Dampak Positif dan Negatif Ngemil Larut Malam Bagi Tubuh

Balitteknologikaret.co.id – Ngemil larut malam identik dengan penyebab kenaikan bobot tubuh yang signifikan. Namun, perlu diketahui ternyata ada dampak positif dan negatif ngemil larut malam bagi tubuh.

Ngemil merupakan kegiatan memakan makanan ringan atau camilan yang umumnya dilakukan ketika menjalani aktivitas santai, seperti menonton televisi, mendengarkan musik, melakukan pekerjaan, dan lainnya.

Memakan camilan biasanya akan membuat diri merasa lebih santai dan mengurangi rasa kantuk hingga membuat tubuh terus tetap terjaga. Tak heran banyak orang yang menikmati camilan untuk teman bersantai di waktu luang. Namun, efek yang ditimbulkan ketika melakukan aktivitas tersebut secara rutin perlu diperhatikan lebih lanjut.

Penjelasan Ngemil Larut Malam

dampak ngemil larut malam

Memakan camilan ketika malam usai makan atau menjelang tidur ialah maksud dari ngemil larut malam. Kegiatan tersebut seringkali dilakukan oleh sebagian besar orang dan biasanya sulit untuk ditahan.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yakni kebiasaan, munculnya rasa bosan, stres, rasa lapar, hingga merasa ingin santai menjelang tidur. Selain itu, kenikmatan dari lezatnya menyantap camilan umumnya dilakukan sebagai teman mengisi waktu luang seperti mononton televisi.

Namun, jika dilakukan secara terus menerus dan berlebihan, perlu memperhatikan kualitas, jumlah, dan waktu makan camilan karena bisa menjadi pengaruh bagi kesehatan. Oleh karena itu, di bawah ini adalah rangkuman dari dampak yang ditimbulkan ketika tubuh sering ngemil di malam hari.

Dampak Positif – Manfaat Ngemil di Malam Hari

dampak positif ngemil malam

  • Tubuh Menjadi Sehat

Identik dengan dampak negatif, sebagian orang mungkin akan terkejut mendengar ngemil saat larut malam dapak menyehatkan tubuh. Rupanya dengan memakan camilan di malam hari, tubuh akan mendapatkan nutrisi yang terlewatkan saat siang hari.

Berperan sebagai pengganti nutrisi yang belum didapatkan ketika siang hari, ngemil saat larut malam lebih baik menggunakan makanan yang bergizi. Meliputi, biskuit gandung dengan hummus, kacang-kacangan, hingga yogurt dengan buah beri yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa membuat tubuh sehat.

Selain memakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, mengkonsumsi makanan berprotein tinggi menjelang tidur juga bisa membuat tubuh pulih ketika melakukan kegiatan yang berat. Hal ini dijelaskan oleh Kelsey Kunik, RDN ahli gizi ahli diet yang namanya terdapat di Graciously Nourished.

Kelsey menerangkan bahwa ketika menyantap makanan di malam hari bisa memberikan nutrisi bagi tubuh seperti protein yang berfungsi sebagai pemulih otot ketika tidur.

  • Membantu Tidur Nyeyak

Salah satu cara untuk mencegah kelaparan saat tidur adalah dengan memaka camilan rigan dan seimbang menjelang tidur. Selain menghidari rasa lapar ketika tidur, ngemil disebut dapat meningkatkan kualitas tidur.

Berdasarkan ACSM’s Health and Fitness Journal di tahun 2018, menyatakan jika memakan camilan ringan dan sehat menjelang tidur adalah kegiatan yang baik dilakukan jika mengalami kelaparan di malam hari. Camilan yang dimaksud ialah yang mengandung triptofan seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

  • Membantu Mengontrol Gula Darah

Dilansir dari Kompas.com, memakan camilan dengan kandungan protein yang tinggi saat larut malam dapat membuat kadar glukosa darah stabil. Informasi tersebut bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan kadar gula darah hingga penyakit diabetes.

Camilan seperti apel dengan selai kacang atau roti panggang gandum alpukat bisa menjadi makanan yang berfungsi mencegah gula darah tinggi dan crash.

Dampak Negatif Ngemil Larut Malam

dampak negatif ngemil malam

  • Membuat Terbangun Saat Tidur

Pola tidur akan terganggu dan menjadi tak teratur apabila terlalu banyak memakan camilan sebelum tidur. Camilan manis yang mengandung banyak gula, kafein, dan berkalori tinggi adalah hal yang harus dihindari. Hal itu dapat menyebabkan kebiasaan yang berdampak pada jam tidur yang berantakan dan sering terbangun sepanjang malam.

  • Memicu Kenaikan Berat Badan

Jika aktivitas memakan camilan di malam hari sering dilakukan akan membuat tubuh menimbun banyak kalori. Hal itu lah yang dapat menyebabkan berat badan mengalami kenaikan yang tak direncanakan.

Penjelasan di atas merupakan dampak yang dialami tubuh ketika memakan camilan di malam hari. Meski memiliki dampak positif, tetap perlu cermat dalam memilih kualitas makanan yang akan dijadikan camilan.

Baca Juga: