Cara Mudah Aktifkan WhatsApp Dark (Tampilan WA Gelap)

 

Balitteknologikaret.co.id – WhatsApp Dark adalah salah satu fitur terbaru dari WhatsApp yang menawarkan tampilan menarik untuk aplikasinya. Bukan hanya marak dengan tema perangkat dark, WhatsApp juga memiliki fitur yang sama dengan fitur tersebut.

Pasalnya masyarakat di Indonesia ini sudah hampir rata-rata menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi mereka dalam berkomunikasi. Tidak hanya dalam jarak dekat, tetapi dapat menjangkau seluruh Indonesia bahkan dari seluruh dunia.

Itulah mengapa tidak heran juga jika WhatsApp semakin update dan memiliki banyak fitur-fitur menarik. Salah satunya adalah fitur dark mode, mari simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Mari Berkenalan Terlebih Dahulu Dengan Aplikasi WhatsApp

Mari Berkenalan Terlebih Dahulu Dengan Aplikasi WhatsApp

Sebelum masuk ke pembahasan utamanya, mari relax sejenak dengan membahas terlebih dahulu apa itu aplikasi WhatsApp. Walaupun memang sebenarnya sudah banyak dari kamu yang mengetahui secara garis besar apa itu WhatsApp.

Aplikasi chatting nomor 1 di dunia yang penggunaannya terbilang sangat tinggi dibandingkan aplikasi-aplikasi chat lainnya. Yang mana tentunya aplikasi ini sudah mengalami banyak perubahan dan upgrade fungsinya agar lebih maksimal lagi.

Pertama kalil, WhatsApp dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum, mantan pekerja di Yahoo! Kedua orang tersebut merancang WhatsApp sedemikian rupa hingga akhirnya berhasil resmi diluncurkan pada tahun 2009.

Dengan support awal device yang dapat digunakan hanyalah iPhone atau IOS saja. Karena pertama kali dihadirkan hanya untuk unduhan app store.

Namun karena semakin lama aplikasi ini semakin disukai dan digunakan, maka kembangan dan jangkauannya diperluas kembali. Sehingga WhatsApp ini memiliki kurang lebih 400 juta pengguna pada tahun 2013 yang sudah di klaim langsung oleh pihak WhatsApp.

Terlebih, aplikasi ini sudah diambil alih atau diakuisisi oleh Facebook, Inc di tahun 2014. Tentunya dengan harga yang sangat besar yaitu 19 miliar USD.

Dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi saat ini, WhatsApp telah mengembangkan dan menambahkan banyak fitur-fitur menarik ke dalamnya. Dengan tujuan untuk memberikan kepuasan lebih kepada para pengguna dan merasa nyaman ketika berkomunikasi melalui aplikasinya.

Sampai hadirlah fitur mode dark mode yang menjadi tema untuk kamu gunakan di WhatsApp kamu. Dahulu, tema yang disediakan hanyalah light/default dan tema perangkat.

Sedangkan saat ini, kamu bisa menggunakan tema dark mode jika perangkat kamu belum atau tidak support menggunakan tema gelap ini.

Dengan adanya dark mode, semakin memudahkan para pengguna dengan spesifikasi handphone yang belum terupdate. Hingga kamu dapat menggunakan tema gelap ini bahkan jika perangkat kamu masih menggunakan tema default.

Apa Itu WhatsApp Dark?

Apa Itu WhatsApp Dark

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas tadi bahwa WhatsApp Dark ini adalah salah satu fitur tema terbaru dari WhatsApp. Yang mana hanya bisa kamu gunakan jika kamu sudah melakukan update terbaru dari aplikasinya.

Karena jika masih menggunakan versi lama, kamu tidak akan dapat menemukan fiturnya, apalagi menggunakannya. Jadi pastikan kembali bahwa kamu sudah mengupdate aplikasi WhatsApp kamu sampai ke pembaruan terakhir.

Mode gelap ini sangat cocok sekali digunakan jika sedang dalam kondisi dimana kurangnya cahaya dan penerangan. Misalnya seperti di desa-desa, di gunung, dan tempat-tempat lainnya.

Baca Juga  Download ABWhatsApp Terbaru 2023 (Official Resmi) for Android

Mengapa penggunaan dark mode ini sangat disukai sekali oleh para pengguna? Bahkan hampir semua pengguna telah menggunakan temanya dan menyukai tema ini.

Lantas kenapa tema gelap ini sangat disukai dan mampu menjadi favorit banyak pengguna walaupun terbilang masih fitur baru? Karena yang pasti memiliki keunggulan dan fungsi yang dianggap lebih unggul dari tema-tema yang lainnya.

Namun pada aplikasi Instagram sendiri sebenarnya belum menyediakan fitur dark mode langsung dari aplikasinya. Kalau kamu ingin menggunakan dark mode di Instagram, maka kamu perlu mengaktifkan dark mode pada perangkat kamu.

Yaitu mengaktifkannya di pengaturan perangkat kamu masing-masing, biasanya ada pada menu tampilan. Jika mode tersebut dapat digunakan pada perangkat kamu, maka akan secara otomatis terapply juga di semua isi perangkat.

Namun kembali lagi, masih banyak perangkat-perangkat lawas yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga penggunaan dark mode dalam perangkat terhitung belum cukup efektif.

Sedangkan tema dark mode pada WhatsApp ini memang dikhususkan hanya untuk aplikasinya saja. Walaupun menerapkan dark mode di WA, perangkat kamu tidak akan mengalami perubahan apapun terhadap temanya.

Terlebih WhatsApp ini merupakan aplikasi yang sangat ramah digunakan di semua perangkat. Dengan ukuran yang kecil sehingga tidak memberatkan penyimpanan perangkat kamu.

Jadi pada perangkat lawas dan belum terupdate sekalipun, akan tetap bisa merasakan dark mode pada tampilan WhatsApp nya masing-masing.

Bagaimana Cara Menerapkan WhatsApp Dark Pada Pengaturan WhatsApp?

Bagaimana Cara Menerapkan WhatsApp Dark Pada Pengaturan WhatsApp

Untuk menggunakan tema yang satu ini, kamu perlu melakukan update versi aplikasinya seperti yang sudah dikatakan diatas. Untuk memudahkan kamu juga agar tidak bingung ketika mengikuti cara-caranya dibawah tetapi mendapatkan adanya perbedaan.

Yang mana dengan dark mode, kamu dapat melihat dengan jelas dibandingkan dengan menggunakan tema lain pada tempat gelap. Selain itu, menggunakan tema light pada tempat gelap akan merusak mata karena adanya tolak belakang terhadap apa yang dilihat mata.

Sehingga WhatsApp Dark ini dapat menjadi solusi kamu yang lebih sering melakukan aktivitas pada tempat-tempat yang kurang pencahayaan.

Selain itu, dijamin dengan menerapkan tema dark mode, tampilan chatting yang kamu rasakan akan jauh lebih baik. Lebih menyenangkan, menyegarkan dan tentunya tidak akan cepat merusak mata juga karena kecerahannya.

Langsung saja ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti untuk menerapkan dark mode pada WhatsApp kamu masing-masing. Caranya cukup simpel dan mudah karena dapat diaktifkan pada pengaturannya langsung.

  1. Pertama, pastikan WhatsApp kamu dalam posisi versi terbaru yang sudah menyediakan fitur dark mode nya.
  2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp kamu masing-masing.
  3. Klik pada pilihan titik tiga di pojok kanan atas pada WhatsApp bar.
  4. Ada pilihan Setting atau Pengaturan, klik pada menu tersebut.
  5. Selanjutnya pilih menu Chat untuk menampilkan pengaturan tema-temanya.
  6. Pada menu paling teratas ada pilihan tema, ketuk pada pilihan tersebut. Nantinya kamu akan ditampilkan dengan 3 pilihan tema yaitu Dark, Light, dan System Default.
  7. Untuk menerapkan dark mode pada aplikasi WhatsApp saja, silahkan kamu pilih tema Dark.
  8. Maka aplikasi akan secara otomatis menerapkan dark mode pada keseluruhan aplikasi WhatsApp kamu.

Bukankah sangat mudah hanya dengan beberapa langkah saja, kamu sudah dapat menerapkan dark mode pada WhatsApp? Silahkan diikuti langkah-langkah tersebut jika dirasa kamu masih ragu dan salah klik agar lebih mudah dalam menerapkannya.

Baca Juga  Download YMWhatsapp Apk (Versi Resmi Update) Anti Banned

Cara Lain Menerapkan WhatsApp Dark Pada Pengaturan Perangkat

Cara Lain Menerapkan WhatsApp Dark Pada Pengaturan Perangkat

Ada beberapa cara lain yang dapat kamu gunakan untuk menerapkan dark mode nya. Yaitu dengan memanfaatkan fitur tema System Default.

Kami tekankan bahwa cara yang satu ini hanya dapat digunakan untuk perangkat yang sudah support dark mode. Jadi untuk kamu yang memiliki perangkat belum support dark mode, dapat menggunakan cara diatas. Yaitu dengan menerapkan tema Dark pada pilihan mode gelap yang sudah disediakan langsung oleh WhatsApp.

Namun selain cara tersebut, tersedia juga beberapa cara lain yang dapat kamu gunakan untuk menerapkan dark mode WA. Secara keseluruhan memang akan tetap menggunakan dark mode pada akhirnya.

Mungkin saja informasi dan cara-cara dibawah ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin mencobanya. Karena dengan ini, kamu bukan hanya dapat menerapkan dark mode WhatsApp saja, tetapi juga mode dark pada Instagram, dan perangkat.

Silahkan dapat mengikuti cara-cara dibawah ini dengan seksama dan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal penggunaan dark mode.

  1. Masuk pada pengaturan perangkat kamu masing-masing, silahkan sesuaikan letak pengaturan sesuai dengan tipe perangkatnya.
  2. Setelah itu, silahkan pilih menu Display atau Tampilan.
  3. Tata letak dark mode ini biasanya berbeda-berbeda tergantung dari tipe dan model perangkat yang digunakan.
  4. Kurang lebih akan muncul satu menu dengan nama Tema/Theme, Dark Mode, dan semacamnya yang hampir mirip.
  5. Untuk beberapa perangkat, kamu hanya perlu mengaktifkan menu tersebut untuk menerapkan dark mode.
  6. Pada perangkat lain, kamu harus memilih tema yang ingin digunakan, yaitu silahkan pilih pada pilihan dark mode atau tema gelap.
  7. Secara otomatis perangkat akan menerapkan dark mode ke seluruh perangkat, tunggu sampai perangkat benar-benar selesai.
  8. Lalu silahkan kamu buka aplikasi WhatsApp, otomatis akan ikut berubah mengikuti dengan tema yang digunakan perangkat.
  9. Jika tidak berhasil terganti, maka silahkan ikuti cara diatas, namun pada bagian pilih tema, kamu klik pada System Default. Pasti aplikasi akan secara langsung berganti ke mode dark mode.

Apa Saja Keunggulan Dari WhatsApp Dark?

Apa Saja Keunggulan Dari WhatsApp Dark

Tentu saja akan ada banyak keuntungan dan keunggulan dengan menggunakan dark mode WhatsApp ini untuk kamu. Beberapa keuntungan yang didapatkan juga akan berpengaruh terhadap perangkat dan juga kenyamanan kamu dalam menggunakannya.

Mode gelap ini sangat cocok sekali digunakan jika sedang dalam kondisi dimana kurangnya cahaya dan penerangan. Misalnya seperti di desa-desa, di gunung, dan tempat-tempat lainnya.

Yang mana dengan dark mode, kamu dapat melihat dengan jelas dibandingkan dengan menggunakan tema lain pada tempat gelap. Selain itu, menggunakan tema light pada tempat gelap akan merusak mata karena adanya tolak belakang terhadap apa yang dilihat mata.

Sehingga WhatsApp Dark ini dapat menjadi solusi kamu yang lebih sering melakukan aktivitas pada tempat-tempat yang kurang pencahayaan.

Blue Light ini adalah efek cahaya yang dipantulkan layar dalam menampilkan sesuatu. Bukan hanya pada WhatsApp saja tetapi juga semuanya.

Karena sebenarnya dengan kamu saat ini memainkan handphone dan membaca artikel ini pun, kamu sedang mendapatkan pancaran blue light.

Dan hal ini akan berdampak tidak bagus terhadap mata jika memantulkan efek yang berlebihan dan lama. Biasanya orang-orang bisa chatting di WhatsApp dalam waktu yang lama sampai berjam-jam.

Menggunakan dark mode juga ternyata mampu mengurangi pantulan dan efek dari blue light untuk mata kamu. Demi kesehatan mata agar tidak menyebabkan minus dan sebagainya.

Baca Juga  Download WhatsApp Pink Apk Aplikasi Gemoy dan Imut Terbaru

Oleh karena itulah, akan kami sampaikan beberapa keunggulan dan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan WhatsApp Dark.

1. Lebih Hemat Baterai

Betul, kamu dapat menghemat pemakaian baterai kamu hanya dengan menggunakan dark mode ini. Karena tidak memerlukan kebutuhan cahaya yang cukup besar untuk ditampilkan, penggunaan baterai akan jauh lebih hemat.

Pada beberapa ponsel, dark mode ini seringkali juga disebut sebagai mode penghemat baterai. Yang dapat kamu aktifkan pengaturannya jika ingin menghemat pemakaian baterai lebih lama.

2. Sesuai Pada Tempat Gelap Dan Kurang Pencahayaan

Mode gelap ini sangat cocok sekali digunakan jika sedang dalam kondisi dimana kurangnya cahaya dan penerangan. Misalnya seperti di desa-desa, di gunung, dan tempat-tempat lainnya.

Yang mana dengan dark mode, kamu dapat melihat dengan jelas dibandingkan dengan menggunakan tema lain pada tempat gelap. Selain itu, menggunakan tema light pada tempat gelap akan merusak mata karena adanya tolak belakang terhadap apa yang dilihat mata.

Sehingga WhatsApp Dark ini dapat menjadi solusi kamu yang lebih sering melakukan aktivitas pada tempat-tempat yang kurang pencahayaan.

3. Cocok Untuk Fotofobia

Fotofobia adalah salah satu jenis rasa takut akan cahaya yang abnormal. Umumnya untuk penderita, maka akan cenderung cepat merasa sakit ketika melihat cahaya yang berlebihan.

Dan ternyata, fotofobia ini akan terjadi juga pada kategori cahaya yang terbilang rendah. Jadi perlu waspada terhadap tingkat cahaya kepada para fotofobia ini.

Salah satu dari solusi untuk menghindari rasa sakit yang kambuh karena fobia ini adalah dark mode WhatsApp. Dengan mode gelap inilah para fotofobia akan disuguhkan dengan tampilan dan cahaya yang sesuai dengan kebutuhannya.

Sehingga tidak akan terlalu sering dan bahkan meminimalisir kambuhnya fobia yang dialami. Keunggulan yang satu ini sangat berguna untuk fotofobia sebagai tindakan pencegahan agar mata tidak terlalu sering sakit dan akhirnya rusak.

4. Memperkecil Efek Blue Light

Blue Light ini adalah efek cahaya yang dipantulkan layar dalam menampilkan sesuatu. Bukan hanya pada WhatsApp saja tetapi juga semuanya.

Karena sebenarnya dengan kamu saat ini memainkan handphone dan membaca artikel ini pun, kamu sedang mendapatkan pancaran blue light.

Dan hal ini akan berdampak tidak bagus terhadap mata jika memantulkan efek yang berlebihan dan lama. Biasanya orang-orang bisa chatting di WhatsApp dalam waktu yang lama sampai berjam-jam.

Menggunakan dark mode juga ternyata mampu mengurangi pantulan dan efek dari blue light untuk mata kamu. Demi kesehatan mata agar tidak menyebabkan minus dan sebagainya.

FAQ About WhatsApp Dark

Bagaimana Dengan Kekurangan Dari Dark Mode Ini?

Untuk kekurangannya sendiri sebenarnya terletak pada pilihan dan keinginan kamu masing-masing. Karena masih ada juga para pengguna yang lebih nyaman menggunakan light theme.

Apakah Harus Versi Terbaru?

Untuk menerapkan dark mode di WhatsApp harus dan wajib untuk menggunakan aplikasinya dengan versi terbaru yang sudah ada. Sebab fitur ini tidak akan muncul pada versi WhatsApp lama karena versi-versi tersebut belum dilakukan pengembangan.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai WhatsApp Dark yang dapat kami sampaikan. Selamat mencoba dark mode di WhatsApp dan dapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan dari dark mode nya!

Simak artikel di bawah ini untuk dapatkan versi WhatsApp mod yang menarik :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id