Review OPPO A3S: Spesifikasi, Kelebihan dan Harga Terbaru

Dalam era digital yang semakin berkembang saat ini, smartphone telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Salah satu merek smartphone yang semakin populer adalah Oppo. Oppo telah menghasilkan beberapa produk smartphone yang menarik perhatian, salah satunya adalah Oppo A3s.

Selain menawarkan desain yang menarik, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat mempermudah aktivitas pengguna sehari-hari. Walaupun demikian, setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Spesifikasi Smartphone Oppo A3S

Spesifikasi-Smartphone-Oppo-A3S

Pada artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan dari Oppo A3s, serta harga yang ditawarkan. Dengan demikian, pembaca dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan handphone ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Layar IPS Cukup Lebar

Layar yang berukuran 6.2 inci memberikan pengalaman menonton yang sangat memuaskan. Dengan resolusi HD+ 720 x 1520 piksel, layar ini mampu menampilkan gambar yang cukup tajam dan jernih. Selain itu, rasio aspek layar 19:9 juga membuat tampilan layar terlihat lebih lebar dan elegan.

Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi IPS LCD yang memastikan bahwa warna-warna yang ditampilkan di layar terlihat lebih hidup dan cerah. Teknologi IPS juga membuat layar Oppo A3s tetap dapat dilihat dengan jelas meskipun dilihat dari sudut yang berbeda.

Dalam hal perlindungan layar, A3s telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang cukup tahan terhadap goresan dan benturan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan layar pada perangkat mereka.

Kemampuan layar Oppo A3s yang besar dan jernih juga cocok digunakan untuk menikmati konten multimedia seperti film dan game. Kombinasi layar yang luas, resolusi yang tinggi, dan teknologi IPS LCD membuat pengalaman menonton menjadi lebih memuaskan.

2. Kamera dengan Fitur Menarik

Smartphone satu ini menawarkan keunggulan pada sektor kameranya. Terdapat dual kamera pada bagian belakang yang terdiri dari 13 MP dan 2 MP dengan aperture yang cukup besar, yaitu f/2.2 dan f/2.4.

Fitur-fitur seperti autofocus, LED flash, HDR, dan panorama juga turut mendukung kualitas kamera belakang Oppo A3s. Sedangkan untuk kamera depannya, Oppo A3s memiliki kamera 8 MP yang bisa menghasilkan selfie yang bagus dengan aperture f/2.2.

Dengan konfigurasi kamera belakang yang lengkap dan kamera depan yang cukup bagus, Oppo A3s dapat menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang membutuhkan kualitas kamera yang baik dalam kisaran harga yang terjangkau.

3. Prosesor Snapdragon

Seri A3s dari OPPO ini memiliki dapur pacu yang cukup handal dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450. Chipset ini memiliki delapan inti prosesor dengan kecepatan 1.8 GHz yang cukup mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game yang cukup berat.

Selain itu, chipset ini juga dibuat menggunakan teknologi 14nm yang lebih hemat energi dan menghasilkan sedikit panas dibandingkan dengan teknologi yang lebih lama. Chipset Snapdragon 450 pada Oppo A3s juga didukung dengan GPU Adreno 506 yang mampu menghasilkan performa grafis yang baik.

Dengan adanya kombinasi antara chipset dan GPU yang handal, Oppo A3s dapat menghasilkan kinerja yang cukup responsif dan lancar dalam menjalankan berbagai aplikasi dan game.

4. RAM dan Memori Penyimpanan

Smartphone ini juga memiliki varian RAM yang bervariasi, antara 2 GB, 3 GB, atau 4 GB, tergantung pada tipe yang dipilih. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan mereka dalam menggunakan smartphone.

Untuk penyimpanan internal, Oppo A3s memiliki kapasitas yang juga bervariasi, yaitu 16 GB, 32 GB, atau 64 GB. Penyimpanannya bisa lebih diperbanyak lagi hingga 256 GB dengan menambahkan kartu microSD.

4. Baterai Cukup Besar

Seri A3s dari Oppo ini juga memiliki baterai yang cukup besar, yaitu 4230 mAh yang bisa bertahan hingga sehari penuh untuk penggunaan normal. Namun demikian, perangkat belum ditambahkan dengan fasilitas fast charging/pengisian cepat.

Dalam mengisi baterai, membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh. Selain itu, Oppo A3s juga masih menggunakan port microUSB 2.0.

5. Sistem Operasi

Ponsel pintar A3S ini menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.1 yang memberikan tampilan dan fitur khas dari Oppo. Smartphone ini juga memiliki beberapa sensor seperti accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Untuk konektivitas, Oppo A3s mendukung jaringan GSM, HSPA, dan LTE, serta Wi-Fi, Bluetooth, GPS, FM radio, dan OTG.

6. Pilihan Warna dan Harga

Handphone ini hadir dengan pilihan warna yang menarik, yaitu merah dan ungu tua yang bisa dipilih sesuai dengan selera pengguna. Selain itu, smartphone Ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dengan kisaran antara Rp 1.240.000 hingga Rp 1.186.000, tergantung pada varian RAM dan ROM yang dipilih.

Harga tersebut cukup sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh perangkat. Sehingga, dapat menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang mencari smartphone dengan kualitas yang baik namun tetap terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Oppo A3s

Kelebihan-dan-Kekurangan-Smartphone-Oppo-A3s

Dengan sejumlah ulasan di atas, terdapat keunggulan dan kekurangan dari gadget ini untuk dimiliki. Hal tersebut penting bagi kamu untuk mengetahuinya sebelum membeli. Berikut ulasannya:

Kelebihan:

  • Layar yang besar dan jernih. Smartphone ini hadir dengan layar 6,2 inci yang memungkinkan pengguna untuk menikmati tampilan yang besar dan jernih saat menggunakan smartphone. Dengan resolusi 720 x 1520 piksel, tampilan pada layar Oppo A3s terlihat tajam dan detail.
  • Dual kamera belakang. Handphone dilengkapi dengan kamera belakang ganda 13 MP + 2 MP yang bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh yang menarik. Selain itu, kamera belakang ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti LED flash, HDR, dan panorama yang bisa memaksimalkan pengalaman fotografi pengguna.
  • Baterai yang besar. Dengan kapasitas baterai 4230 mAh, Oppo A3s dapat bertahan seharian penuh bahkan untuk penggunaan yang intensif. Hal ini menjadi kelebihan yang sangat penting untuk pengguna yang sering menggunakan smartphone sepanjang hari.
  • Harga yang terjangkau. Oppo A3s memiliki harga yang terjangkau dan sangat kompetitif dibandingkan dengan smartphone sejenis yang memiliki spesifikasi serupa.

Kekurangan:

  • Performa yang kurang. Meskipun ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450 dan RAM hingga 4 GB, Oppo A3s masih memiliki performa yang kurang optimal saat digunakan untuk menjalankan aplikasi berat atau game-game terbaru.
  • Tidak mendukung fast charging. Sayangnya, gawai ini belum mendukung teknologi fast charging, sehingga waktu pengisian baterai relatif lebih lama dibandingkan dengan smartphone lain yang sudah mendukung teknologi tersebut.
  • Desain yang standar. Desainnya tidak terlalu mencolok atau inovatif, sehingga terlihat standar dan kurang menarik untuk beberapa orang yang mencari smartphone dengan desain yang unik atau berbeda.
  • Tidak dilengkapi dengan NFC. Smartohone ini tidak dilengkapi dengan fitur NFC, sehingga pengguna tidak bisa melakukan pembayaran digital atau transfer data melalui teknologi tersebut.

Oppo A3s adalah smartphone yang cocok untuk Anda yang mencari smartphone dengan spesifikasi cukup baik namun harga terjangkau. Dengan review di atas, akan memberikan gambaran bagi kamu untuk mengambil keputusan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: