Apa Itu Teks Tanggapan? Ini Pengertian, Jenis, dan Contohnya

 

Teks tanggapan merupakan salah satu bentuk tulisan yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam literatur, jurnalisme, media sosial, maupun komunikasi bisnis.

Biasanya, jenis teks ini digunakan untuk menanggapi sejumlah isu maupun hal-hal yang tengah terjadi dalam masyarakat, seperti fenomena sosial, sebuah karya orang lain, kejadian atau peristiwa tertentu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan informasi lengkap terkait dengan jenis teks tersebut.

Apa Itu Teks Tanggapan?

Apa-Itu-Teks-Tanggapan

Menurut KBBI Daring, tanggapan merupakan bentuk sambutan terhadap ucapan baik berupa komentar, kritik, dan lain sebagainya.

Sedangkan, teks tanggapan sendiri merupakan bentuk tulisan yang memberikan respon terhadap suatu hal yang disampaikan melalui pujian, dukungan, kritik, komentar, evaluasi, maupun penolakan terhadap suatu hal.

Biasanya, dalam teks ini mencerminkan pandangan, pemikiran, pengamatan, maupun pendapat yang muncul dari pemikiran seseorang.

Fungsi Tanggapan

Fungsi-Tanggapan

  1. Sebagai alat yang digunakan untuk membangun interaksi dalam berdialog melalui sebuah konteks, deskripsi, maupun penilaian terhadap suatu hal.
  2. Mengapresiasi suatu karya, objek, maupun kebijakan tertentu dengan memperhatikan setiap detail sejelas mungkin.
  3. Memberikan masukan terhadap suatu hal dengan tujuan membangun atau memperbaiki supaya bisa lebih baik lagi.
  4. Memberikan saran secara terarah dan sistematis sebagai bentuk penilaian dan evaluasi secara objektif.
  5. Menghadirkan sudut pandang baru atau memberikan interpretasi yang lebih dalam terhadap suatu hal.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan

Dengan mengetahui ciri-ciri dari teks ini. Anda bisa lebih mengenali dan membedakan jenis teks ini dengan yang lain. Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Bersifat lebih objektif karena berdasarkan fakta atau data maupun keadaan yang sebenarnya.
  2. Menggunakan kaidah kebahasaan yang benar, penyampaian yang jelas dan logis, serta tetap mematuhi norma dan peraturan yang berlaku.
  3. Memiliki tiga struktur teks berupa evaluasi, kemudian deskripsi, dan terakhir penegasan kembali.

Unsur Teks Tanggapan

Dalam membuat teks ini, perlu memperhatikan beberapa unsur yang harus dimuat dalam teks tersebut, di antaranya meliputi:

  • Terdapat isu atau masalah yang akan diberikan tanggapan.
  • Bisa memberikan opini dalam bentuk pujian, kritikan, sanggahan, maupun saran.
  • Terdapat argumen yang memperkuat tanggapan baik pujian maupun kritikan.
  • Menyajikan data dan fakta.

Struktur Teks Tanggapan

1. Evaluasi

Bagian pertama merupakan evaluasi yang berisi pernyataan umum atau penilaian terhadap isu atau permasalahan tertentu.

Dimana bentuk evaluasi di sini bisa berupa pendapat, pandangan, atau penilaian terhadap isi, kualitas, atau nilai dari hal yang diberikan tanggapan. Sehingga pembaca mudah menangkap inti permasalahan dari sebuah tanggapan.

2. Deskripsi

Deskripsi merupakan bagian dari teks yang memuat inti pembahasan dari penulis. Dalam hal ini bisa berupa penjelasan lebih lanjut tentang permasalahan yang diangkat, struktur, atau aspek lain dari teks yang dianggap relevan dalam tanggapan.

3. Penegasan Ulang

Pada bagian terakhir, terdapat penegasan ulang yang memiliki fungsi untuk menyampaikan simpulan terkait isu yang dibahas, baik dalam wujud saran atau masukan yang bisa dijadikan pembelajaran.

Kaidah Kebahasaan

Kaidah kebahasaan di sini, dimaksudkan untuk membedakan jenis teks ini dengan yang lainnya berdasarkan gaya bahasa, yang meliputi:

1. Pemilihan Kata

Salah satu aspek penting dalam mengekspresikan tanggapan secara efektif adalah dengan memilih diksi atau kata yang tepat supaya dapat mempengaruhi kesan, gaya, dan makna dari teks tersebut.

Anda bisa memilih kata yang jelas dan spesifik, serta relevan dengan objek atau isu yang dijadikan tanggapan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kata persuasi supaya lebih memperkuat argumen.

2. Pemakaian Konjungsi

Pada dasarnya konjungsi bisa digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, maupun kalimat yang satu dengan lainnya.

Bahkan, pemakain konjungsi dalam teks juga dapat mempengaruhi hubungan antar kalimat atau ide dalam tulisan, serta membantu menyusun argumen yang lebih sistematis.

Tentu hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai data, fakta, maupun informasi terkait dengan permasalahan yang dibahas.

3. Penggunaan Rujukan

Selanjutnya, dalam membuat teks ini, perlu adanya rujukan atau referensi supaya argumen lebih kuat dan akurat, karena didukung oleh referensi yang relevan dengan konteks. Rujukan dapat berupa kutipan langsung, ringkasan, atau parafrase dari sumber yang dijadikan acuan.

4. Kalimat Kompleks

Penggunaan kalimat kompleks dalam teks ini dapat meningkatkan keragaman struktur kalimat serta menggambarkan tingkat pemahaman yang lebih mendalam atau pemikiran yang lebih kompleks tentang topik yang dibahas.

Umumnya, kalimat kompleks pada teks ini memiliki dua verba atau kata kerja disertai dengan dua struktur untuk menjelaskan informasi yang ingin disampaikan.

Jenis-Jenis Teks Tanggapan

Selain kaidah kebahasaan yang perlu diperhatikan, terdapat juga dua jenis tanggapan baik berupa pujian maupun kritik dalam kepenulisan. Berikut ini penjelasannya.

1. Berupa Pujian

Merupakan tanggapan yang digunakan untuk merespon atau menggambarkan reaksi positif terhadap suatu hal atau peristiwa. Biasanya teks jenis pujian berisi penghargaan, apresiasi, atau pujian terhadap suatu karya, prestasi, maupun tindakan yang dianggap baik atau luar biasa.

Dalam penyampaiannya sering menggunakan bahasa yang halus dan sopan serta mengungkapkan suatu hal secara jujur, positif, dan tulus.

Selain itu, bentuk kalimat ini juga memiliki karakteristik tersendiri, yakni dengan menyampaikan saran positif, menjelaskan manfaat atau keuntungan, berupa saran dan alasan, disertai dengan fakta.

Contoh kalimat pujian tanpa alasan:

  • Makanan ini sangat lezat.
  • Kamu cantik sekali hari ini.
  • Aku suka menyanyi dan menari.

Contoh kalimat pujian dengan alasan:

  • Baju itu sangat cocok denganmu, karena warnanya yang kontras dengan celana dan sepatu yang kamu pakai.
  • Kami sangat puas dengan kinerja Anda, karena selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sangat baik.
  • Ponsel keluaran terbaru itu sangat direkomendasikan karena memiliki daya tahan baterai yang awet dan desain warna yang elegan.

2. Berupa Kritikan

Merupakan jenis teks yang digunakan untuk merespon atau menggambarkan reaksi terhadap suatu hal maupun peristiwa yang dianggap kurang baik atau memiliki kelemahan.

Biasanya teks ini berisi evaluasi, penilaian, atau saran terhadap suatu karya, perilaku, atau tindakan yang dianggap membutuhkan perbaikan.

Namun, tanggapan berupa kritikan ini seringkali dianggap sebagai suatu pendapat yang buruk dan bersifat negatif, padahal sangat dibutuhkan untuk perbaikan banyak hal.

Contoh kalimat kritik:

Secara keseluruhan, film tersebut memiliki alur cerita yang menarik dan akting para pemainnya cukup baik. Namun, saya merasa ada beberapa adegan yang terasa terlalu lambat dan mempengaruhi ritme keseluruhan film.

Selain itu, efek visual yang digunakan dalam beberapa adegan terlihat kurang realistis. Saya berharap di masa mendatang, penggunaan efek visual dapat diperbaiki agar film menjadi lebih imersif dan menarik bagi penonton.

Cara Membuat Teks Tanggapan

  1. Tentukan tema atau isu yang akan ditanggapi
  2. Kumpulkan sejumlah bahan maupun referensi untuk menyajikan data dan fakta.
  3. Susun kerangka karangan (outline) supaya isi tidak keluar dari konteks.
  4. Kembangkan outline yang telah dibuat sesuai dengan struktur, yakni berupa evaluasi, deskripsi, dan penegasan ulang.
  5. Perhatikan kaidah kebahasaan yang harus sesuai dengan aturan tata bahasa yang benar.

Contoh Teks Tanggapan

1. Contoh Teks Tanggapan Singkat Tentang Karya Seni

Tema: Karya seni lukisan Mona Lisa oleh Leonardo da Vinci.

Evaluasi

Karya seni lukisan Mona Lisa oleh Leonardo da Vinci adalah sebuah karya yang luar biasa. Kehalusan detail, teknik lukisan yang brilian, dan ekspresi misterius wajah Mona Lisa membuatnya menjadi salah satu lukisan paling terkenal di dunia.

Deskripsi

Mona Lisa digambarkan sebagai seorang wanita dengan senyuman samar dan tatapan mata yang tajam. Lukisan ini menggambarkan komposisi yang harmonis, dengan penggunaan warna dan bayangan yang cermat untuk menciptakan kedalaman dan dimensi yang menakjubkan.

Penegasan Ulang

Mona Lisa adalah karya seni lukisan yang tiada duanya. Keindahan dan keahliannya dalam menggambarkan detail wajah dan ekspresi yang menarik membuatnya menjadi karya seni yang sangat dihargai dan diakui di seluruh dunia.

Bahkan, kehadiran Mona Lisa di museum Louvre, Paris, menjadi daya tarik bagi jutaan pengunjung setiap tahunnya.

2. Contoh Teks Tanggapan Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Tema: Fenomena pergaulan bebas remaja

Evaluasi

Fenomena pergaulan bebas remaja saat ini sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, tak sedikit kasus yang terjadi akibat pergaulan bebas, seperti kehamilan remaja, penyalahgunaan narkoba, dan terjerumus ke dalam perilaku negatif lainnya.

Deskripsi

Pergaulan bebas remaja seringkali melibatkan aktivitas yang bertentangan dengan nilai-nilai moral dan norma sosial yang berlaku, seperti terlibat dalam hubungan seksual prematur, penggunaan alkohol atau narkoba, serta mengabaikan tanggung jawab sosial dan akademik mereka.

Pergaulan bebas juga bisa mengarah pada kehilangan kendali diri, mempengaruhi kesehatan fisik dan mental remaja, serta menghancurkan masa depan mereka.

Penegasan Ulang

Pergaulan bebas remaja adalah suatu fenomena yang harus dihadapi secara serius. Penting bagi para remaja, orang tua, dan pihak terkait untuk bekerja sama dalam menghadapi tantangan ini.

Pendidikan seksual yang benar, komunikasi terbuka antara orang tua dan anak, serta pengawasan yang bijak adalah langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi pergaulan bebas remaja dan mengarahkan mereka pada perilaku yang lebih sehat dan positif.

3. Contoh Teks Tanggapan Singkat Tentang Karya Sastra

Tema: Novel “Dilan” karya Pidi Baiq

Evaluasi

Novel Pidi Baiq Dilan merupakan karya yang sangat mengesankan. Ceritanya sangat menarik dan berhasil membangkitkan beragam emosi dalam pembaca. Penggambaran karakter Dilan sebagai tokoh utama sangat menarik dan berhasil mencuri perhatian.

Deskripsi

Pidi Baiq sebagai penulis mampu menghadirkan atmosfer masa remaja tahun 90-an dengan sangat apik. Detail dalam menggambarkan situasi, tempat, dan waktu membuat pembaca merasa seolah ikut terlibat dalam cerita.

Penegasan Ulang

Novel Pidi Baiq Dilan adalah karya yang sangat layak mendapatkan apresiasi. Dari alur cerita yang menarik, penggambaran karakter yang kuat, dan penggunaan bahasa yang indah, novel ini berhasil mencuri hati pembaca. Sungguh sebuah karya yang menghibur dan tak terlupakan.

Dari ketiga contoh di atas bisa digambarkan bahwa jenis teks tanggapan memiliki peran yang penting dalam berbagai konteks, baik itu dalam dunia sastra, seni, maupun dalam komunikasi sehari-hari.

Dengan menggunakan struktur yang tepat, pemilihan diksi yang tepat, dan gaya bahasa yang sesuai, jenis teks ini dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan apresiasi, evaluasi, atau kritik dengan cara yang efektif dan berbobot.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Balitteknologikaret.co.id