Contoh Makalah SMP, SMA, Mahasiswa dan Struktur Yang Benar

 

Balitteknologikaret.co.id – Contoh Makalah yang baik dan bagaimana penulisannya merupakan salah satu cara yang paling banyak dicari oleh netizen. Pasalnya, penulisan makalah ini memiliki berbagai kriterianya tersendiri.

Untuk keperluan sekolah, kuliah, bahkan pekerjaan, terkadang makalah masih seringkali digunakan. Oleh sebab itulah pembahasan tentang makalah ini tidak akan pernah habis dan akan terus berkembang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas apa saja Contoh Makalah yang wajib kamu ketahui. Tentu saja informasi selengkapnya mengenai makalah-makalah inipun akan dibahas pada artikel ini, simak dengan baik dan resapi.

Apa Itu Contoh Makalah?

Apa Itu Contoh Makalah

Seperti yang kalian ketahui, bahwa makalah ini sudah tidak asing lagi penggunaannya bagi segala kalangan. Baik bagi kamu yang masih bersekolah, kuliah, atau bahkan sudah kerja sekalipun.

Pastinya dalam keperluan tersebut, makalah seringkali digunakan sebagai tugas atau kebutuhan yang harus dipenuhi. Itulah mengapa pada pendahuluan diatas tadi kami katakan bahwa pembahasan mengenai makalah tidak akan pernah habis.

Karena sampai saat inipun, masih banyak dari kamu yang masih membutuhkan pembahasan seperti ini. Baik hanya sekedar untuk menambah pengetahuan, atau sebagai panduan bagaimana cara penulisannya.

Makalah sendiri merupakan sebuah karya tulis ilmiah hasil penelitian mengenai berbagai aspek. Yang mana penelitian tersebut melibatkan gagasan, pemikiran, analisis dan sebagainya.

Kamu akan menganalisa dan berfokus pada aspek dan topik yang akan kamu bahas dalam makalah tersebut. Sehingga, makalah yang kamu hasilkan dapat bermanfaat dan mendapatkan nilai yang sempurna.

Umumnya, makalah dibuat oleh individu ataupun dalam kelompok tim. Penulis yang membuat makalah ini harus dapat menuliskannya secara sistematis dengan memiliki struktur yang jelas.

Adapun tujuan dari makalah sendiri yaitu untuk menyajikan suatu temuan atau bahasan dan informasi baru yang dapat bermanfaat. Bermanfaat disini maksudnya adalah bermanfaat terhadap studi ataupun hal yang berkaitan dengan apapun topik yang dibahas.

Contoh-contoh bidang studi yang paling relevan dan dibahas dalam makalah adalah sosial, budaya, pengetahuan, teknologi, sains, dan sebagainya. Materi-materi tersebut sangat umum dan seringkali dijadikan pembahasan dan pengembangan materi dalam makalah.

Walaupun memang materi-materi yang lainnya pun banyak sekali yang dijadikan pembahasan dalam makalah. Karena makalah sendiri tidak memiliki syarat atau ketentuan tertentu untuk topik yang dapat dijadikan pembahasan.

Jadi, bisa dikatakan, bahwa setiap bidang studi, ataupun setiap pelajaran yang dipelajari, dapat dijadikan makalah. Hal tersebut hanya tergantung dari kebutuhan dan bagaimana keperluan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Kami akan memberikan pembahasan apa saja isi dalam Contoh Makalah yang baik dan benar. Silahkan simak selengkapnya pada pembahasan dibawah.

Isi Data Dan Informasi Dalam Contoh Makalah?

Isi Data Dan Informasi Dalam Contoh Makalah

Penulisan dalam Contoh Makalah dapat diawali dengan pemilihan topik apa yang tepat yang akan dibahas didalamnya. Biasanya, makalah sendiri ditugaskan kepada siswa atau mahasiswa sudah termasuk dengan pembahasan apa yang harus dibuat.

Sehingga kamu tidak perlu lagi mencari judul atau topik pembahasan yang akan dimuat nantinya. Kamu hanya perlu melakukan langkah selanjutnya yaitu mengumpulkan data-data serta informasi yang berkaitan.

Baca Juga  Contoh Teks Prosedur Sederhana Sampai Protokol Berbagai Tema

Dalam Contoh Makalah, terdapat kerangka dan struktur yang harus digunakan. Menentukan kerangka dan struktur juga harus dipilih dan digunakan dengan benar agar susunan didalamnya terlihat rapi.

Ada beberapa bagian dalam makalah yang tidak boleh dilewatkan. Sebab bagian-bagian ini ibaratkan sudah menjadi bagian wajib dalam makalah yang materi pembahasannya harus selalu tersedia.

Yaitu seperti judul, abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode dan hasil penelitian, pembahasan teori dan materi, dan sebagainya. Inilah yang disebut juga sebagai kerangka dan struktur penulisan yang harus tersusun dengan rapi.

Langsung saja berikut ini akan kami jelaskan penjelasan mengenai bagian-bagian tersebut satu per satu. Agar kamu bisa lebih memahami bagaimana Contoh Makalah yang baik.

  • Halaman Judul, berisi judul makalah, nama penulis, institusi atau universitas, dan tanggal penulisan makalah.
  • Abstrak, berisi ringkasan dari isi makalah dengan bahasa yang singkat dan jelas.
  • Pendahuluan, berisi latar belakang, tujuan, dan rumusan masalah makalah.
  • Tinjauan Pustaka, berisi teori atau hasil penelitian terdahulu yang terkait dengan topik yang akan dibahas dalam makalah.
  • Metode Penelitian, menjelaskan bagaimana penulis melakukan penelitian, observasi, atau analisis terhadap topik yang dibahas dalam makalah.
  • Hasil Penelitian, berisi temuan atau hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis dari metode yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Pembahasan, berisi interpretasi hasil penelitian dan hubungannya dengan teori atau hasil penelitian terdahulu yang telah diuraikan dalam tinjauan pustaka.
  • Kesimpulan, berisi ringkasan dari hasil penelitian dan pembahasan, serta jawaban dari rumusan masalah yang dipecahkan dalam makalah.
  • Daftar Pustaka, berisi referensi dari literatur atau sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan makalah.

Bagaimana Cara Penulisan Contoh Makalah?

Bagaimana Cara Penulisan Contoh Makalah

Setelah mengetahui apa saja isi data dan informasi yang harus ada dalam Contoh Makalah, berikutnya adalah bagaimana cara menuliskannya. Perlu kamu perhatikan cara-cara penulisannya dibawah ini agar makalah yang dibuat terlihat profesional.

Selain itu, menuliskan makalah yang benar akan memberikan kesan yang jauh lebih baik dari atasan, guru, atau dosen kamu. Hingga manfaat dan kegunaan ini dapat berpengaruh untuk karir kamu kedepannya nanti.

Perhatikanlah poin-poin dan cara penulisan dibawah ini untuk menuliskan Contoh Makalah yang sempurna. Bukan hanya itu saja, praktekkanlah cara-cara penulisan dibawah ini dengan benar agar tidak terjadinya kesalahan saat pengumpulan.

  • Menentukan topik makalah yang sesuai dengan minat dan bidang studi.
  • Mengumpulkan literatur dan referensi yang berkaitan dengan topik makalah.
  • Menyusun kerangka makalah dan menentukan struktur makalah yang akan digunakan.
  • Menulis makalah dengan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami.
  • Mengutip sumber secara benar dengan format yang telah ditentukan, seperti APA atau MLA.
  • Menyertakan grafik atau tabel untuk memperjelas hasil penelitian atau data yang disajikan.
  • Merevisi makalah agar tidak ada kesalahan penulisan atau kekeliruan dalam penafsiran hasil penelitian.

Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu format style APA dan MLA, keduanya adalah format untuk kapitalisasi penulisan dalam makalah. Kedua format tersebut sama-sama dapat digunakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Format APA style ini adalah format dimana huruf-huruf harus menggunakan huruf kapital dan dicetak miring. Namun, pada format ini, hanya kata-kata tertentu dan khusus saja yang dapat menggunakan format kapitalisasinya.

Sedangkan pada MLA style, semua huruf pertama dalam setiap judul harus dituliskan dengan huruf kapital. Bukan hanya itu saja, tetapi juga dengan garis bawah dalam setiap katanya.

Baca Juga  Account Officer: Penjelasan, Tugas, Info Gaji, dan Loker

Silahkan pilih dan gunakan salah satu dari kedua style tersebut untuk dijadikan format dalam makalah yang dibuat. Jika memang tidak ada ketentuan format yang harus digunakan, silahkan pilih yang menurut kamu paling mudah dan simpel.

Contoh Makalah Semua Bidang

Contoh Makalah Semua Bidang

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa pembahasan dan materi yang dapat dimuat dalam makalah hampir mencakup segala bidang. Bidang dan pembahasan apapun bisa dibuatkan penelitian ilmiah dan dituangkan ke dalam makalah.

Terdapat beberapa ciri khas yang dapat kamu ketahui untuk membedakan bahwa penulisan tersebut adalah penulisan makalah. Ciri khas ini juga yang dapat gunakan untuk mengetahui apakah makalah tersebut sudah memiliki penulisan yang baik dan benar.

Ketika kamu menemukan ketujuh ciri khas dibawah dalam suatu makalah, maka makalah tersebut dapat dikatakan memiliki penulisan yang sangat baik. Karena sudah mencakup dari ketujuh ciri khas diatas yang mana menjadi pembeda antara makalah dengan penulisan lainnya.

Sehingga usahakanlah untuk memuat ketujuh ciri khas diatas diluar dari menuliskan Contoh Makalah dengan penulisan yang benar. Buatlah makalah yang kamu buat menjadi makalah yang terlihat sempurna dan profesional.

Menulis makalah yang baik dapat membantu meningkatkan reputasi dan pengakuan di bidang akademik atau profesional atau sekolah. Jadi, buatlah makalah sebaik mungkin dengan mengikuti ketentuan yang ada!

Dengan memilih sumber referensi yang terpercaya dan relevan dengan topik yang dibahas. Sumber-sumber terpercaya ini dapat kamu cari dari buku-buku, jurnal, ataupun situs website yang resmi.

Umumnya, makalah terdiri mulai dari 5 sampai 20 halaman saja. Namun, halaman-halaman tersebut tentu saja dapat berubah sesuai dari ketentuan dosen/guru/atasan yang memberikan tugas pembuatan makalah tersebut.

Agar lebih mudah memahaminya, kami akan memberikan apa saja Contoh Makalah yang harus kamu ketahui. Berikut dengan penjelasan yang semoga dapat membantu kamu memahami lebih dalam mengenai makalah.

1. Contoh Makalah Akademik

Makalah yang satu ini adalah contoh dari makalah yang paling sering ditemukan dalam dunia pendidikan. Yang mana cakupan dari pendidikan tersebut mulai dari SMP sampai kuliah.

Karena saat ini, siswa-siswi SMP pun sudah mendapatkan tugas mengenai pembuatan makalah untuk pelajaran-pelajaran tertentu. Terlebih lagi siswa menengah atas dan juga mahasiswa yang masih kuliah.

Umumnya, makalah akademik ini dibuat untuk memenuhi syarat tugas akhir atau hanya sekedar tugas harian dari guru/dosen. Namun biasanya, makalah ini lebih sering digunakan untuk memenuhi kelengkapan syarat tugas akhir dalam setiap semester.

2. Contoh Makalah Bisnis

Contoh selanjutnya adalah makalah bisnis yang dibuat dengan memuat pembahasan-pembahasan seputar dunia bisnis. Walau pembuatannya bisa saja dibuat oleh mahasiswa atau siswa dengan jurusan manajemen bisnis.

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk membahas dan menganalisis suatu strategi bisnis, atau pembahasan-pembahasan relevan lainnya. Yang tentunya berhubungan dan berkaitan dengan dunia bisnis.

3. Contoh Makalah Teknik

Sama halnya dengan makalah bisnis, makalah teknik ini membahas seputar topik yang berhubungan teknik. Pembuatannya sendiri biasanya ditulis oleh mahasiswa dan siswa dengan jurusan teknik.

Yang mana, seperti yang sudah kamu ketahui bahwa jurusan teknik yang tersedia di Indonesia ada banyak sekali. Seperti teknik mesin, teknik komputer, teknik motor/mobil, dan lain sebagainya.

Bukan hanya dapat dibuat oleh mahasiswa atau siswa teknik saja, melainkan para profesional teknik juga. Karena memang kebutuhan makalah itu sendiri yang sangat luas tergantung dari relasi dan konteks yang dibutuhkan.

Baca Juga  Teks Prosedur: Penjelasan, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, dan Contoh

4. Contoh Makalah Sosial

Makalah ini bertujuan untuk membahas masalah-masalah sosial yang aktual, menguraikan teori dan konsep sosial yang efektif. Atau untuk memperkenalkan hasil penelitian dalam bidang sosial yang telah kamu peroleh.

Sama seperti makalah-makalah sebelumnya, pembuatan makalah ini dibuat oleh mahasiswa dan siswa atau profesional yang bersangkutan. Tentu saja mereka yang mengambil studi dibidang sosial atau ilmu sosial.

5. Contoh Makalah Kesehatan

Makalah yang satu ini membahas semua topik dan pembahasan yang berkaitan dalam dunia kesehatan dan medis. Dimana, pembahasan tentang dunia medis memiliki cakupan yang sangat luas.

Yang artinya, jika membuat makalah mengenai kesehatan dan medis, akan ada banyak sekali materi-materi yang dapat dibuat. Sehingga ini memudahkan kamu dalam mencari materi dan pembahasan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan minat kamu.

Ciri Khas Penulisan Contoh Masalah

Ciri Khas Penulisan Contoh Masalah

Dengan memilih sumber referensi yang terpercaya dan relevan dengan topik yang dibahas. Sumber-sumber terpercaya ini dapat kamu cari dari buku-buku, jurnal, ataupun situs website yang resmi.

Umumnya, makalah terdiri mulai dari 5 sampai 20 halaman saja. Namun, halaman-halaman tersebut tentu saja dapat berubah sesuai dari ketentuan dosen/guru/atasan yang memberikan tugas pembuatan makalah tersebut.

Terdapat beberapa ciri khas yang dapat kamu ketahui untuk membedakan bahwa penulisan tersebut adalah penulisan makalah. Ciri khas ini juga yang dapat gunakan untuk mengetahui apakah makalah tersebut sudah memiliki penulisan yang baik dan benar.

  • Bersifat ilmiah dan memiliki aspek akademik yang kuat.
  • Berisi informasi yang relevan, bermanfaat, dan orisinal.
  • Disusun dengan format tertentu yang memiliki struktur yang jelas dan sistematis.
  • Menggunakan bahasa formal dan terstandarisasi.
  • Mengutip referensi atau literatur yang digunakan dalam penulisan makalah.
  • Mempunyai sasaran pembaca yang spesifik, seperti para akademisi atau ilmuwan dalam bidang tertentu.
  • Diuji oleh para pakar atau ahli dalam bidang studi tertentu sebelum diterbitkan.

Ketika kamu menemukan ketujuh ciri khas diatas dalam suatu makalah, maka makalah tersebut dapat dikatakan memiliki penulisan yang sangat baik. Karena sudah mencakup dari ketujuh ciri khas diatas yang mana menjadi pembeda antara makalah dengan penulisan lainnya.

Sehingga usahakanlah untuk memuat ketujuh ciri khas diatas diluar dari menuliskan Contoh Makalah dengan penulisan yang benar. Buatlah makalah yang kamu buat menjadi makalah yang terlihat sempurna dan profesional.

Menulis makalah yang baik dapat membantu meningkatkan reputasi dan pengakuan di bidang akademik atau profesional atau sekolah. Jadi, buatlah makalah sebaik mungkin dengan mengikuti ketentuan yang ada!

FAQ About Contoh Makalah

Bagaimanakah Mendapatkan Sumber Referensi Yang Bagus?

Yaitu dengan memilih sumber referensi yang terpercaya dan relevan dengan topik yang dibahas. Sumber-sumber terpercaya ini dapat kamu cari dari buku-buku, jurnal, ataupun situs website yang resmi.

Berapakah Jumlah Minimal Halaman Dalam Makalah?

Umumnya, makalah terdiri mulai dari 5 sampai 20 halaman saja. Namun, halaman-halaman tersebut tentu saja dapat berubah sesuai dari ketentuan dosen/guru/atasan yang memberikan tugas pembuatan makalah tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah artikel dan pembahasan kali ini mengenai Contoh Makalah dan bagaimana penulisannya yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk membuat makalah layaknya seorang profesional!

Simak artikel menarik lainnya berikut ini :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id