Daftar Layanan Pengaduan IndiHome dan Cara Pelaporannya

Sebagai pelanggan IndiHome, mungkin di beberapa kesempatan kamu mengalami kendala yang tidak terduga. Mulai dari koneksi yang tiba-tiba terputus atau jaringan tidak berjalan sama sekali. Dalam hal ini setiap pelanggan bisa mengajukan pengaduan IndiHome untuk menyampaikan kendala yang dialami.

Sebagai layanan internet besar yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, tentunya IndiHome menyediakan layanan untuk menampung laporan dari para pelanggan. Menariknya, pelanggan IndiHome diberikan banyak alternatif untuk bisa menyampaikan pengaduan yang dialami.

Kamu bisa langsung menghubungi nomor CS, mengirim pesan di media sosial resmi IndiHome, hingga mengajukan pengaduan melalui aplikasi MyIndiHome. Untuk langkah-langkah detailnya, tetap simak ulasan berikut sampai akhir, ya!

Berbagai Alternatif Layanan Pengaduan IndiHome

Berbagai-Alternatif-Layanan-Pengaduan-IndiHome

Seperti layanan besar lain, IndiHome juga menyediakan layanan pengaduan yang bisa dihubungi oleh pelanggan saat mengalami kendala tertentu. Jika kamu sedang mengalami kendala atau masalah dalam penggunaan IndiHome, maka cobalah salah satu alternatif berikut ini:

1. Menghubungi No CS IndiHome

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengajukan pengaduan ke Indihome adalah dengan menghubungi call center IndiHome. Cara ini bisa dibilang adalah cara yang paling cepat dan efektif jika kamu benar-benar dalam kondisi genting.

Pasalnya pelanggan langsung bisa menghubungi customer service dan menyampaikan pengaduan secara langsung. Hanya saja karena layanan dilakukan dalam bentuk telepon maka pelanggan juga harus menyiapkan pulsa terlebih dahulu sebelum menghubungi call center.

Adapun untuk cara pengaduan melalui customer service kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sebelumnya, pastikan ponsel yang akan digunakan telah memiliki pulsa yang cukup, atau kamu juga bisa membeli paket nelpon terlebih dahulu
  • Buka menu panggilan dial yang ada di ponsel
  • Ketikkan dial 147 dan tekan tombol panggil
  • Tunggu beberapa saat hingga terdapat sapaan dari operator, lanjutkan dengan menekan angka 1 (Bahasa Indonesia) atau angka 2 (Bahasa Inggris)
  • Setelah memilih bahasa yang diinginkan, lanjutkan dengan menekan angka 2 untuk memasuki layanan permasalahan IndiHome
  • Selanjutnya tekan angka 1 lagi jika kamu merupakan pelanggan IndiHome, adapun angka 2 adalah untuk layanan pelanggan Telkom lainnya seperti astinet dan sebagainya
  • Tunggu hingga customer service menanggapi panggilan kamu
  • Jelaskan pengaduan yang ingin disampaikan
  • Untuk pembayaran tagihan, jangan lupa untuk turut serta menyebutkan nomor id pelanggan

2. Mengirim Pesan di Twitter dan Facebook

Malas mengisi pulsa atau paket nelpon tapi ingin segera melakukan pengaduan IndiHome? Tenang saja, karena IndiHome memiliki akun media sosial resmi yang bisa kamu jadikan media perantara untuk menyampaikan keluhan yang dimiliki.

Untuk bisa melaporkan gangguan IndiHome melalui media sosial resminya cukup lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Twitter atau Facebook yang kamu miliki
  • Masuklah ke pencarian dengan mengetuk ikon ‘search’ untuk mencari akun resmi IndiHome
  • Pada kolom pencarian aplikasi, ketikkan ‘indihome’ atau ‘indihomecare’ untuk Twitter, dan ketikkan ‘indihomecare’ untuk Facebook
  • Follow akun Facebook atau Twitter resmi milik IndiHome
  • Ketuk menu ‘pesan’ atau ‘message’ untuk mengirim pesan kepada IndiHome
  • Setelah memasuki ruang obrolan, ketikkan pesan keluhan yang ingin diadukan
  • Jangan lupa untuk mencantumkan informasi nomor langganan IndiHome kamu agar pihak terkait bisa menangani masalah dengan lebih efisien
  • Sertakan juga nomor HP aktif untuk memudahkan pihak terkait jika perlu menghubungi kamu
  • Apabila memiliki bukti atas kendala yang dialami, sertakan bukti kendala tersebut lengkap dengan alamat kamu
  • Cek kembali pesan tersebut dan pastikan tidak ada salah ketik, kemudian klik tombol ‘kirim’ atau ‘send’ dan pesan akan terkirim secara otomatis
  • Pesan akan diproses minimal 6 jam serta maksimal 3×24 jam waktu kerja sesuai dengan kondisi hingga pihak terkait membalas pesanmu atau mengirimkan teknisi ke lokasi pengaduan

3. Mengirim Pesan Ke Email Resmi IndiHome

Alternatif selanjutnya yang bisa dicoba untuk pengaduan ke IndiHome bebas pulsa adalah dengan mengirim pesan ke alamat email resmi milik telkom. Namun cara ini akan membutuhkan waktu sedikit lama karena alamat email yang dituju adalah pihak telkom, bukan IndiHome langsung.

Untuk mengirim pesan pengaduan ke Indihome melalui email, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Gmail yang kamu miliki
  • Ketuk ikon ‘tulis’ atau ‘write’ dengan gambar pensil yang ada di sebelah kanan bawah halaman
  • Tuliskan customercare@telkom.co.id pada kolom ‘kepada’ atau ‘to’
  • Pada kolom ‘subjek’ tuliskan inti keluhan yang akan kamu adukan
  • Selanjutnya tulis langganan IndiHome, no. HP aktif, alamat, dan bukti kendala pada kolom bertuliskan ‘tulis email’
  • Jika semua sudah benar dan tidak ada salah ketik, ketuk tombol ‘kirim’ atau ‘send’ berbentuk pesawat kertas segitiga yang ada di sebelah kanan atas halaman
  • Selesai, pesan kamu akan segera diproses oleh pihak terkait

4. Mengirim Pengaduan Melalui Aplikasi MyIndiHome

Jika kamu adalah pengguna yang telah lama registrasi di aplikasi MyIndiHome agar bisa mendapat poin benefit, aplikasi ini ternyata juga memiliki fitur layanan pengaduan. Apabila tertarik melakukan pengaduan IndiHome melalui aplikasi ini, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MyIndiHome dan pastikan kamu telah meregistrasikan akun yang dimiliki sebelumnya
  • Pilih opsi ‘Bantuan’ dan lanjutkan dengan memilih ‘Indira’ atau ‘Indita’
  • Ketikkan keluhan yang ingin disampaikan
  • Jangan lupa untuk turut mencantumkan langganan IndiHome, alamat lengkap, bukti kendala, dan no. HP aktif
  • Setelah memastikan semua data serta pesan yang akan dikirim benar dan sesuai, klik tombol ‘kirim’
  • Selesai, pesan kamu akan direspon oleh pihak IndiHome selambat-lambatnya 3×24 jam waktu kerja

Fungsi Layanan Pengaduan IndiHome

Fungsi-Layanan-Pengaduan-IndiHome

Sedang mengalami kendala namun ragu-ragu untuk melaporkannya ke pihak IndiHome? Pemikiran seperti ini sebenarnya juga tidak sepenuhnya salah karena memang ada beberapa masalah yang mungkin bisa diselesaikan sendiri tanpa harus repot menghubungi IndiHome.

Agar tidak merasa ragu-ragu lagi, inilah berbagai fungsi layanan pengaduan dari IndiHome yang harus kamu ketahui:

1. Mengajukan Komplain

Sesuai dengan namanya layanan pengaduan dari IndiHome bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan komplain. Namun tentu tetap pastikan bahwa komplain yang diajukan memang berdasar dan murni karena kesalahan layanan.

Beberapa komplain yang biasa diajukan di antaranya karena koneksi terputus tiba-tiba, jaringan yang sangat lemot hingga berhari-hari, dan semacamnya. Kamu juga bisa mengajukan komplain jika merasa telah membeli paket tertentu, namun paket tersebut tidak kunjung aktif atau tidak bisa digunakan.

2. Cek Tagihan

Tidak hanya mengajukan pengaduan saja, kamu juga bisa menggunakan layanan pesan dari IndiHome untuk mengecek tagihan yang harus dibayar. Pasalnya tidak sedikit pelanggan yang terlupa dengan jumlah yang harus dibayar karena memang baru menggunakan IndiHome atau baru mencoba paket tertentu.

3. Upgrade Kecepatan Internet

Jika merasa speed IndiHome yang dipesan ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, setiap pelanggan bisa menghubungi layanan IndiHome untuk upgrade kecepatan internet. Namun seiring dengan itu, pelanggan juga harus menyetujui biaya yang mungkin akan semakin mahal seiring dengan bertambahnya kecepatan.

Kamu bisa memilih salah satu dari berbagai alternatif pengaduan IndiHome di atas untuk mengajukan komplain atau sekadar mengecek tagihan yang harus dibayar. Dalam hal ini jangan lupa untuk menyiapkan no. langganan, bukti kendala, serta alamat lengkap kamu agar masalah bisa ditangani dengan efektif.

Baca Juga: