Cek Bansos Kemensos Online BST, BNPT, BLT BBM dan PKH

 

Balitteknologikaret.co.id – Cek Bansos Kemensos memang sekarang ini sedang banyak dibagikan sehingga beberapa orang bisa mendapatkannya. Informasi seputarnya pun sekarang banyak yang membuatnya sehingga kamu tidak kesulitan.

Untuk sekarang ini juga banyak orang yang sedang mencari cari mengenai Cek Bansos Kemensos dan bagaimana cara mengeceknya. Karena memang bantuan tersebut bertujuan untuk masyarakat yang memang membutuhkannya.

Nah di artikel kali ini kami membahas semuanya mulai dari cara mendaftarnya, syaratnya, dan juga cara pengecekannya. Oleh karena itu, simak artikel kami ini agar kamu mengerti semua informasinya dan tidak misinformasi nantinya.

Apa Itu Bantuan Sosial ?

Apa Itu Bantuan Sosial

Sebelum menyimak informasi mengenai Cek Bansos Kemensos yang akan dibahas secara lebih mendalam, ada baiknya untuk mengetahui informasi menarik ini.

Bantuan sosial merupakan salah satu upaya bentuk pemberian bantuan berupa uang atau barang dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kementerian yang bertugas untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat tidak hanya terletak pada tanggung jawab dari Kementerian Sosial.

Kementerian dengan bidang konsentrasi lain pun dapat melakukan program bantuan sosial ini, namun Kemensos menjadi tombak utama penyaluran program ini.

Ketentuan dan peraturan mengenai bantuan sosial ini telah diatur pada UU nomor 14 Tahun 2019 tentang penyaluran dan target dari bantuan sosial.

Program pemerintah ini dinilai salah satu program efektif yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Terlebih lagi pada kondisi pandemi yang lalu menambah jumlah orang yang kehilangan pekerjaan dan penurunan pendapatan.

Maka dari itu, pemerintah gencar dalam melakukan program bantuan sosial untuk masyarakat yang terkena imbas dari pandemi.

Walaupun pandem sudah berangsur – angsur pulih, tetapi dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat masih perlu perhatian dari pemerintah.

Jumlah penerima bantuan sosial menjadi lebih banyak akibat dari imbas pandemi yang sempat menghadang aktivitas ekonomi di Indonesia.

Oleh karena itu, pembahasan mengenai Cek Bansos Kemensos menjadi topik yang sering dicari masyarakat di internet.

Kondisi ekonomi masyarakat pasca pandemi ini juga belum dapat dikatakan stabil atau kembali seperti semula sebelum pandemi terjadi.

Karena hal tersebut banyak masyarakat yang masih mengharapkan bantuan sosial dari pemerintah khususnya Kementerian Sosial.

Banyak jenis bantuan sosial dari pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat yang menjadi target penerimanya.

Informasi tersebut juga akan berguna untuk menyesuaikan kondisi dan kebutuhan kamu dalam menerima jenis bantuan sosial yang sesuai.

Sebelum menyimak informasi mengenai Cek Bansos Kemensos, kamu harus simak informasi jenis bansos yang tersedia.

Berikut informasi yang telah kami rangkum mengenai jenis bantuan sosial yang dapat disesuaikan dengan kondisi yang dimiliki penerima.

Jenis Bantuan Sosial

Jenis Bantuan Sosial

Jika ditinjau secara umum terdapat tiga jenis bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Semua jenis bantuan sosial yang disediakan oleh Kementerian Sosial akan dapat masyarakat Cek Bansos Kemensos di web yang telah tersedia.

Dengan bantuan teknologi masyarakat dapat memantau transparasi bantuan sosial dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jenis bantuan sosial yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dapat kamu simak informasi selanjutnya di bawah ini.

1. Uang Sebagai Salah Satu Bentuk Bantuan Sosial

Bentuk bantuan sosial berupa uang merupakan salah satu bantuan sosial yang sering diberikan pemerintah ke masyarakat.

Alasannya adalah karena bantuan sosial berbentuk uang lebih efektif dan efisien untuk dibagikan secara langsung ke masyarakat.

Dapat dikatakan proses distribusi bantuan berupa uang lebih mudah dibandingkan dengan jenis bantuan sosial lainnya.

Bantuan sosial berbentuk uang ini juga biasanya disalurkan kepada penerima beasiswa, yayasan yang mengelola panti asuhan, warga lanjut usia dan lainnya.

Bantuan sosial berbentuk uang juga dapat mudah untuk digunakan penerima dan disesuaikan dengan kebutuhan yang mereka miliki.

Jenis bantuan ini juga nantinya dapat ditinjau proses distribusinya melalui web untuk Cek Bansos Kemensos di Internet.

2. Barang Sebagai Salah Satu Bentuk Bantuan Sosial

Jenis bantuan sosial lainnya yang disediakan oleh pemerintah adalah berbentuk barang yang disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan ini biasanya menyasar kepada kelompok masyarakat kurang mampu memberikan barang kebutuhan pokok seperti sembako.

Contoh bantuan barang lainnya adalah bantuan berbentuk kendaraan operasional untuk sekolah, bantuan pakaian untuk korban bencana alam dan lainnya.

Jenis bantuan ini biasanya disalurkan ketika terdapat musibah atau bencana alam yang menerima masyarakat.

Hal tersebut akan lebih mudah dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat karena situasi yang mendesak dan tidak memungkinkan untuk membeli barang.

Bantuan sosial jenis barang juga dapat ditinjau proses penerimaannya melalui web untuk Cek Bansos Kemensos.

3. Jasa Sebagai Salah Satu Bentuk Bantuan Sosial

Jasa sebagai salah satu bentuk dari bantuan sosial telah diatur Ketentuan dan proses penyalurannya di undang-undang.

Bentuk bantuan sosial berupa jasa yang dimaksud adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk mendapatkan kemampuan yang lebih mahir.

Pelatihan tersebut tentunya menargetkan masyarakat yang tidak dapat menyebut sekolah tinggi untuk memiliki kemampuan mahir dalam profesi tertentu.

Baca Juga  Cara Daftar Bansos 2023 Secara Online Praktis Lewat HP

Tujuan yang ingin dicapai dari bentuk bantuan sosial ini membentuk masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mencapai tarafhidup yang lebih.

Bentuk pelatihan sebagai bantuan sosial juga dapat ditanya ditinjau secara berkala untuk prosesnya melalui web khusus Cek Bansos Kemensos.

Di dalam web tersebut tersedia lengkap seluruh jenis bantuan dari pemerintah serta proses berjalannya program bantuan tersebut.

Jenis bantuan sosial tersebut dapat kamu simak dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Ketiga jenis tersebut memiliki tujuan masing-masing untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara yang lebih efektif.

Pada pembahasan selanjutnya kami akan mengupas mengenai tujuan dari bantuan sosial secara lebih rinci.

Kamu harus mengetahui tujuan dari hadirnya program bantuan sosial sebelum menyimak informasi tentang Cek Bansos Kemensos.

Simak informasi selanjutnya yang telah merangkum tujuan dari hadirnya program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Tujuan Dari Hadirnya Program Bantuan Sosial

Tujuan Dari Hadirnya Program Bantuan Sosial

Pada pembahasan kali ini kami akan mengupas lebih jauh tujuan dari hadirnya program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Seperti yang diketahui bersama tujuan utama dari hadirnya program ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun, masih banyak tujuan lain yang melandaskan hadirnya program bantuan sosial ini dan penting untuk diketahui bersama.

Informasi berikut telah dirangkum untuk mengetahui lebih jauh mengenai tujuan dari munculnya program bantuan sosial untuk masyarakat.

1. Sebagai Perlindungan Sosial Bagi Masyarakat

Hadirnya program bantuan sosial ditujukan untuk memberikan pencegahan dan solusi terhadap kondisi ekonomi yang rendah.

Pemerintah hadir untuk memastikan bahwa masyarakat dapat hidup dengan memenuhi kebutuhan dasar atau kebutuhan primer.

Ketidakstabilan yang hadir dari lingkungan keluarga, masyarakat dan faktor lainnya dapat menyebabkan kesejahteraan hidup menurun.

Oleh karena itu, program bantuan sosial hadir untuk memastikan kebutuhan primer masyarakat terpenuhi.

Kemudahan dalam meninjau transparansi proses program bantuan sosial menjadi salah satu inovasi yang ditawarkan oleh pemerintah.

Masyarakat dapat dengan mudah proses berlangsungnya bantuan sosial dengan meninjau web khusus untuk Cek Bansos Kemensos.

2. Sebagai Alat Untuk Memberdayakan Masyarakat

Kelompok masyarakat dengan ekonomi yang lemah cenderung memiliki pemberdayaan hidup yang rendah.

Program bantuan sosial ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat agar dapat memiliki taraf hidup yang lebih baik.

Pemenuhan kebutuhan primer menjadi fokus utama dari tujuan diadakannya program bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu.

Kemudahan dalam meninjau proses bantuan sosial dan distribusinya juga dapat ditinjau melalui web untuk Cek Bansos Kemensos yang akan dibahas selanjutnya.

3. Sebagai Salah Satu Solusi Dari Masalah Kemiskinan

Solusi penanggulangan permasalahan dari kemiskinan yang paling efektif dan cepat adalah program bantuan sosial ini.

Karena masyarakat akan langsung merasakan dampak dari program ini tanpa harus menunggu jangka waktu yang lebih lama.

Keluarga yang memiliki ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan primer akan langsung terbantu dengan adanya program bantuan sosial ini.

Dengan hadirnya teknologi masyarakat semakin mudah untuk Cek Bansos Kemensos di Internet yang dapat dijangkau semua kalangan.

Masyarakat yang merasa berhak untuk menerima program bantuan sosial pun akan lebih mudah untuk mendaftarkan diri.

Transparasi program bantuan sosial juga dapat ditinjau oleh seluruh masyarakat dengan hadirnya web untuk Cek Bansos Kemensos.

Sehingga semua pegawai pemerintah yang menjalankan program ini menjadi lebih terawasi dalam proses penyaluran program ini.

4. Sebagai Salah Satu Solusi Dari Dampak Bencana Atau Musibah

Bencana alam atau musibah yang menimpa banyak masyarakat tentu salah satu hal yang tidak dapat diprediksi dalam kehidupan.

Dengan hal yang tidak terduga tersebut kestabilan ekonomi maka akan terguncang dan mengakibatkan masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan primer.

Hadirnya bantuan sosial secara langsung merupakan salah satu cara paling efektif untuk dapat menanggulangi permasalahan tersebut.

Pemerintah hadir untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat agar dapat melanjutkan kehidupan setelah bencana alam atau musibah terjadi.

Kemudahan dalam melacak proses berlangsungnya program bantuan sosial dapat ditinjau melalui web yang menyediakan fitur Cek Bansos Kemensos.
Hal ini akan lebih mudah bagi masyarakat untuk dapat melihat proses bantuan yang berlangsung sehingga tidak muncul kecurigaan.

Pembahasan selanjutnya akan membahas mengenai skema proses Cek Bansos Kemensos yang sudah kamu tunggu rangkuman informasinya.

Silahkan simak informasi menarik ini untuk kamu yang memilih membutuhkan informasi lebih jauh mengenai topik ini.

Informasi Mengenai Cek Bansos Kemensos

Informasi Mengenai Cek Bansos Kemensos

Dengan kemudahan teknologi masyarakat dapat meninjau proses distribusi ataupun berlangsungnya bantuan sosial.

Cara yang diperlukan untuk dapat Cek Bansos Kemensos juga relatif mudah untuk dilakukan semua kalangan.

Hal ini dapat dilakukan oleh penerima Bansos yang merupakan individu atau kelompok yang memiliki kehidupan dengan perekonomian yang sulit.

Setelah mendaftarkan diri untuk dapat bergabung dengan program bantuan sosial ini selanjutnya penerima bansos dapat melacak perkembangan dari program ini.

Kami juga akan memberikan langkah-langkah untuk Cek Bansos Kemensos di web yang telah disediakan.

Berikut cara mudah untuk dapat melihat perkembangan dari program bantuan sosial yang diajukan oleh individu ataupun kelompok.

  1. Masuk ke halaman dengan alamat web berikut https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2. Berikan informasi data diri berupa alamat yang mencakup Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan.
  3. Masukkan nama penerima manfaat yang telah disetujui untuk diberikan bantuan sosial sesuai dengan nama lengkap di KTP.
  4. Setelah memasukkan nama penerima manfaat yang benar, akan tersedia 8 digit angka sebagai kode untuk langkah selanjutnya.
  5. Apabila dirasa kode yang diberikan terlihat kurang jelas kamu dapat klik ikon yang tertera untuk mendapat kode yang baru.
  6. Langkah terakhir adalah klik tombol cari data yang tersedia.

Bantuan sosial juga merupakan salah satu program unggulan pemerintah untuk membantu masyarakat yang dirasa kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan utamanya.

Dengan hasil peningkatan kesejahteraan masyarakat yang cukup baik program ini terus berlanjut karena dampak yang dihasilkan.

Baca Juga  Cara Cek Bantuan UMKM 2023 Syarat dan Ketentuan Agar Cair

Ditambah dengan kemudahan teknologi serta inovasi yang dihadirkan untuk mempermudah kegiatan Cek Bansos Kemensos oleh masyarakat.
Masyarakat kurang mampu tentunya akan merasa semakin terbantu dengan hadirnya fitur inovasi dari pemerintah ini.

Langkah-langkah tersebut dapat kamu tiru untuk memudahkan dalam proses Cek Bansos Kemensos yang ingin kamu lakukan.

Cara tersebut cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh semua kalangan namun kamu dapat meninjau kembali cara yang telah disediakan jika dirasa masih sulit.

Cara Mendaftar Bansos Kemensos

Cara Mendaftar Bansos Kemensos

Mungkin dari kamu semua banyak juga yang belum mengetahui kalau Kemensos saat ini sedang memberikan bansos atau bantuan sosial. Hal ini bertujuan agar orang yang benar benar membutuhkan bantuan menjadi lebih mudah.

Menyesuaikan dengan segala kebutuhan di saat seperti ini tentunya butuh dana yang juga tidak sedikit. Karena tidak mungkin juga kalau uang yang hanya pas pasan bisa mencukupi seluruh kebutuhan yang dibutuhkan saat ini.

Terlebih lagi kalau kamu terkena dampak yang signifikan dari pandemi kemarin. Tentunya kegiatan di luar rumah jadi dibatasi dan dari kamu pun mungkin ada yang diphk dari kerjaannya sehingga sekarang hanya menganggur.

Nah oleh karena alasan itu lah pemerintah juga tidak tinggal diam dan ikut memberikan bantuan bagi masyarakat yang memang terdampak pandemi kemarin. Bantuan tersebut berupa Cek Bansos Kemensos yang terdapat 3 jenis yaitu BPNT, BST, dan PKH.

Ketiga jenis bantuan tersebut mungkin bisa kamu dapatkan semuanya tergantung apakah kamu memenuhi syarat untuk menerimanya atau tidak. Tapi kamu juga bisa mencoba untuk daftar agar bisa menerima bantuan itu.

Untuk pendaftarannya sendiri kamu tidak semata mata menyerahkan nama dan alamat saja, tetapi ada dokumen atau berkas yang harus dibawa. Tetapi tenang untuk pendaftarannya sendiri cenderung mudah dan kamu pun bisa mendaftar sendiri.

Setelah kamu mendaftar, barulah kamu nanti menunggu kapan bantuan itu akan disalurkan. Biasanya bantuan tersebut datang kalau yang membutuhkan di daerahmu juga banyak sehingga tidak harus mengirimkannya berkali kali.

Nah berikut ini ada beberapa cara untuk mendaftar ketiga jenis bantuan yang disediakan. Ketiganya memiliki perbedaan untuk cara mendaftarnya sehingga kami akan jelaskan semuanya secara rinci satu per satu.

1. Cara Mendaftar BPNT

Dari banyaknya bantuan yang ada sekarang ini, BPNT yang umumnya diberikan kepada masyarakat. BPNT sendiri merupakan singkatan Bantuan Pangan Non Tunai yang diberikan pemerintah kepada masyarakat membutuhkan.

Bantuannya tidak secara langsung uang tunai yang diberikan melainkan dalam bentuk sembako, pakaian, dan masih banyak yang lainnya. Bahan pangan ini bisa kamu dapatkan untuk digunakan setiap harinya ketika sedang memenuhi kebutuhan hidupmu.

Nah kalau kamu ingin mendapatkan bantuan ini, tentunya harus mendaftar dahulu. Proses pendaftaran diri kamu pun tergolong mudah dan kamu bisa melakukannya sendirian. Berikut ini cara mendaftarnya agar kamu tidak kesulitan.

  1. Pertama, kamu dapat mempersiapkan dokumen dokumen yang harus dibawa untuk mendaftar nanti seperti KTP dan KK yang wajib dibawa.
  2. Kemudian setelah berkas disiapkan kamu pun  dapat mendatangi langsung ke tempat aparat desa di tempat kamu tinggal. Karena biasanya aparat desa sudah diberitahu mengenai alur bantuannya.
  3. Lalu nanti kamu akan diberikan beberapa lembar formulir yang harus diisi dengan data dirimu supaya bisa diproses oleh provinsi langsung nantinya. Pastikan data yang kamu isi merupakan benar dan tidak melakukan kecurangan apapun.
  4. Setelah pengisian formulir, kamu akan diberikan sebuah kode yang unik dan berasal dari DTKS, KTP, maupun KK kamu.
  5. Selanjutnya bank pun akan membuka rekening untukmu supaya kamu mendapat sebuah KKS atau yang sering disebut sebagai Kartu Keluarga Sejahtera.
  6. Terakhir, kamu pun bisa membawa KKS ini ketika membeli keperluan di toko yang bernama Gotong Royong yang ada di wilayahmu.
  7. Selesai.

2. Cara Mendaftar BST

Kalau kamu merasa seorang masyarakat sipil, tentunya kamu dipastikan bisa mendapat BST atau Bantuan Sosial Tunai ini. Setiap masyarakat yang kurang mampu juga pasti bisa mempertoleh BST karena caranya juga tidak terlalu rumit.

Tujuan dari program BST ini memang agar masyarakat yang dirasa kurang mampu bisa memenuhi kebutuhan hariannya. Dan kamu yang memang perlu bantuan ini bisa langsung melakukan pendaftarannya sendiri.

Kalau kamu juga bingung dengan cara pendaftaran bantuan yang satu ini, pas sekali karena kami juga memberitahu kamu caranya. Tidak terlalu rumit dan kamu bisa melihat langsung caranya dari tulisan kami berikut.

  1. Pertama, kamu memang harus mempersiapkan semua data diri yang memang diperlukan seperti KTP, KK, dan surat surat lainnya yang diminta oleh pihak pendaftarannya.
  2. Kemudian kamu diharuskan untuk pergi ke rumah RT atau RW di daerahmu agar dokumen yang sudah disiapkan bisa diberikan padanya.
  3. Selanjutnya dari pihak RT atau pun RW juga nanti akan meneruskan dokumen milikmu ke aparatur desa dan kamu pun bisa meminta apa yang diperlukan untk pendaftarannya.
  4. Setelah itu kamu harus mendengarkan apa pun arahan yang diberikan oleh RT atau RW mu mengenai peraturan untuk si penerima Cek Bansos Kemensos ini.
  5. Lalu, data diri yang sudah divalidasi pun akan diteruskan dan akan diproses oleh pihak pusat.
  6. Jika datanya terbilang valid, maka kamu pun akan diberitahu kalau sudah terdaftar menjadi salah satu dari penerima Cek Bansos Kemensos ini.
  7. Selesai.

3. Cara Mendaftar PKH

Nah jenis bantuan yang terakhir yaitu PKH atau yang biasa dikenal orang dengan Program Keluarga Harapan. Bantuan ini pun dikhususkan kepada orang orang yang memang terkena dampak ketika pandemi terjadi di tahun lalu.

Orang orang yang terdampak seperti diphk dari perusahaan, atau pun yang tidak bisa bekerja ketika pandemi berlangsung. Sehingga mereka ini tidak mendapatkan masukan sama sekali dan tidak bisa mencari nafkah.

Oleh karena itu, pemerintah ada untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan dan juga keringanan ekonomi. Kamu bisa mendaftarkan keluargamu jika termasuk ke dalam kategori itu dan berikut ini cara mendaftarnya.

  1. Pertama dan seperti biasa yaitu mempersiapkan data diri dan juga dokumen keluarga yang dibutuhkan.
  2. Selanjutnya kamu harus berkunjung ke kantor kelurahan daerah rumahmu untuk melakukan pendaftarannya.
  3. Kemudian kamu akan diberikan arahan dan juga peraturan mengenai proses pendaftarannya dan kamu pun harus menyimaknya agar tidak ada kesalahan nantinya.
  4. Lalu berikanlah seluruh berkas yang sudah kamu siapkan tadi kepada pihak kelurahan agar nantinya langsung diproses.
  5. Setelah itu, tunggulah beberapa hari untuk proses validasi datanya.
  6. Barulah ketika data sudah tervalidasi, kamu pun terdaftar di PKH.
  7. Selesai.
Baca Juga  Cara Cek Saldo BRI Lewat HP via Aplikasi, Online dan Lainnya

S&K Penerimaan Cek Bansos Kemensos

S&K Penerimaan Bansos Kemensos

Untuk kamu yang ingin menjadi penerima dari Cek Bansos Kemensos sendiri haruslah memenuhi semua syaratnya. Kalau kamu merasa sudah memenuhi syaratnya, barulah kamu bisa mendaftar menjadi salah satu penerima bantuannya.

Nah kalau kamu belum tau apa saja syaratnya, kamu bisa melihat di bawah ini agar bisa memastikan memenuhi persyaratannya atau tidak. Berikut ini beberapa persyaratannya:

  • Kamu harus merupakan kategori warga yang miskin atau pun rentan miskin.
  • Tidak boleh mendaftar apabila kamu seorang aparatur negara atau pun aparatur sipil seperti Polri, ASN, atau juga TNI.
  • Haruslah merupakan WNI.
  • Daya listrik yang dimiliki oleh rumahmu sekitar 450 Watt.
  • Lantai tempat kamu tinggal tidak berlantai melainkan tanah.

Itulah beberapa syaratnya untuk bisa menerima bantuan sosial dari kementrian sosial ini. Kalau dirasa kamu memenuhi semua persyaratannya, kamu bisa langsung saja mendaftarkan diri untuk menerima bantuannya.

Tetapi kalau ada satu syarat yang tidak terpenuhi, maka kamu pun tidak bisa menerima Cek Bansos Kemensos tersebut. Hal ini karena kamu dinyatakan mampu dan tidak perlu menerima Cek Bansos Kemensos itu.

Cara Pengecekan Cek Bansos Kemensos

Cara Pengecekan Bansos Kemensos

Kamu sudah bisa mengecek tentang Cek Bansos Kemensos ini secara online. Kemudahan yang diberikan ini membuat siapa saja bisa melihat apakah dia pantas untuk menerima bantuan dari pemerintah tersebut.

Terlebih lagi sekarang sudah ada aplikasi dari pemerintahnya langsung yang membuat pengecekannya lebih mudah lagi. Kamu bisa langsung mengeceknya sendiri supaya tidak tertinggal informasi seputar pencairan bantuan atau juga yang lainnya.

Dengan hanya modal smartphone yang kamu punya, sekarang pengecekanya sudah bisa dilakukan. Kamu hanya perlu mengunjungi situs web dari kemenkes yaitu bansos.kemenkes.go.id.

Dari situs tersebut, kamu bisa memilih jenis bantuan mana yang kamu ingin tahu tentangnya. Karena terdapat 3 jenis bantuan seperti yang sudah disebutkan, maka cara pengecekannya juga ada 3 jenis. Berikut ini ketiga cara pengecekan Cek Bansos Kemensos.

1. Pengecekan Cek Bansos Kemensos BLT

Bantuan berupa BLT ini bisa kamu dapatkan dengan jumlah 600 ribu per bulannya. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mu yang bukan merupakan kebutuhan primer.

Seperti untuk transportasi, dan juga keperluan lainnya yang bukan merupakan untuk makan. Karena bantuan untuk makan bisa kamu dapatkan dari jenis bantuan lain yang berbeda. Untuk cara pengecekan bantuan ini berikut caranya.

  1. Pertama, bukalah website bansos.kemenkes.go.id melalui ponsel yang kamu miliki.
  2. Kemudian akan ditampilkan form untuk mengisi data dirimu. Lengkapilah bagian tampet tinggal yang sesuai dan tertera di KTP milikmu.
  3. Jika data diri sudah benar, maka website akan bisa diakses.
  4. Kemudian kamu harus verifikasi lagi dengan menginputkan 8 huruf unik dari aplikasinya.
  5. Setelah itu kamu klik menu cari data dan carilah namamu apakah kamu menjadi salah satu penerima bantuannya.
  6. Selesai dan apabila muncul namamu maka sudah terdaftar. Tetapi apabila tidak, maka kamu harus menunggu atau melakukan pendaftaran ulang.

2. Pengecekan Cek Bansos Kemensos Lewat Aplikasi

Cara pengecekan yang kedua yaitu melalui aplikasi Cek Bansos langsung. Aplikasi ini pun bisa kamu download langsung dari google play dan ukurannya juga tidak besar. Sehingga untuk ponsel yang speknya minimal juga bisa mendownloadnya.

Jika aplikasinyasudah kamu download, ikuti cara kami berikut untuk pengecekannya:

  1. Pertama, siapkan dahulu KTP dan KK milikmu.
  2. Kemudian buka apliaksinya yang barusan kamu download.
  3. Setelah itu kamu harus registrasi dulu dengan cara menginputkan foto KTPmu dan juga selfie dengannya.
  4. Lalu akan diberikan kode OTP lewat emailmu setelah proses registrasi dilakukan.
  5. Masukkan kode tersebut agar bisa mengakses semua menu aplikasinya.
  6. Berikutnya, sama seperti di web kamu tinggal mengklik cek bansos dan memeriksa apakah ada namamu di list tersebut.
  7. Selesai.

3. Pengecekan Cek Bansos Kemensos Lewat Website

Cara pengecekan ketiga ini sedikit berbeda karena untuk linknya tidak sama dengan sebelumnya. Cara ini memang lebih mudah karena tidak memerlukan data atau dokumen yang sulit untuk pengecekannya.

  1. Pertama, siapkan KTP dan KKmu.
  2. Kemudian akses website cekbnsos.kemensos.go.id.
  3. Lalu pilih dimana kamu tinggal.
  4. Selanjutnya masukkan nama lengkapmu di kolom nama.
  5. Barulah masukkan kode untuk captcha yang disiapkan.
  6. Kamu akan langsung dialihkan ke menu utama.
  7. Setelah itu cek data mu di menu “Cari Data” apakah sudah terdaftar atau belum.
  8. Selesai.

FAQ

1. Apa Sih Cek Bansos Kemensos Itu?

Cek Bansos Kemensos sendiri merupakan sebuah singkatan dari Bantuan Sosial Kementrian Sosial. Bantuan ini memang langsung diberikan oleh instansi pemerintah kepada para masyarakat yang kurang mampu atau perlu bantuan di kehidupannya sehari hari.

2. Bagaimana Caranya Agar Bisa Menerima Cek Bansos Kemensos ?

Tentunya kamu harus memenuhi syarat untuk menerima bantuan terlebih dahulu. Kalau kamu tidak memenuhi kualifikasinya, maka kamu tidak bisa menerima bantuan tersebut. Dan apabila kamu memenuhi kriterianya, maka kamu nanti akan dikirimkan bantuan oleh pemerintah ke RT/RW setempat.

Setelah syaratnya dipenuhi, kemudian kamu bisa melihat cara pendaftarannya di penjelasan kami sebelumnya. Sudah dijelaskan dengan sangat rinci agar kamu bisa menjadi salah satu penerima Cek Bansos Kemensos nya.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami Balitteknologikaret.co.id mengenai berbagai informasi Cek Bansos Kemensos yang bisa kamu pahami. Semoga dengan semua informasi di atas, kamu jadi paham mengenai Cek Bansos Kemensos sendiri dan juga alur penerimaannya.

Dengan sajian informasi yang telah diberikan kami berharap dapat membantu kamu dalam proses Cek Cek Bansos Kemensos bagi kamu yang membutuhkan.

Jangan lupa share informasi penting ini dan kunjungi beberapa artikel – artikel rekomendasi menarik kami lainnya di bawah ini. Yang tentu dan pastinya bermanfaat untuk kamu simak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id