdoa kepada Allah SWT untuk memberinya keturunan, meskipun ia dan istrinya sudah tua, akan tetapi Ia sangat ingin memiliki keturunan yang dapat meneruskan dakwahnya sebagai Nabi dan Rosul.

Pada saat waktu yang telah ditentukan Allah SWT kemudian mengutus malaikat Jibril untuk memberitahunya bahwa ia akan memiliki seorang putra yang akan diberi nama Yahya.

Dalam perjalanan menanti calon sibuah hati Nabi Zakaria awalnya ragu karena memang jika dilihat dari segi usianya yang sudah tua. Akan tetapi Allah SWT memberinya tanda-tanda yang membuatnya yakin bahwa doanya yang sering di ungkapkan akan terkabul menjadi kenyataan.

Setelah itu, ia bersyukur kepada Allah SWT dan berdoa untuk anaknya agar menjadi orang yang saleh dan berbakti kepada Allah SWT.

Adapun bacaan doa Nabi Zakaria meminta keturunan dapat dilihat dibawah ini :

1. QS Al-Anbiya’: 8

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

“Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritisiin.”

Artinya:

“Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris yang paling baik.”

2. QS. Ali Imron: 38

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةًۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.

Artinya :

“ Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa”.

Kedua doa tersebut diabadikan oleh Allah SWT didalam Al-Qur’an, bagi muslim yang menginginkan keturunan bisa juga mengamalkan doa tersebut, namun tentunya dengan ikhlas hanya mengharap kepada Allah SWT semata.

Doa Nabi Zakaria Yang Selalu Dipanjatkan

Sebagai Nabi dan Rosul tentunya Nabi Zakaria sangat menginginkan keturunan yang nantinya dapat melanjutkan perjuangan dakwah menyebarkan kebaikan.

Namun hingga umur Nabi Zakaria dan istrinya menjelang tua belum juga dikaruniai keturunan, bahkan dalam kisah salah satu doa yang dipanjatkan oleh Nabi Zakaria mengatakan istrinya mandul.

Akan tetapi Nabi Zakaria tidak pernah bosan berdoa memohon kepada Allah SWT, doa yang dipanjatkan diabadikan dalam surat marian ayat 4-6. Dan Allah SWT menjawab doa tersebut dengan memberikan kabar gembira yang tertulis pada ayat 7.

Adapun bacaan doa Nabi Zakaria Yang Selalu Dipanjatkan adalah seperti dibawah ini :

قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا (4) وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا (5) يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آَلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا (6)

Artinya :

“Ia berkata “Ya Rabbku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Rabbku. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku (yang mewarisiku) sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Rabbku, seorang yang diridhai.” (QS. Maryam : 4-6).

Allah menjawab dan memberikan kabar gembira kepada nabi Zakaria bahwa ia akan segera memiliki keturunan yang kelak dapat meneruskan perjuangan dakwahnya.

Kabar gembira yang Allah sampaikan kepada Nabi Zakaria adalah seperti dibawah ini :

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

Artinya :

“Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.” (QS. Maryam : 7).

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait beberapa doa Nabi Zakaria yang masyhur hingga saat ini dan banyak yang mengamalkannya, hususnya bagi yang menginginkan keturunan. Semoga artikel balitteknologikaret.co.id dapat bermanfaat untuk banyak ummat, wallahu a’lam….

Baca Juga :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id