Cara Membuat Link Google Drive di Laptop & HP Termudah

 

Google Drive ini memang salah satu aplikasi yang memang banyak sekali digunakan oleh semua pengguna smartphone. Pasalnya keberadaan aplikasi yang satu ini akan bisa mempermudah penggunanya dalam berbagai file, dokumen, foto, video atau yang lainnya. Nah, kini kami akan membagikan bagaimana Cara Membuat Link Google Drive Dari Hp.

Meskipun kini memang banyak sekali orang yang telah menggunakan aplikasi google drive, akan tetapi tetap saja masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara membuat link nya. Karena kalau menggunakan link tersebut, maka untuk berbagai apapun juga akan begitu mudah di lakukan.

Selain itu, para penggunanya akan bisa mengedit dokumen – dokumen yang di kirim melalui Link Google Drive tersebut. Tentu saja ini begitu memudahkan para penggunanya bukan? Nah, makanya bagi yang belum mengetahui bagaimana cara membuat link tersebut, maka bisa langsung Simak dulu yuk berbagai penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Apa Itu Google Drive

Penjelasan Mengenai Apa Itu Google Drive

Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan daring yang sangat populer yang disediakan oleh Google. Dengan Google Drive, maka para penggunanya juga akan dapat menyimpan file, dokumen, gambar, dan berbagai jenis konten digital lainnya secara aman dan mudah diakses dari mana saja.

Inilah yang membuat Google Drive menjadi salah satu alat yang paling berguna dalam era digital saat ini. Sehingga sudah tak heran lagi kalau aplikasi yang satu ini sangat populer dan telah digunakan oleh banyak orang. Bagaimana, pastinya banyak juga yang ingin menggunakan Google Drive ini bukan?

Google Drive ini juga merupakan sebuah layanan penyimpanan awan yang diperkenalkan oleh Google pada tahun 2012. Ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah file mereka ke server Google, menyimpannya di awan, dan mengaksesnya dari berbagai perangkat yang terhubung ke internet.

Jadi kalau ingin mudah dalam menyimpan berbagai jenis konten digital, maka bisa langsung menggunakan saja google drive ini ya. Karena dalam google drive ini bisa membuat sebuah link yang nantinya link tersebut bisa di share. Dengan begitu, maka pengguna smartphone yang lainnya pun bisa melihatnya juga.

Dengan begitu, maka untuk berbagai file, dokumen, foto, video yang lainnya juga akan lebih mudah di lakukan Ketika sudah menggunakan aplikasi google drive ini. Namun sudah ada yang tahu belum bagaimana Cara Membuat Link Google Drive di Hp dan Cara Membuat Link Google Drive di Laptop?

Mungkin caranya tidak jauh berbeda ya, jadi kalau penasaran bagaimana cara membuatnya langsung Simak saja pembahasan di bawah ini.

Berikut Cara Membuat Link Google Drive Baru & Mudah

Berikut Cara Membuat Link Google Drive Baru & Mudah

Bagaimana, pastinya banyak sekali yang penasaan bagaimana Cara Mmebuat Link Google Drive ini bukan? Tentu saja caranya memang cukup mudah sekali lho di lakukan. Makanya kalau penasaran bisa langsung Simak saja yuk caranya ini.

Kalau belum mengetahui bagaimana caranya maka bisa langsung di Simak saja ya agar nantinya bisa memahami bagaimana cara membuatnya. Langsung saja yuk ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Link Google Drive Secara Khusus

Nah, jika link googe drive tersebut ingin di buat secara khusus dan tidak ingin di bagikan ke semua orang maka bisa langsung membuatnya saja secara khusus dengan cara menganturnya ya. Jika belum tahu bagaimana caranya, maka ikuti saja Langkah – Langkah berikut.

  • Buka Google Drive: Pastikan masuk ke akun Google dan buka Google Drive di https://drive.google.com.
  • Pilih File yang Ingin Dibagikan: Pilih file atau folder yang ingin di bagikan secara khusus.
  • Klik Kanan pada File: Klik kanan pada file atau folder yang dipilih untuk membuka menu opsi.
  • Pilih “Bagikan”: Klik opsi “Bagikan” dari menu.
  • Atur Izin Akses: Dalam jendela yang muncul, penggunanya dapat mengatur izin akses. Klik “Tambahkan orang” untuk memasukkan alamat email orang yang akan di bagikan secara khusus.
  • Pilih “Kopi Tautan”: Setelah memasukkan alamat email, maka penggunanya akan melihat opsi “Kopi tautan” di bawah. Klik di sini.
  • Atur Tautan dengan Izin Khusus: Tautan yang telah di salin sekarang memiliki izin akses yang khusus hanya untuk orang-orang yang di undang. Penggunanya dapat memilih untuk memberikan izin tampilan, komentar, atau pengeditan sesuai kebutuhan.
  • Kirim Tautan: Sekarang penggunanya dapat mengirim tautan yang telah di salin melalui email atau pesan kepada orang yang akan di undang.

Cara Membuat Link Google Drive Agar Bisa Diakses Semua Orang

Nah, kini kalau penasaran bagaimana cara untuk membuat Link Google Drive Untuk di Share ke semua orang, maka bisa langsung ikuti saja yuk berbagai tutorialnya di bawah ini.

  1. Buka Google Drive: Pastikan sudah masuk ke akun Google masing – masing, dan buka Google Drive di https://drive.google.com.
  2. Pilih File yang Ingin Dibagikan secara Publik: Pilih file atau folder yang ingin di bagikan secara publik.
  3. Klik Kanan pada File: Klik kanan pada file atau folder yang di pilih untuk membuka menu opsi.
  4. Pilih “Bagikan”: Dalam menu opsi, pilih “Bagikan.”
  5. Atur Izin Akses: Penggunanya akan melihat jendela yang muncul. Di bagian atas jendela ini, Penggunanya akan melihat opsi “Siapa pun dengan tautan dapat melihat.” Klik di sini.
  6. Salin Tautan: Tautan yang telah diubah akan otomatis disalin ke papan klip masing – masing.

Berbagai Keuntungan Menggunakan Google Drive

Berbagai Keuntungan Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan daring yang sangat populer dan memiliki sejumlah keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa keuntungan utama menggunakan Google Drive:

  1. Kapasitas Penyimpanan Besar: Salah satu keuntungan utama Google Drive adalah kapasitas penyimpanan yang luas. Setiap pengguna dapat memulai dengan 15 GB ruang penyimpanan gratis. Ini sudah cukup besar untuk sebagian besar kebutuhan pengguna. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Penggunanya dapat dengan mudah membeli tambahan penyimpanan dengan biaya yang terjangkau.
  2. Akses dari Mana Saja: Penggunanya dapat mengakses file Anda dari mana saja selama terhubung ke internet. Ini sangat berguna saat penggunanya perlu mengakses dokumen atau file penting saat bepergian atau dari perangkat yang berbeda.
  3. Kemudahan Kolaborasi: Google Drive memungkinkan kolaborasi yang mudah. Penggunanya dapat berbagi file dengan orang lain dan bahkan mengedit dokumen bersama-sama secara real-time. Ini sangat berguna untuk tim kerja, pengajar, atau siapa pun yang perlu bekerja sama dalam proyek bersama.
  4. Keamanan Data: Google Drive menawarkan berbagai opsi keamanan untuk melindungi data. Penggunanya dapat mengatur izin akses untuk file dan folder, sehingga hanya orang yang di undang yang dapat melihat atau mengeditnya. Selain itu, Google Drive menggunakan enkripsi untuk melindungi data penggunanya saat ditransmisikan.
  5. Integrasi dengan Layanan Google Lainnya: Google Drive terintegrasi dengan baik dengan layanan Google lainnya seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Ini memudahkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen secara langsung dari Google Drive.
  6. Opsi Sinkronisasi: Penggunanya dapat menginstal aplikasi desktop Google Drive yang memungkinkan menyinkronkan file antara perangkat penggunanya dan penyimpanan daring. Ini memudahkan backup otomatis dan akses ke file di komputer masing – masing.
  7. Kemudahan Berbagi: Penggunanya juga dapat berbagi file dengan mudah dengan orang lain, baik mereka memiliki akun Google atau tidak. Penggunanya dapat mengirim tautan berbagi kepada siapa pun, dan mereka dapat mengakses file tersebut tanpa masuk ke akun Google.
  8. Penyediaan Riwayat: Google Drive menyimpan riwayat perubahan pada dokumen, sehingga penggunanya dapat melihat versi sebelumnya dan melacak siapa yang melakukan perubahan.

Google Drive adalah layanan penyimpanan daring yang sangat berguna dan serbaguna. Dengan kapasitas penyimpanan besar, akses dari mana saja, kemudahan kolaborasi, dan berbagai opsi keamanan, ini adalah alat yang penting dalam era digital saat ini. Baik penggunanya memerlukan tempat penyimpanan pribadi atau alat kolaborasi untuk tim, Google Drive memiliki semua yang di butuhkan.

Baca Juga Artikel Serupa : 

Cara Membuat Google Form Online Gratis di HP dan Laptop
Gmeet: Cara Menggunakan Google Meet di HP dan PC (Lengkap)
4 Cara Membuka PDF yang Terkunci Karena Password, Mudah!
Cara Memindahkan WA ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Chat
4 Cara Log Out WhatsApp di HP dan Web, Data Bisa Tetap Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id