Download Undangan Tahlil Terlengkap 7, 40, 100, 1000 Hari

Jika ada keluarga yang meninggal dunia biasanya akan diadakan tahlil sehingga dibutuhkan undangan untuk mengundang warga sekitar. Sekarang ini sudah banyak sekali link download undangan tahlil yang memudahkan untuk membuatnya.

Undangan tersebut tersedia dalam berbagai macam format sehingga bisa dipilih sesuai keinginan. Sehingga hanya perlu mendownload satu undangan yang kemudian bisa langsung didapatkan untuk dicetak.

Selain itu, undangan tahlil dapat digunakan untuk acara peringatan mulai dari 7 hari, 40 hari, 100 hari, hingga 1000 hari. Dengan adanya undangan ini tentu sangat memudahkan sehingga bisa mempersiapkan hal lain untuk acara.

Apa Itu Undangan Tahlil?

Apa Itu Undangan Tahlil

Sebelum bagikan download undangan tahlil, sebaiknya simak terlebih dahulu mengenai pengertiannya. Sesuai namanya, undangan tahlil adalah sebuah undangan acara untuk memperingati kematian seseorang seperti keluarga maupun kerabat dekat.

Surat undangan di lingkungan masyarakat yang diberikan secara pribadi ini bersifat tidak resmi. Surat ini mengatasnamakan perorangan yang kemudian diberikan kepada orang lain untuk kegiatan pribadi.

Undangan tahlil sebenarnya bukan menjadi hal yang wajib karena kebanyakan masyarakat menyampaikan undangan secara langsung. Namun di jaman modern seperti sekarang ini, jika mengundang seseorang tanpa undangan tentu akan terasa kurang.

Dalam membuat sebuah undangan tahlil tidak boleh sembarangan karena harus sesuai dengan format yang lazim. Jika ingin lebih mudah, sangat disarankan untuk menggunakan template berupa Microsoft Word atau PDF yang dapat diedit dengan menyesuaikan kebutuhan.

Download Undangan Tahlil Peringatan Acara 7, 400, 100, Hingga 1000 Hari

Download Undangan Tahlil Peringatan Acara 7, 400, 100, Hingga 1000 Hari

Tahlil menjadi momentum untuk mendoakan almarhum atau alamarhumah yang sudah meninggal dunia. Pelaksanaannya tentu diadakan di rumah dari pihak keluarga terkait dengan mengundang tetangga sekitar.

Untuk melaksanakan acara tahlilan ini umumnya akan dilakukan jika sudah memasuki waktu 7 hari, 40 hari, 100 hari, hingga 1000 hari setelah meninggalnya seseorang. Maka dari itu, berikut ini akan dibagikan link downloadnya berbagai versi sehingga tidak perlu repot untuk menyusun undangan mulai dari awal.

1. Undangan Tahlil 7 hari

Dalam adat Jawa biasanya tahlilan akan dilaksanakan hingga 7 hari selama berturut-turut. Jika sudah 7 hari, akan diperingati lagi di hari berikutnya dalam jangka waktu lumayan panjang yaitu hari ke 40, 100, hingga 1000.

Biasanya undangan tahlil mulai dibuat untuk acara tahlil pada hari 40. Namun tak menutup kemungkinan, ada juga beberapa masyarakat yang membuat undangan di hari ke 7.

Jika Anda sedang mencari undangan tahlil untuk hari ke 7 maka bisa simak contohnya dalam versi doc berikut ini.

Download contoh undangan tahlil 7 hari

2. Undangan Tahlil 40 Hari

Jika sudah melakukan tahlil di hari ke 7, maka pemilik hajat perlu menunggu beberapa hari untuk tahlilan di hari ke 40. Seperti yang disinggung, download contoh undangan tahlil inilah yang paling banyak dicari.

Hal ini karena sebagian masyarakat terutama di daerah Jawa mulai menggunakan pada hari ke 40. Sedangkan untuk contohnya yang bisa diedit adalah sebagai berikut.

Download contoh undangan tahlil 40 hari

3. Undangan Tahlil 100 Hari

Waktu pelaksanaan tahlil paling umum mulai dari hari awal kematian hingga hari ke 100. Hal itu sudah dilakukan secara berurutan meskipun dalam jangka waktu yang cukup lama. Sedangkan untuk contoh undangan tahlil pada hari ke 100  format PDF yaitu sebagai berikut ini:

Download contoh undangan tahlil 100 hari

4. Undangan Tahlil 1000 Hari

Untuk tahlilan pada hari ke 1000 biasa disebut sebagai halul yang sudah jarang diterapkan. Peringatan pada hari ke 1000 bisa dibilang sebagai bentuk peringatan penutup dari acara dalam memperingati hari kematian.

Dalam acara ini kebanyak diikuti dengan bacaan tambahan berupa surat Yaasin sehingga cukup lama. Adapun untuk contohnya untuk dijadikan sebagai acuan dalam membuat undangan tahlil yaitu sebagai berikut:

Download contoh undangan tahlil 1000 hari

Format Undangan Tahlil

Format Undangan Tahlil

Perlu diketahui bahwa undangan tahlil adalah salah satu jenis undangan yang termasuk dalam kategori tidak resmi. Hal ini berarti bahwa undangan tersebut hanya berisi tentang ajak kepada orang lain agar mengikuti acara pribadi.

Meskipun tidak resmi, tapi dalam pembuatan undangan ini harus mempertimbangkan tata letak dan gaya bahasa yang santun. Nah berikut ini akan diberikan formatnya sehingga bisa membuat undangan tahlil yang sesuai:

  • Nama penerima undangan tahlil atau seseorang yang akan diundang
  • Salam pembuka
  • Kalimat pembuka
  • Bagian isi undangan tahlil yang meliputi hari, tanggal, waktu pelaksanaan, tempat, acara dan lain sebagainya.
  • Kalimat penutup
  • Salam penutup
  • Bagian akhir harus mencantumkan nama dari pemilik acara atau hajatan. Untuk bagian ini bisa dilengkapi dengan tanda tangan supaya lebih afdol.

Ketujuh bagian tersebut sudah menjadi hal wajib dalam sebuah undangan tahlil. Khusus untuk tanda tangan dari pemilik hajatan bersifat tidak wajib, sehingga bisa ditambahkan atau dihilangkan jika memang dirasa tidak penting.

Cara Membuat Undangan Tahlil

Cara Membuat Undangan Tahlil

Jika template download undangan tahlil yang diberikan kurang sesuai, maka tak perlu bingung karena masih bisa membuat sendiri dengan cara mudah. Berikut ini panduan caranya yang dapat diikuti dengan mudah:

1. Menggunakan Aplikasi Microsoft Word

Terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk membuat undangan tahlil. Anda bisa menggunakan aplikasi berbayar yang biasanya memiliki fitur lengkap atau bisa aplikasi gratis.

Namun salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah aplikasi Microsoft Word dalam berbagai versi. Meskipun gratis, aplikasi ini ternyata menyediakan fitur yang cukup lengkap dan sangat mudah untuk dioperasikan.

2. Membuat Kop Surat

Setelah menginstall aplikasi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat kop surat. Kop surat sendiri menjadi salah satu bagian penting yang harus ada dalam sebuah undangan, baik itu undangan resmi ataupun tidak resmi.

Bagian kepala surat atau kop ini memiliki kegunaan sebagai sampul dari undangan tahlil. Sehingga bisa dicantumkan mengenai tujuan dari acara yang akan dilaksanakan serta pihak yang diundang.

3. Menuliskan Bagian Isi

Bagian isi tak kalah penting karena pemilik hajat bisa menuliskan berbagai hal terkait mengenai acara yang akan dilaksanakan. Umumnya berisi mulai dari salam pembuka, kalimat pembuka, isi, penutup, dan salam penutup.

4. Menghias Undangan dengan Bingkai

Menghias undangan tahlil sebenarnya hanyalah sebuah pilihan sehingga boleh dilakukan atau tidak. Namun tanpa adanya hiasan, undangan yang dibuat akan monoton sehingga terlihat tidak begitu menarik.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika membuat hiasan dengan memberikan bingkai pada undangan. Dijamin tampilan nya akan terlihat lebih hidup dan jauh dari kesan monoton pastinya. Bila perlu, gunakan berbagai font yang berbeda untuk menyempurnakan tampilannya.

5. Cek Ulang

Jika sudah selesai membuat undangan tahlil sesuai dengan cara tersebut, jangan lupa untuk cek secara ulang. Hal ini sangatlah penting supaya tidak ada informasi yang kurang sesuai ataupun salah ketik. Pastikan semuanya sudah sesuai sebelum dicetak ataupun dibagikan kepada tetangga yang diundang.

Undangan tahlil sudah menjadi bagian penting yang harus dipersiapkan dalam acara tahlil. Dengan adanya link download undangan tahlil ini akan sangat memudahkan, Anda hanya perlu mengedit bagian isi yang dapat disesuaikan dengan waktu beserta tempat acara.

 

Lihat Juga :