Paket Nasional Telkomsel Maksudnya Apa? Ini Penjelasannya

 

Untuk dapat memasarkan berbagai produk yang dimilikinya, Telkomsel membagi data layanan kedalam beberapa jenis, salah satunya adalah paket nasional Telkomsel. Produk berbasis kuota ini memiliki ketentuan pemakaian yang lebih sederhana sehingga bisa dimanfaatkan dengan mudah.

Berdasarkan lokasi penggunaan, Telkomsel memiliki dua jenis layanan, yaitu kuota internet lokal dan nasional. Telkomsel menghadirkan beberapa pilihan layanan untuk memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Apa Itu Paket Nasional Telkomsel?

Apa-Itu-Paket-Nasional-Telkomsel

Kuota internet nasional disebut juga dengan kuota utama atau regular. Jenis layanan kuota Telkomsel ini bisa digunakan untuk mengakses seluruh app dari mana saja tanpa ada batasan lokasi. Kuota nasional bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang mempunyai jaringan Telkomsel.

Jaringan yang tersedia untuk jenis kuota ini mulai dari 2G hingga 4G. Jika menggunakan kuota ini, kamu bisa tetap terhubung dimanapun berada. Lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui sisa kuota secara tepat.

Tutorial Pembelian Paket Nasional Telkomsel

Tutorial-Pembelian-Paket-Nasional-Telkomsel

Cara beli paket internet nasional Telkomsel bisa dilakukan secara praktis melalui menu dial maupun app MyTelkomsel. Baik itu pengguna Telkomsel prabayar maupun pascabayar, bisa membeli paket nasional sesuai dengan kebutuhan.

Setelah membeli produk yang diinginkan, simak panduan aktivasi melalui beberapa cara sebagai berikut ini.

1. MyTelkomsel

Pembelian paket nasional bisa dilakukan melalui app MyTelkomsel secara simple. Selain itu, melalui app ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya seperti sisa kuota, pulsa, dan lain sebagainya. Untuk membeli paket nasional simak caranya di bawah ini.

  • Buka layanan market resmi seperti Play Store
  • Cari app MyTelkomsel >> Tekan Install.
  • Login dengan nomor Telkomsel untuk bisa masuk ke halaman utama.
  • Pilih menu Belanja >> Pilih Paket Nasional.
  • Tekan Beli >> Pilih Metode Pembayaran.
  • Klik Bayar. Pastikan untuk menunggu notifikasi berhasil.

2. Menu Dial

Cara alternatif lain yang bisa dilakukan tanpa harus menginstall aplikasi adalah dengan menggunakan menu dial. Perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Tekan icon Telepon.
  • Ketik *363#, tekan Call.
  • Pilih menu sesuai dengan instruksi yang tersedia. Pilih bagian paket nasional Telkomsel.
  • Pembayaran secara otomatis akan memotong pulsa yang dimiliki. Untuk itu pastikan sudah memeriksa jumlah pulsa sebelum melakukan pembelian.
  • Tunggu hingga notifikasi berhasil muncul.

Panduan Cek Kuota Internet Nasional Telkomsel

Jika sudah berhasil melakukan pembelian nasional Telkomsel, hal berikutnya yang harus dipahami dengan baik adalah cara mengecek kuota. Dengan begitu kamu bisa mengetahui jumlah kuota yang didapatkan dari pembelian maupun sisanya. Berikut beberapa cara cek kuota yang bisa dilakukan.

1. Menu Dial

Dial paket nasional Telkomsel untuk mengetahui sisa kuotanya bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pilih bagian menu Telepon.
  • Ketik *888# kemudian tekan Panggil.
  • Pilih nomor 5 yaitu cek pulsa.
  • Tekan opsi nomor 2 untuk mengecek sisa kuota nasional yang dimiliki.
  • Tekan angka 2 lagi untuk melakukan konfirmasi. Informasi terkait sisa kuota akan dikirimkan melalui notifikasi SMS.

2. MyTelkomsel

Melalui app MyTelkomsel, berbagai kegiatan untuk pengecekan informasi nomor dapat dilakukan secara praktis. Berikut ini cara untuk mengetahui sisa kuota nasional melalui MyTelkomsel

  • Download MyTelkomsel.
  • Buka app MyTelkomsel. Pastikan sudah login dengan nomor terdaftar.
  • Tekan opsi Internet.
  • Pilih halaman My Package. Umumnya informasi untuk kuota nasional bertuliskan keterangan internet saja.

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Paket Nasional Telkomsel

Telkomsel menawarkan banyak pilihan paket kuota. Sebelum menggunakan layanan yang satu ini, kamu tentu perlu memahami apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu bisa melakukan pertimbangan dengan baik. Berikut informasi detailnya.

1. Kekurangan

Harga paket yang ditawarkan untuk kuota nasional bisa dikatakan cukup mahal jika dibandingkan dengan paket kuota lokal Telkomsel. Namun harga tersebut tentunya setara dengan fasilitas yang tersedia sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Jika ingin menggunakan kuota nasional dengan harga yang terjangkau, kamu bisa memilih jenis paket yang sudah menyediakan kuota nasional.

2. Kelebihan

Kuota nasional Telkomsel dapat digunakan secara bebas di seluruh wilayah Indonesia karena tidak memiliki batasan lokasi untuk dapat digunakan. Dengan begitu akses pengguna bisa semakin bebas.

Pembelian dan pengecekan paket nasional Telkomsel tidaklah sulit sehingga kamu dapat memilih layanan yang sesuai kebutuhan guna menunjang berbagai aktivitas harian. Lakukan pengecekan sisa kuota secara berkala agar tidak kehabisan.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id