Pahami Fungsi Pesan Akun WhatsApp Resmi Centang Hijau

 

Balitteknologikaret.co.id – Warganet ramai perbincangkan peretas atau hacker yang mengirimkan pesan melalui akun WhatsApp resmi. Informasi mengenai hal tersebut tersebar di WhatsApp Group dan seketika menjadi perbincangan. Oleh karena itu, pahami fungsi pesan akun WhatsApp resmi centang hijau.

Dugaan terkait hacker yang mengirimkan pesan pada akun WhatsApp resmi semakin luas tersebar hingga ke media sosial. Berdasarkan cuitan X (dulu Twitter), menunjukkan gambar berupa screenshoot pesan dari akun WhatsApp resmi yang dilingkari.

Unggahan tangkapan layar tersebut juga disertai dengan keterangan yang menganjurkan untuk tetap waspada terhadap notifikasi yang dilingkari pada gambar. Cuitan tersebut menyebut notifikasi yang dimaksud berasal dari hacker, bukan dari WhatsApp.

akun whatsapp resmi

Sontak pembahasan mengenai peretas yang mengirimkan pesan lewat akun WhatsApp resmi tersebut menjadi topik hangat pembicaraan di media sosial.

Namun, sebagai masyarakat di era digital, perlu akan kesadaran informasi agar tidak terkena hoax yang merugikan. Oleh karena itu, simak penjelasan tentang fungsi dari pesan akun WhatsApp resmi centang hijau.

Penjelasan Akun WhatsApp Resmi Centang Hijau dan Fungsinya

akun whatsapp resmi dan fungsinya

Aplikasi bertukar pesan menggunakan koneksi internet, WhatsApp diketahui memang memiliki akun resmi sejak minggu lalu. Fitur bernama “WhatsApp official chat” ini yang diduga sebagai hacker oleh warganet.

Instagrm resmi @WhatsApp mengumumankan sendiri perihal beroperasinya akun WhatsApp resmi pada Jumat (21/8/2023). Fungsi dari hadirnya akun WhatsApp resmi ialah sebagai pemberi informasi terkait fitur terbarunya kepada pengguna.

Sebagai informasi, akun WhatsApp resmi dibuat untuk mempermudah pengguna mendapatkan informasi terbaru tanpa perlu mencari lewat internet. Informasi tersebut berupa pembaruan (termasuk syarat, fitur, dan kebijakan) seperti fitur-fitur tersembunyi dan tips menggunakan Whatsapp secara optimal.

Dilansir dari Kompas.com, beroperasinya akun WhatsApp resmi ini telah dirasakan oleh sebagian masyarakat Indonesia sejak Kamis (3/8). Namun, sebagian pengguna lainnya belum menerima pesan dari akun WhatsApp centang hijau.

Hal ini terjadi karena perilisan akun WhatsApp resmi tersebut belum merata, sehingga beberapa masyarakat Indonesia belum mendapatkannya.

Pengguna akan mendapatkan pesan yang berisikan pemberitahuan akun tersebut merupakan WhatsApp resmi dan perintah mengetuk untuk mempelajari lebih lanjut. Selain itu, pengguna juga mendapatkan anjuran penambahan lapisan keamanan yang ekstra pada WhatsApp.

Isi pesan tersebutlah yang disebut warganet sebagai pesan dari hacker. Oleh karena itu, pembahasan mengenai akun WhatsApp resmi yang diduga peretas merupakan pemikiran yang keliru karena pesan tersebut faktanya dari fitur WhatsApp yang baru saja dirilis pekan lalu.

Karakteristik Akun WhatsApp Resmi

karakter akun whatsapp resmi

Warganet tetap harus waspada meski dugaan tersebut telah dipastikan tidak benar. Pasalnya, akhir ini seringkali ditemukan kejahatan siber dengan cara yang bervariasi dengan target sasaran pengguna WhatsApp.

Agar tidak terjebak dalam kejahatan siber, perlu untuk memahami karakteristik akun WhatsApp sebagai berikut:

  • Terdapat logo centang hijau tanda terverifikasi  dan keterangan “Akun WhatsApp Resmi” pada deskripsinya
  • Pengguna akan menemui pesan sistem seperti pemberitahuan bahwa akun tersebut merupakan WhatsApp resmi dan anjuran mempelajari lebih lanjut.
  • Fitur terbaru WhatsApp ini merancang sistem bagi pengguna untuk tidak bisa membalas pesan dan tak meminta informasi pribadi kepada pengguna.

Jika mendapatkan pesan dari akun yang mengaku sebagai WhatsApp resmi, paahami kembali tiga karakteristik tersebut. Jika tidak terdapat satu dari ketiganya, maka dipastikan pesan tersebut adalah penipuan.

Dilansir dari Kompas.com, WhatsApp memberikan penegasan kepada seluruh pengguna untuk tidak membalas siapapun yang mengaku (berbohong) sebagai WhatsApp. Pengguna dianjurkan untuk melaporkan dan memblokir nomor tersebut agar terhindar dari kejahatan siber.

Diketahui WhatsApp memiliki dua akun obrolan resmi selain akun WhatsApp resmi, yakni sebagai berikut:

  • WhatsApp Support (Dukungan WhatsApp) hadir untuk memberikan bantuan kepada pengguna ketika ada sesuatu yang harus dibantu mengenai akunnya.
  • WhatsApp Survey (Survei WhatsApp) digunakan untuk meminta umpan balik atau feedback kepada pengguna agar WhatsApp dapat meningkatkan kembali performanya lebih baik lagi.

Informasi di atas merupakan penjelasan mengenai hadir dan fungsinya WhatsApp resmi di Indonesia beserta karakteristiknya. Warganet khususnya pengguna WhatsApp harus paham betul mengenai kegunaan dari WhatsApp resmi agar tidak terperangkap kejahatan siber.

Tetap terus waspada, pahami informasi, dan teliti dalam menggunakan media sosial ya!

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id