Review Vivo V25E: Spesifikasi, Kelebihan dan Harga Terbaru

Dibandingkan dengan seri V25 lainnya, vivo V25E merupakan smartphone yang lebih terjangkau. Meski terjangkau, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, karena smartphone ini  telah dibekali dengan spesifikasi jeroan yang baik untuk kelasnya.

Misalnya saja, performanya yang ditenagai oleh MediaTek G99, chipset gaming yang lumayan bagus. Masih banyak keunggulan lain dari vivo V25E, ulasan selengkapnya bisa kamu baca di bawah ini, khususnya jika kamu tertarik untuk membelinya.

Review Spesifikasi vivo V25E

Review-vivo-V25E

Smartphone dengan banderol hampir empat jutaan ini memang tidak boleh dianggap remah. Jika kamu sedang mencari smartphone vivo kelas menengah dengan harga terjangkau, vivo V25E bisa menjadi opsi yang tepat.

Sebenarnya, apa saja sih kekuatan dari smartphone ini? Sebenarnya ada  banyak, dan sebagai calon pembeli, kamu harus mengetahui setiap detailnya. Untuk memudahkanmu, kami telah merangkum seluk beluk vivo V25E, mulai dari desain, layar, performa, kamera sampai daya tahannya.

1. Desain

Satu hal yang menjadi khas smartphone buatan vivo adalah desainnya yang mewah dan premium, tidak terkecuali vivo V25E. Jika kamu berencana untuk membeli smartphone ini, tersedia beberapa pilihan warna, seperti Sunrise Golddan Diamond Black.

Misalnya saja kamu memilih warna Sunrise Gold, bagian belakang smartphone bisa menampilkan aneka warna berkat color changing glass dan flourite AG. Misalnya saja, warna oranye menyala, gradasi emas, hijau dan lainnya.

Warna-warnanya akan berubah, tergantung arah pantulan cahaya dan sudut pandang alias dari mana pengguna melihatnya. Intinya, warna ini menampilkan beragam warna dalam satu smartphone, membuatnya terlihat sangat menarik.

Well, jika kamu kurang suka dengan warna ini, bisa membeli yang berwarna Diamond Black. Berbeda dengan sebelumnya, warna ini dipadukan dengan warna hitam gradasi yang berpola kotak diamond, sesuai dengan namanya.

Selain gradasi warnanya yang kece, smartphone ini akan selalu terlihat bersih, karena bekas sidik jari dan debu tidak akan mudah menempel di dalamnya. Sayangnya, saat kamu memegang smartphone, akan terasa licin bagian belakangnya.

Selanjutnya beralih ke bagian pinggir vivo V25E, yang menggunakan frame dengan desain datar, untuk menambah nilai estetikanya. Mutlak, smartphone dengan berat 183 gram dan tebal 7,8mm ini akan terasa ringan ketika digenggam, meski dengan satu tangan.

Berikutnya, bagian bawah smartphone ini  terdapat beberapa slot, misalnya slot kartu SIM (Hybrid), port USB Type-C dan kubang speaker. Lalu, di bagian kanan ada tombol volume dan power, yang disusun vertikal. Bodi vivo V25E memiliki sertifikasi IP54, jadi tahan debu dan cipratan air.

2. Layar

Selanjutnya kita akan membahas layar dari vivo V25E, yang terlihat luas, dengan poni berbentuk waterdrop. Lengkapnya, smartphone ini memiliki layar seluas 6,44 inci, sudah menggunakan teknologi AMOLED yang luar biasa.

Resolusinya juga sudah sangat bagus, yaitu Full HD+, alias 2404 x 1080 piksel. Jadi, bisa menampilkan konten dengan terang, tajam dan jernih. Sangat memuaskan untuk berbagai aktivitas harian, mulai dari game, menonton video dan membuka media sosial.

Apalagi, ada refresh rate sampai 90Hz, menjamin urusan seperti scrolling, pindah antar aplikasi, gerakan navigasi serta animasi berjalan dengan lancar. Tentunya, layar dengan refresh rate 90Hz akan lebih halus dibandingkan dengan 60Hz, meski tidak setara 120Hz.

Menariknya, ada fitur bawaan yang bernama Smart Watch, di mana vivo bisa mengubah kecepatan refresh rate secara otomatis. Semua tergantung dengan konten yang sedang dimunculkan di layar, jadi tidak stabil di angka 90Hz saja.

Gunanya jelas, fitur ini diadakan untuk menghemat konsumsi energi, karena mesin bisa menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan di layar. Namun, jika kamu ingin hemat daya, misalnya saja baterai akan habis, maka bisa menyetel dan mengunci refresh rate di angka 60Hz.

Gerakannya mungkin tidak akan sehalus 90Hz, namun sangat efektif untuk menghemat baterai. Sebaliknya, jika ingin layar menampilkan konten dengan smooth, bisa mengunci refresh rate di 90Hz, namun baterai akan cepat habis juga.

Sama dengan seri V25 lain, vivo V25E sudah memiliki sensor sidik jari di dalam layar. Jangan khawatir, sensor sidik jari di smartphone ini bisa mendeteksi dengan cepat dan akurat, jadi kunci layar akan terbuka dengan lancar.

Karena sudah menggunakan layar AMOLED, maka otomatis tersedia fitur AOD alias Always on Display. AOD sendiri adalah tampilan antarmuka dengan background hitam, menampilkan beberapa informasi seperti jam, tanggal, hari sampai notifikasi yang masuk ke smartphone.

3. Performa

Untuk masalah performa, vivo mempercayakan V25E kepada MediaTek Helio G99 (6nm) dengan CPU octa-core 2,2 GHz. Masih ada dukungan RAM 8GB dan ROM 128GB, yang membuat performa smartphone ini gahar dan pastinya bisa diandalkan.

Jika RAM masih kurang, ada fitur untuk memperluasnya, dengan meminjam kapasitas kosong dari memori internal. Tidak main-main, karena kamu bisa menambah RAM sampai 8GB, jadi total ada 16GB RAM untuk aktivitas multitasking yang sangat lancar.

Teorinya, dengan spesifikasi seperti di atas, smartphone ini bisa menjalankan berbagai game berat di setelan grafis tertinggi dengan lancar. Namun, benarkah demikian? Well, untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, seperti aplikasi edit video, aplikasi streaming dan lainnya, vivo V25E bisa diandalkan.

Lalu, bagaimana untuk bermain game? Berdasarkan uji coba yang kami lakukan di PUBG Mobile, ML, Pokemon Unite dan Call of Duty Mobile, smartphone ini bisa menjalankannya dengan lancar, bahkan di setelan grafis  tinggi.

Sebagai perbandingan, vivo V25E berhasil mendapatkan skor 384.072 poin di AnTuTu Benchmark V9.4.4. lalu, untuk uji coba dengan Geekbench 5.4.4, V25E berhasil mendapatkan skor 532 poin (Single-Core) dan 1.759 poin (Multi-Core).

4. Kamera

vivo V25E hadir dengan tiga kamera belakang, masing-masing beresolusi 64MP (wide), 2MP (bokeh) dan 2MP (makro). Sedangkan, untuk kamera depan, sudah ada satu kamera resolusi 32MP. Ada fitur teknologi 4-in-1 pixel binning, bisa menghasilkan foto dengan resolusi 16MP yang tajam dan jernih.

Dengan spesifikasi seperti di atas, smartphone ini bisa menghasilkan foto dan video dengan hasil yang baik. Ada fitur seperti mode mala, slow motion dan lain sebagainya, meski disayangkan karena tidak ada lensa ultra-wide di konfigurasi kameranya.

5. Baterai

Smartphone ini dibekali dengan baterai kapasitas 4.500 mAh, yang diklaim bisa bertahan sangat lama untuk menjalankan aplikasi dengan normal. Cukup sekali isi ulang, smartphone bisa tahan seharian penuh, kecuali jika kamu memainkan game nonstop.

Terlebih, ada fitur fast charging 44W, yang bisa membuat proses isi daya baterai berlangsung dengan cepat. Mereka mengklaim, bahwa untuk mengisi baterai dari 1 sampai 100%, hanya butuh waktu 1 jam 15 menit alias 75 menit saja.

Harga vivo V25E Terbaru 2023

Harga-vivo-V25E-Terbaru-2023

Varian Harga
8/128GB Rp3.999.000
8/256GB Rp4.299.000
12/256GB Rp4.799.000

Kelebihan dan Kekurangan vivo V25E

1. Kelebihan

  • Layar AMOLED
  • Refresh rate 90Hz
  • FlashCharge 44W
  • Performa lancar
  • Anti air dan debu
  • Desain mewah dan premium.

2. Kekurangan

  • Tidak ada kamera ultrawide.
  • Tidak ada speaker stereo.
  • Tidak ada port Jack Audio 3,5mm

Bagaimana? Jelasnya, vivo V25E ini sangat bisa diandalkan sebagai daily driver, alias untuk penggunaan sehari-hari. Kamu bisa menggunakannya untuk bermain game, multitasking, streaming online dan lainnya dengan lancar tanpa masalah.

Baca Juga: