Estimasi Pengiriman JNE Reguler, Cargo, YES, Trucking, OKE, SS

 

Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang swasta yang sudah berdiri sejak 1990. Tentu JNE sudah menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia secara luas. Berapa lamakah estimasi pengiriman JNE?

Untuk mengetahui berapa lama estimasi waktu pengiriman yang dibutuhkan oleh JNE dalam mengantarkan paket, sebaiknya Anda menyimak penjelasan yang akan disampaikan pada artikel ini.

Ini Estimasi Pengiriman JNE Sesuai Layanan

Estimasi-Pengiriman-JNE

JNE punya beberapa layanan pengiriman paket/dokumen dengan tarif serta estimasi kedatangan yang berbeda-beda. Mari ketahui jenis layanan apa saja dan berapa hari estimasi pengirimannya dengan menyimak penjelasan berikut.

1. Super Speed (SS)

Jenis layanan pertama dari JNE adalah Super Speed atau SS. Sesuai dengan namanya, layanan ini sangat mengedepankan kecepatan pengiriman agar segera sampai di tangan penerima. Estimasi untuk pengiriman menggunakan Super Speed adalah kurang dari 24 jam.

Estimasi tersebut terhitung sejak barang diserahkan kepada kurir dan diinput ke sistem. Layanan Super Speed hanya tersedia di beberapa wilayah tertentu dan pengiriman akan dilakukan menggunakan moda transportasi darat maupun udara.

2. Yakin Esok Sampai (YES)

Selanjutnya ada Yakin Esok Sampai atau disingkat dengan YES. Dilihat dari kecepatan pengirimannya, level YES ini masih ada di bawah Super Speed, tapi masih terhitung cepat. Barang akan sampai ke alamat penerima keesokan hari setelah barang diserahkan ke kurir.

Pengiriman barang dengan layanan YES juga tetap akan dilakukan meskipun hari libur nasional atau weekend. Sayangnya, layanan ini juga belum bisa dipesan untuk seluruh wilayah Indonesia.

Ada penawaran menarik yang diberikan JNE untuk pengguna layanan ini, yaitu jaminan uang kembali. Ongkos kirim yang dibayarkan konsumen akan dikembalikan jika pihak JNE terlambat dalam mengirimkan paketnya atau melebihi waktu estimasi.

3. Reguler (REG)

Layanan Reguler atau REG termasuk yang paling banyak dipilih konsumen JNE untuk mengirimkan paket. Salah satu alasannya adalah jangkauannya bisa sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, ongkos kirim yang harus dibayarkan juga masih cukup terjangkau.

Pengiriman dengan layanan ini memiliki estimasi kedatangan 1 hingga 4 hari, tergantung pada jarak antara kota pengirim dan alamat penerima. Karena JNE REG hanya melakukan pengiriman di hari kerja, estimasi kedatangan paketnya bisa lebih lama, yaitu sampai 7 hari.

4. Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)

Kalau ingin lebih hemat ketika mengirimkan barang antar kota, Anda bisa memilih layanan Ongkos Kirim Ekonomis atau OKE dari JNE. Ongkirnya yang sangat murah berdampak pada estimasi pengirimannya yang sedikit lebih lama, yaitu 2 sampai 5 hari.

Layanan ini hanya berlaku untuk pengiriman barang antar kota dan tidak berlaku untuk pengiriman di wilayah kota yang sama. Jadi, layanan ini memang ditujukan untuk pengiriman jarak jauh, tapi lebih hemat ongkir meski harus sedikit mengorbankan kecepatannya.

5. JNE Trucking (JTR)

Jenis layanan pengiriman terakhir dari JNE adalah JTR atau JNE Trucking. Layanan yang satu ini dipersembahkan khusus untuk para pelanggan yang ingin mengirimkan barang berukuran sangat besar atau berbobot berat.

JTR adalah layanan cargo di mana pengirimannya dilakukan menggunakan armada truk. Oleh karena itu, estimasi pengirimannya lebih lama dibandingkan seluruh layanan yang disebutkan sebelumnya. Barang akan diterima paling cepat 3 hari.

Bahkan untuk jarak pengiriman yang sangat jauh, estimasi kedatangan barangnya bisa sampai 30 hari. Meski begitu, ongkos kirim yang berlaku terbilang ekonomis, yaitu mulai Rp40.000 untuk 10 kilogram pertama.

Tabel Estimasi Pengiriman JNE

Tabel-Estimasi-Pengiriman-JNE

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan di atas, Anda sudah mengetahui berapa lama estimasi pengiriman menggunakan JNE sesuai layanannya. Untuk lebih mudah dalam membandingkan, silakan simak tabel yang diberikan di bawah ini.

Nama Layanan Estimasi Kedatangan Ongkir Minimum
Super Speed (SS) 1 hari Rp60.000
Yakin Esok Sampai (Yes) 24 jam Rp18.000
Reguler (Reg) 1 – 4 hari Rp10.000
Ongkos Kirim Ekonomis (OKE) 2 – 5 hari Rp9.000
JTR 3 – 33 hari Rp40.000

Selain ditentukan oleh jenis layanan yang Anda pilih, estimasi pengiriman JNE juga sangat dipengaruhi oleh jarak antara pengirim dengan penerima. Semakin jauh jaraknya, maka ongkos kirim juga akan semakin tinggi.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id