4 Pemain yang Cetak 5 Gol di Liga Champions Sepanjang Sejarah

Liga Champions Eropa menjadi ajang paling bergengsi yang hanya bisa diikuti oleh klub-klub hebat di daratan Eropa. Dalam kompetisi yang satu ini, ada banyak momen menarik yang berhasil tercipta, salah satunya yakni adanya pemain yang cetak 5 gol di Liga Champions.

Ya, mencetak dua, tiga, hingga empat gol ke gawang lawang adalah suatu hal yang istimewa. Namun apa jadinya jika ada seorang pemain yang berhasil mencetak lima gol dalam satu pertandingan, dan pertandingan tersebut terjadi di kompetisi Liga Champions?

Tentu saja itu bukanlah hal yang mustahil, karena sudah ada beberapa pemain yang berhasil melakukannya. Bahkan hal ini sudah terjadi sejak era sepak bola lama, dan masih berlanjut hingga era sepak bola modern seperti saat ini.

4 Pemain yang Cetak 5 Gol di Liga Champions

Beberapa waktu lalu, salah satu bomber baru Manchester City, Erling Haaland berhasil mencetak 5 gol (quintrick) dalam satu laga di Liga Champions. Namun ternyata Haaland bukan satu-satunya pemain yang melakukannya, karena total ada 4 pemain yang berhasil melakukan catatan gemilang tersebut.

1. Gerd Muller

Gerd-Muller

Bagi para penggemar sepak bola klasik, tentu saja Gerd Muller bukan nama yang asing. Ya, bisa dibilang jika Muller adalah salah satu pemain top sebelum era sepak bola modern. Dia adalah sosok pemain bola legendaris dari Jerman yang kala itu membela raksasa Bundesliga, Bayern Munich.

Bahkan, striker yang memiliki julukan Der Bomber ini telah tercatat menjadi pemain dengan gelar Top Skor Liga Champions Eropa paling banyak, yakni hingga empat kali. Bukan hanya itu, catatan gemilangnya juga dihiasi dengan rekor pemain yang cetak 5 gol di Liga Champions.

Saat itu, Bayern Munich menjamu Omonia dalam perhelatan Liga Champions tahun 1992/1993 di leg pertama babak 16 besar. Bayern berhasil memetik kemenangan dengan skor telak 9-0. Gol pertama dibuka oleh Muller pada menit ke 15 babak pertama.

Kemudian disusul dengan 4 golnya di menit ke 37, 54, 73, dan juga 74. Selain itu, ada Roth dan Hoeness yang turut menyumbang satu gol untuk Bayern. Kemudian Schneider melengkapi kemenangan dari De Bavarian dengan dua gol.

2. Luiz Adriano

Luiz-Adriano

Pemain yang pernah cetak 5 gol di Liga Champions berikutnya adalah Luiz Adriano. Luiz Adriano tercatat berhasil mengoleksi 5 gol hanya dalam satu match saat bergabung dengan Shakhtar Donetsk. Ini terjadi saat Shakhtar Donetsk melawan BATE Borisov di matchday ketiga grup H Liga Champions 2014/2015.

Dalam laga tersebut, Shakhtar Donetsk berhasil menumbangkan BATE Borisov dengan skor telak 7-0. Gol pada laga ini diawali oleh Alex Teixeira di menit ke 11 babak pertama. Kemudian Luiz Adriano mencetak gol kedua untuk Shakhtar di menit ke 28.

7 menit kemudian, Douglas Costa lah yang berperan menambah keunggulan Shakhtar Donetsk menjadi 3-0. Tidak hanya sampai disitu, pemain asal Brazil, Luiz Adriano pun berhasil membobol gawang BATE Borisov lagi dalam waktu yang cukup singkat.

Tidak tanggung-tanggung, Adriano berhasil melesatkan 3 gol tambahan untuk menutup babak pertama di menit ke 36, 40, dan 44. Sedangkan untuk gol kelimanya, berhasil dicetak oleh Luiz Adriano pada babak kedua, tepatnya di menit ke 82.

3. Lionel Messi

Sebagai salah satu pemain bola terbaik di dunia, tentu saja sudah ada banyak rekor yang berhasil oleh Lionel Messi. Dari banyaknya rekor yang sudah dicetak, salah satu yang akan selalu diingat oleh para pecinta sepak bola di seluruh dunia, adalah ketajamannya saat berada di lapangan.

Ya, hal ini terbukti dengan koleksi lima gol dalam satu pertandingan di Liga Champions pada tahun 2012 silam. Rekor ini berhasil dicetak oleh Messi pada saat Barcelona menjalani laga leg kedua babak 16 di Liga Champions melawan Bayern Leverkusen.

Keberadaan dari pemain andalan timnas Argentina ini, membuat lini depan Barcelona memiliki keunggulan di atas lapangan ketimbang pihak lawan, yakni dengan 10 shots on target. Dan hasilnya, Barcelona berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 7-1.

Pemain berjuluk La Pulga ini berhasil mencatatkan rekor baru dengan melakukan quintrick dalam waktu yang jarak antar golnya tidak terlalu lama. Pesta gol dari Messi ke gawang Bernd Leno ini terjadi pada menit ke 25, 43, 49, 58, dan juga 85.

4. Erling Haaland

Dalam daftar pemain yang mencetak 5 gol dalam 1 pertandingan, Erling Haaland menjadi yang termuda. Walaupun usianya baru menginjak 22 tahun, Haaland mampu memberikan penampilan yang sangat memukau saat Manchester City menjamu RB Leipzig di leg kedua babak 16 Besar UCL 2022/2023.

Dalam pertandingan yang satu ini, Erling Haaland berhasil mencetakkan quintrick alias lima gol. Bahkan dalam babak pertama, pemain asal timnas Norwegia tersebut berhasil mencetak hattrick atau tiga gol ke sarang penjaga gawang RB Leipzig.

Selain mencatatkan sejarah sebagai salah satu pemain dengan 5 gol dalam 1 pertandingan Liga Champions, hattrick di babak pertama ini membuatnya menjadi pemain termuda dengan koleksi 30 gol di UCL mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang pemain andalan Paris Saint Germain, Kylian Mbappe.

Setelah itu, Haaland kembali lagi mencetak dua gol di babak kedua, sehingga rekor gol terbanyak dalam satu musim pun berhasil dipecahkan. Ya, rekor ini sebelumnya dimiliki oleh Tommy Johnson dengan 38 gol, dan kini Erling Haaland sudah mencetak 39 gol bahkan masih bisa bertambah hingga akhir kompetisi.

Dari daftar pemain yang cetak 5 gol di Liga Champions yang sudah disebutkan di atas, bisa disimpulkan jika sepak bola itu tidak hanya sekadar olahraga. Ada banyak sekali drama dan juga rekor yang bisa dipecahkan dalam olahraga satu ini.

Baca Juga: