Cek Nomor Pendaftaran SNBP 2023 dan Link Pengumuman SNBP

Ballitteknologikaret.co.id – Cara Cek Nomor Pendaftaran SNBP sebenarnya sangat mudah. Namun bagi kalian yang masih bingung cara melakukannya. Pada kesempatan kali ini kami secara khusus akan menjelaskannya dari awal sampai akhir dengan terperinci tentang mengecek dan juga link pengumuman SNBP 2023. Untuk itu, pastikan kalian simak ulasan ini sampai tuntas.

Sebenarnya apasih yang dimaksud dengan SNBP tersebut? Nah SNBP sendiri merupakan sebuah singkatan dari seleksi nasional berbasis prestasi. Jadi, bagi kalian yang waktu SMA nya memiliki banyak prestasi, baik itu di bidang akademik maupun non akademik. Maka sebaiknya silahkan daftarkan diri untuk melakuakn seleksi SNBP tersebut.

Perlu kalian ketahui juga bahwa pendaftaran SNBP ini hanya bisa dilakukan hanya pada tingkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja. Jadi, untuk yang swasta mungkin masih tidak bisa. Karena bukan dikelola oleh pemerintah secara langsung.

Untuk tahun ini, pendaftaran SNBP tersebut dibuka mulai pada 14 Februari 2023 dan ditutup pada tanggal 28 Maret 2023.  Nah jika kalian sudah melakukan pendaftaran SNBP itersebut. Maka selanjutnya silahkan kalian cek, untuk melihat apakah terpilih atau tidaknya.

Cara Melihat Pengumuman SNBP Tahun 2023

Cara Melihat Pengumuman SNBP Tahun 2023Setiap tahunnya, SNBP ini diadakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Tujuannya untuk memilih dan memasukkan pelajar yang baru lulus SMA untuk melanjutkan ke jenjang universitas atau perguruan tinggi. Tentunya jika terpilih sebagai siswa SNBP tersebut, maka secara langsung bisa masuk ke perguruan tinggi negeri sesuai yang diinginkan.

Dan semua biayanya ditanggung oleh pemerintah. Jadi, siswa tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Nah jikalau kalian ingin kuliah diluar negeri, maka persaingan untuk memperebutkan tiket gratis tentunya sangat ketat. Dan para siswa diharuskan untuk melakukan pelatihan serta kompetisi tingkat nasional dengan ratusan bahkan ribuan siswa lainnya dari seluruh Indonesia.

Untuk seleksi SNBP ini, setiap siswa diharuskan untuk mengikuti seluruh rangkaian tes. Beberapa diantaranya seperti tes kemampuan matematika, sains, bahasa Inggris, dan sebagainya. Bukan hanya itu saja, bagi kalian yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan seni pun juga akan di tes.

Contohnya seperti seni musik, seni tari, seni rupa terapan, serta sastra. Nah setelah berhasil melewati semua rangkaian tes tersebut. Pastinya kalian penasaran akan hasilnya, bukan? yakni apakah lulus tes atau justru sebailiknya. Dan untuk pengumuman hasil seleksi SNBP tersebut, akan berakhir beberapa hari lagi. Jadi, kalian harus segera cek nomor pendaftaran SNBP tersebut.

Baca Juga  Cara Cek Bantuan UMKM 2023 Syarat dan Ketentuan Agar Cair

Jadwal Pemberitahuan Hasil SNBP Tahun 2023

Jadwal Pemberitahuan Hasil SNBP Tahun 2023Untuk jadwal pemberitahuan atau pengumuman hasil SNBP tahun 2023 ini, akan dibuka pada tanggal 28 Maret tepatnya pukul 15:00 WIB. Nah untuk memudahkan para siswa dalam megetahui hasil pengumuman tersebut. Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) sendiri memberikan link atau tautan yang bisa diakses oleh semua siswa atau pendaftar tersebut.

Untuk melihat apakah nama kalian tertera lulus atau tidaknya, di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Terdapat 1 link utama dari 36 PTN lainnya. Maka dari itu bagi kalian yang sudah melakukan pendaftaran SNBP tahun 2023 tersebut, sekarang mungkin tidak sabar ingin mengetahui hasilnya.

Untuk pengumuman SNBP kali ini, kalian bisa langsung mengecek melalui laman resmi yang dibuat oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (KEMENDIKBUD). Jadi, kalian bisa langsung mengetahui hasilnya pada halaman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id/

Cara Cek Pendaftaran Nomor SNBP 2023

Cara Cek Pendaftaran Nomor SNBP 2023Setelah kalian mengakses halaman resmi yang diluncurkan oleh KEMENDIKBUD tersebut. Maka secara langsung kalian bisa mengetahui semua hasil seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Lalu, bagaimana cara cek SNBP 2023 tersebut?

Seperti yang diketahui, pengumuman hasil seleksi siswa yang lolos SNBP tersebut tentunya menjadi moment paling penting. Karena menyangkut masa depan dari siswa itu sendiri mengenai lolos atau tidaknya. Nah jika lolos, maka siswa tadi akan mendapatkan beasiswa dan masuk ke perguruan tinggi yang didaftarkannya. Begitu juga sebaliknya, jikalau tidak lolos maka harus melakukan pendaftaran ulang pada tahun yang akan datang berikutnya.

Nah teruntuk kalian para siswa yang ingin mengetahui hasil pengumuman SNBP tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dan salah satu cara yang seringkali dilakukan oleh mayoritas siswa yaitu dengan mengakses website atau situs resmi.

Jadi, pada situs resmi tersebut para siswa diwajibkan untuk mengisi formulir mengenai nomor peserta serta tanggal lahir. Setelah melengkapi data tersebut, maka secara langsung pada halaman tadi akan muncul hasil ujian atau seleksi yang telah kalian lakukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama, silahkan kalian buka browser atau mesin penelelusuran seperti google ataupun yang lainnya pada smartpone kalian
  • Lalu masuk ke halaman atau situs https://snpmb.bpp.kemendikbud.go.id/
  • Jika sudah masuk ke halaman utamanya, sekarang silahkan kalian klik di bagian “Portal SNPMB” yang terletak di sebelah kiri layar
  • Kemudian kalian klik Login dan masukan Email serta Kata Sandi
  • Secara langsung akan ada menu untuk mengetahui hasil pemilihan siswa yang lolos tersebut
  • Selesai dan selamat melakukan

Kurang lebih seperti itulah cara cek nomor pendaftaran SNBP tahun 2023. Jika nama kalian lolos, maka secara langsung akan muncul di halaman atau situs resmi tersebut. Namun jika nama kalian tertera tidak lolos. Maka jangan berkecil hati dan terus belajar untuk mendaftar kembali di tahun depan.

Baca Juga  Cara Daftar Bansos 2023 Secara Online Praktis Lewat HP

Link Pengumuman SNBP Tahun 2023

Link Pengumuman SNBP Tahun 2023Link pengumuman SNBP ini merupakan sebuah tautan atau website yang didalamnya berisikan tentang hasil ujian dari siswa-siswa yang lolos pendaftaran program Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) terbaru tahun 2023.

Untuk link seperti ini, biasanya dikembangkan secara langsung oleh Kemendikbud ataupun lembaga resmi lainnya yang berkaitan dengan program SNBP tersebut. Nah dengan adanya link ini, maka aka memudahkan bagi semua siswa yang telah melakukan pendaftaran program tersebut untuk mengecek hasil seleksi yang sudah dilakukan tersebut.

Untuk tahun ini, jadwal pengumuman hasil SNBP akan dijadwalkan pada Selasa, 28 Maret 2023. Lebih tepatnya pada pukul 15:00 WIB atau jam tiga sore. Sekarang, link tersebut sudah mulai menghitung munduh dan bisa diakses secara langsung untuk melihat hasil pengumuman SNBP 2023.

Nah selain yang sudah kami sampaikan diatas, sebenarnya masih ada beberapa link lainnya yang bisa kalian akses untuk melihat hasil pengumuman SNBP 2023 tersebut. Jadi, kalian tidak hanya bisa melihat pada satu link saja.

  • https://snbp.ipb.ac.id
  • https://snbp.isbi.ac.id
  • https://snbp.itb.ac.id
  • https://snbp.ut.ac.id
  • https://snbp.undiksha.ac.id
  • https://snbp.utu.ac.id
  • https://snbp.itk.ac.id
  • https://snbp.its.ac.id
  • https://snbp.ugm.ac.id
  • https://snbp.upnvj.ac.id
  • https://snbp.usk.ac.id
  • https://snbp.usu.ac.id
  • https://snbp.uho.ac.id
  • https://snbp.ui.ac.id
  • https://snbp.ulm.ac.id
  • https://snbp.unej.ac.id
  • https://snbp.unesa.ac.id
  • https://snbp.unhas.ac.id
  • https://snbp.unm.ac.id
  • https://snbp.unnes.ac.id
  • https://snbp.unp.ac.id

Untuk beberapa link yang sudah kami sediakan diatas, tentunya masih tertutup. Sehingga belum bisa untuk kalian akses. Jadi, beberapa link tersebut akan dibuka pada pukul 28 Maret 2023 di jam 15:00 WIB. Untuk setiap siswa yang telah lolos mengikuti SNBP ini, maka tidak akan bisa mengikuti seleksi lainnya SNBT ataupun SNMPTN.

Namun untuk mahasiswa yang sudah dikatakan lolos SNBP, maka akan tetap bisa mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tentunya dalam hal ini, kalian bisa koordinasi secara langsung mengenai jadwalnya sesuai yang ditentukan oleh kampus terkait yang kalian inginkan.

Tahapan Yang Harus Dilakukan Calon Mahasiswa Lolos SNBP 2023

Tahapan Yang Harus Dilakukan Calon Mahasiswa Lolos SNBP 2023Setelah siswa berhasil lolos dari seleksi SNBP 2023. Maka masih ada beberapa tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan. Lalu, apa sajakah tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa tersebut? berikut kami rangkum beberapa diantaranya :

1. Pahami Aturan Penerimaan Mawasiswa Baru PTN

Hal utama yang perlu dilakukan oleh calon mahasiswa yakni harus membaca dan memahami semua peraturan yang diberikan oleh perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut terhadap penerimaan calon mahasiswa baru. Caranya sangat mudah, kalian bisa mengunjungi halaman situs resmi dari PTN tujuan kalian tersebut.

2. Verifikasi File Atau Berkas

Setelah dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa sebagai penerima SNBP 2023. Maka selanjutnya siswa tersebut harus mengisi dan melengkapi data untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Biasanya siswa tersebut harus memverifikasi berkas-berkas yang berkaitan dengan raport, ijazah, portofolio, dan sebagainya.

Baca Juga  Cek Bansos Kemensos Online BST, BNPT, BLT BBM dan PKH

Pada tahap ini tentunya kalian harus sebisa mungin melengkapi semua berkas tersebut. Karena menjadi syarat utama untuk kalian masuk ke perguruan tinggi negeri. Jika berkas yang kalian verifikasi tersebut masih belum lengkap, tentunya akan sulit untuk masuk ke PTN tersebut.

3. Registrasi Ulang

Langkah berikutnya apabila siswa tersebut telah dinyatakan lolos seleksi SNBP 2023. Maka  diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang di setiap universitas atau perguruan tinggi negeri masing-masing yang diinginkan oleh calon mahasiswa itu sendiri.

Dalam hal ini, panitia pelaksanaan seleksi SNBP berulang kali memberikan pernyataan bahwa calon mahasiswa baru yang telah lolos seleksi. Maka diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang kembali pada setiap PTN yang ia inginkan.

Sebab jika calon mahasiswa tersebut, meskipun sudah dinyatakan lolos SNBP 2023 namun tidak melakuakn pendaftaran ulang di PTN yang dituju. Maka tidak akan bisa masuk ke PTN tersebut. Oleh karena itu, jika kalian lolos dalam mengikuti seleksi SNBP 2023, kalian harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Cek Nomor Pendaftaran SNBP 2023. Semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian. Kurang dan lebihnya mohon maaf, terimakasih dan terus ikuti website kami untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

FAQ

Apa Yang Dimaksud Dengan SNBP?
SNBP sendiri merupakan sebuah singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Prestasi. Jadi, apabila seorang siswa ingin melanjutkan ke perguran tinggi negeri (PTN) namun terkendala dengan biaya, maka bisa langsung mengajukan dan mendaftarkan diri dan mengikuti SNBP ini.

Kapan Pengumuman SNBP 2023?
Dari pemerintah sendiri, pengumuman hasil seleksi siswa yang lolos SNBP 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2023 di jam 15:00 WIB. Sebenenarnya untuk pembukaan pendaftaran SNBP ini dibuka sejak lama, yakni 14 Februari 2023. Akan tetapi mungkin masih banak siswa yahng belum mengetahui akan informasinya tersebut. Sehingga tidak sedikit dari siswa tersebut yang mendaftar pada pertenagahan bulan maret ini.

Bagaimana Cara Cek Nomor Pendaftaran SNBP 2023?
Cara cek nomor pendaftaran SNBP ini sebenarnya tidak begitu sulit. Kalian cukup dengan masuk ke halaman resmi kemendikbud atau beberapa link yang sudah kami sediakan diatas. Setelah itu, silahkan isi formulir yang disediakan. Jika sudah, maka secara langsung halaman akan menampilkan hasil seleksi siswa yang lolos SNBP tersebut. Bagaimana menurut kalian, sangat mudah bukan?

Baca juga beberapa informasi lainnya: