Keunggulan Mobil Hybrid: Perbedaan dengan Mobil Biasa

Balitteknologikaret.co.id – Mobil hybrid merupakan salah satu inovasi terbaru dalam dunia otomitif yang baru saja diusung di Indonesia. Karena terbilang baru, belum banyak yang teredukasi mengenai mobil hybrid ini serta keunggulan mobil hybrid.

Meski termasuk baru di Indonesia, mobil hybrid bukanlah penemuan baru, namun beberapa waktu memang sangat digencarkan penggunaan mobil hybrid. Maka itu banyak sekali yang mulai mengenalkan mobil hybrid di Indonesia.

Mobil hybrid sendiri merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi sebagai bahan penggeraknya. Mobil hybrid berbeda dengan mobil lain yang hanya mengandalkan satu jenis penggerak yaitu menggunakan bahan bakar.

keunggulan mobil hybrid

Mobil hybrid bisa menggunakan bahan bakar dan mesin mobil sebagai bahan penggerak, kemudian bisa menggunakan satu sumber mesin lain yaitu baterai sebagai sumber tenaga. Karena keunggulannya ini membuat mobil hybrid menjadi primadona saat ini.

Dengan menggunakan dua sistem penggerak yaitu bahan bakar konvernsional serta motor listrik, penggunaan dua sumber energi ini bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar lebih baik serta bisa meningkatkan performa dari mobil itu sendiri.

Kedua bahan bakar konvensional dan motor listrik ini juga digunakan bergantian. Pada kecepatan rendah, mobil akan menggunakan daya listrik sebagai sumber energi. Tetapi apabila baterai habis, maka mobil akan otomatis menggunakan bahan bakar konvensional sebagai sumber energinya.

Perbedaan Mobil Hybrid dengan Mobil Biasa

perbedaan mobil hybrid dan biasa

Terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara mobil biasa dan mobil hybrid, salah satunya adalah mobil hybrid yang menggunakan dua sistem penggerak, sedangkan mobil biasa hanya mengandalkan bahan bakar konvensional sebagai bahan penggerak.

  • Sistem Bahan Bakar

Pada umumnya, karena sumber energi yang diperlukan oleh mesin mobil harus melalui proses pembakaran, maka mobil memerlukan solar serta bensin agar dapat bergerak. Sedangkan pada mobil hybrid kita bisa mengandalkan dua sumber energi yaitu bahan bakar konvensional serta tenaga listrik.

  • Suara dan Getaran

Suara serta getaran yang dihasilkan oleh mobil hybrid jauh lebih senyap dibandingkan mobil pada umumnya. Itu dikarenakan pada saat berhenti, mesin otomatis mengganti sumber energinya dari bahan bakar ke mesin listrik.

Serta mobil yang menggunakan bahan bakar umumnya bersuara agak kencang dengan getaran lebih kasar dari mobil hybrid khusunya pada mobil dengan bahan bakar solar.

Keunggulan Mobil Hybrid

keunggulan dari mobil hybrid

Selain perbedaan yang mencolok soal bahan bakar, ada lagi keunggulan mobil hybrid yang bisa dijadikan pertimbangan apakah mobil hybrid benar benar salah satu mobil dengan inovasi baru

  • Ramah Lingkungkan

Sudah sangat jelas bahwa mobil hybrid masuk sebagai salah satu inovasi terbaik sebagai mobil yang ramah lingkungkan. Karena tidak sepenuhnya menggunakan bahan bakar, mobil hybrid bisa mengurangu polusi karena sistem pembakaran saat mobil dijalankan masuk sebagai salah satu penyebab polusi udara.

Mobil hybrid juga masuk sebagai salah satu alasan untuk mengurangi dampak eksplorasi sumber daya minyak bumi yang tidak dapat diperbarui. Karena sebagian menggunakan listrik, ini dapat menekan penggunaan bahan bakar bensin serta solar sehingga menjadi lebih efisien.

Harga minyak dunia yang makin tinggi membuat pemerintah Indonesia semangat menyuarakan penggunaan mobil hybrid. Diharapkan dengan adanya mobil hybrid bisa membantu menekan penggunaan bahan bakar bersubsidi di Indonesia sehingga tidak lagi terjadi kelangkaan suatu hari nanti.

  • Getaran dan Suara Minim

Suara serta getaran yang dihasilkan mobil hybrid sangat minim sebab menggunakan baterai terlebih dahulu sebagai bahan penggerak. Keunggulan ini sangat bisa dirasakan bedanya oleh pengemudi serta penumpang, apalagi pada saat terjebak macet di jalan.

  • Efisien 

Karena terdapat dua sistem penggerak, jelas ini sangat efisien dalam segi konsumsi bahan bakar karena terdapat dua jenis mesin dalam satu mobil. Namun tetap saja semua dipengaruhi bagaimana tiap individu menjalankan mobil yang mereka kendarai.

Itulah dia keunggulan mobil hybrid yang bisa dijadikan pertimbangan untuk kita. Nyatanya mobil hybrid memang benar menjadi salah satu inovasi terbaik saat ini dari segala hal. Jadi apakah kalian tertarik untuk menggunakan mobil hybrid atau mobil biasa dengan bahan bakar konvensional tetap menjadi pilihan pertama?

Baca Juga: