13 Aplikasi Matematika Terbaik 2023 untuk PC, Laptop dan HP

 

drama korea bullyingAplikasi matematika merupakan salah satu aplikasi yang banyak dicari hingga saat ini. Karena dianggap mampu memudahkan dalam mengerjakan soal latihan. Dengan memanfaatkan aplikasi maka kamu bisa lebih memahami materi dan soal matematika yang diberikan.

Seperti yang diketahui, tidak semua orang suka dengan pelajaran matematika karena dianggap sulit dan membingungkan. Jika kamu sedang mencari aplikasi terbaik untuk belajar matematika secara mudah dan praktis, maka ulasan berikut akan sangat membantu.

13 Daftar Aplikasi Matematika Terbaik

Pada dasarnya aplikasi untuk belajar matematika akan sangat membantu penggunanya dalam meningkatkan pemahaman terkait cara mengerjakan soal matematika yang benar. Namun sebaiknya penggunaan aplikasi hanya sebagai media untuk belajar saja dan bukan sekedar mencari jawabannya.

Agar lebih mudah dalam mencari aplikasi yang tepat, berikut ini akan disampaikan beberapa aplikasi belajar matematika yang bisa dijadikan pilihan.

1. Microsoft Mathematics

Microsoft-Mathematics

Aplikasi pertama yang masuk dalam kategori aplikasi terbaik untuk belajar matematika adalah Microsoft Mathematics. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kamu bisa lebih mudah dalam menyelesaikan soal matematika, bahkan ketika menjumpai soal yang sulit.

Meskipun tersedia dalam versi PC, namun kamu bisa tetap mengakses versi mobile-nya di perangkat Android maupun iOS melalui aplikasi Microsoft Math Solver. Sebagai salah satu aplikasi matematika terbaik, Microsoft Mathematics memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Microsoft Mathematics Kekurangan Microsoft Mathematics
Menyediakan modul belajar yang lengkap dan fitur leveling Tidak menyediakan buku panduan dalam penggunaan aplikasi
Bisa diakses melalui perangkat HP Beberapa soal tidak dilengkapi dengan pembahasan

2. Geogebra

Geogebra

Jika kamu mencari aplikasi matematika geometri, lengkap dengan aljabar, statistik, kalkulus, grafik, spreadsheet dan analisis dalam satu paket pembelajaran, maka Geogebra bisa dijadikan solusi terbaik.

Aplikasi yang satu ini sudah sangat populer karena dianggap mampu menyelesaikan permasalahan matematika secara tepat. Untuk penggunaannya sendiri kompatibel dengan sistem operasi Windows, Linux dan macOS.

Kelebihan Geogebra Kekurangan Geogebra
Menyediakan fitur yang lengkap dan cocok untuk semua kalangan Memiliki tampilan yang terlihat rumit sehingga cukup susah dipahami
Mudah diakses melalui semua sistem operasi PC Hanya bisa diakses di PC atau laptop saja

3. Math Editor

Math Editor merupakan salah satu aplikasi matematika di PC yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan perhitungan matematika secara online. Jadi perlu diingat bahwa aplikasi yang satu ini berbeda dari dua aplikasi sebelumnya.

Dengan aplikasi ini kamu tidak bisa mencari jawaban dari soal matematika yang dikerjakan. Karena fungsi utama aplikasi adalah untuk menulis soal matematika dan menghitung jawabannya.

Kelebihan Math Editor Kekurangan Math Editor
Praktis digunakan untuk belajar perhitungan matematika karena bisa dijadikan pengganti kertas untuk corat coret online Tidak menyediakan soal latihan apalagi jawaban dan pembahasan.

4. Photomath

Jika kamu mencari aplikasi yang bisa menjawab soal matematika dengan cara difoto, maka jawabannya adalah Photomath. Aplikasi yang sudah diunduh 100 juta lebih pengguna ini sangat bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan soal matematika.

Yang perlu dilakukan hanya mengambil gambar soal matematika menggunakan kamera di perangkat Nantinya aplikasi akan langsung memberikan jawaban dengan pembahasan yang lengkap dan tentunya mudah dipahami.

Materi yang dibahas di dalam aplikasi juga lengkap, mulai dari matematika dasar, aljabar, trigonometri, kalkulus, hingga statistik. Jawaban yang dihasilkan pun akurat dan tepat karena aplikasi ini didukung oleh tim guru matematika profesional dari seluruh dunia.

Kelebihan Photomath Kekurangan Photomath
Menyediakan modul pembelajaran, latihan dan pembahasan yang lengkap dengan dukungan lebih dari 30 bahasa. Belum dilengkapi pembahasan tentang sin cos dan tan.
Ukuran aplikasi ringan dan bisa diakses secara offline Belum menyediakan fitur soal cerita
Fitur yang canggih karena bisa memindai soal matematika melalui foto Beberapa rumus yang disajikan sangat panjang dan rumit

 5. Gauthmath – Math Homework Helper

Aplikasi pemecah soal matematika gratis ini sangat cocok jika dimanfaatkan untuk keperluan belajar karena menyajikan tampilan yang mudah dipahami. Aplikasi ini akan mengajak penggunanya untuk belajar matematika dengan cara yang lebih menyenangkan.

Dengan menggunakan Gauthmath, kamu bisa mengerjakan PR matematika dengan mudah seperti sedang dibimbing langsung oleh guru matematika. Hanya dengan menampilkan foto soal matematika, kamu akan diberikan jawaban yang paling tepat.

Kelebihan Gauthmath Kekurangan Gauthmath
Menyediakan versi gratis Ukuran aplikasi lumayan besar
Memberikan jawaban secara cepat dan tepat Beberapa ulasan mengatakan bahwa aplikasi tidak bekerja maksimal
Bisa diakses kapan saja dan dimana saja Muncul iklan

6. QANDA: Pemecah Soal Matematika

QANDA merupakan salah satu aplikasi matematika Android yang tersedia di Play Store dan App Store. Untuk Play Store sendiri jumlah unduhannya sudah mencapai 50 juta lebih pengguna. Tentunya aplikasi buatan Mathpresso ini sangat menarik untuk digunakan.

Prinsip kerja dari aplikasi sebenarnya hampir sama dengan Photomath yang memungkinkan pengguna untuk mengerjakan soal matematika hanya dengan mengambil foto soalnya saja. Aplikasi ini akan memberikan jawaban dalam waktu singkat lengkap dengan pembahasannya.

Kelebihan QANDA Kekurangan QANDA
Menyediakan jawaban soal secara cepat Beberapa ulasan menyatakan bahwa kinerja  aplikasi semakin menurun
Menyediakan fitur Q&A untuk menanyakan soal matematika secara langsung pada guru Tidak bisa di screenshot dengan alasan perlindungan hak cipta
Fitur kalkulator pintar untuk menghitung rumus Pembelian koin yang terbilang rumit

7. CoLearn

CoLearn merupakan aplikasi matematika online yang juga menyediakan materi pelajaran lainnya seperti Fisika dan Kimia. Jadi bagi kamu yang sedang mencari aplikasi semacam bimbingan belajar online, maka CoLearn bisa masuk dalam pilihan.

Dengan aplikasi belajar matematika offline kamu bisa mengatur jadwal belajar dan tanya jawab langsung seputar materi pelajaran matematika yang kurang dipahami. Untuk metode belajarnya sendiri dibuat secara menarik dan menyenangkan sehingga kamu tidak akan bosan.

Kelebihan CoLearn Kekurangan CoLearn
Menyediakan tanya jawab langsung secara online Ukuran aplikasi lumayan besar
Fitur jawaban dengan video pembahasan untuk contoh soal yang ditanyakan Banyak iklan yang mengganggu dan tidak bisa di skip
Fitur latihan dan pembahasan yang lengkap Harga langganan terbilang mahal

8. Math Master

Rekomendasi APK matematika berikutnya adalah Math Master yang dibuat oleh soneg84 Games. Aplikasi ini menawarkan metode belajar matematika yang efektif namun dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan, jadi kamu tidak akan merasa bosan.

Metode permainan yang disajikan dalam aplikasi ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Selain menyediakan soal latihan yang lengkap dan bervariasi, tersedia pula beberapa tipe dan level dengan kualitas soal yang semakin sulit.

Yang menarik, aplikasi permainan matematika ini bisa digunakan bersama sehingga memungkinkan kamu untuk mengajak teman-teman yang lain agar ikut belajar. Kamu pun bisa adu kemampuan matematika dengan banyak orang.

Kelebihan Math Master Kekurangan Math Master
Menyediakan metode belajar yang seru dengan mini games yang bisa dimainkan bersama teman Munculnya iklan yang mengganggu
Modul yang disediakan lengkap dengan tingkatan soal sesuai level kemampuan
Bisa diakses bersama banyak teman

9. AutoMath

APK rumus matematika lengkap AutoMath bisa dijadikan pilihan menarik berikutnya yang layak dicoba untuk membantu mengerjakan soal matematika. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak mampu mendeteksi tulisan tangan sehingga harus berupa soal yang diketik komputer.

Seperti aplikasi sebelumnya, fitur yang disediakan juga cukup lengkap dengan berbagai metode perhitungan yang bervariasi. Mulai dari penjumlahan dan pengurangan, perkalian serta pembagian, akar persamaan, trigonometri, algoritma dasar dan lain-lain.

Kelebihan AutoMath Kekurangan AutoMath
Menyediakan modul dan soal latihan Hanya bisa memindai soal ketikan komputer
Fitur pembahasan dan rumus yang lengkap Ukuran aplikasi lumayan besar

10. MalMath

Jika kamu membutuhkan aplikasi mengerjakan matematika dengan mudah, maka salah satu rekomendasi terbaiknya adalah MalMath. Aplikasi yang tersedia secara gratis ini bahkan sudah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna, sementara ukurannya sendiri cukup ringan hanya 4 MB.

Lantas, apa yang menjadi daya tarik dari MalMath? Yang pasti aplikasi ini menawarkan solusi yang paling tepat untuk mengerjakan soal matematika secara mudah dan tepat. Dalam aplikasi ini tersedia beragam solusi dan perhitungan dengan pembahasan yang gampang dimengerti.

Kelebihan MalMath Kekurangan MalMath
Menyediakan solusi jawaban matematika untuk semua kalangan, dari SMA hingga mahasiswa. Tidak bisa diakses secara offline.
Fitur pembahasan dengan video tutorial yang lengkap Belum tersedia dalam versi Bahasa Indonesia

11. Maple Calculator: Math Solver

Nama aplikasi matematika selanjutnya yang direkomendasikan adalah Maple Calculator: Math Solver buatan Maplesoft. Bagi yang sudah pernah mengakses di PC tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Dengan ukuran aplikasi yang cukup ringan, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan soal matematika secara mudah dan cepat. Hanya dengan mengambil gambar soal, kamu bisa langsung mendapatkan jawabannya melalui pembahasan yang jelas.

Kelebihan Maple Calculator Kekurangan Maple Calculator
Menyediakan jawaban dan pembahasan yang lengkap Belum tersedia versi Bahasa Indonesianya
Bisa digunakan secara offline Belum menyediakan fitur copy paste

12. Cymath

Jika kamu mencari aplikasi matematika gratis, kamu bisa mencoba Cymath yang dikembangkan Cymath LLC. Aplikasi ini bisa bisa dijadikan pilihan menarik karena memiliki ukuran yang cukup ringan dan efektif untuk membantu memecahkan soal matematika.

Dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di dalamnya, semua PR matematika kamu bisa diselesaikan secara mudah. mulai dari persamaan kuadrat, logaritma, eksponen, kalkulus, bilangan kompleks dan lain sebagainya.

Kelebihan Cymath Kekurangan Cymath
Menyediakan jawaban dan perhitungan yang lengkap Beberapa pengguna mengeluhkan adanya gangguan pada aplikasi.
Ukuran aplikasi cukup ringan hanya 2,7 MB Belum tersedia versi Bahasa Indonesia

13. Socratic by Google

Aplikasi belajar matematika gratis yang satu ini disediakan oleh Google LLC dan sudah dirilis sejak tahun 2020. Meskipun ukurannya cukup ringan dan tidak sampai 10 MB, namun fitur yang disediakan sangat lengkap dan pastinya akan membantu dalam belajar matematika.

Melalui aplikasi ini kamu bisa menyelesaikan soal hanya dengan menggunakan suara maupun gambar. Selanjutnya kamu akan mendapatkan jawabannya melalui pembahasan yang lengkap dan bahkan dijelaskan secara step by step.

Kelebihan Socratic Kekurangan Socratic
User interface yang sederhana dengan dukungan teknologi AI yang canggih Untuk fitur yang lengkap harus berbayar
Buatan Google sehingga terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya

Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi matematika sangat berguna untuk membantu kamu dalam belajar matematika maupun mengerjakan soal yang rumit. Beberapa aplikasi bahkan langsung memberikan jawaban secara cepat dan akurat setelah kamu mengambil gambar.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id