Doa Mau Tidur Dan Bangun Tidur Dalam Islam + Artinya

 

Balitteknologikaret.co.id – Pernahkah Anda mendengar kalau orang mimpi buruk itu karena tidak membaca doa mau tidur? Sebenarnya tidak ada hubungannya, namun di dalam Islam doa tersebut penting diucapkan supaya tidur menjadi lebih lelap dan bangun dalam kondisi

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidur merupakan salah satu rutinitas penting, bahkan dalam Surat An-Naml ayat 86 dijelaskan bahwa Allah menjadikan malam untuk istirahat dan siang diciptakan untuk melihat.

Doa Mau Tidur Sunnah Rasulullah

Doa Mau Tidur Sunnah Rasulullah

Sejak kecil hendaknya pemahaman tentang doa sebelum tidur sudah diberikan, sehingga dapat diterapkan sampai dewasa. Adapun bacaan doa mau tidur yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW adalah:

Bismillahirrahmaanirrahiim, Bismika Allahumma Ahyaa wa bismika amuut”

Artinya adalah: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Dengan menyebut nama Allah aku hidup dan dengan menyebut nama Allah pula aku mati”

Doa ini dibaca sesaat sebelum memejamkan mata, sambil duduk atau bisa juga dalam posisi tidur yang nyaman.

Doa Bangun Tidur

Doa Bangun Tidur

Selain doa mau tidur, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah bangun tidur. Membaca doa sebelum dan bangun tidur merupakan sunnah yang dianjurkan karena dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Hadits shahih riwayat Bukhari menjelaskan tentang kebiasaan Nabi Muhammad SAW, yang dijelaskan oleh Hudzaifah RA dan Abu Dzarr RA. Dimana sebelum tidur Rasulullah membaca doa, begitu juga ketika sudah bangun tidur.

Doa bangun tidur adalah: Alhamdulillahilladzi Ahyaanaa ba’damaa amaatanaa  wailaihin nusyuur.

Artinya adalah: segala puji kami panjatkan kepada Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan hanya kepada Allah kami akan kembali.

Doa bangun tidur dibaca sesaat setelah membuka mata, sebelum melakukan aktivitas lain di tempat tidur atau lainnya.

Keutamaan Membaca Doa Mau Tidur

Keutamaan Membaca Doa Mau Tidur

Sama halnya dengan doa-doa lain yang juga memiliki keutamaan ketika dibaca, ketika Anda membaca doa sebelum tidur juga ada manfaat utamanya. Salah satu yang paling menakjubkan adalah, umat muslim akan selalu mengingat Allah SWT.

Kemudian keutamaan yang juga tak kalah luar biasa adalah, sesuai Surat Az-Zumar ayat 42 dimana Allah berfirman tentang jiwa-jiwa manusia dalam genggaman Allah ketika mereka tidur. Jika sudah waktunya meninggal maka Allah akan menahan jiwa tersebut, namun jika masih diberi kesempatan hidup maka jiwa akan dilepaskan.

Dengan begitu, ketika membaca doa mau tidur kalaupun ajal menjemput ketika sedang tidur maka paling tidak manusia dalam kondisi mengingat Allah SWT.

Keutamaan lainnya tentu membuat manusia memahami posisinya sebagai makhluk Allah, segala sesuatu yang dilakukan adalah atas izin Allah SWT. Dengan berdoa, manusia semakin yakin bahwa Allah akan menjaga mereka selama dalam kondisi tidur hingga terbangun nanti.

Sunnah Lain yang Dianjurkan Sebelum Tidur

Sunnah Lain yang Dianjurkan Sebelum Tidur

Rasulullah SAW mengajarkan banyak hal positif termasuk ketika akan berangkat tidur, bukan hanya membaca doa. Ada beberapa sunnah lain yang juga dianjurkan untuk dilakukan sebelum istirahat di malam hari.

· Berwudhu

Rasulullah SAW pernah bersabda dan tertuang dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim, tentang anjuran berwudhu seperti akan shalat ketika akan tidur. Kemudian juga dianjurkan untuk berbaring pada posisi menghadap ke kanan.

Kenapa berwudhu dianjurkan? Menurut penjelasan ulama adalah agar dalam kondisi tidurpun manusia dalam keadaan suci dan bersih dari hadas. Kalaupun malaikat maut menjemput, maka manusia akan meninggal dalam kondisi suci.

Bukan saja saat tidur, saat akan beraktivitas saja juga sangat dianjurkan berwudhu supaya selalu dalam kondisi suci. Apalagi saat sedang berada di kawasan yang baru dan belum Anda kenali dimanakah posisi masjid dan tempat wudhu.

Jika masih dalam kondisi berwudhu, tentu bisa langsung shalat ketika masuk waktu shalat wajib bukan?

· Membersihkan Kasur

Sunnah berikutnya adalah membersihkan kasur sebelum tidur, cara yang dilakukan Rasulullah adalah dengan mengibaskan kaun sarungnya sebanyak tiga kali pada permukaan kasur. Kemudian sambil membaca bismillahirrahmaanirrahiim.

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW ini dijelaskan pula di dalam hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim.

Dalam hadits tersebut disebutkan kalau seseorang ingin tidur di tempat tidurnya, maka kibaskan dulu bagian kasur menggunakan sarung karena tidak diketahui apa yang ada di kasur tersebut.

Kemudian sebelum berbaring disunnahkan untuk membaca bismika rabbi wadha’tu janbii yang artinya: dengan menyebut nama Allah, aku membaringkan punggungku.

Jika memang tidak menggunakan kain sarung, membersihkan kasur juga dapat dilakukan menggunakan sapu yang terbuat dari bahan alam. Contohnya sapu dari lidi pohon kelapa, yang bisa membersihkan permukaan kasur.

· Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan salah satu ayat penting di dalam Al-Quran, Rasulullah SAW juga membacanya ketika akan tidur.

Ayat ini merupakan permohonan umat muslim kepada Allah SWT, untuk senantiasa dilindungi dari setan selama sedang tidur.

Seperti penjelasan di dalam salah satu hadits riwayat Bukhari, dimana Rasulullah mengajurkan umat muslim membaca ayat kursi karena dengan ayat tersebut Allah akan selalu menjaga. Sehingga setan tidak berani untuk mendekati sampai pagi hari.

· Membaca Tiga Surat Pendek

Selain ayat kursi, ada juga tiga surat pendek yang juga disarankan untuk dibaca setelah ayat kursi. Yaitu surat An-Naas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas. Rasulullah SAW juga tidak pernah absen membacanya sebelum istirahat di malam hari.

Sebelum membaca surat tersebut, Rasulullah akan menyatukan kedua bagian telapak tangannya, kemudian meniup keduanya sambil  mulai membaca. Diawali dengan surat Al-Ikhlas, kemudian Al-Falaq, dan terakhir An-Naas.

Setelah itu kedua telapak tangan tersebut akan dibasuhkan ke seluruh bagian tubuh yang terjangkau olehnya.

· Segera Tidur Setelah Shalat Isya

Dianjurkan juga melakukan sunnah untuk tidur malam setelah shalat Isya. Rasulullah sangat tidak suka orang yang tidur sebelum melaksanakan shalat Isya. Apalagi kalau justru bangun dan bercengkrama setelah itu, padahal belum menjalankan shalat Isya.

· Tidur Menghadap ke Kanan

Rasulullah SAW seperti dijelaskan dalam sejumlah hadits shahih, ketika tidur akan selalu menghadapkan tubuhnya ke arah kanan. Ini juga merupakan salah satu sunnah yang bisa dilaksanakan umat muslim ketika tidur.

Dalam dunia medis, juga disebutkan bahwa tidur dengan menghadap ke kanan juga lebih baik bagi sirkulasi oksigen menuju dan dari jantung. Dimana bagian jantung dalam posisi terbaik dan tidak terhimpit.

· Jangan Tidur Tengkurap

Allah SWT sangat murka pada orang yang tidur dalam posisi tengkurap, bahkan dalam salah satu hadits secara tegas dikatakan bahwa posisi tengkurap merupakan posisi tidur yang membuat Allah SWT murka.

Memang dalam kondisi tidur akan sulit memastikan posisi yang nyaman, namun setidaknya saat menjelang tidur hindari posisi tengkurap meskipun terkadang ada orang lebih nyaman istirahat pada posisi tersebut.

· Berdzikir

Dzikir juga sangat dianjurkan dilakukan menjelang tidur, daripada berkhayal yang tidak tidak maka akan lebih bermanfaat menyebut asma Allah sampai akhirnya terlelap.

Tidak sulit untuk menghafal doa mau tidur, cobalah jadikan rutinitas setiap hari sejak kecil. Akan banyak keutamaan yang didapat, apalagi jika ditunjang dengan pelaksanaan sunnah-sunnah Rasulullah lainnya yang juga sangat bermanfaat bagi hidup.

Baca juga artikel doa lainnya untuk bisa dihapalkan berikut ini :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id