Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri di Rumah Sesuai Sunnah

 

Pada hari raya seperti Idul Fitri, memang terdapat sebuah ibadah yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi umat muslim ya. Ibadah ini sendiri bernama sholah eid dimana memang kerap kali dilakukan dengan cara berjamaah di masjid pada pagi hari. Namun, apakah sholat ini bisa dilakukan sendiri? Kalau bisa, bagaimana Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri?

Jawabannya adalah bisa ya. Meskipun lebih diutamakan di masjid, namun bukan berarti sholat idul fitri tidak bisa dilakukan secara mandiri di rumah ya. Terutama memang jika sedang ada halangan atau uzur. Sholat secara mandiri di rumah tetap sah dilakukan oleh seorang umat muslim di hari raya idul fitri. Namun, bagaimana tata caranya? Apakah ada perbedaan?

Hal itulah yang nantinya akan dibahas oleh balitteknologikaret.co.id di artikel ini. Jadi, bagi yang memang masih belum mengetahui tentang hal ini silahkan langsung saja ke bagian utama dari artikel ini di bawah ya. Sehingga, dengan begitu kamu tidak akan bingung lagi terkait bagaimana tata cara sholat idul fitri sendiri.

Persamaan Sholat Idul Fitri Sendiri Dan Berjamaah Di Masjid

Persamaan-Sholat-Idul-Fitri-Sendiri-Dan-Berjamaah-Di-Masjid

Sebelum kita beralih pada perbedaannya, ada baiknya kita bahas dulu persamaan sholat idul fitri yang dilakukan secara mandiri maupun yang berjamaah ya. Dan semua persamaanya sudah dituliskan di bawah ini. Jadi, silahkan langsung kamu baca saja semuanya agar kamu bisa mengetahui apa saja persamaan kedua sholat ini.

1. Rakaat Sholat

Persamaan pertama yang ada di antara kedua sholat ini terletak pada rakaatnya ya. Jadi, sama seperti pada saat kamu melakukan sholat idul fitri secara berjamaah di masjid, Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri ini juga hanya memakan 2 rakaat saja. Jadi, meskipun nanti kamu melaksanakan sholat ini di rumah, rakaatnya tidak akan mengalami pengurangan atau penambahan ya. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu salah kaprah.

2. Waktu Pelaksanaan

Selain rakaat sholatnya, waktu pelaksanaan sholat idul fitri yang sendiri juga sama saja ya dengan yang dilakukan secara berjamaah di masjid. Iya, waktu pelaksanaanya sendiri normalnya di Indonesia pada pagi hari ya antara pukul 7 hingga pukul 8. Untuk ketentuannya sendiri sholat ini akan dilaksanakan ketika matahari sudah tergelincir pada waktu memasuki waktu sholat dhuha.

3. Bacaan Sholatnya

Terakhir, hal lainnya yang juga memiliki persamaan antara sholat idul fitri secara berjamaah dan sendiri di rumah juga terletak pada bacaannya ya. Iya, jadi bacaan yang kamu bisa hafalkan jika mau melakukan Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri dan di masjid berjamaah sama saja ya. Maka dari itu, jangan bingung ketika nanti kamu mau sholat sendiri di rumah terkait bacaan. Karena akan sama saja.

Perbedaan Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri Di Rumah Dan Berjamaah Di Masjid

Perbedaan-Tata-Cara-Sholat-Idul-Fitri-Sendiri-Di-Rumah-Dan-Berjamaah-Di-Masjid

Meskipun tidak banyak, sholat idul fitri di rumah dan di masjid sebenarnya tetap ada perbedaan ya. Untuk masing-masing perbedaannya sendiri bisa langsung kamu jumpai di bawah ini. Jadi, silahkan langsung kamu cari tahu saja semua perbedaannya dengan baca bagian satu ini secara keseluruhan. Karena, secara kebetulan kami sudah menuliskan semua tata caranya di bawah ini.

  1. Perbedaan yang paling mendasar antara sholat di rumah dan masjid terletak pada niatnya ya. Sholat di masjid memiliki niat yang berbeda dengan sholat secara munfarid di rumah. Jadi, pastikan bacaannya tidak salah ya.
  2. Seperti sholat di sendiri pada umumnya, sholat idul fitri yang dilaksanakan secara mandiri juga bacaannya bisa dibaca secara pelan ya.
  3. Yang pasti, kalau sholat idul fitri dilaksanakan di rumah sendiri tidak ada yang namanya khutbah ya.

Itu dia beberapa perbedaan yang paling mendasar dari sholat idul fitri di masjid yang dilakukan secara berjamaah dengan sholat idul fitri yang dilakukan secara sendiri di rumah. Jika memang informasi dalam bentuk daftar di atas penting untuk kamu, ada baiknya kamu ingat-ingat terus ya. Siapa tahu informasinya bermanfaat suatu saat nanti.

Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri Di Rumah Dan Berjamaah Sesuai Sunnah

Tata-Cara-Sholat-Idul-Fitri-Sendiri-Di-Rumah-Dan-Berjamaah-Sesuai-Sunnah

Sekarang kita akan membahas tentang tata caranya langsung ya. Jadi, bagi yang memang masih agak asing dengan tata cara sholat idul fitri bisa langsung baca saja daftar yang ada di bawah ini. Baik yang melakukan sholat secara mandiri maupun berjamaah sama saja ya tata caranya seperti yang sudah disampaikan. Mau bagaimanapun nanti kamu shotnya, tata caranya sama saja, yakni seperti di bawah ini.

  1. Pertama, sudah pasti yang akan dibaca adalah niat sholat dari sholat ied Idul Fitri itu sendiri ya. Bacaannya sendiri adalah “usholli sunnatan iidil fitri rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta’ala“.
  2. Selanjutnya, kamu bisa membaca takbiratul ihram dan juga doa iftitah ya.
  3. Lalu, bacalah takbir sebanyak 7 kali ya pada rakaat pertama. Untuk setiap sela takbir sendiri ada bacaan yang harus dibaca. Bacaan tersebut adalah “Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar wa laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiim“.
  4. Begitu sudah 7 kali, langsung baca saja surah Al-Fatihah yang bisa dilanjutkan dengan membaca surah pendek.
  5. Setelahnya, lakukan saja gerakan sholat pada umumnya seperti rukuk, iktidal, sujud, duduk diantara kedua sujud, lalu sujud kembali.
  6. Jika sudah melakukan takbir intiqal, yakni takbir yang mengiringi bangunnya orang sholat untuk ke rakaat kedua.
  7. Dalam rakaat kedua, lakukan takbir lagi ya. Namun, kali ini hanya 5 kali saja. Untuk bacaannya sendiri sama.
  8. Berikutnya, lakukan saja gerakan sholat seperti biasanya hingga duduk tasyahud akhir.

Itu dia Tata Cara Sholat Idul Fitri Sendiri maupun berjamaah yang kamu bisa lakukan. Tidak sulit sama sekali bukan mengingat secara garis besar sama saja dengan sholat idul fitri pada umumnya?

Berbagai Arikel Agama Lainnya :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id