Gmeet: Cara Menggunakan Google Meet di HP dan PC (Lengkap)

 

Balitteknologikaret.co.id – Gmeet atau kita kenali dengan Google Meet adalah satu aplikasi yang memberikan kemudahan untuk komunikasi antarmuka jarak jauh. Untuk anggota yang bisa masuk kedalamnya pun terbilang cukup banyak.

Pertemuan secara virtual bisa kamu sanggupi dengan menggunakan aplikasi Google Meet ini. Kamu hanya perlu membuat ruangan dalam aplikasi dan pengguna lainnya akan dapat memasuki ruangan dengan kode tertentu.

Aplikasi ini menuai banyak pujian, karena menjadi salah satu jalan dari banyaknya masalah ketika covid – 19 melanda. Penasaran kelanjutan informasi dari Gmeet ini? Berikut penjelasannya.

Sekilas Mengenai Gmeet (Google Meet)

Sekilas Mengenai Gmeet

Google Meet adalah salah satu platform video konferensi yang dikembangkan oleh Google. Platform ini dirancang untuk memudahkan kamu untuk mengadakan pertemuan virtual dengan orang-orang dari berbagai lokasi.

Sehingga kamu bisa bertemu antarmuka dengan orang di seluruh dunia hanya dengan melihat layar perangkat. Dengan begitu tidak perlu mengadakan pertemuan pada suatu tempat tertentu yang bisa menghabiskan banyak dana.

Dalam era digital yang semakin maju Google Meet sangat membantu dalam banyak hal. Seperti mengadakan rapat online, kelas daring, presentasi atau bahkan acara online yang melibatkan banyak orang.

Salah satu kelebihan Google Meet adalah integrasinya dengan produk-produk Google lainnya seperti Google Calendar, Google Drive, dan Gmail. Sehingga kemudahan dari produk Google lainnya pun akan tercampur di dalamnya.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan bergabung ke dalam rapat langsung dari Google Calendar dan berbagi file dari Google Drive. Selain itu memungkinkan kamu mengirim undangan ke peserta melalui Gmail.

Gmeet menawarkan fitur-fitur keren seperti tampilan galeri yang memungkinkan kamu untuk melihat semua peserta dalam satu layar. Kamu juga dapat menggunakan fitur virtual background untuk mengubah latar belakang video.

Sehingga memungkinkan kamu untuk menghindari kekacauan di latar belakang yang terlihat pada kamera kamu. Selain itu Gmeet membuat kamu dapat untuk berbagi layar dan mengontrol presentasi.

Ditambah lagi dengan Gmeet kamu bisa menandai peserta yang tidak mematuhi aturan atau mengganggu rapat. Google Meet dapat diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone dan juga bisa diakses melalui desktop atau laptop.

Pengguna dapat bergabung ke dalam rapat melalui aplikasi Google Meet atau melalui tautan undangan yang diberikan oleh host rapat. Platform ini sudah mengadopsi teknologi enkripsi end-to-end untuk melindungi informasi rapat dari akses yang tidak sah.

Fitur Pada Gmeet (Google Meet)

Fitur Pada Gmeet

Semua kalangan kini sudah mengenal inovasi dari Google satu ini. Dikarenakan seluruh kegiatan saat Covid – 19 sedang melanda, dialihkan semua melalui Gmeet untuk pertemuan antarmuka.

Integrasi Google Workspace adalah fitur penting di Google Meet untuk kamu agar mengintegrasikan Google Workspace secara langsung dalam rapat. Beberapa alat kerja yang dapat diintegrasikan di Gmeet meliputi Google Calendar, Google Drive, dan Google Docs.

Dengan integrasi Google Calendar, pengguna dapat membuat undangan rapat dan menambahkan detail rapat. Selain itu, kamu juga dapat mengundang peserta rapat dari Google Calendar dan menerima undangan rapat langsung.

Baca Juga  Yandex Search Video Apk Download Semua Negara dan Indonesia

Integrasi Google Drive memungkinkan kamu untuk berbagi file langsung di dalam rapat. Kamu dapat membuka dan membagikan dokumen, presentasi, atau file lain dari Google Drive ke seluruh peserta rapat dengan mudah.

Jadi tidak mengherankan jika Google Meet sampai saat ini masih banyak dimanfaatkan. Tetapi tidak seluruh kalangan pengguna mengetahui keseluruhan fungsi dari Google Meet. Penjelasan keseluruhan fiturnya ialah berikut.

1. Video Dan Audio Berkualitas Tinggi

Video dan audio berkualitas tinggi berarti platform ini dapat menghasilkan video dan audio yang jernih dan tidak terputus-putus selama konferensi video. Sehingga kamu dapat melihat wajah dan juga suara peserta dalam ruangan dengan jelas.

Google Meet menggunakan teknologi yang dapat menyesuaikan kualitas video dan audio sesuai dengan koneksi internet kamu. Sehingga meskipun kamu memiliki koneksi internet yang lambat, tetap memiliki konferensi video yang jernih dan berkualitas tinggi.

Selain itu, Gmeet juga menawarkan fitur pengurangan kebisingan latar belakang, sehingga suara kamu dapat lebih jelas dan mudah dipahami. Semua fitur ini membantu kamu merasa lebih nyaman dan efektif dalam mengikuti konferensi video.

2. Fitur Tampilan Ganda

Fitur ini membantu kamu untuk menampilkan dua atau lebih tampilan video secara bersamaan. Hal ini dapat sangat berguna saat kamu ingin melihat beberapa peserta sekaligus, misalnya ketika sedang melakukan diskusi atau presentasi.

Memungkinkan kamu untuk melihat wajah peserta dengan jelas, sehingga kamu dapat memperoleh respons visual yang lebih baik ketika berbicara. Sehingga peserta rapat akan mudah melihat serta mendegar pembicara.

Kamu dapat memilih untuk menampilkan tampilan ganda secara horizontal atau vertikal. Selain itu dapat mengubah ukuran tampilan video untuk sesuaikan dengan kebutuhan mereka.

3. Bagikan Layar

Dengan ini memungkinkan kamu untuk berbagi layar dengan peserta lain dalam rapat. Hal ini sangat berguna untuk presentasi atau untuk menjelaskan sebuah topik dengan menggunakan gambar atau dokumen lain yang terdapat pada layar.

Ketika pengguna memilih opsi “Bagikan Layar”, Gmeet akan menampilkan layar kamu pada layar peserta lainnya. Selama layar dibagi, peserta lain dapat melihat apa yang ditampilkan di layar kamu dan mengikuti pembicaraan dengan lebih mudah.

Dengan ini juga memungkinkan kamu untuk menunjukkan bagaimana menggunakan aplikasi atau alat tertentu secara langsung dan real-time. Sehingga meningkatkan efektivitas dari presentasi atau pelatihan.

4. Chat

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan teks ke peserta lain dalam rapat. Hal ini sangat berguna untuk mempertanyakan hal-hal yang tidak jelas atau untuk memberikan tanggapan singkat selama rapat.

Kamu dapat mengakses fitur chat dengan mengklik tombol “Chat” di panel sisi kanan layar. Setelah mengklik tombol tersebut, kotak obrolan akan muncul di layar kamu dan dapat memulai percakapan dengan peserta lain.

Pesan chat akan muncul di kotak obrolan untuk semua peserta rapat untuk melihat. Selain itu, kamu juga dapat mengirim pesan pribadi ke peserta tertentu dengan cara mengeklik nama peserta dan memilih “Kirim Pesan Pribadi”.

5. Rekaman Rapat

Fitur menarik ini membisakan kamu untuk merekam audio dan video selama rapat. Hal ini sangat berguna untuk merekam rapat dan menggunakannya sebagai referensi atau arsip di kemudian hari.

Kamu dapat memulai rekaman rapat dengan mengklik tombol “Rekam Rapat” di panel sisi kanan layar. Setelah rekaman dimulai, Gmeet akan merekam audio dan video dari rapat, termasuk suara peserta dan layar yang dibagikan.

Baca Juga  Yandex.com VPN Download Video Indonesia Gratis Terbaru 2023

Setelah rapat selesai, kamu dapat menghentikan rekaman dan mengunduh file rekaman untuk disimpan dan dibagikan. Namun, penting untuk memperhatikan aturan privasi dan kebijakan organisasi terkait rekaman rapat.

6. Kode PIN

Kode PIN di Google Meet adalah kode numerik yang digunakan untuk memasuki rapat yang dijadwalkan secara terjadwal. Ketika kamu membuat rapat, kamu dapat memilih untuk menambahkan kode PIN untuk menjaga dan membatasi akses.

Ketika peserta menerima undangan rapat, mereka akan diberikan kode PIN yang harus dimasukkan untuk memasuki rapat. Kode PIN ini memastikan bahwa hanya peserta yang diundang dan memiliki akses yang dapat masuk ke dalam rapat.

Berguna untuk menjaga keamanan rapat dan mencegah orang yang tidak diundang masuk ke dalam rapat secara tidak sah. Hal ini terutama penting untuk rapat yang membahas hal-hal yang sensitif atau rahasia.

7. Pengaturan Moderator

Dengan Gmeet kamu bisa untuk menentukan aturan dan kontrol yang lebih baik selama rapat. Moderator dapat mengatur hak akses dan izin untuk setiap peserta dalam rapat. Seperti memungkinkan atau memblokir fitur audio, video, atau obrolan.

Moderator juga dapat menghapus pesan obrolan yang tidak sesuai atau meminta peserta untuk meninggalkan rapat. Selain itu, moderator juga dapat membatasi akses ke rapat hanya pada peserta tertentu.

Sebelum masuk meminta peserta yang ingin bergabung untuk mengajukan permintaan terlebih dahulu sebelum diberikan izin untuk bergabung. Moderator dapat memilih untuk memerlukan persetujuan untuk memasuki rapat.

8. Integrasi Google Workspace

Integrasi Google Workspace adalah fitur penting di Google Meet untuk kamu agar mengintegrasikan Google Workspace secara langsung dalam rapat. Beberapa alat kerja yang dapat diintegrasikan di Gmeet meliputi Google Calendar, Google Drive, dan Google Docs.

Dengan integrasi Google Calendar, pengguna dapat membuat undangan rapat dan menambahkan detail rapat. Selain itu, kamu juga dapat mengundang peserta rapat dari Google Calendar dan menerima undangan rapat langsung.

Integrasi Google Drive memungkinkan kamu untuk berbagi file langsung di dalam rapat. Kamu dapat membuka dan membagikan dokumen, presentasi, atau file lain dari Google Drive ke seluruh peserta rapat dengan mudah.

9. Tampilan Grid

Tampilan Grid pada Gmeet membuat kamu untuk dapat melihat seluruh peserta rapat dalam tampilan grid (kisi-kisi). Sehingga kamu dapat melihat seluruh peserta secara bersamaan dalam satu layar.

Fitur memudahkan kamu pada rapat yang melibatkan banyak peserta. Sehingga kamu dapat melihat dan memantau seluruh peserta dengan mudah hanya melalui grid yang kamu pilih.

Dalam tampilan Grid kamu dapat melihat hingga 49 peserta sekaligus, tergantung pada ukuran layar dan kualitas jaringan. Kamu juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur suara dan video untuk masing-masing peserta secara terpisah.

10. Reaksi Emoji

Fitur reaksi emoji di Gmeet memfasilitasi peserta rapat untuk mengekspresikan emosi mereka secara cepat dan mudah selama rapat berlangsung. Peserta rapat dapat memilih emoji untuk menunjukkan tanggapan.

Reaksi emoji berguna untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi antara peserta dalam rapat. Fitur ini juga dapat membantu mempercepat komunikasi dalam rapat, karena peserta dapat menunjukkan respons mereka secara cepat dan mudah.

Selain itu, fitur reaksi emoji juga memungkinkan kamu untuk menyampaikan umpan balik secara anonim. Peserta rapat dapat menunjukkan reaksi tanpa harus mengungkapkan identitas mereka.

Cara Menggunakan Gmeet di HP dan PC

Cara Menggunakan Gmeet

Video dan audio berkualitas tinggi berarti platform ini dapat menghasilkan video dan audio yang jernih dan tidak terputus-putus selama konferensi video. Sehingga kamu dapat melihat wajah dan juga suara peserta dalam ruangan dengan jelas.

Baca Juga  Yandex Browser Jepang Full Video Player Apk Terbaru Tanpa Iklan

Google Meet menggunakan teknologi yang dapat menyesuaikan kualitas video dan audio sesuai dengan koneksi internet kamu. Sehingga meskipun kamu memiliki koneksi internet yang lambat, tetap memiliki konferensi video yang jernih dan berkualitas tinggi.

Selain itu, Gmeet juga menawarkan fitur pengurangan kebisingan latar belakang, sehingga suara kamu dapat lebih jelas dan mudah dipahami. Semua fitur ini membantu kamu merasa lebih nyaman dan efektif dalam mengikuti konferensi video.

Sebelum dapat masuk ke dalam ruangan Gmeet kamu diminta untuk melalui langkah – langkah masuknya. Karena dalam menjalankan sebuah aplikasi pasti akan ada urutan langkah demi langkahnya.

Untuk menjelaskan maksud dari perkataan sebelumnya, maka langkah ini akan menerangkannya. Berikut ini adalah urutan langkah dari awal sampai dengan akhir cara menggunakan Gmeet.

  1. Buka browser web di komputer atau perangkat seluler kamu dan masuk ke akun Google kamu.
  2. Buka aplikasi Google Meet atau masuk ke situs web meet.google.com.
  3. Jika kamu ingin memulai rapat baru, klik tombol “Mulai Rapat”. Jika kamu ingin bergabung dengan rapat yang sudah ada, masukkan kode rapat yang diberikan oleh host rapat dan klik tombol “Bergabung”.
  4. Jika kamu menjadi host rapat, atur pengaturan rapat, seperti mengundang peserta, menentukan izin, dan mengatur suara dan video.
  5. Setelah rapat dimulai, kamu dapat menyalakan atau mematikan kamera dan mikrofon kamu sesuai kebutuhan, serta mengatur tampilan layar kamu , seperti tampilan grid atau tampilan fokus.
  6. Selama rapat berlangsung, kamu dapat berbicara, berbagi layar, berkolaborasi di dokumen, dan menggunakan fitur-fitur lainnya di Google Meet, seperti reaksi emoji dan chat.
  7. Jika kamu ingin mengakhiri rapat, klik tombol “Selesai Rapat” atau keluar dari rapat.

FAQ

Berapa Banyak Peserta Yang Dapat Bergabung Dalam Rapat Gmeet?

Jumlah peserta yang dapat bergabung dalam rapat Google Meet tergantung pada jenis akun dan versi yang digunakan. Dalam versi gratis, hingga 100 peserta dapat bergabung dalam rapat.

Apakah Gmeet Dapat Digunakan Di Perangkat Seluler?

Ya, Google Meet dapat digunakan di perangkat seluler, baik Android maupun iOS. Jadi tidak ada kekhawatiran yang tidak diperlukan oleh kamu teruntuk perangkat yang akan dipakai.

Apakah Google Meet Memiliki Fitur Tampilan Ganda?

Ya, Google Meet memiliki fitur tampilan ganda yang memungkinkan peserta rapat untuk melihat tampilan video host rapat dan tampilan presentasi atau layar yang dibagikan secara bersamaan.

Apakah Google Meet Aman Digunakan?

Ya, Google Meet dirancang dengan keamanan yang kuat dan menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi data dan informasi pengguna. Sehingga kemungkinan untuk adanya pencurian data kecil ataupun tidak ada.

Apakah Google Meet Gratis?

Ya, Google Meet tersedia secara gratis untuk pengguna yang memiliki akun Google. Menjadikannya platform antarmuka virtual nomor satu saat ini, karena tidak memungut biaya apapun dari penggunanya.

Akhir Kata

Selesai sudah perjumpaan kita dalam bahasan Gmeet kali ini. Dengan berkembanganya teknologi ruangan virtual yang sangat membantu ini pun telah dihadirkan. Semoga dapat berjumpa dalam bahasan lainnya.

Jangan lupa untuk kamu mengunjungi artikel – artikel menarik dari kami lainnya berikut ini :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id