Logo Twitter Diganti yang Baru Jadi Huruf X, Ini Arti Logo

Balitteknologikaret.co.id – Resmi menjadi pemilik Twitter pada akhir tahun 2022, Elon Musk seringkali memberikan inovasi terbarunya yang menggemparkan publik. Kali ini, Elon mengabarkan jika logo Twitter diganti yang baru menjadi huruf X.

Pernyataan pergantian logo tersebut sontak membuat heboh pengguna Twitter. Sebelumnya, Elon memang sudah mengincar Twitter sejak awal tahun 2022 dengan menyatakan ingin membeli Twitter sepenuhnya disertai penawaran senilai US$44 Miliar atau Rp682.5 Triliun.

Pemilik Twitter yang sekaligus menjabat sebagai bos perusahaan mobil listrik Tesla itu mengumumkan logo baru tersebut pada Minggu kemarin (23/7/2023) di akun Twitternya dengan Username @elonmusk.

logo twitter diganti

Dia mengumumkan logo bergambar “X” lah yang akan menggantikan posisi ikon burung gempal berwarna biru sebagai ikon pada logo Twitter.

“Kami akan segera mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan semua burung (logonya) secara bertahap” tutur Elon Musk dalam Twitnya.

Tak hanya itu saja, selanjutnya Elon mengunggah cuplikan video singkat berdurasikan tiga detik yang memperlihatkan transisi perubahan dari pergantian logo burung biru menjadi logo “X” yang baru.

Pengumuman mengenai logo Twitter diganti menjadi huruf X tersebut membuat publik bertanya-tanya. Lantas, apa alasan Elon Musk mengganti logo Twitter?

Arti Logo Baru Twitter

arti logo twitter x

Di hari yang sama Elon kembali mengetwit logo baru yang akan menggantikan logo burung biru. Kepada publik, Elon menyatakan logo baru tersebut akan berbentuk huruf X dengan warna putih disertai background hitam.

Lebih lanjut, Elon menerangkan terdapat arti filosofis dari terjadinya pergantian logo Twitter dengan logo yang baru. Hal itu ditujukan untuk menggambarkan ketidaksempurnaan dalam diri seluruh pengguna yang membuat mereka memiliki keunikannya tersendiri.

Tak hanya secara filosofis, nampaknya Elon telah mempersiapkan alasan dari logo Twitter diganti menjadi huruf X, yakni untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan. Sebagai informasi, Elon sempat mengatakan jika membeli Twitter adalah langkah tepat dalam mempercepat pembuatan X.

Diketahui, X merupakan aplikasi layanan beragam (super apps). Secara singkatnya, aplikasi X ini sejenis dengan WeChat di China yang memiliki fitur layanan pesan, pembayaran, delivery makanan, hingga ride-sharing.

Selama ini perusahaan Twitter dikenal dengan nama Twitter Inc. Namun, sejak Elon membeli Twitter, nama perusahaan tersebut berubah menjadi X Corp pada Oktober 2022.

Dilansir dari Kompas.com, langkah yang dilakukan Elon dalam mengubah nama perusahan menjadi X Corp dan mengganti logo twitter menjadi huruf X, kemungkinan merupakan suatu cara untuk menggabungkan platform media sosial tersebut ke aplikasi layanan beragam yang dimilikinya.

Selain itu, Elon juga turut mengumumkan huruf X yang menjadi logo baru Twitter ini dapat dipasang secepatnya, paling cepat di hari Senin (24/7) secara menyeluruh. Saat ini situs web X.com telah dialihkan ke Twitter.com.

Logo “X” Twitter Terbaru Belum Muncul

logo twitter X belum muncul

Meski Elon telah menyatakan pemasangan logo baru Twitter akan dilakukan secepatnya, namun dikutip dari Kompas.com, saat ini logo Twitter masih berbentuk burung biru “Larry Bird”. Belum ada pergantian logo“X” secara global.

Tak hanya logo Larry Bird yang masih terlihat pada akun Twitter baik aplikasi atau website, situs web X.com juga diketahui belum tertaut ke Twitter.com dan situs X.com juga belum bisa diakses saat ini.

Elon Musk dikenal sebagai pemilik akun Twitter baru yang gemar menghebohkan publik. Sebelum pengguna Twitter ramai memperbincangkan pergantian logo ikonik burung biru menjadi huruf X, Elon pernah menghebohkan warganet pada awal April lalu.

Kala itu Elon mengubah logo “Larry Bird” menjadi anjing Shiba Inu asal Jepang. Ketika membuka platform website Twitter, logo Shiba Inu tersebut akan terpampang jelas di halaman depan platform tersebut.

Sebagai informasi, gambar Shiba Inu kerap digunakan sebagai meme di internet. Selain itu, logo Shiba Inu merupakan lambang mata uang kripto Dogecoin.

Mengenai pengubahan logo Twitter menjadi Shiba Inu, Elon tak menjelaskan secara jelas alasannya mengubah logo tersebut. Namun, pemilik akun Twitter ini diketahui penggemar berat mata uang kripto Dogecoin.

Terlihat beberapa kali dalam twitnya, Elon mempromosikan mata uang Kripto Dogecoin. Hal itu membuat harga Dogecoin naik 30 persen lebih.

Baca Juga: