Ini Harga dan Spesifikasi Resmi Samsung A34 5G di Indonesia

 

Balitteknologikaret.co.id – Samsung A34 memang sekarang ini sudah resmi rilis di negara kita tercinta ini. Dimana Samsung A34 sendiri merupakan terusan dari yang versi sebelumnya yaitu Samsung A33 varian 5G juga di kelas mid range atau kelas menengah.

Tetapi, meskipun yang hadir kali ini kelasnya menengah, desain yang diberikan sangat serupa dengan versi flagshipnya yakni Galaxy S23. Tentunya hal ini menambah daya tariknya sehingga orang orang pun ingin membelinya karena terlihat mirip.

Nah karena itu disini kami akan membahas semua tentang Samsung A34 yang baru rilis ini. Mulai dari variannya sampai ke spesifikasi ponselnya agar kamu bisa tahu sebelum membelinya. Kalau begitu, silahkan simak artikel ini sampai habis agar paham.

Kelebihan Samsung A34 5G

Kelebihan Samsung A34 5G

Untuk kategori ponsel kelas tengah atau mid range pastinya aman sekali untuk mayoritas orang. Tetapi ternyata dari samsungnya sendiri menambahkan banyak kelebihan untuk Samsung A34 yang satu ini.

1. Desain Minimalis

Untuk penampilan dari Samsung A34 sendiri sekarang ini sudah terlihat minimalis sekali. Sebelumnya untuk varian Samsung A33 pada modul kameranya ada sudut yang lembut sehingga masih terlihat timbul pada bagian belakangnya.

Keseluruhan kamera di belakang dibiarkan seperti itu pada sisi kiri bagian atas di bodi belakangnya. Sehingga ketika dilihat dari dekat ada tonjolan dari kamera dan lensanya yang sangat terlihat.

Nah kalau pada Samsung A34 nya sekarang sudah full rata dan hanya menyisakan kamera saja yang menonjol. Sehingga untuk desain yang kali ini Samsung A34 terlihat mirip sekali dengan Samsung S23 series.

Kalau kamu melihatnya dari kejauhan, pasti tidak akan menyadari apa yang membedakannya karena semirip itu dengan versi flagshipnya. Bedanya, kalau pada versi flagship bodynya berbahan metal sedangkan untuk Galaxy A34 nya menggunakan plastik.

Meskipun untuk penutup bagian belakangnya sangat rata, Untuk bagian sisi rangkanya tetap dibiarkan melangkung. Keputusan dari Samsung ini pun perlu diberi apresiasi karena untuk desain rangka yang melengkung memang membuat rasa ketika menggenggam jauh lebih terasa nyaman dibandingkan rata.

Lalu untuk bagian depannya sendiri terdapat layar dengan cekungan huruf U dimana menjadi tempat untuk kamera depannya. Jadi lebih mirip seperti tompel pada ponsel karena hanya terlihat sedikit.

Baca Juga  Spesifikasi Redmi 12C Harga Murah Sejutaan Menang Banyak

Hal ini juga berguna untuk kamu yang senang memakai tempered glass. Karena kamu akan dengan lebih mudah mencarinya dibanding yang memiliki notch lebih besar. Tetapi kalau kamu tidak ingin untuk memakaikannya tempered glass juga tak apa.

Karena untuk layar dari Samsung A34 sendiri sudah memakai Gorila Glass 5. Ketahanan kaca ini sangat kuat ketika terjatuh atau terbentur. Tetapi beda kalau kacanya terkeda pukulan benda runcing dengan sangat keras maka tetap akan hancur.

2. Layar Super Amoled

Sekarang ini samsung meningkatkan untuk ukuran layarnya dari yang awalnya 6,4 pada Samsung A33, menjadi 6,6 di Samsung A34. Sehingga perasaan untuk menggenggamnya lebih besar lagi dan mungkin terasa lebih nyaman.

Kemudian panel yang dipakainya tetap menggunakan Super AMOLED yang membuat warnanya tetap cemerlang. Pada saat kondisi ponsel menampilkan warna hitam, di bagian yang hitam tersebut layarnya benar benar mati sehingga kamu lebih menghemat bateraimu.

Untuk resolusinya sendiri yakni Full HD+ dengan ukuran 1080 x 2400 px. Yang lebih keren lagi adalah untuk refresh ratenya sendiri mengikuti flagshipnya yaitu 120 Hz dan kecerahannya sampai angka 1000 nits. Tentu saja kualitasnya sudah tidak perlu kamu ragukan lagi.

Untuk ketajaman warnanya sendiri pastinya didapat dari resolusi layar yang tinggi. Untuk refresh ratenya yang 120 Hz itu tentunya adalah peningkatan dari varian sebelumnya. Dimana pada Samsung A33 hanya menggunakan 90 Hz untuk refresh ratenya.

Untuk refresh ratenya yang 120 Hz tentunya akan meningkatkan pengalaman dalam menggunakan ponsel. Ketika kamu menggulirkan layarmu rasanya akan sangat halus dan untuk bermain game pun akan terasa mulus sekali.

Namun bedanya dengan versi flagshipnya, kamu tidak bisa menyesuaikan secara adaptif di versi Galaxy A34 nya ini. Penyesuaiannya hanya ada ketika kamu membuka aplikasi yang berbeda saja dan hanya 60 Hz atau 120 Hz saja.

Masih Seputar Layar

Untuk tingkat kecerahannya sendiri, jumlah 1000 nits itu dirasa sudah cukup sekali pada kondisi dalam ataupun luar ruangan. Karena keterbacaan tampilan suatu layar sangatlah penting mengingat ada juga ponsel yang tidak terlihat di luar ruangan meskipun kecerahannya penuh.

Untuk layar dari Galaxy A34 sendiri sudah bersertifikasi Widevine L1 yang artinya kamu bisa menonton dengan resolusi Full HD. Sehingga film film dari bioskop online pun bisa kamu tonton dengan ketajaman warna yang baik.

Baca Juga  Harga Terkini dan Spesifikasi Samsung A54 5G Terupdate

Terlebih lagi untuk speakernya juga sudah stereo dimana speaker utamanya terdapat di bagian bawah dan sekundernya di bagian atas. Untuk speaker sekunder menyatu pada bagian earpiece.

Tentunya untuk speaker yang sudah stereo ini suara yang dihasilkannya lebih menggetarkan lagi. Suasana yang dihasilkan juga lebih hidup lagi karena untuk kekuatan suaranya sendiri bisa sampai 72,4 db.

3. Chipset Terbaru

Samsung memang menciptakan chipset sendiri dan biasa dipakai pada varian flagshipnya yakni Exynos. Tetapi untuk Galaxy A34 ini samsung memakai Mediatek Dimensiti 1080 yang merupakan versi terbarunya karena rilis di akhir 2022.

Meskipun sebenarnya Dimensity 1080 sendiri tidak berbeda jauh dari Exynos 1280 pada varian sebelumnya di A33. Karena untuk arsitektur dari CPU dan juga GPU nya sendiri sama dan tidak ada perbedaan.

Tetapi untuk Dimensity 1080 sendiri tentu lebih bertenaga lagi kalau dibanding Exynos karena varian terbaru sudah pasti lebih unggul. Kalau kamu lihat untuk clockspeed CPUnya sendiri juga meningkat dan shading unit GPU nya lebih banyak.

Inti yang dimiliki sebanyak 8, yakni 2 A78 Cortex dan 6 A55 Cortex. Untuk chipset ini juga sudah dipasangkan modem 5G sehingga bisa menangkap sinyal yang lebih kencang dari biasanya.

Untuk performanya sendiri juga meningkat sebanyak 17% untuk CPU dan 14% untuk GPU. Hal ini hanya berlaku kalau kamu membandingkannya dengan varian sebelumnya yaitu Samsung A33.

4. Kamera Terbaik

Kameranya sendiri di Galaxy A34 ini ada perbedaan yakni pada depth sensornya yang dihilangkan. Tetapi juga ada peningkatan dari fitur OIS nya yang sebelumnya hanya 0,8 mm menjadi 1 mm.

Sehingga untuk perekaman video tidak akan terasa goyang lagi dan kalau kamera tidak bisa diragukan lagi. Ukuran 48 MP pada kamera utamanya, 8 MP untuk ultrawidenya, dan 5MP untuk makronya. Dan kamera depan sendiri ukurannya sudah 13 MP.

5. Anti Air

Samsung A34 sendiri sudah mendapatkan sertifikasi IP 67 seperti pada varian sebelumnya. Dimana angka 6 punya arti sudah tahan terhadap debu dan angka 7 yakni ketahanan terhadap air.

Jadi kalau misalnya hp kamu tercebur ke dalam air dengan kedalaman maksimal 1 meter dan selama 30 menit, masih aman. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau hp mu hanya kecipratan atau ketumpahan sedikit air karena tidak masalah.

Spek Samsung A34 5G

Spek Samsung A34 5G

1. Umum

Varian Samsung yang Galaxy A34 ini rilis di Maret 2023 ini dan dengan jaringan yang sudah support 2G sampai 5G. Untuk slot sim sendiri sudah hybrid dan tidak support e-sim.

Baca Juga  7 Rekomendasi Hp 1 Jutaan 2023 Dengan Spek Juara Sudah 5G

2. Body

Ukuran bodynya 161,3×78,1×8,2 mm dengan berat sebesar 199 gram dan punya ketahanan bersertifikasi IP 67. Sehingga bisa tahan untuk debu pada seluruh sisinya dan tahan air juga sampai kedalamannya 1 meter selama 30 menit.

3. Layar

Layar sudah Super AMOLED dengan ukuran 6,6 inch dan refresh rate sebesar 120 Hz. Resolusi layar Full HD+ dengan rasionya 20:9 dan kerapatannya hingga 399 ppi serta memakai Gorila Glas 5 dan punya kecerahan 1000 nits.

4. Hardware

Chipset yang dipakai yakni Dimensitynya Mediatek 1080 dengan octa core. Untuk ramnya sendiri 8 GB dan penyimpanan ada varian 128 dan 256 GB serta bisa menambah eksternal memori.

5. Kamera

Kameranya ada 3 yakni wide (48MP), ultra wide (8MP), dan makro (5MP). Sudah pakai OIS di kameranya sehingga tidak goyang ketika merekam dan video bisa sampai 4K dengan 30 fps. Untuk kamera depan berukuran 13MP dan bisa merekam 4K 30 fps juga.

6. Baterai

Ukuran baterai sudah 5.000mAh yang bisa mengisi dayanya dengan cepat sebesar 25 Watt. Untuk usbnya sendiri sudah memakai Type C 2.0 sehingga sangat mendukung pengisian daya yang cepat.

8. Fitur

Versi androidnya sendiri yang terbaru yaitu Android 13 dengan One UI 5. Fingerprint nya terletak di layar depan paling bawah dan tidak ada audio jacknya karena hanya bisa memakai TWS untuk saat ini.

Harga Samsung A34 5G

Harga Samsung A34 5G

Untuk harganya sendiri, Samsung A34 punya 2 varian di setiap warnanya. Untuk varian ram 8 GB dan penyimpanan 128 GB dijual dengan harga Rp 4.999.000. Lalu untuk varian ram 8 GB dan penyimpanan 256 GB dijual dengan harga Rp 5.499.000.

Untuk varian 8/256 nya, kamu hanya perlu menambahkan 500 ribu saja dan bisa mendapat peyimpanan lebih. Sehingga kamu juga bisa menganggapnya sebagai investasi jangka panjang karena diklaim bisa awet sampai 5 tahun ke depan.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kami mengenai Samsung A34 varian 5G nya yang baru saja dirilis beberapa hari yang lalu. Semoga dengan penjelasan kami di atas bisa jadi pertimbanganmu untuk membeli ponsel tersebut mengingat harganya yang cukup terjangkau.

Simak juga artikel menarik dari kami disini :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id