Doa Nabi Saleh Dalam Al-Qur’an : Ini Kisah dan Mukjizatnya

 

Doa Nabi Saleh – Nabi Saleh adalah salah seorang nabi dari 25 nabi dan Rosul yang wajib diimani oleh ummat islam, beliau diutus oleh Allah SWT kepada suku Thamud di Semenanjung Arab pada masa lampau. Nabi Saleh diutus untuk membimbing suku Thamud agar kembali kepada jalan yang benar dan meninggalkan kebiasaan buruk mereka.

Suku Thamud dikenal sebagai suku yang kuat dan memiliki keahlian dalam memahat batu dan membuat bangunan-bangunan besar. Namun, suku Thamud juga dikenal karena perilaku buruknya, seperti mempersekusi orang-orang yang lemah dan tidak memiliki daya upaya.

Doa Nabi Saleh Yang Populer Dikalangan Umat Islam

Doa Nabi Saleh Yang Populer Dikalangan Umat Islam

Nabi Saleh berdoa dan memberikan dakwah kepada suku Thamud agar kembali kepada jalan yang benar dan mengingatkan mereka bahwa Allah SWT akan memberikan azab yang sangat pedih jika mereka tidak bertaubat.

Akan tetapi sayangnya meskipun Nabi Saleh telah memberikan banyak bukti kebenaran ajarannya. Seperti meminta sebuah unta betina muncul dari bebatuan sebagai mukjizat dari Allah, suku Thamud tetap tidak mau mendengarkan dan terus berbuat zalim.

Nabi Saleh terus menyampaikan dakwah kebaikan kepada kaumnya dan tidak lupa akan doa yang ia panjatkan untuk kaumnya agar taubat kepada Allah SWT.

Akhirnya, Allah SWT mengirimkan azab kepada suku Thamud berupa gempa bumi yang sangat dahsyat sehingga seluruh suku Thamud pun binasa.

Untuk selengkapnya terkait doa Nabi Saleh yang ditujukan untuk umatnya agar bertaubat dapat disimak dalam artikel balitteknologikaret.co.id.

Doa Nabi Saleh Dalam Al-Qur’an

Doa Nabi Saleh Dalam Al-Qur'an

Meskipun didalam Al-Qur’an tidak dikisahkan terkait kehidupan Nabi Saleh akan tetapi banyak ayat-ayat Al-Qura’an yang menjeaskan tentang kaum Tsamud.

Dimana kaum tersebut hidup dimasa Nabi Shaleh namun banyak kaumnya yang ingkar dan tidak percaya dengan dakwah nabi tersebut.

Adapun doa Nabi Saleh dalam Al-Qur’an dapat dilihat dibawah ini :

۞ وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًا ۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗ ۗهُوَ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيْهَا فَاسْتَغْفِرُوْهُ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ ۗاِنَّ رَبِّيْ قَرِيْبٌ مُّجِيْبٌ

Wa ilā ṡamūda akhāhum ṣālihā(n), qāla yā qaumi‘budullāḥa mā lakum min ilāhin gairuh(ū), huwa ansya’akum minal-arḍi wasta‘marakum fīhā fastagfirūhu ṡumma tūbū ilaih(i), inna rabbī qarībum mujīb(un).

Artinya :

Kepada (kaum) Samud (Kami utus) saudara mereka, Saleh. Dia berkata, “Wahai kaumku, sembahlah Allah! Sekali-kali tidak ada tuhan bagimu selain Dia. Dia telah menciptakanmu dari bumi (tanah) dan menjadikanmu pemakmurnya) Oleh karena itu, mohonlah ampunan kepada-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku sangat

Kisah Singkat Nabi Saleh

Nabi Saleh diutus oleh Allah SWT untuk memberikan dakwah kepada suku Thamud yang tinggal di daerah Hijaz (sekarang wilayah Arab Saudi).

Suku Thamud pada saat itu sudah jauh menyimpang dari ajaran yang benar dan melakukan berbagai perbuatan kejahatan.

Nabi Saleh datang kepada mereka dengan membawa dakwah tauhid dan mengajak mereka untuk kembali kepada jalan yang benar, namun suku Thamud tetap tidak mau mendengarkan dan terus berbuat zalim.

Nabi Saleh kemudian meminta bantuan dari Allah SWT dan Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Saleh dalam bentuk unta betina yang muncul dari sebuah bebatuan. Meskipun telah banyak mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT melalui Nabi Saleh, suku Thamud tetap tidak mau bertaubat.

Mereka bahkan meminta Nabi Saleh untuk membuat seekor unta jantan muncul dari batu untuk menguji kebenaran dakwahnya. Nabi Saleh mengabulkan permintaan mereka, namun ketika unta jantan itu muncul, suku Thamud malah membunuhnya.

Akibat perbuatan mereka yang semakin melanggar Allah SWT kemudian mengirimkan azab kepada suku Thamud berupa gempa bumi yang sangat dahsyat sehingga seluruh suku Thamud pun binasa. Nabi Saleh sendiri diselamatkan oleh Allah SWT dan diangkat ke langit.

Mukjizat Nabi Saleh Untuk Meyakinkan Kaumnya

Seperti halnya para nabi lainnya, Nabi Saleh juga diberikan mukjizat oleh Allah SWT sebagai bukti kebenaran ajarannya dan untuk memperkuat dakwahnya kepada umat manusia. Setiap nabi yang diutus oleh Allah SWT selalu diberikan mukjizat yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan pada zamannya.

Beberapa contoh misalnya mukjizat Nabi Musa yakni berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular dan tangan yang bercahaya, serta mukjizat terbesarnya yaitu membuka Laut Merah untuk umatnya. Nabi Isa juga diberikan mukjizat berupa menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang mati.

Sementara itu, Nabi Muhammad SAW diberikan mukjizat yang paling banyak, antara lain mukjizat berupa membaca dan menulis meski tidak pernah belajar, membelah bulan menjadi dua, dan memberikan tanda-tanda kenabian pada dirinya.

Mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada para nabi tersebut bukanlah untuk memperlihatkan kekuasaan Allah SWT semata. Akan tetapi juga untuk membimbing umat manusia ke jalan yang benar dan memberikan petunjuk bagi mereka untuk bertaubat kepada Allah SWT.

Adapun beberapa mukjizat nabi Saleh adalah seperti dibawah ini :

  • Seekor unta betina muncul melalui bebatuan

Ungkapan doa Nabi Saleh agar Allah SWT memberikan mukjizat kepada mereka, dalam bentuk unta betina yang muncul dari sebuah bebatuan. Mukjizat ini dimaksudkan untuk menjadi bukti kebenaran dakwah Nabi Saleh.

Mukjizat tersebut dibadikan dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman :

وَيٰقَوْمِ هٰذِهٖ نَاقَةُ اللّٰهِ لَكُمْ اٰيَةً فَذَرُوْهَا تَأْكُلْ فِيْٓ اَرْضِ اللّٰهِ وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ قَرِيْبٌ

Wa yā qaumi hāżihī nāqatullāhi lakum āyatan fa żarūhā ta’kul fī arḍillāhi wa lā tamassūhā bisū’in fa ya’khużakum ‘ażābun qarīb(un).

Aratinya :

Wahai kaumku, inilah unta betina dari Allah sebagai mukjizat untukmu. Oleh karena itu, biarkanlah dia makan di bumi Allah dan janganlah kamu memperlakukannya dengan buruk yang akan menyebabkan kamu segera ditimpa azab.”

Baca Juga :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id