Teknik Seni Rupa Dua Dimensi, Unsur dan Contoh Karyanya

Sebenarnya seni rupa dua dimensi seringkali ditemui dalam kehidupan sehari-hari, namun sayangnya masing banyak orang yang tidak mengetahuinya. Seni rupa termasuk salah satu cabang seni yang bisa dilihat secara langsung melalui indra penglihatan dan juga bisa dirasakan oleh indra peraba.

Tidak hanya itu, seni rupa juga menyimpan sejuta keunikan yang bisa membuat semua orang mampu menikmati keindahannya. Ingin tahu lebih banyak tentang seni rupa 2 dimensi? Berikut ini pengertian, unsur, teknik, dan contohnya yang bisa ditemui langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Apa yang Dimaksud dengan Seni Rupa Dua Dimensi?

Apa-yang-Dimaksud-dengan-Seni-Rupa-Dua-Dimensi?

Seni rupa 2 dimensi merupakan suatu bentuk karya seni yang memiliki 2 ukuran atau sisi yaitu panjang dan lebar. Bisa dikatakan bentuk seni rupa seperti ini tidak memiliki sisi ruang, sehingga tidak ada bagian yang menunjukkan tingkat ketebalan maupun ketinggian seperti jenis seni rupa lainnya.

Para seniman akan mewujudkan karya seni rupa 2 dimensi dalam bentuk gambar di atas permukaan datar misalnya kayu, kanvas, bebatuan, dan lainnya. Meskipun banyak ditemukan di lingkungan sekitar, namun masih ada orang yang belum memahami bahwa suatu karya termasuk seni rupa 2 dimensi.

Dalam menciptakan suatu karya seni rupa 2 dimensi, maka Anda perlu menggabungkan beberapa unsur penting misal bidang, garis, warna, bentuk, ruang kedalaman, dan gelap terang. Bagaimana unsur seni rupa 2 dimensi mampu menyatu membentuk satu kesatuan? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Unsur Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur-Karya-Seni-Rupa-2-Dimensi

Dalam membentuk karya seni rupa 2 dimensi, maka Anda perlu memahami unsur-unsur didalamya agar bisa terwujud secara sempurna. Karya seni rupa 2 dimensi memiliki 8 unsur meliputi titik, garis, bidang, bentuk, ruang, gelap terang, dan beberapa lainnya sesuai penjelasan di bawah ini.

1. Titik

Unsur dari karya seni rupa 2 dimensi yang paling sederhana adalah titik. Unsur ini tentu mudah terbentuk saat Anda menempelkan pensil pada sebuah kertas. Sebuah titik tampak menonjol dalam karya seni rupa, apalagi kalau jumlahnya sangat banyak atau ukurannya diperbesar.

2. Garis

Unsur seni rupa dua dimensi berikutnya berupa garis dengan dimensi memanjang dan terarah. Pada umumnya sebuah garis akan memiliki beberapa sifat khusus seperti horisontal, vertikal, lurus, melengkung, panjang, pendek, dan masih banyak lagi.

3. Bidang

Bidang umumnya memiliki 2 dimensi yakni panjang dan lebar, sehingga dalam sebuah karya seni akan diwujudkan menjadi beberapa jenis. Contoh bidang yang sering dibuat misalnya kerucut, tabung, bola, kubus, balok, dan bangun ruang lainnya dalam bentuk bidang.

4. Bentuk

Bentuk merupakan karya seni rupa yang berasal dari gabungan beberapa bidang yaitu bangun dan plastis. Unsur ini sudah mengarah pada suatu karya seni yang memiliki nilai misalnya kasur yang memiliki bentuk persegi panjang, sehingga orang lebih mudah memahaminya.

5. Ruang

Seni rupa dimensi dua memiliki unsur yang dinamakan dengan ruang. Pada jenis karya seni rupa 2 dimensi, ruang bisa ditempuh dengan beberapa metode misal peralihan warna, gambar gempal, pergantian ukuran, dan membuat gelap terang tekstur sesuai kebutuhan seniman.

6. Tekstur

Tekstur mendeskripsikan suatu keadaan permukaan benda dalam karya seni rupa. Umumnya ada jenis tekstur nyata dan semu yang bisa digunakan. Tekstur semu menawarkan gambar tidak sesuai kenyataan, sedangkan nyata menawarkan kesamaan antara penglihatan dengan rabaan.

7. Warna

Seni rupa dua dimensi memiliki unsur warna beragam mulai dari pigmen, sekunder, tersier, dan komplementer. Warna bisa memberikan kesan menyejukkan bagi orang-orang yang menikmati seni tersebut, sehingga sebuah karya bisa terlihat hidup dan menawarkan kesan ekspresif.

8. Gelap Terang

Unsur gelap terang dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang mampu memperdalam makna dalam sebuah karya seni. Dalam karya seni rupa 2 dimensi, ada 2 teknik dasar yang mampu membentuk unsur gelap terang yaitu Chiasroscuro dan Silhouette.

Beragam Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

Bagaimana cara menggambar karya seni rupa 2 dimensi? Tentunya ada beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk untuk membentuk karya seni rupa. Teknik yang umum digunakan meliputi plakat, kolase, transparan, aquarel, dan beberapa lainnya sesuai penjelasan berikut ini.

1. Teknik Plakat

Teknik plakat biasa mengandalkan cat poster atau cat minyak yang digoreskan berkali-kali hingga menebal sesuai kebutuhan. Plakat sangat cocok digunakan untuk membuat karya seni rupa 2 dimensi dalam bentuk lukisan. Sudah pernah mempraktekkannya belum?

2. Teknik Kolase

Hampir sama dengan teknik plakat, kolase merupakan salah satu teknik untuk melukis dengan cara memotong kertas lalu ditempelkan pada objek. Banyak seniman menyukai teknik kolase karena menawarkan hasil lukisan yang realistis dan abstrak sehingga lebih unik pastinya.

3. Teknik Aquarel

Untuk menciptakan karya seni rupa dua dimensi, Anda tentu bisa menerapkan teknik aquarel atau biasa dikenal dengan sapuan basah. Teknik aquarel menggunakan campuran cat air di atas sebuah kain atau kertas, sehingga bisa menciptakan gambar tipis transparan.

4. Teknik Transparan

Konsepnya sama dengan teknik aquarel, Anda bisa menciptakan sebuah lukisan dengan memakai bahan cat air. Dalam menerapkan teknik transparan, cukup oleskan cat air secara tipis-tipis dan terbentuklah sebuah gambar dengan tekstur yang transparan.

5. Teknik Pointilis

Bagaimana cara menerapkan teknik pointilis? Teknik yang dilakukan dengan membentuk titik-titik menjadi suatu objek bernilai. Bagi Anda seniman pemula yang ingin menggambar seni rupa 2 dimensi bisa menggunakan teknik ini yang terkenal lebih mudah tentunya.

6. Teknik Dussel

Teknik Dussel dilakukan dengan cara digosok, sehingga bisa menimbulkan kesan tebal tipis atau gelap terang. Untuk menggunakan teknik dussel bisa menggunakan beberapa peralatan seperti crayon, pensil, dan konte sesuai dengan kebutuhan tentunya.

Masih banyak teknik menggambar seni rupa dua dimensi yang bisa Anda gunakan misalnya teknik siluet, teknik plakat, teknik semprot, dan teknik tempere. Jika ingin coba menciptakan karya seni rupa 2 dimensi, bisa langsung pahami teknik gambar yang ingin digunakan terlebih dahulu.

Beberapa Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Setelah mengetahui berbagai unsur dan teknik menggambarnya, Anda juga perlu tahu contoh dari karya seni rupa 2 dimensi yang sering ditemui dalam lingkungan sekitar. Kira-kira apa saja jenis karya seni yang memiliki dimensi panjang dan lebar? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

  • Lukisan menggunakan alat berupa cat air dan cat minyak
  • Tenunan tercipta dengan cara menggabungkan benang menjadi bentuk memanjang dan melintang. Model tenunan yang terkenal berasal dari Sumatera Utara dinamakan tenun ulos.
  • Kariratur berisi gambar yang menyindir, mengandung pesan, dan sebagainya.
  • Foto dengan menggunakan teknologi juga termasuk dalam karya seni rupa 2 dimensi.
  • Batik merupakan warisan budaya yang menggunakan teknik cetak rintang dengan lilin atau wax.
  • Grafis dibentuk dari komputer termasuk dalam karya seni rupa 2 dimensi.

Karya seni rupa dua dimensi memiliki ukuran panjang serta lebar misalnya sebuah lukisan, foto, batik, tenun, grafis, karikatur, dan lainnya. Untuk menciptakan karya seni rupa 2 dimensi bisa menggunakan beberapa teknik dan menggabungkan beberapa unsur pelengkap didalamnya.

Baca Juga: