Pemandian Pariban Berastagi Harga Tiket, Wahana, dan Jadwal

Balitteknologikaret.co.id – Pemandian Pariban Berastagi salah satu destinasi wisata air paling populer yang ada di Sumatera Utara. Menawarkan pesona alam nan asri, berhawa sejuk dan pastinya jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk perkotaan. Pemandian Pariban Berastagi merupakan wisata alam berupa pemandian air panas yang memberi kesan alam indah alami dengan ciri khas kesegaran udara disekitarnya.

Sumatera Utara memiliki banyak spot destinasi wisata menarik, baik yang bernuansa alam maupun yang menonjolkan spot modern. Nah, jika kamu mencari destinasi wisata air terbaik yang ada di Sumatera Utara, maka Pemandian Pariban Berastagi adalah jawabannya. Pemandian Pariban Berastagi juga memiliki banyak fasilitas yang menambah kenyamanan pengunjung untuk berwisata.

Apakah Pemandian Pariban Berastagi dapat bersaing dengan tempat wisata populer lainnya? Atau mengapa kamu harus datang ke Pemandian Pariban Berastagi? Artikel ini bakal mengupas tuntas tentang Pemandian Pariban Berastagi.

Mengenal Pemandian Pariban Berastagi

Mengenal Pemandian Pariban Berastagi

Pemandian Pariban Berastagi merupakan tempat pemandian air panas yang sudah ada sejak tahun 2010. Tempat ini merupakan pelopor wisata pemandian air panas yang dilengkapi dengan waterboom. Ya, Pemandian Pariban Berastagi  menampilkan konsep pemandian yang unik dan bisa disebut sangat jarang ditemui di Indonesia.

Pemandian Pariban Berastagi memiliki lima kolam air panas namun dengan tingkat temperatur suhu yang berbeda-beda. Oleh karena itu wistawan yang berkunjung akan bebas memilih kolam tempat berendam dengan temperatur kehangatan yang sesuai. Kolam pemandiannya yang terbuka membuat kamu sebagai wisatawan bisa  berendam sambil menikmati panorama indah sekitarnya.

Menariknya lagi, water-boom yang dijadikan wahana utama ternyata airnya tidak bersuhu panas. Cocok juga dijadikan area bermain anak, sehingga orangtua tidak perlu kesulitan untuk memantau anaknya saat berwisata.

Biasanya, wisatawan sangat suka mencari makanan hangat yang lezat untuk dinikmati setelah berendam di kolam renang air panas. Kamu bisa mampir di El-Resto Pariban, resto yang menyediakan banyak menu makanan dan minuman, salah satunya kopi khas Karo. Semua ini akan menambah kenyamanan saat berwisata.

Selain itu, kondisinya sangat asri disertai hawa sejuk dan panorama indah menjadikan Pemandian Pariban Berastagi semakin dituju oleh para pelancong.

Berwisata pasti juga dengan persiapan yang matang, agar tidak tersibukkan dengan hal-hal yang akan mengganggu waktu  bersantai kita. Perencanaan keuangan juga menjadi aspek utama yang harus dipersiapkan. Nah, kalau kamu ingin berwisata ke Pemandian Pariban Berastagi berapa banyak uang yang harus kamu persiapkan?

Yuk kita bahas apa saja biaya yang kamu harus persiapkan. Serta pesona dan fasilitas apa saja yang akan kamu dapat saat berwisata ke Pemandian Pariban Berastagi.

Pemandian Pariban Berastagi: Info HTM-nya

Pemandian Pariban Berastagi Info HTM-nya

Pemandian Air Panas; Pariban Berastagi menawarkan harga tiket masuk (HTM) yang sangat terjangkau. Yaitu hanya sebesar Rp.15.000 per-orang (dikenai HTM untuk wisatawan berusia 2 tahun ke-atas). Jika kamu ingin menikmati fasilitas lainnya, seperti sewa ATV, saung, serta penginapan maka kamu akan dikenai biaya lagi.

Baca Juga  The Village Purwokerto Harga Tiket, Wahana, Jam dan Promo

Misal kalau kamu ingin berteduh dibawah saung, maka kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 25.000 sampai Rp 60.000. Ya, ini sesuai dengan ukuran saung yang akan kamu sewa. Nah, kalau kamu ingin menyewa ATV buat keliling Pemandian Pariban Berastagi maka kamu perlu membayar 25.000 untuk 2 kali putaran.

Next, untuk tiket parkir kamu bisa tahu langsung di lokasi berapa nominalnya. Sebab ini sesuai kebijakan pengelola setempat. Tapi kamu tidak perlu khawatir sebab harga tiket parkirnya hanya berkisar 5rb-10rb.

Yuk, Cek Lokasi Pemandian Pariban Berastagi

Yuk, Cek Lokasi Pemandian Pariban Berastagi

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pemandian Pariban Berastagi? Nah, ini sangat tergantung dengan titik lokasi kamu ya, tentunya beda-beda.

Tempat wisata Pemandian Pariban Berastagi berlokasi didasar kaki Gunung Sibayak, Desa Sidebuk-debuk, Berastagi, Karo Sumatera Utara. Terkadang disebut juga Sidebuk-debuk Hot Spring atau Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk.

Jarak destinasi wisata ini dengan pusat kota Karo sekitar 50km. Kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Tetapi kalau kamu berangkat dari Kota Berastagi maka durasi perjalanan yang kamu butuhkan jadi lebih singkat yaitu sekitar 30 menit.

Sedangkan kalau kamu mulai gerak dari kota Medan kamu bakal butuh waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Karena jarak perjalanan yang harus kamu tempuh sekitar 70km. Simpang ke Pemandian Pariban Berastagi di sebelah kanan dari sisi jalan (ada pos polisi), sekitar 11km akan tiba di lokasi.

Tidak perlu khawatir dengan lamanya durasi perjalanan yang harus kamu tempuh. Sebab di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi panorama alam berupa pepohonan nan rindang serta udara sejuk. Jadi perjalanan kamu dijamin tidak akan membosankan.

Rute: Medan – ke arah Jalan Jamin Ginting – melewati air terjun Sikulikap – akan menemukan pos polisi -gerbang masuk Pemandian Pariban Berastagi.

Untuk waktu operasional Pemandian Pariban Berastagi buka 24 jam. Tetapi kamu disarankan untuk datang di sore atau pagi hari. Sebab di kedua waktu ini kamu dapat menikmati view alam yang sangat mempesona di tempat wisata ini.

Pemandian Pariban Berastagi: Fasilitas dan Pesona-nya

Pemandian Pariban Berastagi Fasilitas dan Pesona-nya

1. Pesona Alam Di Sepanjang Tempat Wisata

Banyaknya pepohonan hijau menjulang tinggi, nuansa asri, hawa sejuk serta segar menjadi daya tarik tersendiri Pemandian Pariban Berastagi. Daya tarik inilah yang akhirnya menarik para wisatawan datang berkunjung ke tempat ini. Tempat ini sangat sesuai  untuk dijadikan tempat berelaksasi.

Kamu akan merasakan pesona alam ini sejak di perjalanan hingga sampai ke lokasi wisata. Itu sebabnya banyak turis dari berbagai wilayah datang ke sini dengan tujuan utama untuk relaksasi juga refreshing diri.

2. 5 Kolam Pemandian

Perlu kamu ketahui, selain memiliki lanskap yang elok serta zona yang luas, Pemandian Pariban Berastagi juga memiliki 5 kolam air panas. Kelimanya memiliki temperatur air yang berbeda. Saat kamu berwisata dengan teman maupun keluarga, kamu bisa memilih sensasi kehangatan dari setiap kolam, ya satu per satu.

Kamu bisa merelakskan tubuh dengan berlama-lama berendam dalam kolam. Tapi sebelum masuk ke dalam kolam, kamu perlu mengecek dengan tangan tingkat temperaturnya ya. Jangan sampai asal nyemplung, agar momen berwisata kamu bisa maksimal.

3. Waterboom Menambah Keseruan Berwisata

Seperti yang sudah disuguhi di awal artikel ini, Pemandian Pariban Berastagi juga dilengkapi waterboom dengan suhu air yang tidak panas. Sehingga aman untuk di jelajahi anak-anak. Waterboom ini akan menambah keseruan berwisata kamu.

4. Saung, ATV dan Permainan Lainnya.

Untuk menambah kesan saat berwisata di tempat ini, pengelola sudah menyediakan saung-saung yang bersih dan luas. Kamu bisa memanfaatkannya untuk taman, lesehan, tempat makan dan minum ataupun dijadikan tempat sholat.

Baca Juga  Kopi Daong Bogor Info Harga Menu, Lokasi, dan Jadwal Buka

Menikmati pemandangan alam di bawah saung akan memberikan sensasi yang menenangkan, teduh dan menyenangkan. Kamu juga boleh menggunakan saung ini untuk tempat/spot foto ala-ala pedesaan.

Selain saung, kamu juga dapat menyewa wahana ATV untuk mengeksplor setiap sudut dan spot unik yang ada di tempat ini. Sewa kendaraan berupa ATV juga dapat menguji sebatas mana sih adrenaline kamu. Sebab kamu akan melewati jalur berlumpur, tidak stabil dan relatif licin.

Menaiki ATV bakal jadi salah satu pengalaman liburan paling menyenangkan yang kamu dapatkan. Finally, memori kamu tentang keindahan alam saat berwisata ditambah pengalaman liburan bakalan terasa lengkap dan buat ketagihan.

Nah, untuk pengunjung yang membawa anak-anak, kamu bisa mengajak si buah hati untuk melihat dan bermain bersama kelinci-kelinci. Yups, kelinci-kelinci tersebut memang sengaja dibiarkan berlarian bebas di sekitar Pemandian Air Panas Pariban Berastagi. Hal ini bakal membuat siapa pun yang berkunjung akan selalu merasa dimanjakan dengan banyak fasilitas yang ada.

5. Resto

Setelah puas bermain air, saatnya untuk mengisi perut dengan makanan dan minuman lezat dan hangat. Nah, di tempat wisata ini terdapat beberapa resto yang mudah untuk kamu jumpai, salah satunya El-Resto Pariban. Resto di sini banyak menawarkan berbagai macam menu kuliner khas Sumatera Utara.

Selain ada nasi goreng, mie goreng juga terdapat berbagai jenis makanan lainnya. Kopi karo juga menjadi salah satu opsi yang bisa kamu target hunting untuk dinikmati.

Parkir, Toilet Umum dan Toko Souvenir

Berbagai fasilitas umum juga tersedia, seperti: area parkir yang luas, toilet umum, ruang bilas dan ruang ganti. Semuanya bisa kamu akses degan mudah. Jadi tidak perlu repot-repot untuk mencari semua fasilitas ini

Selain itu, jika kamu adalah pelancong dari luar kota Berastagi, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membawa cendera mata. Toko Souvenir juga dengan mudah kamu akses disekitaran tempat wisata ini.

Adakah Penginapan di Sekitar Pemandian Pariban Berastagi?

Adakah Penginapan di Sekitar Pemandian Pariban Berastagi

Kamu wisatawan dari jauh dan membutuhkan tempat untuk menginap? kamu tidak perlu khawatir sebab pengelola juga sudah menyiapkan fasilitas penginapan. Lokasinya juga berada disekitar Pemandian Air Panas Pariban.

Mulai tarif 40 ribuan untuk satu malam kamu sudah bisa menempati sebuah kamar bersih dilengkapi fasilitas yang memadai. Tetapi jika kamu ternyata kehabisan kamar, tenang dan jangan risau. Kamu tetap bisa mencari penginapan lainnya yang lokasinya tidak jauh.

Ada banyak jenis penginapan yang dapat kamu pilih. Terdapat homestay, juga hotel berbintang, dan villa. Berikut ini deretan tarif penginapan yang berada di sekitar Pemandian Air-Panas Pariban:

Daftar Tarif Penginapan Di Sekitar Pemandian Pariban Berastagi

No Nama Jarak Ke Lokasi Tarif Per Malam
1 Sinabung Hills Berastagi 2,51 km Mulai Rp.681.000,-
2 Villa Berastagi Highland 2,50 km Mulai Rp.850.000,-
3 Hotel Grand Orri Berastagi  2,21 km Mulai Rp.300.000,-
4 Villa Gunung Mas 1,20 km Mulai Rp.650.000,-
5 Kamuna Garden 67 m Mulai Rp.200.000,-

Tarif penginapan tersebut bisa kemungkinan akan berubah-ubah. Hal ini tergantung pada kebijakan pengelola serta kapan tanggal pemesanan kamu. Daftar tarif di berbagai penginapan yang ada di sekitar Pemandian Air Panas Pariban Berastagi tersebut dirangkum dari berbagai sumber.

Penginapan-penginapan tersebut telah dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai serta kamar yang bersih. Bayangkan saja kamu menginap ditempat yang dikelilingi oleh pemandangan hijau. Ditambah hawa sejuk, suasana rindang serta dilengkapi panorama indah Gunung Sibayak. Tentu akan membuat kamu betah untuk menghabiskan malam berwisata di sana.

Baca Juga  13 Kolam Renang di Purwokerto Banyak Peminatnya dan Murah

Jika kamu menginap dengan teman ataupun keluarga tentu biaya penginapan tersebut sangat terjangkau. Alhasil, kamu bisa menikmati semua perjalanan wisata tanpa harus mengerutkan kening karena mahal.

FAQ

Pemandian Pariban Berastagi apakah cocok jika digunakan untuk momen kumpul bersama keluarga?

Tempat wisata ini tentu sangat cocok jika kamu pilih sebagai tempat wisata bersama keluarga. Sederetan fasilitas dan pesona indah yang dimilikinya pasti akan membuat kamu dan keluarga merasa nyaman dan sangat terpukau. Momen kumpul bersama keluarga tentu menjadi momen langka dan harus direncanakan sematang mungkin.

Jika kamu sudah memilih tempat wisata ini, maka sebaiknya kamu juga harus memperhatikan beberapa kondisi berikut:

  • Pilih waktu yang tepat agar semua anggota keluargamu bisa ikut berwisata. Juga bisa merencanakan lokasi penginapan yang strategis. Serta memastikan kamu bisa mendapatkan view terbaik saat berwisata, misalnya di sore atau di pagi hari.
  • Kondisi kenderaan yang kamu bawa. Pastikan aman dan layak untuk dibawa berkendara bersama keluarga besar. Disebabkan lokasi yang akan kamu tuju cukup estetik, maka siapkan peralatan untuk kenderaan kamu yang kamu butuhkan.
  • Pastikan semua kebutuhan dan perlengkapan sudah dibawa, termasuk hal-hal pribadi yang penting untuk dikonsumsi. Ini akan membuat liburan kamu tidak akan terganggu.
  • Berangkatlah saat kondisi keuangan sudah tepat. Hal ini akan membantu kamu untuk menjalani liburan tanpa beban keuangan.
  • Siapkan alat rekam atau kamera dengan kualitas kamera yang memadai. Setiap momen yang kamu lewati bersama keluarga di Pemandian Air Panas Pariban Berastagi, harus diabadikan dengan bai. Agar tetap bisa di-recall saat kamu sudah kembali ke tempat asal.
  • Buatlah dengan matang rencana perjalanan liburan kamu bersama keluarga selama berada di Pemandian Air Panas Pariban Berastagi.

Pemandian Pariban Berastagi juga sangat cocok dijadikan tempat kumpul bersama teman dan rekan kerja. Setelah sepekan beraktivitas, penuh dengan tugas dan keriuhan situasi kerja, kamu butuh tempat untuk merelekskan badan. Maka Pemandian air panas Pariban Berastagi adalah satu satu jawabannya.

Apakah ada makanan halal disekitaran Pemandian Pariban Berastagi?

Makanan hal jelas menjadi kebutuhan bagi para pelancong utamanya bagi wisatawan muslim. Semenarik apapun suatu tempat wisata, tetap tidak akan memuaskan wisatawan jika tidak bisa berwisata kuliner juga.

Secara umum wilayah Berastagi bukanlah berpenduduk mayoritas muslim. Tetapi, apakah kita bisa menemukan rumah makan atau resto halal di sana? Ya, tentu saja ada. Dan kamu tidak perlu khawatir untuk mencari makanan halal di sana.

Meskipun terkadang, wisatawan muslim juga sering membawa persediaan makanannya sendiri. Membawa makanan dan minuman sendiri dirasa lebih nyaman dan lebih efektif disaat rasa lapar dan haus datang menghampiri. It’s okay, jika kamu ingin mencari makanan halal di wilayah Berastagi ataupun membawa makanan sendiri.

Selain wisatawan muslim, ada juga wisatawan lokal yang memilih untuk membawa makanan dan minuman sendiri ke tempat wisata. Selain alasan agar lebih efisien, artinya bisa makan tepat waktu, juga karena agar bisa lebih menghemat dana yang harus dikeluarkan. Hal ini dilakukan agar kantong kamu tidak menjerit setelah pergi berwisata untuk menenangkan diri.

Akhir Kata

Nah, itu tadi berbagai fasilitas dan panorama yang ada di Pemandian Pariban Berastagih. Banyak tempat wisata yang bisa dituju, baik di dalam Sumatera Utara maupun di Provinsi lainnya. Namun jika kamu seorang wisatawan sejati, maka Pemandian Air Panas Pariban Berastagih harus sudah kamu datangi.

Tunggu apalagi, segera buat dalam daftar perjalanan kamu berikutnya ke sana. Apalagi jika kamu warga Sumatera Utara, jangan sampai ketinggalan.

Simak artikel menarik lainnya berikut ini :