Cara Cek Bantuan UMKM 2023 Syarat dan Ketentuan Agar Cair

Balitteknologilaret.co.id – Cara Cek Bantuan UMKM sedang banyak dicari oleh warganet yang sudah mengajukan bantuan untuk usaha kelas menengah ini. Sejak pandemi covid, pemerintah memberikan banyak bantuan kepada masyarakat demi untuk menyokong ekonomi negara. Salah satunya adalah bantuan UMKM yang ditujukan untuk industri kelas menengah di Indonesia.

Dengan adanya bantuan ini, pemerintah berharap industri UMKM bisa terus berjalan meskipun dengan kondisi covid yang memprihatinkan. Kondisi covid memang mampu menghancurkan ekonomi banyak negara di dunia. Sehingga pemerintah berinisiatif untuk memberikan bantuan kepada industri kecil agar bisa terus bertahan di tengah pandemi.

Menurut penelitian, sektor UMKM adalah salah satu sektor yang menyumbangkan banyak PDB di Indonesia. Meskipun kekuatan ekspor Indonesia masih belum terlalu kuat, namun dengan adanya sektor UMKM yang bermunculan terutama ketika pandemi, Indonesia mampu bertahan dibandingkan dengan negara lain.

Apakah UMKM Itu Dan Bagaimana Perannya Terhadap Ekonomi Negara?

Apakah UMKM Itu Dan Bagaimana Perannya Terhadap Ekonomi Negara

UMKM sendiri adalah adalah singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. UMKM memiliki peran yang sangat besar pada pertumbuhan perekonomian negara kita. Kontribusi UMKM di Indonesia mencapai 60,5% terhadap total PDB serta juga menyerap tenaga kerja sebesar 96.9% dari total penyerapan pada tenaga kerja nasional.

Saat pandemi covid terjadi, banyak negara yang mengalami penurunan drastis secara ekonomi. Terutama negara yang bergantung pada sektor ekonomi ekspor dan impor. Keterbatasan kontainer membuat banyak negara mengalami kerugian besar karena terhalangnya supply and demand.

Namun beruntung sekali Indonesia bisa bertahan dari adanya serangan covid yang membuat banyak negara mengalami kerugian. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki kekuatan di bidang UMKM.

Apalagi sejak pandemi covid menyerang negara ini, banyak sekali karyawan perusahaan besar yang di PHK secara massal. Demi bertahan hidup, karyawan-karyawan yang sudah di-PHK tersebut membuka usaha baik secara offline ataupun online.

Sejak pandemi, penjual di Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia mengalami lonjakan besar yaitu lebih dari 3 juta penjual baru. Dengan banyaknya UMKM yang muncul sejak pandemi, hal ini juga membantu industri ekspedisi untuk tetap beroperasi.

Penjelasan Tentang BLT UMKM

Penjelasan Tentang BLT UMKM

Dengan perkembangan UMKM yang sangat pesat di Indonesia, pemerintah akhirnya berinisiatif untuk memberikan bantuan kepada para UMKM. Bantuan tersebut bertujuan agar industri UMKM tetap berjalan meskipun pandemi covid ini mampu memporak-porandakan banyak negara di dunia.

Bantuan UMKM atau yang biasa disebut dengan BLT UMKM adalah bantuan langsung tunai yang diperuntukkan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah. Dengan adanya bantuan ini, pemerintah berharap UMKM tetap bisa menjaga kestabilan di tengah pandemi atau pasca pandemi. Bantuan atau bltumkm ini juga akan didapatkan oleh sopir ojek online dan nelayan.

Baca Juga  Cek Bansos Kemensos Online BST, BNPT, BLT BBM dan PKH

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Untuk Mendapatkan BLT UMKM

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Untuk Mendapatkan BLT UMKM

Semua UMKM bisa mengajukan dan cek bantuan UMKM ini asalkan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah. Syarat-syarat mengajukan dan cek bantuan UMKM tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pendaftar atau calon penerima BLT harus warga negara Indonesia atau WNI.
  • Calon penerima BLT juga harus memiliki KTP atau kartu identitas penduduk.
  • Calon penerima BLT juga harus membuktikan bahwa ia benar-benar pelaku usaha mikro dengan cara melampirkan surat usulan calon penerima BPUM dan pengusul BPUM.
  • Penerima BLT bukanlah pegawai PNS, BUMN, dan TNI/Polri.
  • Pendaftar bukanlah UMKM yang sudah menerima kredit atau pembiayaan KUR.
  • Apabila KTP dan domisili usaha memiliki wilayah yang berbeda, maka dapat melampirkan SKU (Surat Keterangan Usaha).

Cara Mendaftar Bantuan UMKM

Cara Mendaftar Bantuan UMKM

Setelah kamu memastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan untuk mendaftar BLT UMKM, kamu bisa mulai mendaftar dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Ajukan permohonan untuk pendaftaran dan cek bantuan UMKM ke dinas koperasi setempat untuk bisa mendapatkan surat rekomendasi.
  2. Lengkapi surat dokumen identitas yang meliputi NIK, nama lengkap, nomor KK, alamat, telepon, dan juga nomor usaha.
  3. Kemudian dinas koperasi dan UMKM akan memverifikasi dokumen tersebut.
  4. Selanjutnya, kamu bisa memantau status penerimaan dan cek bantuan UMKM pada situs yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Cek Bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM

Setelah kamu mendaftar sebagai calon penerima bantuan UMKM di dinas koperasi, kamu bisa memantau status tersebut dengan cara cek bantuan UMKM dengan melalui langkah berikut ini:

  1. Akses situs berikut:
    Nama Situs EFORM BRI
    Link Disini
  2. Kamu bisa mengakses situs cek bantuan UMKM ini melalui browser di ponsel ataupun laptop.
  3. Kemudian masukkan nomor induk kependudukan pada kolom yang sudah disediakan.
  4. Masukkan kode verifikasi atau captcha yang diminta.
  5. Klik opsi Proses Inquiry kemudian tunggu hingga prosesnya selesai.
  6. Setelah itu, kamu akan melihat notifikasi apakah kamu terdaftar sebagai UMKM yang berhak menerima BLT atau tidak.
  7. Pada halaman tersebut juga disediakan menu yang bisa digunakan untuk reservasi pencairan bantuan UMKM.
  8. Langkah terakhir adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan dan membawanya ke kantor BRI untuk keperluan pencairan bantuan UMKM.

Mungkin bagi beberapa orang, proses ini terdengar cukup rumit. Ketika sudah dijalankan, sebenarnya proses pengajuan cek bantuan UMKM cukup mudah. Jika proses yang kamu jalankan selesai, kamu bisa menggunakan cara di atas untuk cara cek bantuan UMKM.

Siapakah Pengusul Itu?

Salah satu syarat yang diperlukan untuk mendaftar bantuan UMKM adalah dokumen bukti dari pengaju bantuan dan pengusul. Tanpa pengusul, kamu tidak akan bisa mendapatkan bantuan UMKM, alih-alih mencari cara cek bantuan UMKM. Lalu siapakah pengusul itu? Berikut adalah beberapa pihak yang bisa berperan sebagai pengusul:

  • Kementerian atau lembaga perdagangan.
  • Dinas koperasi dan UMKM provinsi atau kabupaten.
  • Koperasi yang sudah disahkan dan berstatus sebagai badan hukum.
  • Perusahaan pembiayaan atau perbankan yang sudah terdaftar di OJK.
  • Lembaga yang berperan sebagai penyalur kredit UMKM yang berasal dari pemerintah.
Baca Juga  Cara Cek Saldo BRI Lewat HP via Aplikasi, Online dan Lainnya

Cara Mendaftar UMKM Resmi

Setelah itu pengusul akan mendata dan mendaftar bantuan UMKM. Musuh tersebut juga harus bertanggung jawab kepada calon penerima BLT UMKM yang diusulkan. Untuk mendaftar sebagai UMKM resmi, berikut adalah tata caranya:

  1. Masuk ke situs OSS
    Nama Situs OSS
    Link Disini
  2. Kemudian pilih perizinan berusaha dan perorangan.
  3. Kemudian klik pendaftaran NIB Perseorangan Mikro jika usahamu merupakan usaha mikro. Namun jika usahamu adalah usaha kecil, apakah kamu bisa memilih opsi Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil.
  4. Kemudian pada menu data profil, lengkapi formulir yang disediakan. Kemudian klik simpan lalu lanjutkan.
  5. Pada bagian Formulir Data Usaha, selanjutnya kamu harus klik opsi Tambah Usaha.
  6. Isilah data yang dibutuhkan kemudian simpan dan klik opsi selanjutnya.
  7. Jika kamu memiliki usaha lebih dari satu, kamu bisa mengklik opsi Tambah Usaha dan klik selanjutnya.
  8. Setelah melengkapi data NIB dan juga data izin usaha, kamu bisa meninjau kembali draft tersebut di Draft NIB dan Izin Usaha. Jika sudah, klik centang pada kotak disclaimer dan klik proses NIB.
  9. Kamu bisa mencetak dokumen NIB yang dikirimkan melalui email atau melalui preview izin usaha kode QR.

Jika kamu sudah memenuhi semua langkah-langkah di atas, kamu bisa mulai memproses izin komersial. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurus izin komersial untuk bantuan UMKM.

  1. Klik menu permohonan, kemudian klik IUMK, dan klik Izin Komersial.
  2. Pilihlah nomor NIB-mu dan selanjutnya klik pilih NIB.
  3. Lalu setelah daftar kegiatan sudah muncul, pilihlah Pilih Kegiatan Usaha.
  4. Klik Izin Komersial.
  5. Lengkapilah semua data yang diperlukan, kemudian klik lanjut dan simpan.
  6. Jika kamu ingin melihat draft Izin Komersial, kamu bisa mengklik Preview Izin. Lalu lanjut dan simpan.
  7. Klik pada opsi Preview Izin Komersial Output Izin Komersial. Proses pun sudah selesai.

Daftar Bantuan Pemerintah Selama Pandemi

Selama pandemi covid berlangsung, pemerintah memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat Indonesia. Termasuk bantuan UMKM, pra kerja, diskon token, subsidi kuota belajar, BLT tunai, dan juga subsidi gaji.

Setelah kami menjelaskan tentang apakah dan bagaimana cara cek bantuan UMKM di atas. Kamu bisa mengetahui definisi dari bantuan dari pemerintah yang lain sebagai berikut.

1. Prakerja

Bantuan prakerja ini diberikan kepada mereka yang kehilangan pekerjaan karena terdampak pandemi. Para penerima bantuan prakerja akan menerima bantuan tunai sebesar 2.4 juta rupiah yang diberikan selama 4 bulan berturut-turut atau 600.000 setiap bulan.

Tidak hanya menerima bantuan uang tunai, namun peserta prakerja juga akan mendapatkan kursus untuk meningkatkan skill. Pemerintah bekerja sama dengan lembaga yang menyediakan kursus online. Peserta pekerja akan diberikan saldo kursus online yang bisa digunakan untuk belajar ke lembaga-lembaga tersebut.

Baca Juga  Cara Daftar Bansos 2023 Secara Online Praktis Lewat HP

2. Diskon Token

Pemerintah juga memberikan subsidi potongan biaya listrik bagi pengguna listrik golongan rumah tangga. Pemerintah memberikan diskon sebesar 50% bagi pengguna daya 450 VA. Kemudian untuk pengguna daya 900 VA, pemerintah akan memberikan diskon sebesar 25%.

3. Subsidi Kuota Internet Untuk Kebutuhan Belajar

Selama pandemi berlangsung, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Untuk mendukung kegiatan tersebut, perintah memberikan bantuan kuota internet kepada pelajar. Besaran kuota internet yang diberikan tergantung kepada tingkat pendidikan dari pelajar tersebut. Tidak hanya kepada pelajar, tapi pemerintah juga memberikan bantuan kuota internet kepada tenaga pendidik. Kuota internet yang diberikan adalah sebesar 7-15 GB.

4. BSU atau BLT Gaji

Pemerintah juga memberikan bantuan subsidi upah atau yang biasa disebut dengan bsu kepada tenaga kerja di Indonesia yang memiliki gaji di bawah 3,5 juta rupiah. Bantuan tersebut diberikan dengan nominal sebesar 1 juta yang dibagi selama 2 periode. Namun bantuan ini hanya diberikan kepada para pekerja yang sudah terdaftar ke BPJS ketenagakerjaan.

5. Bansos Tunai

Pemerintah juga memberikan bansos atau bantuan sosial uang tunai kepada masyarakat yang terdampak PPKM akibat pandemi. Bantuan ini diberikan kepada 10 juta keluarga di 34 provinsi di Indonesia.

6. Kartu Sembako

Bagi penerima program beras bulog atau kartu sembako, akan mendapatkan bantuan sebesar 200.000 setiap bulan. Tersebut diberikan kepada 18,8 juta keluarga atau kurang lebih 75 orang. Bantuan ini berupa 10 kilo beras bulog kepada warga yang memegang kartu sembako.

Untuk persiapan bantuan ini, pemerintah mengadakan sekitar 250 ton beras. Pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar 3,58 triliun rupiah.

FAQ

Bagaimana Cara Cek Bantuan UMKM?

Kamu bisa mengecek bantuan UMKM dengan mengakses situs yang sudah kami cantumkan di atas. Kemudian kamu bisa mengakses situs cek bantuan UMKM ini lewat Browser di laptop atau ponselmu. Kamu hanya perlu menyiapkan nik atau nomor induk kependudukan dan ikuti langkah-langkah yang sudah kami sarankan di atas.

Mengapa Saya Tidak Bisa Akses Situs Cek Bantuan UMKM?

Bisa jadi ada gangguan pada situs karena terlalu banyak pengguna yang sedang mengakses situs tersebut. Kamu juga bisa mengecek kecepatan internet di lokasimu. Masih tidak bisa, cobalah lagi beberapa saat kemudian.

Apakah Saya Bisa Cek Bantuan UMKM Milik Orang Lain?

Bisa. Selama kamu memiliki nomor KTP atau nik dari orang tersebut, kamu bisa cek bantuan UMKM yang diterima orang tersebut. Kamu juga bisa mengetahui apakah orang tersebut berhak menerima bantuan UMKM atau tidak.

Apakah Ada Syarat Tertentu Untuk Cek Bantuan UMKM?

Untuk bisa cek bantuan UMKM, kamu hanya memerlukan nomor induk kependudukan. Namun untuk bisa mengajukan bantuan UMKM, kamu harus memenuhi kriteria yang diperlukan dalam melengkapi dokumen-dokumen tertentu.

Akhir Kata

Cara cek bantuan UMKM cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke situs yang disediakan oleh bank BRI. Untuk langkah-langkah cek bantuan UMKM, kamu bisa menggunakan langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas. Namun tentu saja, sebelum kamu cek bantuan UMKM, kamu harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Simak artikel menarik dari kami lainnya berikut di bawah ini yaa :