5 Contoh Surat Lamaran Kerja Baik dan Benar Agar Dilirik HRD

Balitteknologikaret.co.id – Surat lamaran kerja merupakan salah satu berkas yang penting dalam proses melamar pekerjaan. Untuk itu membuat surat lamaran kerja harus dengan teliti dan hati-hati. Surat lamaran kerja akan sangat berpengaruh besar dalam penilaian HRD.

Siapapun pasti ingin memiliki pekerjaan yang diimpikan. Memiliki posisi yang baik dan gaji yang tinggi merupakan impian hampir setiap orang. Untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, kamu harus melewati banyak sekali proses di dalamnya. Termasuk membuat surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja merupakan tahapan paling awal dalam melamar pekerjaan. Untuk itu seorang kandidat karyawan harus membuat surat lamaran kerja sebaik mungkin. Di artikel ini kami akan membahas tuntas tentang contoh surat lamaran kerja dan bagaimana cara menyusunnya.

Definisi Surat Lamaran Kerja

Definisi Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan surat atau berkas yang dibuat oleh seorang kandidat karyawan yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan tertentu. Surat lamaran kerja bisa ditulis tangan maupun diketik dan di print. Jika kamu mengirim surat lamaran kerja melalui online, kamu bisa mencetak file surat lamaran kerja dalam bentuk PDF.

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu berkas atau dokumen yang harus dilampirkan beserta dengan resume dan dokumen lampiran lainnya. Seperti ijazah, sertifikat, atau nilai akademik. Semua dokumen ini adalah dokumen-dokumen yang memiliki pengaruh penting dalam proses rekruitment pekerjaan.

Biasanya, surat lamaran kerja diletakkan di paling atas atau awal dokumen. Untuk itu pembuatan surat lamaran pekerjaan harus dengan hati-hati karena berkas ini adalah berkas yang paling pertama dilihat oleh HRD. Jika kamu membuat surat lamaran pekerjaan asal-asalan, maka kemungkinan besar HRD tidak akan mengecek berkasmu yang lain. Dengan demikian kecil kemungkinan kamu bisa lolos ke proses rekruitment selanjutnya.

Format Surat Lamaran Kerja

Format Surat Lamaran Kerja

Dalam menyusun surat lamaran kerja, kamu harus memperhatikan daftar komponen yang harus ada di dalam berkas ini. Pastikan komponen-komponen ini tidak kamu lupakan karena bisa mempengaruhi penilaian HRD. Berikut ini adalah komponen-komponen yang harus kamu cantumkan dalam menulis surat lamaran pekerjaan.

Penulisan surat lamaran kerja tergantung dari perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Jika perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan internasional dengan posisi sebagai eksporter staf, maka kamu wajib menuliskan surat lamaranmu dalam bahasa Inggris. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris juga bisa kamu tuliskan apabila info lowongan pekerjaan juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Lamaran pekerjaan akan lebih baik jika kamu kirimkan pada jam kerja. Jangan mengirimkan surat lamaran pekerjaan pada hari libur. Sebab, saat HRD membuka email lamaran pekerjaanmu, bisa jadi emailmu sudah tertimbun dengan email-email yang lain. Kamu bisa menyusun email lamaran pekerjaan lalu gunakan fitur penjadwalan pengiriman yang tersedia di Gmail.

Baca Juga  Lengkap Contoh Tinjauan Pustaka Proposal, Makalah, dan Penelitan

Surat lamaran pekerjaan yang kamu kirim melalui email lebih baik kamu ketik dan kamu cetak dalam bentuk PDF. Namun apabila kamu melamar pekerjaan secara offline, kamu bisa menuliskan surat lamaran pekerjaanmu dengan tangan.

1. Informasi Penerima

Pastikan kamu menuliskan informasi penerima pada bagian awal surat lamaran pekerjaan. Kamu bisa menuliskan kepada siapa surat tersebut ditujukan dan di mana lokasi perusahaan yang kamu lamar. Jika kamu tidak mengetahui lokasi penempatan, kamu bisa menuliskan ‘di tempat’.

2. Data Diri

Ketika menyusun surat lamaran pekerjaan, kamu harus menjelaskan siapa diri kamu dan memberikan data pribadi. Data pribadi tersebut meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan status perkawinan. Jangan lupa juga cantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon dan email.

3. Posisi Pekerjaan

Poin selanjutnya yang harus kamu cantumkan dalam surat lamaran pekerjaan adalah posisi yang ingin kamu lamar. Jangan sampai kamu salah menuliskan posisi yang kamu tuju. Selain itu perhatikan juga apakah posisi tersebut sedang membuka lowongan.

4. Skill Atau Kemampuan

Agar surat lamaran pekerjaanmu lebih menonjol di mata HRD, kamu juga harus mencantumkan skill apa yang kamu miliki. Namun pastikan skill tersebut masih relevan dengan posisi yang kamu inginkan. Pertimbangkan pula perusahaan di bidang apa yang sedang kamu lamar.

Contoh, jika kamu melamar sebagai staff administrasi di perusahaan retail, maka kamu harus menguasai aplikasi Microsoft. Jika perlu kamu juga harus menguasai aplikasi lainnya yang seringkali digunakan oleh perusahaan-perusahaan retail.

5. Lampiran Berkas

Sebagai kelengkapan, cantumkan juga berkas apa saja yang kamu kirim. Pastikan berkas tersebut sesuai dengan posisi yang kamu tuju. Jika kamu sedang melamar sebagai tutor bahasa Inggris, maka kamu bisa melampirkan sertifikat penghargaan di bidang bahasa Inggris. Kamu juga bisa melampirkan surat rekomendasi pengalaman kamu bekerja sebagai tutor bahasa Inggris.

Tips Menyusun Surat Lamaran Kerja

Tips Menyusun Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja harus dibuat dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin akan bisa membantumu dalam menyusun surat lamaran kerja yang benar.

Penulisan surat lamaran kerja tergantung dari perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Jika perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan internasional dengan posisi sebagai eksporter staf, maka kamu wajib menuliskan surat lamaranmu dalam bahasa Inggris. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris juga bisa kamu tuliskan apabila info lowongan pekerjaan juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Lamaran pekerjaan akan lebih baik jika kamu kirimkan pada jam kerja. Jangan mengirimkan surat lamaran pekerjaan pada hari libur. Sebab, saat HRD membuka email lamaran pekerjaanmu, bisa jadi emailmu sudah tertimbun dengan email-email yang lain. Kamu bisa menyusun email lamaran pekerjaan lalu gunakan fitur penjadwalan pengiriman yang tersedia di Gmail.

Surat lamaran pekerjaan yang kamu kirim melalui email lebih baik kamu ketik dan kamu cetak dalam bentuk PDF. Namun apabila kamu melamar pekerjaan secara offline, kamu bisa menuliskan surat lamaran pekerjaanmu dengan tangan.

Tips – Tips

  • Pastikan detail tanggal penulisan surat lamaran tersebut tidak jauh dari pengiriman berkas lamaran. Apabila tanggal yang kamu cantumkan terlalu jauh dari pengiriman berkas tersebut, kamu akan terlihat seperti seseorang yang suka menunda-nunda pekerjaan.
  • Perhatikan posisi dan perusahaan yang kamu. Jangan sampai kamu salah menuliskan posisi yang kamu lamar dan nama perusahaan tersebut. Jika kamu sampai salah menulis, maka kamu akan terkesan tidak teliti dan tidak menghargai posisi yang sedang kamu lamar.
  • Gunakan bahasa yang sopan namun padat dan jelas. Sampaikan keinginan kamu melamar di posisi yang kamu mau dan jelaskan data diri serta kemampuan apa yang kamu miliki. Jangan menulis surat lamaran pekerjaan dengan bahasa yang tidak baku atau bertele-tele.
  • Bila perlu, jelaskan juga skill apa yang kamu miliki. Pastikan skill tersebut masih selaras dengan bidang yang kamu lamar. Namun jangan memalsukan skill karena bisa jadi pada tes selanjutnya kamu diminta menunjukkan skill tersebut. Jika kamu gagal maka kamu akan terkesan payah dan tidak menguasai skill yang harus dimiliki posisi yang kamu lamar.
  • Perhatikan juga format penulisan surat lamaran pekerjaan. Jika kamu melamar ke perusahaan multinasional, maka sangat disarankan kamu melamar pekerjaan dalam bahasa Inggris. Akan tetapi jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan nasional, kamu bisa menyusunnya dalam bahasa Indonesia.
Baca Juga  Apa Itu Problem Solving, Tujuan, Penerapan, Tips dan Contoh

Berkas-Berkas Lampiran Surat Lamaran Kerja

Berkas-Berkas Lampiran Surat Lamaran Kerja

Ketika melamar pekerjaan, kamu harus melampirkan beberapa berkas pendamping surat lamaran kerja. Berkas-berkas tersebut juga sama pentingnya dengan surat lamaran pekerjaan. Berikut adalah berkas yang harus kamu lampirkan ketika kamu melamar kerja:

1. Curriculum Vitae (CV)

Selain surat lamaran pekerjaan, curriculum vitae merupakan berkas lain yang sangat penting. Bahkan bisa dibilang berkas ini adalah berkas yang paling menentukan apakah kamu akan diterima di pekerjaan yang kamu mau. Dalam menyusun CV, kamu harus mencantumkan data diri, riwayat pendidikan dan riwayat pekerjaan. Selain itu kamu juga perlu mencantumkan Kemampuan apa saja yang kamu miliki.

2. Pas Photo Terbaru

Tidak lupa kamu juga harus melampirkan pas foto terbaru. Usahakan foto yang kamu lampirkan adalah foto yang tidak terlalu kaku namun juga tidak terlalu santai. Pastikan foto tersebut terlihat profesional dan sopan. Pas foto terbaru umumnya adalah foto yang memperlihatkan bagian atas dada hingga kepala. Foto yang kamu lampirkan juga harus foto berwarna bukan foto hitam putih.

3. Identitas Diri

Berkas selanjutnya yang wajib kamu lampirkan adalah identitas diri. Kamu harus melantunkan fotocopy KTP. Jika kamu mengirim lamaran melalui email maka kamu bisa mengirimkan scan foto KTP mu. Pastikan hasil fotocopy atau hasil scan KTP tersebut terlihat jelas dan tidak buram.

4. Ijazah Dan Sertifikat

Dokumen penting lainnya yang harus kamu lampirkan dalam melamar pekerjaan adalah ijazah pendidikan terakhir. Jika perlu, kamu juga bisa melampirkan sertifikat yang masih terkait dengan posisi yang kamu lamar. Ijazah dan sertifikat tersebut merupakan poin tambahan yang bisa menentukan apakah kamu akan lolos ke tahap seleksi selanjutnya. Dengan ijazah dan sertifikat, HRD bisa melihat apakah riwayat pendidikan mu cocok dengan posisi yang kamu lamar.

5. Surat Rekomendasi

Jika kamu sudah pernah bekerja di tempat lain sebelumnya, kamu bisa meminta surat rekomendasi dari HRD tempat kamu bekerja di perusahaan tersebut. Pada intinya surat rekomendasi berisi tentang alasan mengapa perusahaan perlu menerima kamu. Surat rekomendasi tersebut akan menjelaskan bagaimana performa mu sebagai karyawan.

6. SKCK

SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian biasanya dibutuhkan apabila perusahaan meminta dokumen ini. Surat keterangan catatan kepolisian bisa kamu urus di kantor kepolisian. Surat keterangan ini menjelaskan bahwa kamu tidak pernah memiliki catatan buruk sebagai warga sipil. Berkas ini akan memberikan keterangan bahwa kamu tidak pernah melanggar hukum.

Baca Juga  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Sopan dan Santun

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Indonesia

Malang, 21 Desember 2023

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth.

HRD Manager PT MNC Kabel Vision

Jl. Mondoroko Raya No 105, Singosari, Malang.

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang dimuat di akun instagram @/lokermalang, PT MNC Kabel Vision sedang membuka lowongan untuk posisi Quality Control. Melalui surat lamaran pekerjaan ini saya bermaksud melamar posisi tersebut

Berikut adalah data diri saya:

Nama: Nurul Istonik

Tempat, dan tanggal lahir: Malang, 18 Juni 1992

Jenis kelamin: Perempuan

Alamat: Jln. Irian Jaya Selatan IV

Pendidikan terakhir: S1 Teknik Mesin, Universitas Terbuka

Email: niiiistonik@gmail.com

Nomor HP: 0888123547290

Saya memiliki mampu beradaptasi dengan lingkungan baru. Saya juga mahir mengoperasikan sistem CRM dan mengecek komponen hardware. Sebagai pendukung, saya juga melampirkan sertifikat kemampuan di bidang yang saya lamar.

Berikut dokumen pendukung lainnya:

Daftar Riwayat Hidup
Scan/fotokopi KTP
Scan/fotokopi Ijazah
SKCK
Surat Rekomendasi
Pas Foto terbaru

Surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya bersedia bertanggung jawab atas surat yang saya susun ini. Besar harapan saya agar bisa diterima di perusahaan yang bapak pimpin.

Atas perhatian yang sudah diberikan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Nurul Istonik

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Dear (HRD PT…),

I am writing to apply for the (posisi yang akan dilamar) position at (nama perusahaan). Here is a brief introduction about myself:

Name:
Place and date of Birth:
Addres:
Email:
No Phone:
Gender:
Education:

With my experience in (pengalaman pekerjaan), I am confident that I would be a great asset to your team. I have a proven track record of success in (pengalaman pekerjaan), having worked for (perusahaan sebelumnya) for (lama bekerja). I am also well-versed in (soft-skill), and have experience in (teknikal skill) and (teknikal skill).

Thus, I am excited to bring my skills and experience to (nama perusahaan), and I am confident that I would be a great addition to the team. I am always available to discuss about my qualifications further and look forward to hearing good news from you.

FAQ

Dalam Menyusun Surat Lamaran Kerja, Lebih Baik Ditulis Dalam Bahasa Inggris Atau Bahasa Indonesia?

Penulisan surat lamaran kerja tergantung dari perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Jika perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan internasional dengan posisi sebagai eksporter staf, maka kamu wajib menuliskan surat lamaranmu dalam bahasa Inggris. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris juga bisa kamu tuliskan apabila info lowongan pekerjaan juga ditulis dalam bahasa Inggris.

Jika Saya Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Email, Apakah Ada Jam-Jam Tertentu Di Mana Saya Ya Harus Mengirimkan Email Tersebut?

Lamaran pekerjaan akan lebih baik jika kamu kirimkan pada jam kerja. Jangan mengirimkan surat lamaran pekerjaan pada hari libur. Sebab, saat HRD membuka email lamaran pekerjaanmu, bisa jadi emailmu sudah tertimbun dengan email-email yang lain. Kamu bisa menyusun email lamaran pekerjaan lalu gunakan fitur penjadwalan pengiriman yang tersedia di Gmail.

Apakah Lebih Baik Jika Saya Mengirimkan Surat Lamaran Pekerjaan Yang Ditulis Tangan Daripada Diketik?

Surat lamaran pekerjaan yang kamu kirim melalui email lebih baik kamu ketik dan kamu cetak dalam bentuk PDF. Namun apabila kamu melamar pekerjaan secara offline, kamu bisa menuliskan surat lamaran pekerjaanmu dengan tangan.

Akhir Kata

Surat lamaran kerja adalah berkas paling penting dalam seleksi administrasi lowongan pekerjaan. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan seperti data diri, nama perusahaan dan posisi, dan bahasa penulisan. Kamu bisa mencari referensi penulisan lamaran pekerjaan di internet. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan dokumen kelengkapan lainnya.

Jangan lupa untuk simak artikel berikut ini untuk ketahui seputar dunia kerja lainnya :