11 Aplikasi Desain Rumah di HP Terbaik, Ada yang Gratis/Berbayar

 

Siapa nih yang sedang berencana membagun rumah impian dalam waktu dekat? Tentunya rumah dengan desain yang diinginkan akan jauh lebih nyaman dan memuaskan daripada beli jadi. Tidak perlu bingung, karena saat ini sudah banyak aplikasi desain rumah di HP yang bisa dimanfaatkan.

Jika biasanya pembuatan desain rumah dilakukan oleh seorang arsitektur profesional, maka saat ini siapapun bisa membuat desain rumahnya sendiri. Hanya dengan mengandalkan aplikasi di perangkat HP saja, desain rumah impian bisa dibuat dengan mudah.

Daftar Aplikasi Desain Rumah di HP Android Terbaik

Seperti yang telah disinggung di awal, saat ini ada banyak aplikasi untuk membuat desain rumah dengan berbagai macam inspirasi menarik di dalamnya. Tidak perlu bingung mencari, berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa digunakan.

1. Homestyler – Room Realize Design

Homestyler-–-Room-Realize-Design

Untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Homestyler – Room Realize Design dibutuhkan perangkat Android dengan OS minimal 5.0+. Homestyler sendiri merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk desain rumah karena menawarkan fitur yang lengkap.

Aplikasi desain rumah Android terbaik ini akan memudahkan dalam mendesain ruang interior, mendekor ulang rumah dan ruangan, perencanaan lantai serta tata letak furniture yang efektif. Homestyler mengajak pengguna mendesain rumah dengan cara yang menyenangkan.

Melalui aplikasi, pengguna bisa mencari dan menemukan berbagai macam furniture untuk kebutuhan interior agar ruangan terlihat semakin menarik. Selain itu bisa juga rendering dalam ruangan cloud 3D serta rendering panorama visual yang realistis.

Yang menarik, pengguna bisa mengunggah foto ruangan yang akan didekorasi ulang ke dalam aplikasi dan menerapkan model desain Augmented Reality (AG) untuk memindai ruangan dan mendekorasi ulang melalui aplikasi.

2. Magicplan

Magicplan

Aplikasi desain rumah di HP Magicplan disediakan dalam ukuran 123 MB dan kompatibel untuk perangkat Android 6.0+. Aplikasi rancangan Sensopia Inc ini sudah didownload oleh 5 juta lebih pengguna. Lantas, apa yang menjadi daya tarik aplikasi sehingga layak untuk dicoba?

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengukur dan membuat sketsa menggunakan teknologi canggih dalam mode 2D dan 3D. Selain itu, tersedia fitur pelaporan untuk menambahkan foto dan gambar 360o, serta markup dalam pembuatan laporan terstruktur.

Untuk mengakses aplikasi, tersedia dua opsi yaitu gratis dan berbayar. Pada versi gratis, pengguna berkesempatan mengakses semua fitur di dua proyek tanpa ada batasan waktu. Namun di versi gratis tidak tersedia opsi kolaborasi dengan tim dan akses API Magicplan.

Sementara untuk versi berbayar, pengguna bisa memilih salah satu dari tiga paket berlangganan yang telah disediakan. Salah satu fitur yang didapatkan di versi langganan adalah proyek tanpa batas, bisa kolaborasi dengan tim serta akses AP Magicplan.

3. Planner 5D

Tanpa perlu keahlian desain secara khusus, siapapun bisa memanfaatkan Planner 5D untuk mendesain rumah impiannya sesuai selera. Aplikasi untuk desain rumah di HP ini akan memudahkan pengguna dalam membuat desain rumah dalam bentuk 2D maupun 3D.

Melalui mode Realitas Virtual, pengguna akan diajak untuk mendesain rumah dengan memilih dan merancang item interior sesuai keinginan. Agar hasil desain yang dibuat semakin sempurna, Planner 5D sudah menyediakan berbagai macam fitur yang sangat lengkap.

Diantaranya berupa fitur editor untuk menyunting dan menampilkan desain rumah dalam mode 2D, 3D dan bahkan mode realitas virtual. Tersedia pula fitur katalog yang menyediakan berbagai macam item untuk kebutuhan desain rumah.

Fitur galeri yang tersedia di aplikasi merupakan kumpulan gambar desain yang telah diciptakan oleh pengguna. Untuk mengakses aplikasi, pengguna bisa login dengan akun Facebook atau planner5d.com. Sebagai informasi, aplikasi ini bisa diakses secara online dan offline.

4. Home Design 3D Outdoor

Aplikasi desain rumah di HP berikutnya adalah Home Design 3D Outdoor yang dikembangkan Anuman. APK dengan jumlah unduhan 1 juta lebih ini menawarkan kemudahan dalam mendesain rumah, khususnya untuk outdoor.

Aplikasi ini tentunya sangat efektif untuk mewujudkan impian pengguna yang ingin memiliki taman outdoor super cantik. Dengan memanfaatkan aplikasi, pengguna bisa menciptakan ruangan outdoor yang paling nyaman dengan penataan yang pas dan fungsional.

Aplikasi desain rumah untuk Android ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar dengan fitur yang berbeda. Untuk versi gratis, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi untuk menguji fungsionalitas aplikasi. Namun sayangnya, fitur penyimpanan hanya tersedia di versi berbayar.

Melalui aplikasi ini pengguna bisa merencanakan desain taman secara mudah dan cepat dengan memanfaatkan fitur edit yang tersedia. Ada lebih dari 100 item yang bisa disesuaikan dengan banyak pilihan di dalamnya. Mulai dari taman, pagar, furniture taman dan lain-lain.

5. Floor Plan Creator

Aplikasi yang disediakan Marcin Lewandowski ini dirancang dalam ukuran yang sangat ringan, yaitu hanya 5,3 MB saja. Meski begitu, fitur yang tersedia di dalamnya tidak kalah menarik dari aplikasi lainnya. Sebagai informasi, Floor Plan Creator sudah diakses 10 juta lebih pengguna.

Aplikasi desain rumah di HP ini akan memudahkan pengguna dalam membuat maupun mengedit berbagai denah lantai. Denah lantai pun bisa dibuat secara detail dalam mode 3D sehingga lebih efektif untuk memastikan ketersediaan ruang dalam menata furniture.

Fitur yang disediakan aplikasi meliputi proyek dengan beberapa lantai dan ruangan, perhitungan otomatis untuk dinding, area level dan ruangan, mode tour 3D, dukungan mouse dan S-Pen, sinkronisasi cloud secara otomatis, ekspor sebagai gambar dan edit paket.

6. Room Creator Interior Design

Aplikasi dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta ini disediakan dalam ukuran 70 MB oleh developer Brain Vault. Hanya kurang dari 10 menit, pengguna bisa mendesain kamarnya sesuai keinginan dengan mode realistis 3D.

Yang perlu dilakukan hanya memasukkan dimensi ruangan, merancang pola lantai serta warna dinding dan mulai berkreasi dengan desain yang diinginkan. Untuk memilih objek cukup dengan mengetuk lantai, tahan dan seret menggunakan jari sampai posisi objek tepat.

Untuk menelusuri interior secara realistis, pengguna bisa memanfaatkan fitur 3D walk yang telah tersedia. Selanjutnya kreasi desain kamar bisa dibagikan dengan orang lain, namun hanya pengguna yang bisa mengedit dan mengubahnya.

7. Home Designer 3D: Room Plan

Aplikasi desain rumah di HP ini disediakan dalam ukuran 102 MB dan saat ini sudah diakses 500 ribu pengguna. Ulasannya sendiri cukup bagus sehingga layak dicoba. Sebagai informasi, aplikasi ini merupakan rancangan Norms Interactive dan sudah dirilis sejak 2021.

Aplikasi ini secara khusus dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mendesain rumahnya, baik desain interior maupun eksterior. Hanya dalam hitungan menit saja, siapapun bisa menciptakan desain rumah yang menakjubkan sesuai impiannya selama ini.

Aplikasi untuk mendesain rumah di HP ini memang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mendesain rumah dan memvisualisasikannya secara detail. Dalam hal ini pengguna bisa mewujudkan desain interior dan outdoor menggunakan produk siap pakai.

Tidak ada batasan dalam aplikasi untuk memilih desain denah lantai maupun mendesain berbagai ruangan di dalam rumah. Bahkan tanpa perlu bantuan profesional, siapa saja bisa membuat desain rumahnya sendiri dengan hasil yang menakjubkan.

8. Room Planner

Untuk mengunduh aplikasi yang satu ini pastikan perangkat Android memiliki ruang penyimpanan yang memadai. Pasalnya aplikasi disediakan dalam ukuran 400 MB. Namun hal itu tentunya sangat sepadan dengan fitur yang ada di dalamnya.

Yang menarik, untuk pilihan item dekorasi dan fitur yang tersedia di aplikasi merupakan produk yang memang disediakan supplier furniture populer. Selain bisa memilih item yang paling pas, item furniture tersebut juga bisa didapatkan di dunia nyata.

9. Home Designer – Architecture

Aplikasi desain rumah di HP Home Designer – Architecture memiliki ukuran 82 MB dan sudah dirilis sejak pertengahan tahun 2022. Home Designer sendiri merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Sebastian Kemper dan kompatibel untuk perangkat Android 6.0+.

Dengan menggunakan aplikasi, pengguna akan diajak untuk menciptakan denah lantai 3D secara mudah dan cepat. Bukan hanya itu saja, aplikasi denah rumah di HP juga akan memudahkan dalam pengaturan ruangan dan penataan furniture modern di dalamnya.

Hanya dengan beberapa klik saja, desain ruangan dan seluruh denah lantai bisa dibuat dengan cepat. Bahkan file gambar bisa diimpor menjadi template. Seperti ketika pengguna menyelesaikan denah lantai 2D dan menggambarnya kembali di Home Designer.

Aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk memasukkan pintu maupun jendela serta melakukan perubahan pada ukuran dan desainnya. Jika denah lantai 3D sudah diselesaikan maka bisa dilanjutkan dengan menata furniture.

10. Housee: 3D House Plan

Aplikasi dengan jumlah unduhan di atas 100 ribu pengguna ini merupakan rancangan Things Twin Studio yang tersedia dalam ukuran 24 MB. Sementara untuk memasang aplikasi diperlukan perangkat Android 5.1+.

Aplikasi desain rumah di HP yang satu ini menyediakan kumpulan desain rumah modern dengan kualitas tinggi serta visualisasi arsitektur dari para arsitek dan desainer terkenal. Pengguna bisa menjelajahi desain rumah mode 3D untuk mendapatkan inspirasi yang tepat.

Fitur utama yang disediakan aplikasi desain rumah 3D  antara lain adalah interface yang simple dan mudah dipahami, koleksi denah rumah yang keren, pratinjau denah rumah dengan mode 3D, serta bagikan denah rumah kepada orang lain.

Untuk hasil desain yang lebih sempurna, aplikasi bisa dikombinasikan dengan beberapa jenis aplikasi lainnya. Seperti Planner 5D, Magicplan, dan lain-lain. Tentunya aplikasi ini bisa membantu pengguna dalam membuat atau merenovasi rumah sesuai keinginan.

11. Desain Rumah Minimalis 3D

Rekomendasi terakhir yang bisa dipilih untuk memudahkan dalam mendesain rumah impian adalah Desain Rumah Minimalis 3D hasil rancangan Provitadev. Aplikasi desain rumah Android gratis ini disediakan dalam ukuran 14.33 MB dan kompatibel untuk OS Android 5.0+.

Aplikasi secara efektif akan memberikan ide desain rumah minimalis tanpa perlu koneksi internet sehingga bisa lebih menghemat data. Adapun fitur utama yang tersedia antara lain adalah memperbesar ukuran gambar agar lebih detail dan menambahkan tombol favorit.

Dalam hal ini pengguna bisa mengubah tata letak dekorasi dan furniture agar terlihat lebih segar dan menarik. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat perencanaan desain yang terbaik sehingga hasilnya bisa sesuai harapan.

Tentunya aplikasi desain rumah di HP yang telah direkomendasikan di atas sangat cocok untuk memvisualisasikan rencana desain rumah dengan cara yang mudah. Apalagi beberapa aplikasi menyediakan versi gratis sehingga lebih hemat untuk digunakan.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id