Ini Nomor Pusat XL Terbaru 2023, Cara Setting & Kegunaannya

Sejak kemunculan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, KakaoTalk, dan lainnya, daya tarik SMS menjadi berkurang. Pengguna lebih memilih aplikasi yang memungkinkan pertukaran informasi dengan gratis. Meskipun demikian, kamu tetap harus mengetahui nomor pusat pesan XL.

Pusat layanan pesan atau SMSC membantu mengatur, menyimpan, serta mengirim pesan teks dari satu perangkat ke perangkat lain. Jika layanan pesan ini bagus, maka pengguna tidak akan menghadapi masalah apapun terkait pengiriman SMS, terutama gagal mengirim pesan ke orang lain.

Untuk menunjang kenyamanan pengguna, provider XL menyediakan nomor pusat pesan yang bisa diatur di smartphone masing-masing. Akan tetapi, mengatur nomor tersebut tidak sama dengan menyimpan nomor atau kontak orang lain di ponsel pada umumnya.

Nomor Pusat Pesan XL

Nomor-Pusat-Pesan-XL

Pada dasarnya, nomor pusat pesan merupakan nomor telepon yang berfungsi untuk mengirim sekaligus menerima pesan melalui jaringan telepon. Jika kamu menggunakan layanan SMS, nomor pusat pesan ini yang menjadi alamat tujuan pesan yang dikirim tersebut.

Singkatnya, pesan yang kamu kirim akan diterima oleh pusat pesan. Selanjutnya, pusat pesan tersebut yang akan meneruskan ke penerima yang ditujukan. Dengan kata lain, nomor pusat pesan adalah perantara yang menghubungkan antara pengirim dan penerima pesan teks (SMS).

Setiap operator memiliki nomor pusat pesan yang berbeda. Umumnya, nomor tersebut dikonfigurasi secara otomatis oleh operator seluler saat pengguna memasukkan kartu SIM. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, pengguna harus melakukan pembaruan pada nomor pusat pesan secara manual.

Nah, bagi para pengguna provider XL, bisa menggunakan nomor pusat pesan +6281445009. Nomor pusat pesan tersebut selanjutnya dapat diatur ke dalam perangkat sendiri menggunakan cara-cara yang benar agar bisa berfungsi dengan baik untuk mentransmisikan pesan-pesan yang dikirim.

Cara Mengatur Nomor Pusat Pesan XL

Cara-Mengatur-Nomor-Pusat-Pesan-XL

Saat pengguna menghadapi masalah atau gangguan pada layanan perpesanan, kemungkinan besar penyebabnya adalah SMSC yang belum diatur. Oleh karena itu, pengguna wajib untuk melakukan pengaturan sendiri dengan memasukkan nomor pusat pesan dari provider yang digunakan.

1. Melalui Menu Pengaturan

Menu Pengaturan dapat menjadi pilihan pertama bagi kamu yang ingin mengatur nomor pusat pesan untuk smartphone. Cara ini tergolong cukup mudah meskipun harus mengikuti beberapa langkah hingga SMSC disimpan dan diatur dengan baik yang membuat sistem perpesanan menjadi bagus.

Pengaturan nomor pusat pesan provider XL tidak mengharuskan penggunanya untuk terhubung dengan jaringan internet. Namun, kamu harus tetap memastikan bahwa smartphone memiliki jaringan yang bagus agar bisa mengecek apakah layanan perpesanan sudah bagus atau tidak.

  • Buka menu “Setting” atau “Pengaturan
  • Pilih “Aplikasi Sistem
  • Klik opsi “Pesan
  • Pilih “Pengaturan Pesan Lainnya
  • Klik “Nomor Pusat Informasi
  • Masukkan nomor +6281445009
  • Restart smartphone

Saat melihat nomor pusat informasi, cek terlebih dahulu apakah sudah ada nomor pusat pesan yang tercantum disana. Jika sudah ada, kamu hanya perlu mengganti jika tidak sesuai dengan nomor pusat pesan yang dimiliki saat ini. Namun, jika sama maka kamu tidak perlu melakukan apapun kembali.

Untuk menjalankan SMSC yang sudah diatur, pengguna harus melakukan restart pada smartphone. Setelah itu, cobalah untuk mengirimkan pesan ke nomor lain untuk memastikan bahawa pengaturan nomor pusat pesan untuk provider kamu sudah sesuai.

2. Melalui USSD

Unstructured Supplementary Service Data atau USSD adalah layanan komunikasi singkat yang memungkinkan smartphone pengguna berkomunikasi dengan operator jaringan seluler. Layanan ini juga dapat digunakan untuk mengatur nomor pusat pesan khusus provider XL.

Caranya adalah dengan memasukkan beberapa kode khusus lalu melakukan update pada nomor pusat pesan. Setelah itu, pengguna bisa mengirim dan menerima SMS dengan lancar tanpa terkendala apapun. Untuk mengatur nomor pusat pesan, pengguna provider XL bisa mengikuti cara berikut.

  • Buka menu “Telepon
  • Masukkan kode *#*#4636#*#*
  • Klik “Panggil” atau “Call
  • Masukkan +6281445009 sebagai nomor pusat pesan
  • Pilih opsi “Segarkan: atau “Update

Dengan menggunakan USSD, pengguna tidak perlu memulai ulang perangkat. Akan tetapi, kamu hanya melakukan update setelah memasukkan SMSC atau nomor pusat pesan dengan benar. Dalam hal ini, pastikan setiap angka yang kamu input sesuai dengan yang dimiliki oleh provider XL.

Manfaat Mengatur Nomor Pusat Pesan XL

Pengaturan nomor pusat pesan suatu provider tidak hanya dilakukan begitu saja. Terdapat banyak manfaat bagi pengguna yang sudah mengatur SMSC di smartphone miliknya. Dengan begitu, akan mencegah atau mengatasi masalah yang muncul pada layanan seperti berikut ini.

1. Komunikasi Lebih Efisien

Dengan mengatur nomor pusat pesan, maka pesan akan diterima pengguna lain secara lebih teratur dan cepat. Selain itu, juga akan meminimalisir kemungkinan pesan-pesan tersebut menjadi hilang. Alhasil, komunikasi sesama pengguna XL pun menjadi jauh lebih efisien.

2. Kontrol Lebih Baik

Manfaat selanjutnya yang dirasakan pengguna setelah mengatur nomor pusat pesan adalah bisa mengelompokkan pesan sesuai dengan preferensi pribadi. Akses perpesanan yang ada di smartphone kamu menjadi lebih mudah dan teratur dan meminimalisir terjadinya masalah.

3. Riwayat Pesan

Pengguna yang sudah mengirim dan menerima pesan, tetap akan bisa melihat pesan tersebut karena adanya pengaturan SMSC. Oleh karena itu, kamu akan lebih mudah untuk melacak berbagai informasi penting yang ingin dilihat kemudian, seperti dijadikan alat bukti komunikasi antara pengguna.

4. Privasi Terjaga

Meskipun nomor pusat pesan memberikan akses yang lebih baik akan riwayat pesan, namun layanan ini menjadi privasi pengguna menjadi lebih terjaga. Pengguna juga bisa mengatur agar nomor teleponnya tidak akan muncul secara langsung dan dilihat oleh orang lain.

5. Menguatkan Jaringan

Seringkali masalah jaringan yang kurang kuat dipengaruhi oleh SMSC yang tidak diatur sebelumnya. Oleh karena itu, pengguna XL dapat mencoba untuk melakukan pengaturan atau pembaruan nomor pusat pesan agar dapat meningkatkan kualitas jaringan yang diterima oleh smartphone.

Call Center XL

Setelah melakukan pengaturan SMSC namun masih menghadapi beberapa kendala layanan, pengguna bisa menghubungi call center provider yang digunakan. Dalam hal ini adalah penyedia layanan komunikasi XL yang telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk menghubungi call center XL, dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung dari keinginan pengguna. Mulai dari email, pesan singkat (SMS), situs resmi, hingga aplikasi sosial media yang dimiliki provider. Nah, berikut ini terdapat beberapa contact call center XL yang aktif melakukan pelayanan:

  • Aplikasi : MyXL
  • Live chat : xl.co.id
  • Email : customerservice@xl.co.id
  • Call center : 817
  • Semua operator : (021) 57959817
  • Facebook : myXL
  • Twitter : @myXLCare

Namun, jika kamu berada di sekitar XL Center, bisa langsung berkunjung ke kantor tersebut untuk menyampaikan kendala yang dihadapi sebagai pengguna XL. Customer service di XL Center akan membantu untuk memberikan solusi dari setiap permasalahan layanan kartu yang kamu hadapi.

Para pengguna kartu atau provider XL yang mengalami kendala layanan perpesanan dapat mencoba untuk melakukan pengaturan SMSC. Dalam hal ini, kamu bisa mengecek dan melakukan update pada nomor pusat pesan XL yang sudah tersimpan di smartphone sebelumnya.

Baca Juga: