1 Galon Air Mineral Berapa Liter Di Indonesia? Simak!

 

Balitteknologikaret.co.id – Galon Air Mineral berapa liter sering kali serupa dengan tempat yang bentuk seperti tabung untuk isi ulang air minum. Padahal aslinya jika ngomong tentang galon sebagai volume, mempunyai arti yang berbeda.

Untuk tentukan 1 galon berapa besaran liternya, disini harus tahu terlebih dahulu tentang satuan galon yang bakalan digunakan. Karena di berbagai negara luar ini, mereka mempunyai masing-masing satuan yang berbeda-beda.

Permasalahan satu galon air mineral berapa liter mungkin sangat mudah. Munkin jawabannya sangat sederhana, tapi dalam faktanya ada beberapa perihal yang perlu menjadi pengamatan untuk jawab pertanyaan tentang satu galon air ini berapa liter. Oleh karena itu kami akan menjelaskan satu galon air mineral berapa liter.

Pengertian Singkat Tentang Air Galon

Pengertian-Singkat-Tentang-Air-Galon

Secara bahasa, galon asalnya dari kata “galun” pada bahasa Perancis. Di dalam bahasa Inggris yang Kuno disebut dengan “jale” dan “gellet” dalam bahasa Inggris. Terbukti, galon bukan sebuah wadah atau tempat seperti yang selama ini disebutkan, jika membeli air mineral di tempat pengisian ulang atau ditoko.

Galon, secara umum dapat diartikan sebagai ukuran satuan air minum. Di Amerika Serikat, galon merupakan satuan ukuran. Di Negara Amerika memakai galon atau gallon jadi satuan ukuran pada benda cair (kecuali fl.oz). Galon bukan hanya soal wadah air mineral.

Liter merupakan satuan volume pada sistem metric atau sebagai pengukuran standar internasional. Seperti yang sudah diketahui, volume pada satu liter dihitung sama dengan 1.000 cm kubik atau satu desmeter kubik.

Liter pada awalnya di definisikan sebagai volume yang dipunyai oleh 1 kg air pada ukuran standar internasional dan padatan puncak.

Satuan liter ini biasanya dipakai untuk pengukuran volume barang yang diserasikan dengan ukuran tempatnya, seperti cairan atau gabungan padatan kecil yang dapat dituang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dalam perihal berat atau masa, satu liter air prakiraan 1 kilogram ketika liter dinilai pada kepadatan puncak, dan padatan yang maksimum terjadi pada prakiraan 4 derajat.

Pemakaian satuan liter biasanya menjadi pengukur volume suatu barang sesuai dengan tempatnya, bisa itu carian ataupun gabungan padatan yang sangat mudah dituangkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Satuan liter dapat dibilang dengan centimeter kubik, ada juga ukuran liter lainnya seperti dekaliter, hektoliter  serta megaliter.

Istilah galon dipakai di Amerika Serikat. Ukuran galon dipakai untuk benda cair. Benda yang sering disebut sebagai “galon” di AS dibilang dengan nama “five gallon bottle”. Penjelasannya, kapasitas air didalam kemasan setara dengan lima galon air ukuran di AS.

Jadi, galon apabila diubah ke dalam satuan liternya yaitu sebesar 18,9 liter yang dibulatkan menjadi 19 liter. Karena yang pada produk 19 liter berat bersih.

Cara Menentukan Satu Galon Air Berapa Liter

Cara-Menentukan-Satu-Galon-Air-Berapa-Liter

Cara untuk tentukan satu galon berapa besar liter, perlu harus ketahui terlebih dahulu satuan liter galon yang dipakai. Ada dua macam standar ukuran galon yang dipakai secara umun di dunia, yaitu galon ukuran standar negara Inggris (UK) dan galon ukuran standar di Negara Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari website sciencetrends.com, satu galon di AS umumnya sama dengan 3,785418 liter. Lalu, satu galon standar di Inggris umumnya setara dengan 5,5468 liter. Tapi bagaimana dengan ukuran satu liter di Indonesia? Galon yang sering didapat di Indonesia mempunyai ukuran lima kali dari ukuran standar galon AS.

Maka dari itu, secara umum satu galon berapa liter di Indonesia mempunyai ukuran 19 liter. Akan tetapi, ukuran ini bukan menjadi patokan resmi yang telah disepakati. Pada brand air mineral galon di berbagai toko memiliki ukuran galon yang berbeda-beda ukurannya.

Jenis-Jenis Galon Air Di Indonesia

Jenis-Jenis-Galon-Air-Di-Indonesia

Di Indonesia banyak sekali jenis-jenis dari merek galon ini. Karena Indonesia memiliki banyak sekali mata air yang sangat melimpah. Maka dari itu banyak sekali macam-macam merek dari air mineral ini. Oleh sebab itu disini kami akan menjelaskan satu persatu tentang merek galon di Indonesia ini.

Galon Aqua

Aqua merupakan merek air minum dalam kemasan yang produsen oleh AQUA Group pada tahun 1973. Selain di Indonesia, AQUA juga menjualan produk di Malaysia dan Brunei. Sebagai pabrik air minum di dalam kemasan di Indonesia, AQUA sebagai merek yang populer di golongan produk air mineral di dalam kemasan

Pada di Indonesia, satu galon liter bisa diukur memakai standar satu galon Aqua. Standar ini dipakai karena Aqua adalah salah satu merek air minum yang di kemasan yang sangat populer. Di pastikan orang-orang membeli air minum ini pasti langsung sebut merek air minum ini sebagai bench mark nya.

Dengan satu galon merek pabrik Aqua ada berapa liter. Merek Aqua mempunyai standar terkait isi volume dari air galon yang dibuat oleh perusahaan ini. Satu galon Aqua isinya 19 liter air mineral. Dengan volume besar ini, air kemasan di galon sangat cocok untuk penggunanya.

Jika diubah ke dalam satuan kg, 1 liter sama dengan 1 kilogram. Maka dari itu, berat galon merek Aqua ini yang isinya 19 liter sama dengan 19 kilogram. Tetapi perhitungan ini belum termasuk dengan berat galon itu sendiri.

Jika dihitung total secara keseluruhan, berat merek Aqua galon ini dapat sampai lebih dari 19 kg. Terkait tingginya, satu galon pada di Negara Indonesia yaitu 50 cm. Sementara itu, diameter atasnya 6 cm dan diameter bawah 26 cm. Ukuran ini sangat praktis untuk di taro di mana saja.

Galon Le Mineral

Le Mineral merupakan sebuah merek air mineral di dalam kemasan Indonesia yang pembuatannya oleh PT Tirta Fresindo Jaya yaitu salah satu anak perusahaan Mayora Indah yang berkecimpung di bidang beverages. Selain Le Mineral pabrik ini juga produksi sebuah produk seperti Teh Pucuk Harum, Q Guava dan Kopiko 78.

Le Minerale Dibuat bedasarkan kebutuhan pengguna Indonesia sejak pada tahun 2015. Pabrik Le Minerale ini sudah dibangun di beberapa tempat di Indonesia. Beberapa pabrik tersebut antara lain lima pabrik yang sudah dibangun yaitu di Ciawi, Medan, Pasuruan, Sukabumi dan Makassar.

Tetapi berat dari galon le mineral ini hanya 15 liter saja, berbeda 4 liter dengan Aqua. Namun meskipun lebih sedikit ukurannya daripada merek Aqua, Le Mineral ini memiliki keunggulan seperti tempat atau wadahnya yang sangat menarik dan harganya jauh lebih murah dibanding dengan Aqua.

Harga dari Galon Le Mineral ini kisaran sebesar 20 ribu saja, apabila yang isi ulang sekitaran 15-17 ribu rupiah. maka dari itu hampir banyak orang-orang yang memakai le mineral ini karena harganya jauh lebih murah dan tempatnya yang unik.

Crystalline

Crystalline yaitu produk air mineral yang mempunyai pH (Keasaman air) 8 yang setara. Air minum ini melalui satu kali proses ozon dan dua kali cap sehingga lebih baik dan higienis.

Pada Crystalline ini mempunyai produk air galon yang sebesar 19 liter. Namun kualitas dan kuantitas dari produk ini sangat baik. Makannya harga dari produk crystalline ini berkisar sebesar 56 ribu apabila langsung beli galon, kalo yang isi ulang sekitaran 20 ribu rupiah saja.

Fakta Menarik Dari Air Galon Isi Ulang atau Sekali Pakai

Fakta-Menarik-Dari-Air-Galon-Isi-Ulang-atau-Sekali-Pakai

Air minum di kemasan galon atau disingkat AMKG isi ulang ini sudah lama jadi solusi bagi penyuplai air mineral di rumah. Saat memilih air minum di galon, air mineral ini sumbernya dari mata air berasal dari gunung yang tentunya baik dan juga bersih sudah dengan cara yang baik dan higienis.

Hal ini merupakan poin penting agar dipastikan air mineral di dalam galon tersebut aman dan cocok untuk di minum. Pemakaian air di kemasan galon ini dapat di isi ulang karena dinilai lebih ramah lingkungan dan mengurangi limbah sampah.

Karena setelah air minum di dalam galon tersebut habis diminum. Galon akan di kembalikan ke produsen air minum atau tokonya, nanti akan dibawa ke pabriknya untuk disterilkan dan dibersihkan. Kemudian galon tersebut dapat di isi ulang lagi dengan air mineral baru yang bersih dan pastinya juga higienis.

Air minum di dalam galon mineral ini sebagai salah satu yang bisa dilakukan untuk kurangi polusi akibat dari plastik. Perlu diingat yaitu tidak semua barang air di kemasan galon ini mempunyai kemasan yang baik dan cocok untuk minum.

Oleh karenanya, pengguna air minum di dalam galon harus lebih teliti dalam memilih air di kemasan yang berkualitas dan baik bagi kesehatan.

Apabila kamu menggunakan air di kemasan, pilihlah air di kemasan yang baik supaya kebutuhan cairan di tubuh kamu dapat terpenuhi dan tidak menimbulkan resiko yang buruk terhadap kesehatan ataupun lingkungan.

Saat ini sudah ada di pasaran tentang air galon sekali pakai atau (AGSP) yang dipastikan lebih baik dan bersih karena bisa langsung dibuang. Air galon satukali gunakan menjadi kamu tidak usah kembalikan galon tersebut ke toko isi air untuk diisi lagi.

Plastik yang dikemasan air galon mineral satukali pakai masih baik, tetapi cuman boleh pakai untuk air dikemasan satukali pakai. Karena itu, masyarakat diberitahu untuk tidak memakai air kemasan galon sekali pakai.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Kemasan Galon Air Mineral Ini Aman Bagi Kesehatan Dan Apa Manfaat Dari Kemasan Galon Ini?

Aman untuk kesehatan kamu, tapi kamu pilihlah air di kemasan yang baik supaya kebutuhan cairan di tubuh kamu dapat terpenuhi dan tidak menimbulkan resiko yang buruk terhadap kesehatan ataupun lingkungan.

Dan juga manfaat dari menggunakan kemasan galon air mineral ini yaitu Saat ini sudah ada di pasaran tentang air galon sekali pakai atau (AGSP) yang dipastikan lebih baik dan bersih karena bisa langsung dibuang.

Air galon satukali gunakan menjadi kamu tidak usah kembalikan galon tersebut ke toko isi air untuk diisi lagi. Dan juga kamu bisa mengisi air sendiri dengan memasak air di rumah dan langsung pindahkan ke galon air mineral ini. Hal ini dapat menghemat biaya kamu dalam membeli air mineral ini.

2. Apa Satuan Liter Galon Air Mineral Di Berbagai Negara Selain Indonesia?

Satuan galon di AS umumnya sama dengan 3,785418 liter. Lalu, satu galon standar di Inggris umumnya setara dengan 5,5468 liter.

3. Apa Merek Galon Air Mineral Yang Lebih Murah?

Merek yang murah menurut kami adalah Le Mineral. Tetapi kemasan Galon air mineral ini hanya 15 liter saja, berbeda 4 liter dengan Aqua.

Namun meskipun lebih sedikit ukurannya daripada merek Aqua, Le Mineral ini memiliki keunggulan seperti tempat atau wadahnya yang sangat menarik dan harganya jauh lebih murah dibanding dengan Aqua.

Harga dari Galon Le Mineral ini kisaran sebesar 20 ribu saja, apabila yang isi ulang sekitaran 15-17 ribu rupiah. maka dari itu hampir banyak orang-orang yang memakai le mineral ini karena harganya jauh lebih murah dan tempatnya yang unik.

Akhir Kata

Itu dia merupakan penjelasan tentang Galon Air Mineral berapa liter yang dapat kamu baca di artikel balitteknologikaret ini. Mulai membahas tentang pengertin, cara pengukuran, jenis-jenis dari Galon air mineral sampai fakta menarik dari galon isi ulang ini.

Maka dari itu baca artikel kami ini yang membahas semua apapun mulai dari pengetahuan sampai permainan disini sangat lengkap. Cukup sekian dari kami Terima kasih.

Baca Informasi Lainnya Pada Artikel Ini :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id