Cara-Copy-Tabel-Excel-ke-Word

6 Cara Copy Tabel Excel ke Word dengan Hasil Akhir yang Rapi

Cara copy tabel Excel ke word memang banyak dicari, terutama bagi kamu yang seringkali menggunakan aplikasi Excel untuk melakukan pengolahan data. Namun terkadang proses yang dilakukan salah. Sehingga menimbulkan data pada tabel menjadi berantakan.

Tentu hal ini dikarenakan beberapa faktor, baik itu margin, ukuran kertas, maupun spasi yang berbeda antara Excel dan word. Supaya hal ini tidak terjadi, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara mengcopy tabel Excel pada word atau memindahkan tabel Excel pada aplikasi word.

Cara Copy Tabel Excel Ke Word (Otomatis Rapi)

Microsoft Excel memang menjadi aplikasi dari Microsoft office yang banyak digunakan untuk melakukan pengolahan data. Salah satunya yaitu membuat tabel. Apabila kamu baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, maka tidak perlu khawatir bagaimana proses penggunaannya.

Langkah-langkah yang dilakukan tentu sangatlah mudah, untuk itu, silahkan mengikuti cara sederhana berikut ini:

1. Copy + Paste

Copy-+-Paste

Untuk cara yang pertama, kamu bisa secara langsung melakukan copy data pada Excel sesuai yang ingin kamu pindahkan ke Word. Hal ini bisa dilakukan secara langsung dengan menekan tombol CTRL + V. Jika sudah, barulah mengikuti cara copy tabel Excel ke word dengan rapi berikut:

  • Pertama, silahkan blok semua data Excel sesuai yang ingin kamu pindahkan pada Microsoft Word.
  • Caranya tinggal mengklik data Excel.
  • Letaknya ada di paling ujung kiri bawah.
  • Kemudian tekan tahan tombol bagian tombol shift supaya bisa melanjutkan dengan cara menekan data sel, letaknya di bagian paling bawah kanan.
  • Jika semua data sudah terblock, silahkan copy data tersebut.
  • Selanjutnya, kamu tinggal membuka file word.
  • Kemudian arahkan kursor pada lokasi tabel sesuai yang kamu inginkan.
  • Langkah yang terakhir tinggal paste, bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + V yang ada di keyboard.
  • Kamu dapat melakukan pengubahan ukuran dari tabel supaya lebih tebal atau bisa juga supaya lebih tipis.
  • Caranya tinggal klik gaya baris pada bagian batas.
  • Kemudian pilih ketebalan sesuai yang diinginkan.
  • Apabila kamu menekan tombol Ctrl + V, otomatis data dari Excel ke word tersebut akan terpotong.
  • Untuk mengatasi hal ini, kamu tinggal klik tombol tempel pada bagian beranda.
  • Kemudian pilih paste.

2. Paste Spesial

Cara yang kedua untuk melakukan copy tabel Excel ke word yaitu dengan menggunakan paste special. Dari sinilah, kamu dapat menentukan pilihan metode maupun format untuk melakukan pemindahan data Excel pada word. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Silakan kamu meng-copy data pada Excel dengan cara memblok semua data.
  • Setelah itu barulah klik tombol CTRL + C.
  • Jika sudah, barulah kamu membuka aplikasi word.
  • Setelah itu masuk ke halaman sesuai yang ingin kamu tambahkan tabel di bagian menu home.
  • Kamu bisa klik menu paste, letaknya ada di pojok atas kiri dari tampilan word.
  • Kemudian pilihlah paste special.

Paste-Spesial-

  • Nantinya muncul jendela paste special, kemudian pilihlah paste link.
  • Jika sudah, pilih Microsoft Excel worksheet object.
  • Selanjutnya tinggal tekan OK.

3. Keep Text Only

Selain kedua cara yang ada di atas, kamu bisa menggunakan cara copy tabel Excel ke word di cara ketiga ini. Nantinya kamu dapat memindahkan data atau nilainya saja. Oleh karena itu, supaya proses berjalan dengan baik dan tidak mengalami kendala, silakan mengikuti langkah berikut:

  • Silahkan copy data yang ada di Excel sesuai yang ingin kamu pindahkan pada Microsoft word.
  • Caranya dengan menekan Ctrl + C.
  • Kemudian kembalilah ke word, lalu blok Cell tabel sesuai yang ingin kamu masukkan data Excel sesuai yang sudah dicopy.
  • Lalu jumlah kolom maupun baris dari data Excel yang sudah kamu copy harus sama sesuai jumlah kolom maupun baris yang ada di tabel word.
  • Langkah berikutnya, kamu tinggal klik kanan kemudian pilih paste keep text only.

4.  Link dan Format ke Word

Pada saat kamu menggunakan cara mengcopy tabel Excel ke word keempat ini, maka berarti bahwa data word yang sudah kamu copy dari Microsoft Excel akan saling terhubung. Untuk itu, saat ada pengubahan data yang ada di Excel, otomatis data yang ada di word pun juga akan ikut berubah.

Untuk caranya seperti cara berikut:

  • Langkah pertama, kamu harus membuka file Excel yang ingin kamu pindahkan.
  • Lalu blok data sesuai yang ingin kamu pindahkan pada aplikasi word.
  • Kemudian tekan tombol Ctrl + C.
  • Selanjutnya kamu tinggal membuka aplikasi word.
  • Silahkan mengarahkan kursor pada halaman atau lokasi di mana kamu ingin menambahkan tabel Excel.
  • Kamu tinggal klik kanan di daerah kosong.
  • Kemudian pilih paste value dan keep source for meeting.
  • Secara otomatis, seluruh data tabel Excel akan disalin pada word.

5. Link dan Use Destination Style Word

Untuk cara yang kelima ini memang berbeda dengan keempat langkah yang ada di atas, karena cara copy tabel Excel ke word ini harus menghubungkan data maupun nilainya saja. Sedangkan untuk formatnya tetap mengikuti pada format word. Untuk langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Silakan kamu block data tabel Excel sesuai yang ingin kamu copy ke Microsoft word.
  • Kemudian klik Ctrl + C, lalu buka word.
  • Kemudian masuk ke lokasi tabel sesuai yang ingin ditempatkan.
  • Silahkan kamu klik kanan lalu pilih link dan use destination style word.
  • Jika sudah, maka secara otomatis data pada tabel Excel berpindah ke word.

6. Menggunakan Fitur Autofit

Langkah terakhir yang bisa membantu kamu supaya cara copy tabel Excel ke word tetap rapi dan tidak berantakan, maka kamu bisa menggunakan fitur autofit. Jika tabel yang kamu paste seperti langkah-langkah di atas membuat tampilan tabel berantakan, maka tidak perlu khawatir.

Kamu bisa menggunakan cara yang terakhir ini untuk mengatasinya. Lebar dari tabel bisa disesuaikan dengan ukuran kertas Microsoft word. Selanjutnya barulah kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini, di antaranya:

  • Pertama silahkan kamu blok maupun seleksi tabel hasil dari copy Microsoft word.
  • Kemudian pilih tabel tools.
  • Pilih layout.
  • Klik autofit.
  • Kemudian pilih autofit content.
  • Secara otomatis, lebar tabel bisa kamu sesuaikan pada ukuran kertas Microsoft word.
  • Namun terkadang ukuran dari masing-masing kolom memang akan sedikit berantakan. Untuk itu kamu harus merapikannya secara manual. Caranya tinggal menggeser-geser lebar kolomnya saja.

Microsoft Excel memang sudah dibekali dengan fitur yang berguna untuk melakukan folder hitungan matematika supaya lebih cepat, mudah dan tepat. Apabila kamu ingin menggunakan Microsoft Excel berbentuk tabel kemudian mengopy ke Microsoft word seringkali sedikit mengalami permasalahan.

Permasalahan yang dimaksud di sini yaitu seperti tabel dan angka menjadi berantakan. Oleh karena itu, dengan mengikuti beberapa langkah di atas bisa membantu kamu supaya bisa memindahkan tabel Excel ke word tanpa mengalami masalah.

Kalaupun cara copy tabel Excel ke word sedikit mengalami gangguan, kamu bisa merapikannya secara manual seperti penjelasan di langkah yang terakhir.

Baca Juga: